Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
134
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e01975ff0bdb2728c4bce3a/memaksakan-kehendak-kepada-anak-ini-3-dampak-buruknya
Dampak dari kedua orang tua yang memaksa anak menuruti kehendaknya begitu besar untuk kehidupan. Padahal, alangkah baiknya kedua orang tua tidak memaksa kehendak anak karena itu dapat mempengaruhi psikis anak juga. Dampaknya sebagai berikut:
Lapor Hansip
24-12-2019 11:43

Memaksakan Kehendak Kepada Anak? Ini 3 Dampak Buruknya!

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Memaksa Anak Menuruti Kehendaknya, Bolehkah?


Setiap orang pasti tidak ada yang suka melakukan sesuatu atas dasar paksaan. Apalagi sesuatu itu bukanlah hal yang disenanginya. Apalagi jika perihal cinta yang dipaksakan. Dampak dari paksaan tersebut bisa saja menimbulkan perasaan sakit hati di dalam hatinya, atau istilah kata penyakit hati seperti dendam, marah, atau lain sebagainya.

Memaksakan Kehendak Kepada Anak? Ini 3 Dampak Buruknya!



Lalu, bagaimana dengan orang tua yang memaksa anak? Bagaimana dengan orang tua yang menginginkan anaknya seperti ini, tetapi itu bukan keinginan anak dan anak merasa tidak mampu melakukannya.

Memaksa disini ada dua maknanya, memaksa untuk kebaikan anaknya, atau memaksa untuk memenuhi keinginannya. Memaksa untuk kebaikan, misalnya si anak suka telat makan, lalu dipaksa untuk jangan telat makan dan makan yang teratur agar anak tidak sakit magh dan asam lambung. Itu untuk kebaikan anak. Karena merasa khawatir tentu tentang keadaan anaknya.

Memaksa untuk memenuhi keinginannya, misalnya si anak ingin mengambil jurusan Arsitek, tetapi dipaksa untuk ambil bahasa inggris. Sedangkan si anak tak mampu untuk melakukannya, karena ia sangat suka dengan arsitek, terkait gambar-menggambar.

Alangkah baiknya memang dirundingkan berkali-kali, dimusyawarahkan, lalu simpulkan dengan keputusan akhir yang tepat.

Apakah dampaknya begitu besar nantinya jika kedua orang tua memaksa anak agar mengikuti kehendaknya? Jika iya, apa? Bahkan, anak kecilpun ketika dipaksa juga akan menangis dan merengek.

Dampak dari kedua orang tua yang memaksa anak menuruti kehendaknya begitu besar untuk kehidupan. Padahal, alangkah baiknya kedua orang tua tidak memaksa kehendak anak karena itu dapat mempengaruhi psikis anak juga.

Dampaknya sebagai berikut:

1. Anak merasa bimbang

Memaksakan Kehendak Kepada Anak? Ini 3 Dampak Buruknya!



Anak akan merasa bimbang dalam pilihannya. Ia menginginkan ini, akan tetapi kedua orang tua tidak menyetujuinya dan tetap kekeuh terhadap pilihannya. Setiap waktu anak akan diliputi rasa bimbang. Bagaimana dengan pilihannya, sedangkan kedua orang tuanya tak menyukai pilihannya, sedangkan kedua orang tuanya tak sependapat dengannya. Sedangkan hatinya tetap pada pilihannya, dan juga ia merasa pilihannya sesuai dengan kemampuannya.

2. Anak menjadi minder atau kurang percaya diri

Memaksakan Kehendak Kepada Anak? Ini 3 Dampak Buruknya!



Anak akan merasa kurang percaya diri terhadap pilihannya. Sehingga dia akan menutup diri dari lingkungannya. Apalagi jika kedua orang tua tetap berkata: Kamu ambil ini aja, kenapa gak ambil itu waktu itu, besok kerja kamu disana ya, dan lain sebagainya.

Anak merasa kurang percaya diri akan pilihannya. Seakan-akan ia tak mampu menggapainya, karena tidak sesuai pilihan kedua orang tua. Ditambah pemikiran tentang bagaimana kehidupan selanjutnya, bagaimana nantinya, dll.

3. Anak merasa tertekan

Memaksakan Kehendak Kepada Anak? Ini 3 Dampak Buruknya!



Memaksakan kehendak anak membuat jiwa anak merasa tertekan. Ia akan ngotot memilih ini, namun kedua orang tuanya tetap kekeuh memilih itu. Ia menjadi tertekan dengan semuanya.

Jiwa yang tertekan, cenderung banyak pikiran, bisa membuat psikis terganggu, stress atau juga pola makan menjadi tak teratur. Karena terlalu banyak digunakan untuk berfikir. Apalagi jika anak tersebut introvert, ia memilih menyimpan masalahnya sendiri. Itu juga dapat berpengaruh buruk bagi tumbuh kembang anak juga bagi pemikiran anak nantinya. Memang tidak semua anak merasa dipaksa atau ditekan. Ada juga anak yang penurut. Tetapi berikan anak juga kesempatan untuk mengambil keputusan sendiri akan masa depannya, kedua orang tuanya yang memberikan arahan, mempertimbangkan keputusan anak nantinya bagaimana.

Pada dasarnya, sebagai kedua orang tua tidak boleh memaksa anak. Biarlah anak memilih pilihannya sendiri sesuai kemampuannya, juga tetap mendukung anak dan memantaunya agar anak tak salah langkah. Setiap kedua orang tua memang pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya, namun tetaplah ingat bahwa kemampuan setiap anak itu berbeda, dan setiap manusia itu sudah memiliki jodohnya masing-masing.




Sumber: opini pribadi
Sumber gambar: google
Diubah oleh ilafit
profile-picture
profile-picture
profile-picture
NovellaHikmiHas dan 44 lainnya memberi reputasi
45
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 7
Memaksakan Kehendak Kepada Anak? Ini 3 Dampak Buruknya!
24-12-2019 11:43
Silahkan bermusyawarah dan berkomentar dengan baik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
NovellaHikmiHas dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Memaksakan Kehendak Kepada Anak? Ini 3 Dampak Buruknya!
24-12-2019 11:43
Indeks Link
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Memaksakan Kehendak Kepada Anak? Ini 3 Dampak Buruknya!
24-12-2019 12:23
Kasian sih emang kalo terlalu di push...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Memaksakan Kehendak Kepada Anak? Ini 3 Dampak Buruknya!
24-12-2019 13:18
Biarkan anak berkembang sesuai dirinya, kita mengawal dan mengarahkan saja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Memaksakan Kehendak Kepada Anak? Ini 3 Dampak Buruknya!
24-12-2019 13:32
Quote:Original Posted By delia.adel
Bagaimana ya caranya menangani anak bebal


Dengan cara dinasehati, dido'ain

Quote:Original Posted By AnisMo
Kasian sih emang kalo terlalu di push...


Iyap betul

Quote:Original Posted By elvici
Biarkan anak berkembang sesuai dirinya, kita mengawal dan mengarahkan saja


Iya betul,emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Memaksakan Kehendak Kepada Anak? Ini 3 Dampak Buruknya!
24-12-2019 14:18
iya benar itu, orang tua memang harus lebih mendengar apa keinginan dari si anak, orang tua hanya memberi masukan bukan memaksa keinginan pribadi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Memaksakan Kehendak Kepada Anak? Ini 3 Dampak Buruknya!
24-12-2019 16:39
Quote:Original Posted By arpat
iya benar itu, orang tua memang harus lebih mendengar apa keinginan dari si anak, orang tua hanya memberi masukan bukan memaksa keinginan pribadi


Betul, kak. Semoga bermanfaat ya
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan Ninaahmad memberi reputasi
2 0
2
Memaksakan Kehendak Kepada Anak? Ini 3 Dampak Buruknya!
24-12-2019 16:58
cinta jangan dipaksakan

eh bukan ya

harus ada pendekatan ya yang sudah gede saja dipaksa emoh kog he hee
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Memaksakan Kehendak Kepada Anak? Ini 3 Dampak Buruknya!
24-12-2019 17:25
Belum ketemu jodoh nih sis 🤪
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Memaksakan Kehendak Kepada Anak? Ini 3 Dampak Buruknya!
24-12-2019 17:53
Anak punya hak untuk memilih jg
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Memaksakan Kehendak Kepada Anak? Ini 3 Dampak Buruknya!
24-12-2019 18:56
Quote:Original Posted By alizazet
cinta jangan dipaksakan

eh bukan ya

harus ada pendekatan ya yang sudah gede saja dipaksa emoh kog he hee


Iyap betul, cinta tidak bisa dipaksakan

Quote:Original Posted By marsetee
Belum ketemu jodoh nih sis 🤪


Sabar ya, Sis. Mungkin jodohnya masih dijaga orang lain, Sisemoticon-Maluemoticon-No Hope

Quote:Original Posted By hvzalf
Anak punya hak untuk memilih jg


Betul, kak.
Diubah oleh ilafit
profile-picture
embunsuci memberi reputasi
1 0
1
Memaksakan Kehendak Kepada Anak? Ini 3 Dampak Buruknya!
24-12-2019 20:12
Kalo introvert cenderung mendam masalah ya?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Memaksakan Kehendak Kepada Anak? Ini 3 Dampak Buruknya!
24-12-2019 20:52
Quote:Original Posted By mbakendut
Kalo introvert cenderung mendam masalah ya?


Iyaemoticon-2 Jempol
Diubah oleh ilafit
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan Ninaahmad memberi reputasi
2 0
2
Memaksakan Kehendak Kepada Anak? Ini 3 Dampak Buruknya!
26-12-2019 04:42
iya tuh kalau anak dipaksa kehandaknya bisa tertekan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Memaksakan Kehendak Kepada Anak? Ini 3 Dampak Buruknya!
26-12-2019 12:44
Quote:Original Posted By janeeta97
iya tuh kalau anak dipaksa kehandaknya bisa tertekan


Betul, psikisnya terganggu jadinya
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan Ninaahmad memberi reputasi
2 0
2
Memaksakan Kehendak Kepada Anak? Ini 3 Dampak Buruknya!
27-12-2019 12:40
iya sih, tp kdg org tua nggak sadar dg oleh2 demi kebaikan si anak. tp malah ...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 06
Memaksakan Kehendak Kepada Anak? Ini 3 Dampak Buruknya!
27-12-2019 12:52
Mantap nih. Lanjutkeunemoticon-Big Kiss
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Memaksakan Kehendak Kepada Anak? Ini 3 Dampak Buruknya!
27-12-2019 13:17
Nah, ini nih yang sering diabaikan oleh mama muda dan cukup banyak terjadi di masa sekarang.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Memaksakan Kehendak Kepada Anak? Ini 3 Dampak Buruknya!
27-12-2019 13:25
nah makanya jangan maksain kehendak😆
profile-picture
ilafit memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia