Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
17
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dfdab42349d0f791547308f/kepergok-anak-saat-bercinta-jangan-panik-begini-saja
gambar: viva.co.id Hidup zaman sekarang mungkin berbeda dengan zaman dahulu. Bisa jadi sebab faktor gaya hidup serta pergaulan. Sehingga ada banyak yang musti dijaga, termasuk anak-anak Agan-Sista, Om-Tante, Paman-Bibi semua. Sepanjang Januari hingga Mei 2019, Mabes Polri mencatat ada 236 kasus pelecehan seksual terhadap anak, dan hanya sekitar 50% saja yang dapat ditangani hingga tuntas oleh inst
Lapor Hansip
21-12-2019 12:18

Kepergok Anak Saat Bercinta? Jangan Panik, Begini Saja!

icon-verified-thread
Kepergok Anak Saat Bercinta? Jangan Panik, Begini Saja!
gambar: viva.co.id

Hidup zaman sekarang mungkin berbeda dengan zaman dahulu. Bisa jadi sebab faktor gaya hidup serta pergaulan.

Sehingga ada banyak yang musti dijaga, termasuk anak-anak Agan-Sista, Om-Tante, Paman-Bibi semua.

Sepanjang Januari hingga Mei 2019, Mabes Polri mencatat ada 236 kasus pelecehan seksual terhadap anak, dan hanya sekitar 50% saja yang dapat ditangani hingga tuntas oleh institusi terkait (referensi).

Kasus pelecehan seksual terhadap anak tidak bisa diabaikan begitu saja. Selain mental dan trauma, masa depan sang anak juga bisa jadi taruhan.

Untuk saat ini, kasus pelecehan seksual seolah tidak mengenal batas, tempat, ruang, dan waktu. Siapapun bisa menjadi penjahat yang sewaktu-waktu memanfaatkan sebuah kesempatan, entah orang terdekat atau tetangga. Seolah, bahkan rumah yang harusnya menjadi tempat berlindung, pun, sudah tak ada lagi keamanan.

Mencegah lebih baik daripada mengobati!

Memberikan pendidikan seks kepada anak memang sedikit tabu, tetapi itu perlu. Sebagai salah satu tindakan preventif agar tidak terjadi hal buruk terhadap anak.

Sebelumnya, TS pernah membahas tentang 5 Cara Dasar Memberikan Pendidikan Seks kepada Anak, maka untuk saat ini, kita akan membahas apa yang musti dilakukan orangtua saat kepergok bercinta oleh anaknya.

Ini adalah bagian dari memberikan pendidikan seks. Jadi, baca dengan pikiran positif dan ambil manfaatnya.

parenting talk


Setiap jenjang usia, anak-anak memiliki pemahaman yang berbeda, untuk itu, cara menjelaskan apa yang sedang terjadi saat orangtua bercinta juga berbeda-beda caranya.

Berikut rangkuman dari penjelasan Ian Kerner, seorang kontributor CNN


Usia 1-3 tahun

Saat anak-anak tidak terlalu peduli dengan kegiatan di sekitar, meski ada juga anak yang suka memperhatikan hal yang terjadi di sekelilingnya.

Jelaskan saja jika ayah-bunda tidak sedang saling menyakiti, hanya sedang melakukan sesuatu sebagai bentuk saling menyayangi antara ayah dan ibu.

Cukup di situ penjelasannya, dan tidak perlu dijelaskan lebih dalam, kecuali jika sang anak bertanya lebih.


Usia 3-9

Mungkin mereka mulai penasaran dengan banyak hal, termasuk seks. Maka ajak diskusi ringan, tetapi jika anak Om dan Tante sedang tidak nyaman, maka diskusi bisa ditunda lain waktu.


Usia 10-12

Beritahu jika kegiatan tersebut hanya bisa dilakukan saat sudah dewasa, saat sudah menikah, dan menjadi ayah atau menjadi ibu.


Usia 13-19

Pada usia remaja, memang mungkin mereka sudah tidak nyaman membicarakan hal ini. Apalagi yang sudah memasuki usia puncak remaja, di mana mereka sudah cukup tahu banyak hal. Maka baiknya ajak diskusi dan berikan informasi-informasi positif tentang seks (referensi).

Ya, begitulah kira-kira caranya orangtua menjelaskan kepada anak saat kepergok sedang bercinta.

Jika sudah terlanjur kepergok, jangan berbohong, dan lebih baik jelaskan saja dengan cara sesuai usianya.

Dan mungkin lebih penting, mengunci pintu kamar rapat-rapat.

Semoga bermanfaat.
profile-picture
profile-picture
Indriaandrian dan Cahayahalimah memberi reputasi
2
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Kepergok Anak Saat Bercinta? Jangan Panik, Begini Saja!
21-12-2019 12:22
Klik gambar di bawah, Gan!

Kepergok Anak Saat Bercinta? Jangan Panik, Begini Saja!
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
1 0
1
Kepergok Anak Saat Bercinta? Jangan Panik, Begini Saja!
21-12-2019 12:22
katakan jika itu benar, meskipun tabu
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
1 0
1
Kepergok Anak Saat Bercinta? Jangan Panik, Begini Saja!
21-12-2019 12:23
semoga thread-nya bermanfaat
0 0
0
Kepergok Anak Saat Bercinta? Jangan Panik, Begini Saja!
21-12-2019 13:20
Quote:Original Posted By mbak.far
Klik gambar di bawah, Gan!

Kepergok Anak Saat Bercinta? Jangan Panik, Begini Saja!


Quote:Original Posted By mbak.far
katakan jika itu benar, meskipun tabu


Huum, auto mikir, pernah ngga yaemoticon-Bingung
profile-picture
mbak.far memberi reputasi
1 0
1
Kepergok Anak Saat Bercinta? Jangan Panik, Begini Saja!
21-12-2019 14:26
Quote:Original Posted By Cahayahalimah
Huum, auto mikir, pernah ngga yaemoticon-Bingung


Kalo aku, nikah aja belum emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Kepergok Anak Saat Bercinta? Jangan Panik, Begini Saja!
24-12-2019 07:11
pernah sih,, dan auto pelukan aja,,, untung gak ikut nimbrung (mash 2tahun)
profile-picture
mbak.far memberi reputasi
1 0
1
Kepergok Anak Saat Bercinta? Jangan Panik, Begini Saja!
26-12-2019 12:19
udah jadi ortu, kegeep mesum WKWK.
profile-picture
mbak.far memberi reputasi
1 0
1
Kepergok Anak Saat Bercinta? Jangan Panik, Begini Saja!
26-12-2019 13:55
Quote:Original Posted By arshp
pernah sih,, dan auto pelukan aja,,, untung gak ikut nimbrung (mash 2tahun)


2 tahun mungkin cuek Gan masih 😆
0 0
0
Kepergok Anak Saat Bercinta? Jangan Panik, Begini Saja!
26-12-2019 13:56
Quote:Original Posted By KnightDruid
udah jadi ortu, kegeep mesum WKWK.


Wqwqwq emoticon-Big Grin
profile-picture
KnightDruid memberi reputasi
1 0
1
Kepergok Anak Saat Bercinta? Jangan Panik, Begini Saja!
30-12-2019 01:13
Kepergok Anak Saat Bercinta? Jangan Panik, Begini Saja!

Kepergok Anak Saat Bercinta? Jangan Panik, Begini Saja!

emoticon-Kimpoi
profile-picture
mbak.far memberi reputasi
1 0
1
Kepergok Anak Saat Bercinta? Jangan Panik, Begini Saja!
30-12-2019 04:01
Quote:Original Posted By suka2gwbangshad
Kepergok Anak Saat Bercinta? Jangan Panik, Begini Saja!

Kepergok Anak Saat Bercinta? Jangan Panik, Begini Saja!

emoticon-Kimpoi


Wow emoticon-Jempol mantul
0 0
0
Kepergok Anak Saat Bercinta? Jangan Panik, Begini Saja!
07-01-2020 12:19
mamah papah lagi main dokter2an
profile-picture
mbak.far memberi reputasi
1 0
1
Kepergok Anak Saat Bercinta? Jangan Panik, Begini Saja!
16-01-2020 04:41
Quote:Original Posted By TuanLi
mamah papah lagi main dokter2an


emoticon-Leh Uga boljug jawabannya
profile-picture
rifqipain memberi reputasi
1 0
1
Kepergok Anak Saat Bercinta? Jangan Panik, Begini Saja!
15-02-2020 05:09
wqwqwq. kata anaknya, lanjutkan Mak 😂
profile-picture
mbak.far memberi reputasi
1 0
1
Kepergok Anak Saat Bercinta? Jangan Panik, Begini Saja!
15-02-2020 11:10
Quote:Original Posted By alii.hasan
wqwqwq. kata anaknya, lanjutkan Mak 😂


Lucu sekali saran anda 😂
0 0
0
Kepergok Anak Saat Bercinta? Jangan Panik, Begini Saja!
18-02-2020 17:19
ane pernah kepergok anak ane yang 7 thn, dia malah nangis di kira ane lagi berantem emoticon-Big Grin
0 0
0
Kepergok Anak Saat Bercinta? Jangan Panik, Begini Saja!
26-02-2020 12:09
the best sih jangan sampe kepergox gan.. main pro lah.. jadi saran agan bisa diwariskan kepada yg amatiran sajah emoticon-Cool
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia