Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
104
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5df59a5388b3cb39ba2b8f39/sayur-dan-buah-yang-tertukar
Tahukah gansist, kalau selama ini kita sering banget ketuker mendefinisikan antara buah dengan sayur? Ada beberapa buah-buahan yang kita anggap sedari dulu sebagai sayuran. Nih, contohnya.
Lapor Hansip
15-12-2019 09:28

Sayur dan Buah yang Tertukar

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Sayur dan Buah yang Tertukar


Sudahkah anda makan buah hari ini?

Gansist, apakah anda suka makan buah-buahan? Jika, ya, kalian beruntung sekali. Sebab apa? Tentu saja karena manfaatnya yang luar biasa.

Quote:Manfaat buah untuk kesehatan tubuh sangat beragam. Selain untuk memelihara kesehatan, kandungan nutrisi pada buah juga bermanfaat untuk melindungi tubuh dari penyakit bahkan dapat membantu proses penyembuhan penyakit.


Jadi begitu gansist.Ternyata itulah alasannya orang-orang memilih membawa oleh-oleh berupa buah-buahan ketika menjenguk yang sakit. Tentengan sekaligus harapan dan sarananya agar yang bersangkutan lekas sembuh.

Selain itu, makan buah yang teratur juga bisa menjaga berat badan yang ideal. Terutama apel merah sangat dianjurkan untuk orang yang sedang melakukan diet.

Etapi, sebenarnya thread saya kali ini bukan mau ngebahas manfaat buah yang bejibunnya minta ampun. Melainkan mau bagi-bagi buah. Eh, bukan ding! Kalau mau beli buah jangan lupa perhatikan tekstur sama warnanya, ya, gansist. Agar mendapatkan kualitas buah yang prima. Karena tidak sedikit penjual buah yang memanipulasi dagangannya agar tampak lebih menarik.

Buah menurut wikipedia adalah organ pada tumbuhan berbunga yang merupakan perkembangan lanjutan dari bakal buah (ovarium). Buah biasanya membungkus dan melindungi biji. Aneka rupa dan bentuk buah tidak terlepas kaitannya dengan fungsi utama buah, yakni sebagai pemencar biji tumbuhan.

Tahukah gansist, kalau selama ini kita sering banget ketuker mendefinisikan antara buah dengan sayur?

Ada beberapa buah-buahan yang kita anggap sedari dulu sebagai sayuran. Nih, contohnya.

1. Tomat

Sayur dan Buah yang Tertukar


Tanaman dengan buah yang berbentuk bulat atau lonjong dengan citarasa kecut ini, ternyata termasuk kedalam jenis buah-buahan secara botani. Mungkin karena keseringannya dipakai sebagai pelengkap dalam berbagai sayur sehingga kemudian dikategorikan sebagai sayuran.

Kalau yang ini sih, gak terlalu terkejut. Saya juga sering nyemil tomat soalnya.

2. Terung

Sayur dan Buah yang Tertukar


Apa ada diantara gansist yang pernah berpikir jika terung adalah buah? Saya kira jarang sekali. Semua juga berpikir bahwa tanaman yang biasa dibuat sayur adalah sayuran. Tapi ternyata, secara botani, terung termasuk kedalam buah-buahan berjenis berry.

3. Buncis

Sayur dan Buah yang Tertukar


Sudah menjadi pengetahuan umum jika buncis dan kawan-kawannya adalah sayuran. Bisa didapat juga di penjual sayur-mayur bukan tukang buah. Etapi, hal ini lagi-lagi dipatahkan oleh botani yang menyatakan bahwa si buncis ini termasuk kedalam kategori buah-buahan.

4. Okra

Sayur dan Buah yang Tertukar


Buah yang satu ini, tidak terlalu familiar di telinga orang Indonesia. Tetapi di Timteng ini adalah merupakan sayuran wajib. Biasa dibuat sayur dengan tambahan daging kambing. Tapi ternyata gansist, si okra ini termasuk juga kedalam varian buah.

Selain nama-nama sayuran di atas,eh, buah-buahan deh, mungkin gansist tau yang lainnya. Boleh banget share di kokom,ya!

Jujur, selama ini saya berpikir yang namanya buah-buahan itu adalah tanaman yang bisa langsung di hap tanpa harus melalui proses masak-memasak dulu. Ternyata tidak demikian menurut botani.

Eh, bye the way, ada yang bingung gak sih, apa itu botani? Apa? Ikan sarden?Itu mah botan, gansist!

Jadi gini, menurut wikipedia.
Quote:Botani adalah ilmu tumbuh-tumbuhan, termasuk juga jamur dan alga dengan mikologi dan fikologi berada di dalam cabang ilmu botani.

Dengan demikian, dalam botani dipelajari semua disiplin ilmu biologi, seperti genetika, pertumbuhan, reproduksi, metabolisme, perkembangan, interaksi dengan komponen biotik dan komponen abiotik, serta evolusi yang berhubungan dengan tumbuhan.

Istilah botani berasal dari Bahasa Yunani Kuno, βοτάνη (botane), yang berarti rerumputan atau padang penggembalaan.

[1][2]:134[3] Saat ini botani mempelajari sekitar 400000 spesies organisme hidup di mana 260 ribu di antaranya adalah tumbuhan berpembuluh dan 248 ribu di antaranya adalah angiosperma.[4]:7[5]:2

Orang yang menekuni bidang botani disebut sebagai botanis atau ahli botani.


Gimana? Udah paham, kan? Kalau udah, jangan lupa makan sayur dan buah,ya gansist! Biar sehat. Bagi yang sakit, makan juga,ya! Biar sehatnya cepat.




Sumber:Here
Diubah oleh ceuhetty
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fatqurr dan 19 lainnya memberi reputasi
20
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 6
Sayur dan Buah yang Tertukar
15-12-2019 09:51
Wkwkwk 🤣🤣🤣 iya juga sih. GK kepikiran gmn kalau kecipir, lamtoro, masuk kategori buah apa sayur 🙄🙄
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan ceuhetty memberi reputasi
2 0
2
Sayur dan Buah yang Tertukar
15-12-2019 10:04
tomat kadang dikira buah atau sayur hehhee
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan ceuhetty memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Sayur dan Buah yang Tertukar
15-12-2019 10:10
walah, begitu rulanya, Teh. Okra banyak di tempatku. bapak suka bener nanem ini sayur, eh, buah 😂
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan ceuhetty memberi reputasi
2 0
2
Sayur dan Buah yang Tertukar
15-12-2019 10:48
Quote:Original Posted By Richy211
tomat kadang dikira buah atau sayur hehhee


Dalam prakteknya sih emang Tomat itu terbagi 2.
Buah dan sayur..

Yg sayur contohnya yg buahnya gede..

Yg buah itumacam tomat cerry..

Sepanjang dalam praktek masak memasak, tomat yg bs buat sayur dan buah punya cita rasa berbeda..

Nah yg praktek masak pasti paham yg ane maksud..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
KiroV dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Sayur dan Buah yang Tertukar
15-12-2019 10:50
Cokelat pun juga buah emoticon-Smilie
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1 0
1
Sayur dan Buah yang Tertukar
15-12-2019 10:59
Judulnya seperti pernah denger.. emoticon-Bingung
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1 0
1
Sayur dan Buah yang Tertukar
15-12-2019 10:59
Cabe Juga Buah
profile-picture
profile-picture
ceuhetty dan Richy211 memberi reputasi
2 0
2
Sayur dan Buah yang Tertukar
15-12-2019 11:13
sayur manggaemoticon-Big Grin
buah kolemoticon-Big Grin
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1 0
1
Sayur dan Buah yang Tertukar
15-12-2019 11:13
kalo jagung?
profile-picture
profile-picture
ceuhetty dan moonlightmirana memberi reputasi
2 0
2
Sayur dan Buah yang Tertukar
15-12-2019 11:27
Quote:Original Posted By anakjahanam721
kalo jagung?


'Sebuah jagung' atau 'bagi kadrun sayur jagung supaya pintaran dikit' emoticon-Cool
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ceuhetty dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Sayur dan Buah yang Tertukar
15-12-2019 11:50
Quote:Original Posted By ontacomel
Dalam prakteknya sih emang Tomat itu terbagi 2.
Buah dan sayur..

Yg sayur contohnya yg buahnya gede..

Yg buah itumacam tomat cerry..

Sepanjang dalam praktek masak memasak, tomat yg bs buat sayur dan buah punya cita rasa berbeda..

Nah yg praktek masak pasti paham yg ane maksud..


Iya emang ada jenisnya kaya trit pertanian ane gan
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1 0
1
Sayur dan Buah yang Tertukar
15-12-2019 11:50
Quote:Original Posted By anakjahanam721
kalo jagung?


Jagung bakar atau jasuke wkwkwk
profile-picture
profile-picture
ceuhetty dan anakjahanam721 memberi reputasi
2 0
2
Sayur dan Buah yang Tertukar
15-12-2019 11:55
Quote:Original Posted By abellacitra
Wkwkwk 🤣🤣🤣 iya juga sih. GK kepikiran gmn kalau kecipir, lamtoro, masuk kategori buah apa sayur 🙄🙄


Termasuk varian sayur deh keknya, soalnya ya kan cuma biji😅😅 ah entahlah ntar tanya si botani dulu.

Quote:Original Posted By Richy211
tomat kadang dikira buah atau sayur hehhee


Huumz, klo dilihat dari fungsinya ternyata memang terbagi dua, sist

Quote:Original Posted By darmawati040
walah, begitu rulanya, Teh. Okra banyak di tempatku. bapak suka bener nanem ini sayur, eh, buah 😂


Wkwkwk, mulai sekarang ganti panggilan, ya, ntar dia ngambek🤣🤣 eh, btw, okra kan mahal, ya?
0 0
0
Sayur dan Buah yang Tertukar
15-12-2019 11:57
Quote:Original Posted By ontacomel
Dalam prakteknya sih emang Tomat itu terbagi 2.
Buah dan sayur..

Yg sayur contohnya yg buahnya gede..

Yg buah itumacam tomat cerry..

Sepanjang dalam praktek masak memasak, tomat yg bs buat sayur dan buah punya cita rasa berbeda..

Nah yg praktek masak pasti paham yg ane maksud..


Iya betul, gan klo berdasar penggunaannya terbagi dua.

Quote:Original Posted By jokerandbane
Cokelat pun juga buah emoticon-Smilie


Haha, iya, sebelum diolah memang wujudnya buah gan.

Quote:Original Posted By monkeydfarly
Judulnya seperti pernah denger.. emoticon-Bingung


Mirip judul sinetron tetangga sebelah "Pacar yang tertukar"emoticon-Ngakak
0 0
0
Sayur dan Buah yang Tertukar
15-12-2019 12:01
Quote:Original Posted By Muhamadikhsan1
Cabe Juga Buah


Nah, bener. Mantep siang2 makan acar buah cabe😂

Quote:Original Posted By anakjahanam721
sayur manggaemoticon-Big Grin
buah kolemoticon-Big Grin


emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakaketapi, di daerah sulawesi emang beneran mangga ada yang di bikin sayur. Ada juga yang dikeringkan, namanya asam mangga. Fungsinya buat pelengkap sayur semacam pengganti belimbing wuluh.

Quote:Original Posted By anakjahanam721
kalo jagung?


Jagung kalau berdasarkan botani sebenarnya sih, buah gan.
profile-picture
anakjahanam721 memberi reputasi
1 0
1
Sayur dan Buah yang Tertukar
15-12-2019 12:03
Quote:Original Posted By moonlightmirana
'Sebuah jagung' atau 'bagi kadrun sayur jagung supaya pintaran dikit' emoticon-Cool
emoticon-Leh Uga


Quote:Original Posted By Richy211
Iya emang ada jenisnya kaya trit pertanian ane gan


Quote:Original Posted By Richy211
Jagung bakar atau jasuke wkwkwk


Kardun tuh sapa?adiknya agan ya? Harusnya agan yang kasih dong, tapi ngasih, ya, ngasih aja. Jangan sambil nyemil juga
0 0
0
Sayur dan Buah yang Tertukar
15-12-2019 12:43
sudah aku makan pepaya😁
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1 0
1
Sayur dan Buah yang Tertukar
15-12-2019 12:44
memang sering ketuker ya sis
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1 0
1
Sayur dan Buah yang Tertukar
15-12-2019 12:52
Quote:Original Posted By trifatoyah
sudah aku makan pepaya😁


Asik, bagus banget nih buat diet

Quote:Original Posted By Cahayahalimah
memang sering ketuker ya sis


Huumz, mbak. Karena biasanya kita ngeliat dari kegunaannya
profile-picture
bezoaneh memberi reputasi
1 0
1
Sayur dan Buah yang Tertukar
15-12-2019 13:00
wahahaha betul itu, karena sering dipake didapur akhirnya semua orang mengamini bahwa buah-buahan ini sebagai sayur
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia