News
Batal
KATEGORI
link has been copied
381
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5df2f3c365b24d0915057a33/nadiem-makarim-dunia-tak-butuh-anak-anak-yang-jago-menghafal
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menggagas konsep kebijakan pendidikan "Merdeka Belajar" selama periode menjabat. Nadiem menuturkan, konsep ini mengambil esensi dari pendidikan Ki Hajar Dewantara.
Lapor Hansip
13-12-2019 09:13

Nadiem Makarim: Dunia Tak Butuh Anak-anak yang Jago Menghafal

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Nadiem Makarim: Dunia Tak Butuh Anak-anak yang Jago Menghafal

Nadiem Makarim: Dunia Tak Butuh Anak-anak yang Jago Menghafal

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menggagas konsep kebijakan pendidikan "Merdeka Belajar" selama periode menjabat. Nadiem menuturkan, konsep ini mengambil esensi dari pendidikan Ki Hajar Dewantara.

Konsep ini diharapkan bisa membebaskan instansi pendidikan agar bisa berubah serta diharapkan bisa menjadi solusi agar anak-anak bisa berkreasi dan berinovasi.

"Ini yang Indonesia butuhkan di masa depan. Mohon maaf, dunia tidak membutuhkan anak-anak yang jago menghafal," kata Nadiem saat rapat bersama Komisi X DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan pada Kamis, 12 Desember 2019.

Nadiem mengatakan, konsep ini tengah digodok dan sedang digarap oleh Kemendikbud. Dia meminta semua pihak bersabar dalam waktu beberapa bulan ke depan untuk dimatangkan. Dia juga menyayangkan kritik-kritik yang disampaikan sejumlah pihak bahwa Nadiem coba-coba dalam mengubah sistem pendidikan.

"Jadi setiap kali, saya sedih kalau mendengar reaksi bahwa percobaan itu bukan suatu hal bisa dilakukan di dunia pendidikan. Saya selalu mendengar itu, sering sekali," ujar Nadiem.

Sementara itu, kata Nadiem, satu-satunya cara untuk berinovasi adalah melakukan berbagai macam percobaan. "Saya harus bicara seperti ini sejujurnya. Inilah yang seharusnya terjadi, para guru harus diberikan kebebasan untuk mencoba hal-hal baru, dan tanpa itu kita gak akan maju sebagai negara, itu namanya inovasi," ujar Nadiem Makarim.

Sejauh ini, Nadiem tengah menyiapkan empat rencana kebijakan pendidikan yang disebutnya dengan kebijakan “Merdeka Belajar” itu. Kebijakan itu meliputi perubahan pada USBN, Ujian Nasional (UN), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Peraturan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Zonasi.
sumber

☆☆☆☆☆

Sebelumnya, gw mau memberi penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para Guru Besar, Rektor, Dosen, hingga para Profesor dan Doktor yang bisa menerima kehadiran seorang Nadiem Makarim, orang baru dalam dunia pendidikan yang dipilih Joowi sebagai kejutan di pemerintahan periode kedua ini.

Mas Menteri, itu sebutan kehormatannya.
Dan Mas Menteri ini sepertinya tidak main-main dalam menyiapkan konsep pendidikan kita agar sejajar dengan negara-negara lain yang lebih maju dalam bidang pendidikan.

Bahkan kritikan dari seorang JK pun mengenai UN, dijawab lugas oleh Nadiem. Dan memang benar, siapa bilang tanpa adanya UN membuat lemah generasi muda kita? Apa tolak ukurnya?

Bertahun-tahun, dunia pendidikan kita dipenuhi oleh buku pelajaran yang tebal. Dan ketebalan buku itu terkadang hanya berputar-putar pada permainan kata. Makin berputar, makin sulit dimengerti.

Seperti halnya sebuah soal matematika. Yang diperlukan adalah mengerti rumus. Percuma hafal rumus jika penyelesaiannya tidak mengerti. Dan karena hanya bisa menghafal rumus, ketika rumus tersebut dibalik, maka bingunglah yang mengerjakan soal. Ini konsep matematika.

Alangkah kasihannya generasi muda kita, dipaksa membawa buku pelajaran super tebal yang memenuhi tas sekolahnya. Dipaksa menghafal luar kepala isi buku sampai susunan kalimatnya. Hanya menghafal, tanpa mengerti apa yang dihafal.

Tapi pendidikan kita sebenarnya seperti jalan ditempat. Sejak SD hingga SMA atau SMK. Baru setelah menempuh pendidikan lebih tinggi, pendidikan itu terasa lepas. Baru ada kebebasan disana. Dan ini yang mungkin akan diubah oleh Nadiem Makarim.

Sebenarnya masalah utama pendidikan kita adalah semboyan : Ganti Menteri, Ganti Sistem.

Tak pernah ada hal yang dibuat baku. Selalu berubah. Jika seorang Nadiem bisa membuat sebuah sistem yang baku, seperti sistem e-budgeting, maka arah pendidikan kita akan berubah cepat. Masalahnya tidak semua orang yang menjabat sebagai Menteri Pendidikan punya konsep yang sama atau ego yang minim. Jangankan didalam bidang pendidikan, dibidang kelautan saja, menteri terpilih langsung menshutdown sistem yang telah 5 tahun dipakai. Ego? Bisa jadi? Sok jago? Gak tau. Tapi hampir semua menteri punya tabiat seperti ini. Jangankan menteri. Seorang Gubernur saja bisa membatalkan Pergub yang telah baku dan dipakai bertahun-tahun. Dan itu fakta.

Dan masalah terbesar bangsa ini, yang menghalangi kemajuan bangsa ini dalam bidang pendidikan adalah Korupsi! Banyak kepentingan yang bermain. Para pelaku pendidikan, para penerbit, para pengusaha percetakan, semua berkutat dengan jatah korupsi masing-masing.

Apa yang tidak dikorupsi dalam bidang pendidikan? Bahkan dana bantuan pemerintah untuk sekolah saja kena pungli. Turun 100 juta, sampai kebawah jadi 60 juta.

Dan ingat! Pendidikan kita terbagi dalam 2 jalur. Jalur umum dan jalur khusus. Jalur umum dikelola oleh Menteri Pendidikan, jalur Madrasah dikelola oleh Menteri Agama. Dan kedua Kementerian ini termasuk dalam lembaga terkorup!

Harus ada kolaborasi antara Menteri Pendidikan dan Menteri Agama untuk memajukan pendidikan kita. Ini jika kita mau memutus mata rantai yang membelenggu dunia pendidikan kita.

Bisakah seorang Nadiem Makarim merubah ini semua? Kita tunggu saja.

"Hallo Pak. Uang bayaran saya sudah saya bayar dengan Gopay ya Pak."

profile-picture
profile-picture
profile-picture
Theist dan 102 lainnya memberi reputasi
97
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 20
Nadiem Makarim: Dunia Tak Butuh Anak-anak yang Jago Menghafal
Lapor Hansip
13-12-2019 11:38
Balasan post ovo.strike
Quote:Original Posted By ovo.strike
Ini pasti konspirasi kapir

karena ini secara tidak langsung menyindir hafiz qruan dan mengejek aktivitas hafiz quran


ayo demo


Cuma hafal tanpa mengamali isinya, iya. Typikal hafiz2 seperti itu yg bakalan kebakaran jenggot emoticon-Big Grin
profile-picture
serapionleo memberi reputasi
1 0
1
Nadiem Makarim: Dunia Tak Butuh Anak-anak yang Jago Menghafal
13-12-2019 11:41
Yg bener itu pahami dulu trus hapalin yg penting2....

Yg ada malah hapalaann truss ..tapi ga paham..



0 0
0
Nadiem Makarim: Dunia Tak Butuh Anak-anak yang Jago Menghafal
13-12-2019 11:42
orang dah kaya kalo jadi menteri enak ya bre. lepas ngomongnya.
jabarin konsep atau idenya lepasngitu aja.
ga mikir perut org lain sana sini emoticon-Ngakak
profile-picture
darmawanari92 memberi reputasi
1 0
1
Nadiem Makarim: Dunia Tak Butuh Anak-anak yang Jago Menghafal
13-12-2019 11:47
emoticon-Leh Uga


Pak nadim boleh mencontoh wapres ketika dia masih nyantri.

Bukan soal seberapa jago menghafal, bukan seberapa pintar, tapi utama soal adab para santri sebelum terjun kedunia bebas.

Kebebasan yang adil dan beradab
0 0
0
Nadiem Makarim: Dunia Tak Butuh Anak-anak yang Jago Menghafal
13-12-2019 11:51
Quote:Original Posted By bodoamatdehgue
Kita lihat aja. Gini-gini dia lulusan Harvard dan udah pernah jadi praktisi kan (Gojek), pasti dia mengerti apa yang dibutuhkan Indonesia saat ini emoticon-Big Grin kalau ngaco ya sama kaya Wan Abud deh hahaha


untung di havard kagak ada zonasi ya bre... emoticon-Ngacir
0 0
0
Nadiem Makarim: Dunia Tak Butuh Anak-anak yang Jago Menghafal
13-12-2019 11:53
Quote:Original Posted By wanqodir
Cuma hafal tanpa mengamali isinya, iya. Typikal hafiz2 seperti itu yg bakalan kebakaran jenggot emoticon-Big Grin


sama juga ilmu pelajaran kan, kalau ndak hafal gimana ngarti isinya, bikin ngakak juga ini mas mentri..
profile-picture
profile-picture
beben27 dan darmawanari92 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Nadiem Makarim: Dunia Tak Butuh Anak-anak yang Jago Menghafal
Lapor Hansip
13-12-2019 12:12
Balasan post ruuuruuu
89 nih ya emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan i.am.legend. memberi reputasi
2 0
2
Nadiem Makarim: Dunia Tak Butuh Anak-anak yang Jago Menghafal
13-12-2019 12:14
oke juga nih mentri.
emoticon-thumbsup
profile-picture
i.am.legend. memberi reputasi
1 0
1
Nadiem Makarim: Dunia Tak Butuh Anak-anak yang Jago Menghafal
13-12-2019 12:21
Betul gan, menghapal secukupnya saja kemudian dikembangkan dengan kreasi pikiran anak - anak (merdeka belajar). Akan tetapi harus dibuat rambu2nya agar kebebasan berpikir tidak membuat sesat.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
roninthirst dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Nadiem Makarim: Dunia Tak Butuh Anak-anak yang Jago Menghafal
Lapor Hansip
13-12-2019 12:34
Balasan post buatbarulagi
kalo kata guru sejarah gw sih, gw jago ngerubah sejarah... alias suka salah hapalan tanggalan dan silsilah kerajaan disejarah...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Nadiem Makarim: Dunia Tak Butuh Anak-anak yang Jago Menghafal
13-12-2019 12:40
wah.. wah..... tetep Butuh donk masmenemoticon-Traveller
profile-picture
i.am.legend. memberi reputasi
1 0
1
Nadiem Makarim: Dunia Tak Butuh Anak-anak yang Jago Menghafal
Lapor Hansip
13-12-2019 12:58
Balasan post jokowi.kw
Quote:Original Posted By jokowi.kw
Mas Nadiem ingat gak waktu sekolah dulu, apa yang paling disukai oleh para murid...??
jawabannya adalah : BEL PULANG..!!

Salah satu indikasi kalau siswa tidak senang berada di sekolah ya itu tadi. GEMBIRA BANGET kalau mendengar bel pulang. Karena kalau senang, mereka justru kecewa kalau sekolahnya selesai.
Coba Mas Nediem selesaikan satu hal itu dulu, yakin deh akan ada perubahan besar dalam dunia pendidikan Indonesia


Sekolah bisa dibuat lebih asyik seharusnya.

Misal, ketimbang menyuruh siswa menghafal buku sejarah, mereka bisa disuruh menonton animasi yang lucu untuk menceritakan sejarah, dijamin lebih mudah diingat dan dimengerti anak-anak:

Misal, ini animasi tentang Sejarah Majapahit:


profile-picture
profile-picture
profile-picture
p.star7 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Nadiem Makarim: Dunia Tak Butuh Anak-anak yang Jago Menghafal
13-12-2019 13:02
Quote:Original Posted By i.am.legend.
Bukan begitu masalahnya bambang.
Ini lebih ke motivasi.
Ke penjabaran logika.
Ke inspirasi diri.

Bukan bicara hafalan secara harfiah.

Banyak anak dipaksa menghafal sesuai buku. Dan mereka takut untuk menjawab selain yang tertulis di buku meskipun maksud dan tujuannya sama.

Hafal apapun juga kalau gak bisa menyelesaikan masalah ya percuma juga.

Contohnya lu hafal tabel Kimia.
Giliran digabung dan dicari persamaan kimianya lu bingung, ya buat apa.


Jangan jauh-jauh Gan ujian PNS aja masih membutuhkan hapalan terutama di PKN. Harus berubah total juga disegala lini.
profile-picture
profile-picture
darmawanari92 dan i.am.legend. memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Nadiem Makarim: Dunia Tak Butuh Anak-anak yang Jago Menghafal
13-12-2019 13:05
Quote:Original Posted By i.am.legend.
Bukan begitu masalahnya bambang.
Ini lebih ke motivasi.
Ke penjabaran logika.
Ke inspirasi diri.

Bukan bicara hafalan secara harfiah.

Banyak anak dipaksa menghafal sesuai buku. Dan mereka takut untuk menjawab selain yang tertulis di buku meskipun maksud dan tujuannya sama.

Hafal apapun juga kalau gak bisa menyelesaikan masalah ya percuma juga.

Contohnya lu hafal tabel Kimia.
Giliran digabung dan dicari persamaan kimianya lu bingung, ya buat apa.


Jadi lebih ke cara belajarnya yaaa, gimana materi yg bersifat hafalan bisa masuk ke otak tanpa harus menghafal
Kayak gamer yang jago bahasa inggris krn baca tutorial game yg pake bahasa inggris....
Atau seorang maniak three kingdom yang bisa ngejelasin panjang lebar tentang sejarah china krn tiap harinya main ROTK ato dinasty warrrior
mungkin maksud si mentri gimana materi pelajaran bisa mudah diserap tanpa harus bikin murid stress
profile-picture
profile-picture
Jazed dan i.am.legend. memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Nadiem Makarim: Dunia Tak Butuh Anak-anak yang Jago Menghafal
13-12-2019 13:05
Gw sebenernya menyambut banget perubahan yang dilakukan para pionir pionir ini untuk mendobrak sistem bebal bertahun tahun. Cuma balik lagi rasa optimis gw berubah ngeliat kenyataan bahwa jabatan pimpinan paling atas itu gak selamanya.

Bener kata TS, sistem yang udah dibuat sebagus mungkin bisa seenaknya aja diubah sama penggantinya.... emoticon-Turut Berduka


profile-picture
i.am.legend. memberi reputasi
1 0
1
Nadiem Makarim: Dunia Tak Butuh Anak-anak yang Jago Menghafal
Lapor Hansip
13-12-2019 13:07
Balasan post chemical.sapto
Quote:Original Posted By chemical.sapto


Jadi lebih ke cara belajarnya yaaa, gimana materi yg bersifat hafalan bisa masuk ke otak tanpa harus menghafal
Kayak gamer yang jago bahasa inggris krn baca tutorial game yg pake bahasa inggris....
Atau seorang maniak three kingdom yang bisa ngejelasin panjang lebar tentang sejarah china krn tiap harinya main ROTK ato dinasty warrrior
mungkin maksud si mentri gimana materi pelajaran bisa mudah diserap tanpa harus bikin murid stress


emoticon-2 Jempol

Itu maksudnya.
0 0
0
Nadiem Makarim: Dunia Tak Butuh Anak-anak yang Jago Menghafal
Lapor Hansip
13-12-2019 13:09
Balasan post vegashin_ryu
Quote:Original Posted By vegashin_ryu


Jangan jauh-jauh Gan ujian PNS aja masih membutuhkan hapalan terutama di PKN. Harus berubah total juga disegala lini.


Kalau yang berhubungan dengan Sejarah, PKN, emamg mau gak mau ya menghafal.

Tapi kalau soal penjabaran Pancasila kan gak selalu harus sama dengan text. Gitu lho.
0 0
0
Nadiem Makarim: Dunia Tak Butuh Anak-anak yang Jago Menghafal
13-12-2019 13:17
Quote:Original Posted By TOYIB
setuju pak mentri tapi hati2 nanti pernyataannya bisa diplintir sama kadrun, dihubung2in sama hafiz

btw dunia jg gak butuh ojek online yg ngetem sembarangan & ngojek pake motor 4 tak knalpot ngebul emoticon-Frown


Betul gan, al-quran bukan u di hapalin tp u di pelajari n di terapkan ke kehidupan...
Jd klo u d terapkan dan di pelajari g musti wajib hapalkan? emoticon-Shakehand2
0 0
0
Nadiem Makarim: Dunia Tak Butuh Anak-anak yang Jago Menghafal
13-12-2019 13:18
Nah kan! Apa yang ane bilang kemaren2? emoticon-Big Grin

Ujian cuma jadi ajang menghafal karena takut nilai jelek, ga naek kelas, kena bentak orang tua. Ga ada belajar2nya. Ngapalin doang yang ada, ngerti juga kagak.
0 0
0
Nadiem Makarim: Dunia Tak Butuh Anak-anak yang Jago Menghafal
Lapor Hansip
13-12-2019 13:22
Balasan post baworsari
Quote:Original Posted By baworsari


sama juga ilmu pelajaran kan, kalau ndak hafal gimana ngarti isinya, bikin ngakak juga ini mas mentri..


Emang untuk mengerti sesuatu harus hafal dulu?

Masa sih?

Gimana logikanya?
0 0
0
Halaman 4 dari 20
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Berita dan Politik
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia