Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
52
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5df1ec40b41d3034e83ba2c4/teruntuk-sobat-halu-ini-alasan-kenapa-tiba-tiba-lagu-sering-muncul-dipikiran-kalian
Pernah gak sih kalian waktu lagi nunggu antrian untuk beli tiket nonton di bioskop, milih-milih judul film yang mau ditonton, dan tiba-tiba muncul lagu di pikiran kalian? kalau kalian gak pernah, gue pernah ngerasain ini dan gue percaya banyak orang yang mengalami fenomena ini juga. Dan fenomena ini disebut sebagai fenomena "Earworm".
Lapor Hansip
12-12-2019 14:29

Teruntuk sobat halu, ini alasan kenapa tiba-tiba lagu sering muncul dipikiran kalian.

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Teruntuk sobat halu, ini alasan kenapa tiba-tiba lagu sering muncul dipikiran kalian.

Teruntuk sobat halu, ini alasan kenapa tiba-tiba lagu sering muncul dipikiran kalian.




Pernah gak sih kalian waktu lagi nunggu antrian untuk beli tiket nonton di bioskop, milih-milih judul film yang mau ditonton, dan tiba-tiba muncul lagu di pikiran kalian? kalau kalian gak pernah, gue pernah ngerasain ini dan gue percaya banyak orang yang mengalami fenomena ini juga. Dan fenomena ini disebut sebagai fenomena "EARWORM".

kenapa gue yakin banget kalau gue gak sendirian yang pernah mengalami fenomena ini? karena menurut sebuah studi, Fenomena EARWORM terjadi hampir pada 90% orang yang sedang melakukan aktifitas yang tidak menuntut banyak konsentrasi (lagi merebus air, lagi macet-macetan, lagi main mobile legends). 90% orang tadi mengalami fenomena ini hampir satu kali dalam seminggu dan hampir seperempatnya mengalami kejadian ini beberapa kali dalam sehari. lagu yang muncul tiba-tiba ini bukan lirik lagu secara keseluruhan tapi cuma beberapa fragmen-fragmen lagu aja, kayak gini:


Nothing's gonna change my love for you
You oughta know by now how much I love you
The world may change my whole life through
But nothing's gonna change my love for you

Source: lirik lagu nothing gonna change my love for you - Westlife

otak memproses lirik lagu ini secara misterius dan akibatnya para sobat halu yang mengalami fenomena ini merasakan sensasi beat dan ritme lagu tersebut benar-benar terjadi tanpa secara ada stimulus langsung oleh indera pendengaran. Misteri? Banget. Hal ini yang bakal gue bahas sekarang teruntuk sobat halu diluar sana yang sering merasakan fenomena ganjil ini. cus yuk.

Earworm dengan segala perintilannya

Teruntuk sobat halu, ini alasan kenapa tiba-tiba lagu sering muncul dipikiran kalian.

Sebelumnya gue udah bilang kalau fenomena ini masih jadi misteri. Para ilmuwan belum tau mekanisme yang pas untuk menjelaskan kenapa sebuah lagu bisa stuck dipikiran kita dan tiba-tiba "diputar" ulang ketika kita sedang lemah terhadap fokus. Dilihat dari perspektif psikologi, EARWORM merupakan sebuah bentuk MENTAL IMAGERY yang terjadi di otak kita, penjelasannya gini.

Suatu sore kalian sedang berjalan disekitar komplek perumahan dan melihat sebuah mobil sedan berwarna kuning terparkir dihalaman sebuah rumah. Malam hari-nya ketika kalian bersiap tidur dan menutup mata; tiba-tiba mobil kuning tersebut muncul lagi dipikiran kalian.

Tuh kan, tanpa melihat secara langsung, mobil kuning tadi bisa tiba-tiba muncul kembali ke pikiran kita dan sensainya itu bener-bener REAL. Bentuk Mental Imagery ini beragam sih; bisa terbentuk karena indera penglihatan (mata) atau bisa terbentuk juga karena indera pendengaran (telinga; kayak kita tiba-tiba membayangkan suara tangisan bayi). Earworm adalah salah satu fenomena dari Auditory Imagery yang terjadi di otak kita.

Earworm dan segala perintilannya (Bagian II)

Teruntuk sobat halu, ini alasan kenapa tiba-tiba lagu sering muncul dipikiran kalian.

Earworm adalah sebuah fenomena yang bisa datang dan pergi sesuka hati. Biasanya Earworm lebih menekankan fokus kita terhadap Tune sebuah lagu. Lagu yang diputar berulang-ulang ini masuk kedalam sebuah loop dan akan datang lagi, lagi, dan lagi ketika fikiran kita sedang kosong selama beberapa menit bahkan beberapa jam. Lagu-lagu yang terjebak difikiran biasanya lagu yang baru saja didengar atau lagu yang memang kita dengar sehari hari sengaja atau tidak sengaja. Gak cuma lagu, suara-suara lain yang sifatnya didengar berulang-ulang juga bisa mentrigger fenomena ini untuk muncul berulang kali di fikiran

"Ntah apa yang merasukimu, hingga kau tega mengkhianatiku yang tulus mencintaimu"
Kalian tahu lah ini lirik lagu apa.

Lingkungan sosial, dimana terdapat banyak kemajuan teknologi yang bisa membuat kita mendengar suara-suara berulang kali, juga memicu terjadi fenomena ini sehari-hari. Tapi apa bener fenomena EARWORM baru terjadi di zaman modern? bisakah kita berpendapat kalau EARWORM gak terjadi dizaman batu misal atau zaman perang dunia bertahun-tahun yang lalu?

Earworm dan segala perintilannya (Bagian III)

Teruntuk sobat halu, ini alasan kenapa tiba-tiba lagu sering muncul dipikiran kalian.

Sebuah jurnal yang berjudul "A Literary NightMare" yang ditulis oleh Mark Twain pada tahun 1876 menceritakan sebuah cerita pendek bagaimana sebuah kota mengalami fenomena aneh dimana semua warga tiba-tiba mendengar sebuah suara difikiran mereka. Catatan ini menunjukkan kalau EARWORM merupakan sebuah standar fenomena psikologi, bukan disebabkan oleh kemajuan teknologi.

Pertanyaannya sekarang, kenapa yang terjebak di fikiran kita itu sebuah lagu? kenapa bukan warna baju seseorang atau gimana rasanya cheeseburger nya burger king yang limited edition? para scientis juga punya pendapat tentang hal ini.

Jadi gini, ketika kita mendengarkan sebuah lagu secara konstan dalam satu waktu, fikiran kita secara otomatis membuat sebuah program yang berulang kali diulang. dari program ini akan terbentuk sebuah habit dan persepsi yang tetap terhadap suatu hal. contoh kecil ketika kita mengikat tali sepatu, proses mengikat tali sepatu ini terjadi berulang sampai akhirnya kita bisa "SECARA OTOMATIS" mengikat tali sepatu tanpa harus diikuti dengan ransangan yang besar.

EARWORM yang muncul secara otomatis ini juga prosesnya inevitable alias tidak terhindarkan. jadi buat kalian yang lagi sikat gigi dan tiba-tiba lagu taylor swift muncul dipikiran, apa yang bakal kalian lakuin setelahnya wahai sobat halu? lanjut nyanyi atau lanjut sikat gigi?

gue pamit. bye.
Sumber: youtube dan google


Quote:
Teruntuk sobat halu, ini alasan kenapa tiba-tiba lagu sering muncul dipikiran kalian.
"Bi?"
"Ya?"
"Aku mau nulisin cerita buat kamu, 100 chapter lebih"
"Banyak banget, yakin selesai?"
"Yakin lah, ceritanya aku mulai dari sini yaaah bibkuu..."


Based on true story.
Teruntuk sobat halu, ini alasan kenapa tiba-tiba lagu sering muncul dipikiran kalian. Cerita kita untuk selamanya [TAMAT]


Teruntuk sobat halu, ini alasan kenapa tiba-tiba lagu sering muncul dipikiran kalian. Cerita kita untuk selamanya: HARPOCRATES [A SEKUEL]NEW




Diubah oleh rendyprasetyyo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 9 lainnya memberi reputasi
10
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Teruntuk sobat halu, ini alasan kenapa tiba-tiba lagu sering muncul dipikiran kalian.
12-12-2019 14:48
Opiniku yaak. Earworm terjadi karena terlalu seringnya indra pendengaran menerima hal2 yang sama berulang kali, bukan hanya sekadar lagu, kata makian saja yang sering didengar berulang kali bisa menyebabkan anak2 mengatakannya tanpa tau apa arti dari kata2 itu.

emoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan rendyprasetyyo memberi reputasi
2 0
2
Teruntuk sobat halu, ini alasan kenapa tiba-tiba lagu sering muncul dipikiran kalian.
12-12-2019 16:11
earworm terutama terjadi pada lagu yg disukai.
dan liriknya banyak berulang.

ini menarik nih, bahas ginian berarti bahas tentang cara kerja pikiran.
pada dasarnya pikiran mempunyai suatu mekanisme untuk mengisi kekosongan.

pada saat sedang tidak melakukan sesuatu atau sedang santai, apapun dapat terpikirkan.
pikiran tidak pernah diam. nah salah satunya adalah earworm ini.
profile-picture
profile-picture
rendyprasetyyo dan jejakasedih memberi reputasi
2 0
2
Teruntuk sobat halu, ini alasan kenapa tiba-tiba lagu sering muncul dipikiran kalian.
12-12-2019 17:46
Sehari sebelumnya muncul "it must has been love, but its over now..."
Besoknya marie fredriksson vocalist roxette ninggal... ๐Ÿ™
Diubah oleh jejakasedih
profile-picture
rendyprasetyyo memberi reputasi
1 0
1
Teruntuk sobat halu, ini alasan kenapa tiba-tiba lagu sering muncul dipikiran kalian.
12-12-2019 17:48
Quote:Original Posted By zenith13 โ–บ
earworm terutama terjadi pada lagu yg disukai.
dan liriknya banyak berulang.

ini menarik nih, bahas ginian berarti bahas tentang cara kerja pikiran.
pada dasarnya pikiran mempunyai suatu mekanisme untuk mengisi kekosongan.

pada saat sedang tidak melakukan sesuatu atau sedang santai, apapun dapat terpikirkan.
pikiran tidak pernah diam. nah salah satunya adalah earworm ini.


Yess. Pikiran tdk pernah diam
Mangkanya ane ngerasain meditasu vipassana itu penting bgt gan..
profile-picture
profile-picture
wbros dan rendyprasetyyo memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Teruntuk sobat halu, ini alasan kenapa tiba-tiba lagu sering muncul dipikiran kalian.
13-12-2019 09:05
Quote:Original Posted By evywahyuni โ–บ
Opiniku yaak. Earworm terjadi karena terlalu seringnya indra pendengaran menerima hal2 yang sama berulang kali, bukan hanya sekadar lagu, kata makian saja yang sering didengar berulang kali bisa menyebabkan anak2 mengatakannya tanpa tau apa arti dari kata2 itu.

emoticon-Cendol Gan


Iya sesuatu yang berulang akan dianggap sebagai persepsi baru oleh otak. mangkanya ada yang bilang kalau "perkataan adalah doa". kenyataan bisa aja terjadi sesuai apa yang kita sering persepsikan lewatk kata kata hehehe

Quote:Original Posted By zenith13 โ–บ
earworm terutama terjadi pada lagu yg disukai.
dan liriknya banyak berulang.

ini menarik nih, bahas ginian berarti bahas tentang cara kerja pikiran.
pada dasarnya pikiran mempunyai suatu mekanisme untuk mengisi kekosongan.

pada saat sedang tidak melakukan sesuatu atau sedang santai, apapun dapat terpikirkan.
pikiran tidak pernah diam. nah salah satunya adalah earworm ini.


Yes pikiran kita sibuk, thought comes and go

Quote:Original Posted By jejakasedih โ–บ


Yess. Pikiran tdk pernah diam
Mangkanya ane ngerasain meditasu vipassana itu penting bgt gan..


gue udah coba meditasi dan keren bre sensasinya
profile-picture
profile-picture
wbros dan evywahyuni memberi reputasi
2 0
2
Teruntuk sobat halu, ini alasan kenapa tiba-tiba lagu sering muncul dipikiran kalian.
13-12-2019 09:22
Quote:Original Posted By rendyprasetyyo โ–บ
Iya sesuatu yang berulang akan dianggap sebagai persepsi baru oleh otak. mangkanya ada yang bilang kalau "perkataan adalah doa". kenyataan bisa aja terjadi sesuai apa yang kita sering persepsikan lewat kata kata hehehe



Yes pikiran kita sibuk, thought comes and go



gue udah coba meditasi dan keren bre sensasinya


Makanya bilang kata2nya yang baik2 aja jadi bisa terealisasikan selalu yang baik2 juga, sama aja sih dengan pendoktrinisasi yang ada ... hal2 yang berulang2 akan tertanam di alam bawah sadar, akhirnya menjadi sebuah keharusan yang patut diikuti.
Kalo lagu yang berulang2 kan bagus, sambil kerja, sambil masak, sambil mandi atau sambil membersihkan rumah pun kadang tanpa sengaja ikut disenandungkan tanpa rencanaemoticon-Peace
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan rendyprasetyyo memberi reputasi
2 0
2
Teruntuk sobat halu, ini alasan kenapa tiba-tiba lagu sering muncul dipikiran kalian.
Lapor Hansip
13-12-2019 13:37
Balasan post jejakasedih
Quote:Original Posted By jejakasedih โ–บ


Yess. Pikiran tdk pernah diam
Mangkanya ane ngerasain meditasu vipassana itu penting bgt gan..


wah, agan buddhist ya ?
ane jg buddhist gan..

sedikit kutipan dari kitab suci ane,

Sebagian orang ketika bermeditasi tidak dapat hening, dan mencari cara untuk memasuki keheningan. Ada orang bertanya pada saya: โ€œGuru, saya bermeditasi mengapa tidak dapat hening. Mohon ajarkan suatu cara, suatu teknik yang sebaiknya digunakan, supaya saya dapat hening bermeditasi.โ€ Saya katakan bagaimana anda dapat hening! Sekalipun Dewa mengajarkan cara kepada anda pun tidak dapat hening. Mengapa? Karena hati anda sendiri tidak bersih murni. Manusia hidup dalam masyarakat ini, punya tujuh perasaan dan enam nafsu, dengan segala aspek kepentingan pribadi, yang untuk diri sendiri maupun sanak keluarga dan handai tolan semua membebani hati anda, menempati porsi sangat besar dalam benak, dan diletakkan pada posisi yang sangat tinggi, ketika duduk bermeditasi apakah dapat hening? Dengan upaya yang disengaja untuk menekan, ia dengan sendirinya akan melimpah ke luar.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wbros dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Teruntuk sobat halu, ini alasan kenapa tiba-tiba lagu sering muncul dipikiran kalian.
13-12-2019 17:08
Quote:Original Posted By zenith13 โ–บ
wah, agan buddhist ya ?
ane jg buddhist gan..

sedikit kutipan dari kitab suci ane,

Sebagian orang ketika bermeditasi tidak dapat hening, dan mencari cara untuk memasuki keheningan. Ada orang bertanya pada saya: โ€œGuru, saya bermeditasi mengapa tidak dapat hening. Mohon ajarkan suatu cara, suatu teknik yang sebaiknya digunakan, supaya saya dapat hening bermeditasi.โ€ Saya katakan bagaimana anda dapat hening! Sekalipun Dewa mengajarkan cara kepada anda pun tidak dapat hening. Mengapa? Karena hati anda sendiri tidak bersih murni. Manusia hidup dalam masyarakat ini, punya tujuh perasaan dan enam nafsu, dengan segala aspek kepentingan pribadi, yang untuk diri sendiri maupun sanak keluarga dan handai tolan semua membebani hati anda, menempati porsi sangat besar dalam benak, dan diletakkan pada posisi yang sangat tinggi, ketika duduk bermeditasi apakah dapat hening? Dengan upaya yang disengaja untuk menekan, ia dengan sendirinya akan melimpah ke luar.


Ane kresten protestan budhis kejawen gan.. ๐Ÿ˜€
Oh ada kuminis nya juga ๐Ÿ˜

Mencari tenang tdk salah. Tapi nyatanya kita memang hidup di dunia yg tdk tenang. Mau gimana lagi ?
Amati keramaian batin apa adanya, sadari apa adanya, kita tenang dgn sendirinya. Meski medit sambil duduk, gelantungan kepala dibawah, bahkan sambil cari duit sekalipun.
Itu vipassana jalan.

Wong nyatanya kita hidup di dunia yg ramai kan ? Buddha pun bersabda, bahwa tenang bisa mejadi candu.emoticon-Kiss

Yesus yg terang dan tenang malah menceburkan diri ke dunia yg ramai oleh kegelapan batin. Untuk melakukan bodhicitta.. ๐Ÿ˜€

Kiranya semua makhluk damai sejahtera... ๐Ÿค˜
Diubah oleh jejakasedih
profile-picture
profile-picture
wbros dan rendyprasetyyo memberi reputasi
2 0
2
Teruntuk sobat halu, ini alasan kenapa tiba-tiba lagu sering muncul dipikiran kalian.
15-12-2019 22:05
Berarti masih ditahap wajar
profile-picture
rendyprasetyyo memberi reputasi
1 0
1
Teruntuk sobat halu, ini alasan kenapa tiba-tiba lagu sering muncul dipikiran kalian.
15-12-2019 22:18
dan kasus yg sering terjadi ketika yg dinyanyikan kgk lagu penuh condong diulang2
profile-picture
rendyprasetyyo memberi reputasi
1 0
1
Teruntuk sobat halu, ini alasan kenapa tiba-tiba lagu sering muncul dipikiran kalian.
15-12-2019 22:20
Quote:Original Posted By jejakasedih โ–บ
Yess. Pikiran tdk pernah diam
Mangkanya ane ngerasain meditasu vipassana itu penting bgt gan..


Mantapss
Mpe hening gan biar maknyusss
profile-picture
rendyprasetyyo memberi reputasi
1 0
1
Teruntuk sobat halu, ini alasan kenapa tiba-tiba lagu sering muncul dipikiran kalian.
15-12-2019 22:24
Quote:Original Posted By jejakasedih โ–บ
Ane kresten protestan budhis kejawen gan.. ๐Ÿ˜€
Oh ada kuminis nya juga ๐Ÿ˜

Mencari tenang tdk salah. Tapi nyatanya kita memang hidup di dunia yg tdk tenang. Mau gimana lagi ?
Amati keramaian batin apa adanya, sadari apa adanya, kita tenang dgn sendirinya. Meski medit sambil duduk, gelantungan kepala dibawah, bahkan sambil cari duit sekalipun.
Itu vipassana jalan.

Wong nyatanya kita hidup di dunia yg ramai kan ? Buddha pun bersabda, bahwa tenang bisa mejadi candu.emoticon-Kiss

Yesus yg terang dan tenang malah menceburkan diri ke dunia yg ramai oleh kegelapan batin. Untuk melakukan bodhicitta.. ๐Ÿ˜€

Kiranya semua makhluk damai sejahtera... ๐Ÿค˜


Salamun alaih gan emoticon-Nyepi
Semoga smua mahluk berbahagia emoticon-rose
profile-picture
profile-picture
jejakasedih dan rendyprasetyyo memberi reputasi
2 0
2
Teruntuk sobat halu, ini alasan kenapa tiba-tiba lagu sering muncul dipikiran kalian.
15-12-2019 22:28
Pernah terjadi
profile-picture
rendyprasetyyo memberi reputasi
1 0
1
Teruntuk sobat halu, ini alasan kenapa tiba-tiba lagu sering muncul dipikiran kalian.
15-12-2019 22:30
ia tuh suka gitu....



Signal xauusd

https://www.instagram.com/xauusdchannel_/
profile-picture
rendyprasetyyo memberi reputasi
1 0
1
Teruntuk sobat halu, ini alasan kenapa tiba-tiba lagu sering muncul dipikiran kalian.
15-12-2019 22:42
I need you baby and if it's quite all right emoticon-Kaskus Radio
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Teruntuk sobat halu, ini alasan kenapa tiba-tiba lagu sering muncul dipikiran kalian.
15-12-2019 22:45
Lagu apa itu? Wkwkwkwk

Quote:Original Posted By kageninja โ–บ
I need you baby and if it's quite all right emoticon-Kaskus Radio


profile-picture
limenet memberi reputasi
1 0
1
Teruntuk sobat halu, ini alasan kenapa tiba-tiba lagu sering muncul dipikiran kalian.
15-12-2019 22:49
Laver emoticon-Traveller
profile-picture
rendyprasetyyo memberi reputasi
1 0
1
Teruntuk sobat halu, ini alasan kenapa tiba-tiba lagu sering muncul dipikiran kalian.
15-12-2019 22:51
Kalau ane tiap hari ngalamin nya
profile-picture
rendyprasetyyo memberi reputasi
1 0
1
Teruntuk sobat halu, ini alasan kenapa tiba-tiba lagu sering muncul dipikiran kalian.
15-12-2019 22:55
Sering kayak gini
profile-picture
rendyprasetyyo memberi reputasi
1 0
1
Teruntuk sobat halu, ini alasan kenapa tiba-tiba lagu sering muncul dipikiran kalian.
15-12-2019 23:05
Ane tau fenomena cacing telinga malah dari Spongebob gan eheheh
profile-picture
rendyprasetyyo memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright ยฉ 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia