News
Batal
KATEGORI
link has been copied
61
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5df1c75782d4950a6e7ba472/miris-ri-punya-bbg-murah-tapi-hobi-impor-bbm
Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkali-kali kesal dan marah soal bengkaknya impor minyak dan BBM yang membuat neraca dagang RI terus defisit. Padahal, RI punya BBG yang murah dengan sumber berlimpah di dalam negeri.
Lapor Hansip
12-12-2019 11:51

Miris, RI Punya BBG Murah Tapi Hobi Impor BBM!

Past Hot Thread
Miris, RI Punya BBG Murah Tapi Hobi Impor BBM!
Foto: Suasana di Stasiun Pengisisan Bahan Bakar Gas (BBG). (CNBC Indonesia/Rahajeng Kusumo Hastuti)


Jakarta, CNBC Indonesia- Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkali-kali kesal dan marah soal bengkaknya impor minyak dan BBM yang membuat neraca dagang RI terus defisit. Padahal, RI punya BBG yang murah dengan sumber berlimpah di dalam negeri.

Tapi sayang, diversifikasi energi dari BBM ke BBG tampak setengah hati. Sempat gencar di periode 2012 lalu, tapi kini seakan BBG tak dipandang. Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG) pun perlahan berkurang, tiba-tiba pemerintah ingin loncat ke mobil listrik.

Reporter CNBC Indonesia melakukan reportase soal pemanfaatan BBG di Jakarta, rata-rata pengguna BBG mengakui keunggulan bahan bakar gas ini dan menyayangkan infrastruktur yang terbatas.

Nono misalnya, salah satu sopir taksi yang tengah mengantre di SPBG Mampang, Jakarta Selatan. Dia mengaku sudah lama memakai BBG dan jauh lebih irit ketimbang BBM.

Ia bercerita, komisi yang didapatkan sejak menggunakan gas jauh lebih besar ketimbang ketika menggunakan bensin. Selama dua tahun pemakaian, dia mengaku bisa lebih irit dalam pembelian bahan bakar dengan jarak tempuh yang sama dengan bensin, yakni 120 kilometer.

"Kalau beli bensin kan Rp 6.500 per liter, kalau gas hanya Rp 3.100 per liter. Iritnya sama memang, tapi harganya kan jauh, jadi lumayan ada tambahannya," kata Nono kepada CNBC Indonesia, Rabu (11/12/2019).

Hal serupa diungkapkan oleh Ruhiyana, pengemudi taksi yang sudah dua tahun ini menggunakan BBG. Awalnya dia ditawarkan untuk menambah konverter kit pada mobilnya, karena prestasinya sehari-hari. Setelah menggunakan BBG pun penghasilannya bertambah karena harganya lebih murah dibandingkan bensin.

"Karena pemakaiannya lebih irit sehingga komisinya lebih besar. Perbandingannya sama bensin Premium jauh, lebih irit pakai gas," katanya.

Dengan kondisi gas penuh, menurut Ruhiyana, mobilnya bisa menempuh hingga 120 kilometer. Dia pun hanya harus mengeluarkan sekitar Rp 40 ribu untuk mengisi gas penuh, sementara bensin bisa dua kali lipatnya.

"Kalau saya sih mendingan pakai gas ini lebih irit," kata Ruhiyana.

Sopir taksi lainnya, Agus, yang baru dua bulan menggunakan BBG juga sudah merasakan penghematan yang cukup signifikan ketimbang menggunakan bensin. Sayangnya susah untuk menemukan BBG, sehingga ketika kehabisan bahan bakar mereka harus kembali gunakan bensin.

Peralihan dari bensin ke gas pun tidak rumit karena hanya dipasangi converter kit, komisinya pun bertambah sejak beralih ke gas. Agus mengaku tetap akan menggunakan gas meski karena lebih hemat

"Bensin tetap isi full, tetapi paling hanya kepakai 2-3 liter kalau memang benar-benar habis," kata Agus.


Impor Minyak Terus Bengkak
Dalam data Badan Pusat Statistik (BPS), pada periode Januari-Oktober 2019 angka impor migas Indonesia mencapai US$ 17,617 miliar atau Rp 246,6 triliun turun tipis dari periode yang sama tahun lalu US$ 24,97 miliar. Sementara ekspor migas Indonesia pada periode yang sama tercatat US$ 10,347 miliar, turun dari periode yang sama tahun lalu US$ 14,152 miliar.

Impor minyak mentah Januari-Oktober 2019 tercatat US$ 4,343 miliar, turun dari periode yang sama tahun lalu US$ 7,832 miliar. Sementara impor hasil minyak termasuk BBM tercatat US$ 11,195 miliar atau sekitar Rp 156,7 triliun, turun dari periode yang sama tahun lalu US$ 14,575 miliar.

Menariknya, angka impor tersebut setara dengan membangun satu kilang, bahkan lebih.

Untuk pembangunan kilang Tuban misalnya, PT Pertamina menggaet investor minyak asal Rusia, Rosneft. Proyek ini membutuhkan nilai investasi mencapai Rp 199 triliun. Kilang Tuban ditargetkan mulai beroperasi pada 2024.

Sementara untuk proyek Grass Root lain yaitu di Kilang Bontang nilai investasinya mencapai Rp 197, 6 triliun dan ditargetkan mulai beroperasi pada 2025. Skema pendanaan untuk proyek ini pun sama yaitu kerja sama PT Pertamina (Persero) dengan swasta.

Jadi dengan nilai uang Rp 200 triliun, RI bisa bangun kilang yang bermanfaat untuk menekan impor atau terus-terusan mengucurkan duit negara dan tergantung dengan impor minyak.

Sejak 2011 Indonesia mengidap penyakit kronis yang bernama defisit transaksi berjalan (CAD). Defisit paling parah tercatat di 2018 yang mencapai 3% dari produk domestik bruto (PDB).

Penyebab penyakit tersebut apalagi kalau bukan impor minyak yang jor-joran. Keran impor minyak yang terbuka lebar membuat neraca migas Indonesia terus mencatatkan defisit.

Pemerintah harus serius menangani masalah ini. Pasalnya lifting minyak terus mengalami penurunan sedangkan konsumsi minyak terus meningkat. Umur sumur dan lapangan minyak serta infrastruktur yang semakin tua menyebabkan lifting menjadi semakin kecil. BBG ada di depan mata, jangan sampai dilupakan.

SUMBER
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dozzila88 dan 8 lainnya memberi reputasi
9
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 4
Miris, RI Punya BBG Murah Tapi Hobi Impor BBM!
12-12-2019 11:54
Mumpung Ahok udah jadi komut, gue yakin Ahok yang bakal disalahin sama orang-orang suci emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
esaka.kedua dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Miris, RI Punya BBG Murah Tapi Hobi Impor BBM!
12-12-2019 11:58
Bbg gas = LPG = asalnya dri minyak mentah ya sama aj emoticon-Leh Uga

Klo Udah bikin jalur pipa gas LNG dan sdh bisa dijual umum baru ngomongin pengurangan Bensin digantikan gas.

Gak usah cpt2 mobil listrik .. bikin aj mobil hybrid dlu emoticon-No Hope
Diubah oleh ruuuruuu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gailham dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Miris, RI Punya BBG Murah Tapi Hobi Impor BBM!
12-12-2019 12:05
alah kadrun banyak bacot


ntar kalo minyak gk impor arab lagi


bacot lagi


serba salah emang kalo urusan ama nasbung

profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Miris, RI Punya BBG Murah Tapi Hobi Impor BBM!
Lapor Hansip
12-12-2019 12:12
Balasan post ruuuruuu
betul.. kok kita ga ada begituan ya, padahal bbg bisa dikatakan produk sampingan dari minyak mentah.
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Miris, RI Punya BBG Murah Tapi Hobi Impor BBM!
12-12-2019 12:23
Dari cerita Nano dan Ruhiyana lebih untung pakai BBG
0 0
0
Miris, RI Punya BBG Murah Tapi Hobi Impor BBM!
12-12-2019 12:45
Kalau mau prktis ya bikin pembangkit listrik tenaga gas. Listriknya buat nyetrum mobil.
Jadi trend mobil listrik dapet, penggunaan bbg dapet
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan MirrorBoy memberi reputasi
2 0
2
Miris, RI Punya BBG Murah Tapi Hobi Impor BBM!
12-12-2019 13:16
ya mau gimana , bandingin aja jumlah mobil yang pake bbm sama bbg banyakan mana , produsen mobil & motor juga bikin nya kendaraan bbm mulu , ga bikin bbg
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Miris, RI Punya BBG Murah Tapi Hobi Impor BBM!
12-12-2019 13:33
namanya juga hoby pasti disenangi lah
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Miris, RI Punya BBG Murah Tapi Hobi Impor BBM!
12-12-2019 13:43
Dan penjual konversi bbm ke elpiji juga dicekek gak bisa jalan...
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Miris, RI Punya BBG Murah Tapi Hobi Impor BBM!
12-12-2019 14:29
Ini kayaknya presiden yg sebelumnya sama yg sekarang pada salah kaprah waktu nonton film amrik denger bule2nya ngisi bahan bakar mobilnya pake “gas”, padahal “gas” yg dimaksud singkatan dari “gasoline” yg berarti bensin, bukan “gas” macem “lpg”
emoticon-Nohope
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gailham dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Miris, RI Punya BBG Murah Tapi Hobi Impor BBM!
12-12-2019 14:41
kalau yg sekarang bukannya lagi jor2aan LNG ya ?
gas alam pipa ke rumah2 ? emoticon-Amazed

sama2 gas, cuma beda sumber aja emoticon-Ngacir
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Miris, RI Punya BBG Murah Tapi Hobi Impor BBM!
Lapor Hansip
12-12-2019 14:48
Balasan post Uthe18
Quote:Original Posted By Uthe18
kalau yg sekarang bukannya lagi jor2aan LNG ya ?
gas alam pipa ke rumah2 ? emoticon-Amazed

sama2 gas, cuma beda sumber aja emoticon-Ngacir


Para pakar kadrun mikirnya LNG itu bisa langsung d pake buat BBG kendaraan.. emoticon-Malu (S)

Sama kaya anggapan mereka bahwa pertamini itu menjual bahan bakar yg d produksi dari minyak sawit.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gailham dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Miris, RI Punya BBG Murah Tapi Hobi Impor BBM!
12-12-2019 15:38
nah itu dia, pemerintah kemane aje.... emoticon-Najis
profile-picture
agusdwikarna memberi reputasi
1 0
1
Miris, RI Punya BBG Murah Tapi Hobi Impor BBM!
12-12-2019 15:38
harus beralih ke energi listrik secara perlahan, mobil dan motor listrik
0 0
0
Miris, RI Punya BBG Murah Tapi Hobi Impor BBM!
12-12-2019 15:40
Geram dan kesal bertahun tahun. emoticon-Big Grin
profile-picture
agusdwikarna memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Miris, RI Punya BBG Murah Tapi Hobi Impor BBM!
12-12-2019 15:42
dikira konversi ke gas bisa segampang itu?
0 0
0
Miris, RI Punya BBG Murah Tapi Hobi Impor BBM!
12-12-2019 15:43
Baik nya BBG dan Listrik bersinergi didalam mesin kendaraan anda. Itu baru Gasss Polll.....!!,,,

emoticon-Traveller
Diubah oleh ujung.payung
0 0
0
Miris, RI Punya BBG Murah Tapi Hobi Impor BBM!
12-12-2019 15:44
Padahal kan petral udah digebuk emoticon-Malu
0 0
0
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia