Sports
Batal
KATEGORI
link has been copied
1
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5df0b1cc4601cf35d236c55e/indonesia-kalah-3-0-dari-vietnam-di-final-sea-games
Indonesia 0-3 Vietnam Pertandingan final SEA Games 2019 antara Indonesia vs Vietnam telah berlangsung di Stadion Rizal Memorial, Manila pada hari Selasa (10/12/2019) malam hari WIB. Sebelumnya kedua tim tersebut memang pernah bertemu dalam SEA Games 2019 saat menjalani laga babak fase grup di dalam grup B. Pada waktu Indonesia kalah tipis dengan skor 2-1. Sayangnya pada laga final ini Indonesia ke
Lapor Hansip
11-12-2019 16:07

Indonesia Kalah 3-0 dari Vietnam di Final SEA Games

Indonesia Kalah 3-0 dari Vietnam di Final SEA GamesIndonesia 0-3 Vietnam

Pertandingan final SEA Games 2019 antara Indonesia vs Vietnam telah berlangsung di Stadion Rizal Memorial, Manila pada hari Selasa (10/12/2019) malam hari WIB. Sebelumnya kedua tim tersebut memang pernah bertemu dalam SEA Games 2019 saat menjalani laga babak fase grup di dalam grup B. Pada waktu Indonesia kalah tipis dengan skor 2-1. Sayangnya pada laga final ini Indonesia kembali dikalahkan oleh Vietnam, namun kalahnya lebih menyakitkan, pasalnya mereka kalah 3-0 atas Vietnam.
Hasil ini tentu membuat para pencinta sepak bola tanah air kecewa karena timnas Garuda Muda gagal menjadi juara di cabang olahraga sepak bola SEA Games 2019. Walaupun begitu, perjuangan dari timnas Indonesia patut diapresiasi hingga akhirnya berhasil melangkah ke babak final. Dengan terpaksa, Indonesia menjadi runner up dalam cabang olahraga sepak bola, sedangkan Vietnam menjadi juara SEA Games pada tahun ini.
Bemain di laga final, Indra Sjafri memainkan beberapa pemain lini depan seperti Osvaldo Haay dan Saddil Ramdani untuk bermain sebagai starter. Lalu di posisi lini tengah ada nama-nama seperti Witan Sulaeman, Sani Rizki Fauzi dan Evan Dimas Darmono yang bermain sebagai starter. Sedangkan di lini pertahanan ada nama-nama seperti Bagas Adi, Firza Andika dan Asnawi Mangkualam Bahar. Sementara itu pada kubu Vietnam, di lini depan mereka memainkan Nguyen Tien Linh dan Nguyen Duc Chien untuk bermain sebagai starter. Lalu di posisi lini tengah ada nama-nama seperti Nguyen  Thanh Chung, Do Hung Dung dan Nguyen Hoang Duc. Sedangkan di lini pertahanan ada nama-nama seperti Huynh Tan Sinh, Ho Tan Tai dan Doan Van Hau.

Jalannya Laga
Indonesia tidak mau kalah lagi dari Vietnam pada laga final SEA Games ini. Pasukan Indra Sjafri tersebut langsung tampil tancap gas dan agresif dengan memberikan tekanan ke dalam barisan pertahanan. Permainan yang ditunjukkan oleh Indonesia tersebut sukses membuat Vietnam kewalahan. Bahkan saat laga baru berjalan selama enam menit Indonesia berhasil mendapatkan peluang berbahaya lewat Zulfiandi. Sayangnya, tendangan jarak jauh yang dilepaskan oleh Zulfiandi masih dapat ditepis oleh kiper Vietnam, Nguyen Van Toan.
Vietnam bukannya tanpa perlawanan. Mereka mencoba untuk melancarkan serangan dengan mencari celah dari barisan pertahanan timnas Garuda Muda. Mereka mulai bangkit dan menyusun pola permainan dengan sangat teratur. Di menit ke-16, Vietnam mendapatkan peluang melalui Ha Duc Chinh. Sayangnya, peluang dari pemain Vietnam tersebut masih dapat diselamatkan oleh Nadeo Argawinata.
Malapetaka menghampiri Indonesia saat laga memasuki menit ke-25. Bagaimana tidak, pemain andalan mereka, Evan Dimas Darmono, harus keluar lebih cepat dari lapangan hijau setelah terkena benturan dengan pemain Vietnam. Tanpa adanya Evan Dimas, permainan Indonesia pun terlihat melemah.

Kehilangan Evan Dimas berdampak sangat besar bagi Indonesia. Lini tengah mereka terlihat rapuh sehingga hal tersebut dimanfaatkan dengan baik  oleh Vietnam. Mereka terus menekan barisan pertahanan Indonesia hingga pada akhirnya di menit ke-39 Vietnam berhasil membuka keunggulan berkat gol dari Doan Van Hau. Memanfaatkan tendangan pojok, Doan Van Hau melakukan sundulan dan berhasil menjebol gawang Nadeo. Vietnam unggul sementara dengan skor 1-0.
Setelah gol tersebut, Vietnam terlihat mendominasi dan percaya diri terhadap Indonesia. Hingga jeda turun minum, skor 1-0 bertahan untuk keunggulan Vietnam.
Memasuki babak kedua, permainan Vietnam semakin tenang dan agresif sehingga hal tersebut membuat Indonesia terlihat kewalahan. Bahkan laga baru berjalan selama 10 menit Vietnam berhasil menggandakan keunggulan lewat gol dari Do Hung Dung. Memanfaatkan bola liar hasil umpang silang, Do Hung Dung juga berhasil mencatatkan namanya di papan skor dan membuat skor menjadi 2-0.
Indra Sjafri berinisiatif untuk memasukkan Egy Maulana Vikri untuk menambah daya serang dari Indonesia. Namun tampaknya timnas Garuda Muda masih kesulitan untuk dapat mencetak gol ke gawang Vietnam.
Sayangnya, di menit ke-73 Vietnam kembali mencetak gol ke gawang Indonesia melalui brace dari Doan Van Hau. Gol tersebut membuat skor menjadi 3-0. Namun, setelah itu pelatih Vietnam, Park Hang-seo terkena kartu merah akibat mengkritik keras wasit.
Kendati demikian, skor 3-0 bertahan dan membuat Vietnam berhasil meraih medali emas. Sedangkan Indonesia hanya mampu meraih perak dalam ajang sepak bola SEA Games 2019.
Diubah oleh SBO.ID
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Indonesia Kalah 3-0 dari Vietnam di Final SEA Games
13-12-2019 15:40
Indonesia kalah ? udah biasa
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia