Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
269
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5df05de3b8408826cc52cc4c/daripada-tahun-depan-nikah-ribet-urus-sertifikat-mending-nikah-sekarang-yuk-gansist
Tahun 2020, Presiden Indonesia mewajibkan kepada seluruh calon pengantin yang akan/ berencana menikah untuk memiliki sertifikat layak nikah sebelum melakukan pernikahan. Peraturan ini akan diberlakukan pada tahun 2020 mendatang untuk seluruh wilayah Indonesia, tak terkecuali wilayah Jakarta.
Lapor Hansip
11-12-2019 10:09

Daripada Tahun Depan Nikah, Ribet Urus Sertifikat Mending Nikah Sekarang Yuk GanSist!

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Daripada Tahun Depan Nikah, Ribet Urus Sertifikat Mending Nikah Sekarang Yuk GanSist!

Assalamualaikum GanSis.


Di thread kali ini, Ane akan bahas tentang soal yang belakangan ini menjadi cukup kontroversial di kalangan masyarakat, khususnya kaum muda-mudi Indonesia. Sekarang ini, tersebar wacana wajib punya sertifikat layak nikah dulu baru boleh menikah. Bagaimana menurut GanSis? Apakah menurut GanSis wacana tersebut benar atau tidak? Yuk, langsung simak penjelasannya di bawah ini.


Daripada Tahun Depan Nikah, Ribet Urus Sertifikat Mending Nikah Sekarang Yuk GanSist!

Tahun 2020, Presiden Indonesia mewajibkan kepada seluruh calon pengantin yang akan/ berencana menikah untuk memiliki sertifikat layak nikah sebelum melakukan pernikahan. Peraturan ini akan diberlakukan pada tahun 2020 mendatang untuk seluruh wilayah Indonesia, tak terkecuali wilayah Jakarta. Hal ini tentu mengundang banyak pertanyaan bagi para calon pengantin/catin. Pasalnya, masih banyak calon pengantin yang belum mengerti cara untuk memperoleh sertifikat layak nikah. Maka dari itu, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta sudah melakukan sosialisasi sejak dini tentang proses dan persyaratan dalam mendapatkan sertifikat layak nikah bagi para calon pengantin.

Dalam peraturan baru ini, calon pengantin yang akan/ berencana menikah wajib mengikuti program sertifikasi pra nikah untuk mendapatkan sertifikat layak nikah. Sertifikasi pra nikah ini berisi program konseling selama 3 bulan dan pemeriksaan kesehatan di puskesmas/RS. Dalam pelaksanaannya, Kemenko PMK akan bekerja sama dengan Kementerian Agama (Kemenag) sebagai pemberi materi urusan pernikahan dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sebagai pemberi informasi tentang kesehatan dan penyakit.

Program pra nikah ini dilakukan bukan tanpa alasan. Program pemeriksaan kesehatan catin dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan calon mempelai, membekali informasi kesehatan fisik dan psikis, serta memastikan kesiapan calon pengantin dalam berumah tangga. Sedangkan, program konseling bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, kesadaran dan kepedulian dalam melaksanakan fungsi dan perilaku reproduksi yang sehat dan aman. Usai mengikuti bimbingan pra nikah tersebut, calon pengantin baru akan diberikan sertifikat layak nikah. Sertifikat itulah yang menjadi salah satu syarat dalam mengajukan permohonan nikah ke KUA.


Daripada Tahun Depan Nikah, Ribet Urus Sertifikat Mending Nikah Sekarang Yuk GanSist!

Namun, sayangnya tidak semua calon pengantin dinyatakan lulus dan berhak memperoleh sertifikat layak nikah usai mengikuti program bimbingan. Mungkin ada semisal evaluasi berupa ujian tertulis yang perlu dijawab oleh calon pengantin usai mengikuti bimbingan, yang akan menjadi penentu lulus atau tidaknya, sehingga berhak mendapatkan sertifikat layak nikah tersebut. Dengan begitu, cukup repot juga, ya kalau musti ikut bimbingan selama 3 bulan, apalagi kalau sampai tidak lulus dan tidak memperoleh sertifikat, yang berarti harus mengulangi lagi ikut bimbingan.

Tentu saja, wacana program ini menumbuhkan banyak pro dan kontra. Beberapa lembaga, organisasi dan partai politik bersuara. Bendahara Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah, Anwar Abbas menyatakan bahwa organisasinya setuju dengan wacana sertifikat layak nikah ini. Komisioner Komnas Perempuan, Imam Nakha'i, juga berpendapat serupa. Imam berpikir, rencana mewajibkan sertifikasi perkimpoian adalah upaya negara dalam membangun keluarga yang kokoh, berkesetaraan dan berkeadilan. Sehingga, pasangan yang telah menikah diharapkan dapat membangun keluarga sejahtera.

Daripada Tahun Depan Nikah, Ribet Urus Sertifikat Mending Nikah Sekarang Yuk GanSist!

Ada juga beberapa partai politik yang justru bersuara menentang. Anggota Komisi VIII DPR RI, Diah Pitaloka menilai rencana tersebut susah dipraktikkan. "Ini praktiknya gimana? Jangan sampai orang gagal nikah hanya gara-gara tidak ada sertifikat," ucap politikus PDIP ini kepada Tempo, Jumat lalu.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ace Hasan Syadzily mengungkapkan, pemerintah harus benar-benar mengkaji secara matang baik dari segi prosedur ataupun substansi sebelum melontarkan rencana kebijakan ini.

"Jangan sampai aturan ini memberatkan warga untuk menyelenggarakan pernikahan, terutama dari segi biaya. Juga jangan sampai prosedurnya terlalu berbelit-belit," ungkap politikus Golkar ini.

Ketua Komisi VIII DPR RI, Yandri mengingatkan, pemerintah musti berhati-hati sebelum mengumumkan rencana kebijakan serta mengkaji benar manfaat dan mudaratnya, karena masalah pernikahan adalah masalah yang sangat privat.

Menurut Muhadjir, dengan pengetahuan tentang pernikahan yang cukup, diharapkan mampu menekan angka perceraian. Sebenarnya, kata dia, program pelatihan pra-nikah ini telah dilaksanakan di sejumlah kalangan kelompok keagamaan. "Tapi ini mau saya harus lebih masif, berlaku sifatnya musti wajib, gratis, ya sebelum lulus mengikuti pembekalan enggak boleh nikah," ucap Muhadjir beberapa hari lalu.

Sedangkan, kebijakan tersebut masih menuai kritik. Menurut Wakil Ketua Komisi VIII Marwan Dasopang saat dihubungi Kompas.com, kebijakan ini akan memicu beberapa persoalan. Contohnya, jika ada pasangan yang tidak lulus kelas pra-nikah dan tak memperoleh sertifikasi, dikhawatirkan akan melakukan perzinaan. Ia juga menambahkan, tak ada jaminan dengan sertifikasi tersebut pasangan suami-istri akan terhindar dari perceraian.

"Selanjutnya siapa yang menerbitkan sertifikat dan apa pertanggungjawaban atas tidak lulusnya seseorang yang menghambat pernikahan, atau lulus dan boleh menikah tapi cerai, bolehkah otoritas sertifikat digugat," ungkap dia.

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia tak mempersoalkan jika pemerintah berencana mewujudkan wacana tersebut selama tujuannya jelas. Namun, Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik meminta, supaya program ini tidak menjadi suatu kewajiban.

Di lain pihak, Wakil Presiden Maruf Amin mengatakan, sertifikasi pembekalan pra-nikah tidak untuk mengatur seseorang boleh atau tidak boleh menikah. Hal ini untuk pembekalan dan sertifikasi itu hanya bertujuan untuk memberikan pemahaman pembangunan rumah tangga yang baik, bukan meluluskan atau melarang orang untuk menikah.

"Itu pembekalan yang memang penting untuk adanya istilah itu memberikan pelatihan pra nikah. Sebab agar saat dia nikah itu dia sudah siap mental dan fisik, khususnya dalam menghadapi kemungkinan pencegahan stunting," kata Maruf Amin di Istana Wapres, Jakarta, Jumat 15 November 2019 lalu.

"Bukan berarti yang nggak punya sertifikat enggak boleh nikah, ini mengerikan. Substansinyalah yang kita pentingkan," jawab dia.

Maruf Amin menyatakan, keluarga merupakan unit terkecil dari suatu negara. Oleh karenanya, peran keluarga dalam menciptakan SDM yang baik dan berkualitas sangat penting.



Itulah pemahaman sekilas tentang program sertifikasi nikah untuk mendapat sertifikat layak nikah serta beberapa pro dan kontranya. Mungkin perlu juga dipertimbangkan beberapa risiko untuk melakukan kebijakan baru ini, ya. Bagaimana GanSis? Apakah setuju dengan kebijakan ini kalau benar-benar terjadi? Mending nikah sekarang aja, ya. Daripada tahun depan ribet urus sertifikat dulu. 😂

Penulis: Fia Permatasari
Referensi: Tahun 2020 Wajib Punya Sertifikat Nikah
Diubah oleh fiaperm
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fitrijunita dan 39 lainnya memberi reputasi
38
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 14
Daripada Tahun Depan Nikah, Ribet Urus Sertifikat Mending Nikah Sekarang Yuk GanSist!
11-12-2019 10:11
Tahun 2020 kabarnya Presiden mau terapkan aturan baru ini, yakni calon pengantin harus ikut program sertifikasi pra nikah selama 3 bulan
Diubah oleh fiaperm
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 2 balasan
Daripada Tahun Depan Nikah, Ribet Urus Sertifikat Mending Nikah Sekarang Yuk GanSist!
11-12-2019 10:11
Menikah di bawah kepemimpinan Bpk Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin, tak cukup hanya bermodal cinta dan restu orang tua.
Diubah oleh fiaperm
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 1 balasan
Daripada Tahun Depan Nikah, Ribet Urus Sertifikat Mending Nikah Sekarang Yuk GanSist!
11-12-2019 10:12
Untuk mendapatkan sertifikat layak nikah, harus mengikuti bimbingan konseling selama 3 bulan dan tes pemeriksaan kesehatan sebelum menikah 1 bulan.
Diubah oleh fiaperm
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Daripada Tahun Depan Nikah, Ribet Urus Sertifikat Mending Nikah Sekarang Yuk GanSist!
11-12-2019 10:12
Tentu saja hal ini menuai banyak pro dan kontra, ada yg bilang "nikah jangan dipersulit". Selain itu, dikhawatirkan pula akan ada perzinaan bagi catin yg tak lulus program.
Diubah oleh fiaperm
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Daripada Tahun Depan Nikah, Ribet Urus Sertifikat Mending Nikah Sekarang Yuk GanSist!
11-12-2019 10:12
Lumayan ribet juga sih, kalo menikah harus punya sertifikat dulu. Ikut kelas lagi kaya di sekolah 😅
Diubah oleh fiaperm
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Daripada Tahun Depan Nikah, Ribet Urus Sertifikat Mending Nikah Sekarang Yuk GanSist!
11-12-2019 10:28
yuk k4win....
eh maksudnya nikah emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan fiaperm memberi reputasi
2 0
2
Daripada Tahun Depan Nikah, Ribet Urus Sertifikat Mending Nikah Sekarang Yuk GanSist!
11-12-2019 10:31
Saya baca sampai selesai bukan curhat

Lah ini kok seperti nikah sama yang berseragama dibikin ribet !!! Rempong banget !!!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Daripada Tahun Depan Nikah, Ribet Urus Sertifikat Mending Nikah Sekarang Yuk GanSist!
11-12-2019 10:32
Quote:Original Posted By iyan.raambo123
yuk k4win....
eh maksudnya nikah emoticon-Hammer2


Sip gan, mending nikah tahun ini daripada tahun depan. Mumpung bulannya juga bagus dibuat nikah
Diubah oleh fiaperm
profile-picture
ajang.dee memberi reputasi
1 0
1
Daripada Tahun Depan Nikah, Ribet Urus Sertifikat Mending Nikah Sekarang Yuk GanSist!
11-12-2019 10:34
Quote:Original Posted By monkeydfarly
Saya baca sampai selesai bukan curhat

Lah ini kok seperti nikah sama yang berseragama dibikin ribet !!! Rempong banget !!!


Iya gan, nikah tahun depan bakal tambah ribet ya. Belum ngurusin tenda, tema resepsi, katering dan segala macamnya
profile-picture
ajang.dee memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Daripada Tahun Depan Nikah, Ribet Urus Sertifikat Mending Nikah Sekarang Yuk GanSist!
Lapor Hansip
11-12-2019 10:36
Balasan post fiaperm
Kusoooooooo !!!!


Harus cepet2 cari mentok desember ini !!!!


Daripada tambah rempong ribet buang2 waktu uang !!!

emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Daripada Tahun Depan Nikah, Ribet Urus Sertifikat Mending Nikah Sekarang Yuk GanSist!
11-12-2019 10:39
Quote:Original Posted By monkeydfarly
Kusoooooooo !!!!


Harus cepet2 cari mentok desember ini !!!!


Daripada tambah rempong ribet buang2 waktu uang !!!

emoticon-Ngacir


Hayuk gan... Siapin dari sekarang deh daripada tahun depan ribet harus urus sertifikat dulu. Mending nikah sekarang aja yuk. Jangan lupa siapin calonnya juga ya gan
profile-picture
ajang.dee memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Daripada Tahun Depan Nikah, Ribet Urus Sertifikat Mending Nikah Sekarang Yuk GanSist!
11-12-2019 10:43
Iya kalo ente hidupnya masih ditanggung orang tua sih silahkan aja nikah secepatnya dengan alasan cuma buat legitimasi seks
emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adri1414 dan 8 lainnya memberi reputasi
8 1
7
Lihat 2 balasan
Daripada Tahun Depan Nikah, Ribet Urus Sertifikat Mending Nikah Sekarang Yuk GanSist!
Lapor Hansip
11-12-2019 10:45
Balasan post fiaperm
Apaan calon aja belum dapat ! Dapat pun maunya pasti drama2 halu dulu !!!

Nyari dimana ya?!!! emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Daripada Tahun Depan Nikah, Ribet Urus Sertifikat Mending Nikah Sekarang Yuk GanSist!
11-12-2019 10:57
Quote:Original Posted By sekeleke
Iya kalo ente hidupnya masih ditanggung orang tua sih silahkan aja nikah secepatnya dengan alasan cuma buat legitimasi seks
emoticon-Traveller


Sebenarnya, tujuan menikah itu tergantung masing-masing pribadi gan. Tapi, biasanya salah satu tujuan seseorang adalah untuk menikah. Jadi, memang menikah itu termasuk penting.

Quote:Original Posted By monkeydfarly
Apaan calon aja belum dapat ! Dapat pun maunya pasti drama2 halu dulu !!!

Nyari dimana ya?!!! emoticon-Bingung


Hm di mana ya gan. Ane juga bingung. Mau nyari di pasar juga ga ada yg jualan 🤣🤣emoticon-Hammer (S)
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan sekeleke memberi reputasi
2 0
2
Lihat 6 balasan
Daripada Tahun Depan Nikah, Ribet Urus Sertifikat Mending Nikah Sekarang Yuk GanSist!
Lapor Hansip
11-12-2019 10:59
Balasan post fiaperm
Semoga enggak di ACC !!!

Ngasal nikah dapatnya Zonk kan konyol !

Yaudahlah emoticon-Games


emoticon-Ngacir
Diubah oleh monkeydfarly
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan fiaperm memberi reputasi
2 0
2
Daripada Tahun Depan Nikah, Ribet Urus Sertifikat Mending Nikah Sekarang Yuk GanSist!
11-12-2019 11:10
Quote:Original Posted By monkeydfarly
Semoga enggak di ACC !!!

Ngasal nikah dapatnya Zonk kan konyol !

Yaudahlah emoticon-Games


emoticon-Ngacir


Wkwkwk sip gan, semoga ya. Biar gak nambah ruwet mau nikah. Tapi kabarnya emang mau di acc. Gimana ya jadinya kalo bener di Acc, mungkin banyak yg protes 😂
0 0
0
Lihat 2 balasan
Daripada Tahun Depan Nikah, Ribet Urus Sertifikat Mending Nikah Sekarang Yuk GanSist!
Lapor Hansip
11-12-2019 11:19
Balasan post fiaperm
Mangkannya, kalo nikah tujuan hanya sekedar buat seks, tapi besok makan apa & tinggal dimana urusan belakangan..mendingan cepet2 nikah
Ga ada yg ngelarang mau nikah cepet atau engga..cuma yg dikhawatirkan adalah kalo mental nikah cuma biar blaem2nya jadi sah, urusan pra-pasca menikah tinggal "gampang ada bokap nyokap", apalagi biar ga ribet taon depan

Karena nilai pentingnya suatu pernikahan itulah mangkannya emang harus ribet, karena nikah bukan perkara gampangan yg sekedar coblos langsung kelar
Perceraian banyak terjadi selain karena ketidakcocokan juga karena orangnya belum siap fisik, mental, materi tapi buru2 nikah
emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Daripada Tahun Depan Nikah, Ribet Urus Sertifikat Mending Nikah Sekarang Yuk GanSist!
11-12-2019 11:20
bersyukurlah yang udah nikah 😁
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan fiaperm memberi reputasi
2 0
2
Daripada Tahun Depan Nikah, Ribet Urus Sertifikat Mending Nikah Sekarang Yuk GanSist!
11-12-2019 11:23
bimbel malam pertama emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
fitrijunita dan fiaperm memberi reputasi
1 1
0
Lihat 1 balasan
Daripada Tahun Depan Nikah, Ribet Urus Sertifikat Mending Nikah Sekarang Yuk GanSist!
11-12-2019 11:26
Untung aja ane udah nikahemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
profile-picture
fiaperm memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 14
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia