News
Batal
KATEGORI
link has been copied
48
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dec340bc342bb364d22ed8d/ktp-diganjar-rp-100-ribu-muncul-tagihan-pajak-mobil-rp-20-juta
Sejumlah warga di Kelurahan Pasar Manggis, Jakarta Selatan menuturkan pernah menyerahkan kartu tanda penduduk atau KTP baik asli maupun fotokopi kepada seseorang. Belakangan, mereka ditagih tunggakan pajak mobil mewah.
Lapor Hansip
08-12-2019 06:21

KTP Diganjar Rp 100 Ribu, Muncul Tagihan Pajak Mobil Rp 20 Juta

Past Hot Thread
Quote:KTP Diganjar Rp 100 Ribu, Muncul Tagihan Pajak Mobil Rp 20 Juta

TEMPO.CO, Jakarta - Sejumlah warga di Kelurahan Pasar Manggis, Jakarta Selatan menuturkan pernah menyerahkan kartu tanda penduduk atau KTP baik asli maupun fotokopi kepada seseorang. Belakangan, mereka ditagih tunggakan pajak mobil mewah.

"Sekitar tiga tahun lalu, waktu itu saya dibayar Rp 100 ribu," ujar Tugini, salah satu warga di RT 06 RW 12, Kelurahan Pasar Manggis saat ditemui Tempo di kontrakannya, Sabtu, 7 Desember 2019.

Pada November 2019 lalu, Tugini didatangi oleh petugas Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat), Jakarta Selatan. Buruh cuci itu tercatat sebagai pemilik mobil Mercedes-Benz S 400 yang sedang menunggak pajak lebih dari Rp 20 juta.

Wanita 46 tahun itu lantas menangis kepada petugas, seraya menjelaskan dirinya tidak mungkin memiliki mobil mewah itu. "Orang rumah aja ngontrak, Pak," kata dia menirukan ucapan kepada petugas Samsat.

Tugini mengaku tidak ingat nama orang yang meminta fotokopi KTP-nya pada tiga tahun lalu. Dia hanya ingat menerima uang Rp 100 ribu, tanpa menaruh kecurigaan walau tidak dijelaskan untuk apa KTP-nya diminta. Apalagi, kata dia, warga RT 06 juga banyak yang menerima uang tersebut.

"Kata dia, sudah pegang saja. Ya udah, saya pun ngikut karena yang juga begitu," ujar Tugini.

Cerita yang sama dialami oleh warga RT06 lain, Desi, 28 tahun. Desi didatangi oleh petugas Samsat beberapa bulan lalu karena tercatat sebagai pemilik mobil Range Rover dengan tunggakan pajak jutaan rupiah. "Petugas mengatakan harga mobilnya itu di atas Rp 1 miliar," ujar Desi.

Desi akhirnya mengurus pemblokiran kepemilikan mobil Range Rover tersebut. Sama seperti Tugini, Desi juga mengaku menerima uang Rp 100 ribu dari seseorang yang meminta KTP miliknya sekitar dua tahun lalu. Namun, ia tak mengingat nama orang tersebut. "Saya terima saja waktu itu karena banyak warga yang ngasih KTP-nya juga," kata dia.

KTP Diganjar Rp 100 Ribu, Muncul Tagihan Pajak Mobil Rp 20 Juta

Desi juga mengatakan bahwa ibunya turut menyerahkan KTP kepada orang tersebut. Akibatnya, Kartu Jakarta Pintar atau KJP milik ibunya diblokir, karena tercatat sebagai pemilik mobil Avanza. Informasi itu diterima setelah mengurus pemblokiran data kepemilikan mobil. "Ibu memang enggak ditagih pajak kayak saya, tapi ya itu, KJP-nya diblokir," kata dia.

Warga lain di RT 06 bernama Kusmiati juga mengaku pernah menyerahkan KTP karena dibayar Rp 100 ribu. Namun hingga saat ini, wanita 49 tahun itu mengaku belum pernah didatangi petugas Samsat karena tunggakan pajak mobil. "Mungkin yang pakai KTP saya masih lancar bayar pajak," kata dia.

Menurut Kusmiati, fenomena orang yang meminta KTP warga memang biasa terjadi. Apalagi, kata dia, jika masuk di masa-masa Pemilihan Presiden atau Pemilihan Legislatif. Dia sempat berpikir KTP diminta untuk mendapatkan sembako. Dia tak menyangka bahwa KTP tersebut kemungkinan bisa disalahgunakan untuk pembelian mobil mewah. "Ya saya kira biasa aja begitu," kata dia.

https://www.tempo.co/read/1281219/kt...bil-rp-20-juta


Kasian banget KJP ibunya sampe mesti d tarik gara2 KTP emoticon-Mewek
profile-picture
agusn6778 memberi reputasi
1
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
KTP Diganjar Rp 100 Ribu, Muncul Tagihan Pajak Mobil Rp 20 Juta
08-12-2019 06:27
Ya negara aja yg terlalu nyekek ,wajarlah nunggak ,pajak indo lebih gila dan MAHAL ketimbang negara2 lain didunia. Gak sebanding dengan pajak mahal jalan dan infra masih seadanya dengan fajak yg au ah gelap emoticon-Busa

Note : bagi yg gak pernah ataw gak punya keinginan punya mobil mewah/supercar mending diem dipojokan emoticon-shakehand
profile-picture
profile-picture
masfuad2015 dan bebekksatria1 memberi reputasi
1 1
0
Lihat 16 balasan
KTP Diganjar Rp 100 Ribu, Muncul Tagihan Pajak Mobil Rp 20 Juta
08-12-2019 06:31
pajak dibawah 1% harga mobil nggak mahal dibanding manfaatnya
0 0
0
KTP Diganjar Rp 100 Ribu, Muncul Tagihan Pajak Mobil Rp 20 Juta
Lapor Hansip
08-12-2019 06:35
Balasan post krec
Ah masak sih gan
0 0
0
KTP Diganjar Rp 100 Ribu, Muncul Tagihan Pajak Mobil Rp 20 Juta
Lapor Hansip
08-12-2019 06:35
Balasan post krec
Quote:Original Posted By krec
Ya negara aja yg terlalu nyekek ,wajarlah nunggak ,pajak indo lebih gila dan MAHAL ketimbang negara2 lain didunia. Gak sebanding dengan pajak mahal jalan dan infra masih seadanya dengan fajak yg au ah gelap emoticon-Busa

Note : bagi yg gak pernah ataw gak punya keinginan punya mobil mewah/supercar mending diem dipojokan emoticon-shakehand


belum tau harga mobil dan pajak di SG ya lu emoticon-Big Grin
Tapi emang harga mobil disini dibanding us ya beda jauh murah us
profile-picture
xneakerz memberi reputasi
1 0
1
KTP Diganjar Rp 100 Ribu, Muncul Tagihan Pajak Mobil Rp 20 Juta
08-12-2019 06:44
kelakuan nastak nih, beli mobil mewah pake ktp orang miskin
0 0
0
KTP Diganjar Rp 100 Ribu, Muncul Tagihan Pajak Mobil Rp 20 Juta
08-12-2019 06:47
Pajak PKB masuk ke kantong Pemprov

Serius Ente rela duit Ente dipalak Wan aibon and d'geng? emoticon-Cool
0 0
0
Lihat 1 balasan
KTP Diganjar Rp 100 Ribu, Muncul Tagihan Pajak Mobil Rp 20 Juta
08-12-2019 06:57
Demi cepe
0 0
0
KTP Diganjar Rp 100 Ribu, Muncul Tagihan Pajak Mobil Rp 20 Juta
08-12-2019 06:57
gilak pajaknya mahal
0 0
0
KTP Diganjar Rp 100 Ribu, Muncul Tagihan Pajak Mobil Rp 20 Juta
08-12-2019 07:01
Astajim, bisa kena tipu. Ati2 nyerahin ktp emoticon-Imlek
KTP Diganjar Rp 100 Ribu, Muncul Tagihan Pajak Mobil Rp 20 Juta
profile-picture
profile-picture
profile-picture
esaka.kedua dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
KTP Diganjar Rp 100 Ribu, Muncul Tagihan Pajak Mobil Rp 20 Juta
08-12-2019 07:08
kebodohan ga perlu dikasihani 😁
0 0
0
KTP Diganjar Rp 100 Ribu, Muncul Tagihan Pajak Mobil Rp 20 Juta
08-12-2019 07:09
Quote:Original Posted By sosismalam

belum tau harga mobil dan pajak di SG ya lu emoticon-Big Grin
Tapi emang harga mobil disini dibanding us ya beda jauh murah us


konon Avanza di SG harganya setara Alphard disini emoticon-Big Grin
belum lagi pajak mobil nya, kalau udah >5 tahun usia, pajaknya 1/3 harga baru/thn emoticon-Hammer
makanya pd d lempar ke Batam emoticon-Ngacir

Quote:Original Posted By khloekarmike
Pajak PKB masuk ke kantong Pemprov

Serius Ente rela duit Ente dipalak Wan aibon and d'geng? emoticon-Cool


ya PKB emang masuk jatah Pemda kok, sebagai salah satu sumber PAD mereka selain PBB, IMB, Izin usaha dan retribusi (parkir, reklame)
0 0
0
KTP Diganjar Rp 100 Ribu, Muncul Tagihan Pajak Mobil Rp 20 Juta
08-12-2019 07:16
Tapi soal pajak dan harga disini sebetulnya aga mahal dibanding di amrik sparepart juga melimpah disana

Di Us mobil keren keren bekas nya jatoh banget spare part melimpah
Lah disini gw mau servis mobil eropa di bengkel resmi yang umurnya baru aja sparepart inden emoticon-Ngacir

0 0
0
KTP Diganjar Rp 100 Ribu, Muncul Tagihan Pajak Mobil Rp 20 Juta
08-12-2019 07:21
Jika pemilik kartu identitas terbukti tidak memiliki kendaraan bermotor, maka samsat akan memblokir pembayaran pajak secara otomatis.
0 0
0
KTP Diganjar Rp 100 Ribu, Muncul Tagihan Pajak Mobil Rp 20 Juta
08-12-2019 07:30
3 tahun lalu? pilkada jakarta ya
0 0
0
KTP Diganjar Rp 100 Ribu, Muncul Tagihan Pajak Mobil Rp 20 Juta
08-12-2019 07:48
Quote:Original Posted By sosismalam
Tapi soal pajak dan harga disini sebetulnya aga mahal dibanding di amrik sparepart juga melimpah disana

Di Us mobil keren keren bekas nya jatoh banget spare part melimpah
Lah disini gw mau servis mobil eropa di bengkel resmi yang umurnya baru aja sparepart inden emoticon-Ngacir


Sebener nya klo sperepart tergentung banyak atpm menjual kendaraan yg sama ky lw punya sih bray

Smakin bnyak kendaraan maka semakin banyak jg sperepart nya


Dan part mobil eropa mahal karena material nya jg bagus
0 0
0
KTP Diganjar Rp 100 Ribu, Muncul Tagihan Pajak Mobil Rp 20 Juta
Lapor Hansip
08-12-2019 08:08
Balasan post sosismalam
@sosismalam
Tau
Gua tau bngat yg punya pagani cinque sama zobda s terus ferrari laf gede bngat ngeluarin duit , dlu taun 2016 orang sg yg ingin punya laferrari lumayan nganu ,


Tapi mereka gak nyesel mgeluarin pajak tinggi karena ya balik lagi ke diri mereka terutama kwmudah2an fasiliyas transport bagi beliau dan orang lain..


Kasus ektp yg katanya modar di us kan yg hypercar di taro di sg ,jngan salah orang indo bnyak yg naro mobil di sg sama2 mahal,sama2 njelimet tape betere sg emoticon-shakehand
0 0
0
KTP Diganjar Rp 100 Ribu, Muncul Tagihan Pajak Mobil Rp 20 Juta
Lapor Hansip
08-12-2019 08:10
Balasan post bani.bahlool
@bani.bahlool
Masak aer
Jangan masak sih
Ora bisa masup ferut
emoticon-shakehand
0 0
0
KTP Diganjar Rp 100 Ribu, Muncul Tagihan Pajak Mobil Rp 20 Juta
Lapor Hansip
08-12-2019 08:17
Balasan post krec
Quote:Original Posted By krec
@sosismalam
Tau
Gua tau bngat yg punya pagani cinque sama zobda s terus ferrari laf gede bngat ngeluarin duit , dlu taun 2016 orang sg yg ingin punya laferrari lumayan nganu ,


Tapi mereka gak nyesel mgeluarin pajak tinggi karena ya balik lagi ke diri mereka terutama kwmudah2an fasiliyas transport bagi beliau dan orang lain..


Kasus ektp yg katanya modar di us kan yg hypercar di taro di sg ,jngan salah orang indo bnyak yg naro mobil di sg sama2 mahal,sama2 njelimet tape betere sg emoticon-shakehand


@krec emang betul sih pajak kendaraan mobil di indonesia kacau pajak sedan aja lebih mahal padahal sebetulnya ga ada hubungannya emoticon-Big Grin
naro supercar di sg ? bingung saya buat apa lebih mahal ngurusnya di SG juga kecil ama jakarta aja gedean jakarta

infrastruktur yang cocok disini emang jarang sih
0 0
0
KTP Diganjar Rp 100 Ribu, Muncul Tagihan Pajak Mobil Rp 20 Juta
Lapor Hansip
08-12-2019 08:25
Balasan post krec
rasio pajak cuman 10% lo bilang mahal. negara maju> 20%
yg hrs dibenahi itu aturannya, misal kalo beli orangnya hrz ikut ke diler

dilernya brengsek, asal mobil laku.
dari KTP keliatan kurang lebih orangya spt apa. ngerasa gak cocok bisa minta ID laen.

masyarakatnya jg gampang dibohongi
0 0
0
KTP Diganjar Rp 100 Ribu, Muncul Tagihan Pajak Mobil Rp 20 Juta
08-12-2019 08:27
OKB gegayaan, beli mobil tapi nggak mau bayar pajak.
0 0
0
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia