Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
246
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5deb14e228c991686a62a766/kuliner-berbahan-tempe-busuk-yang-menggugah-selera
Tempe yang mendekati busuk atau sering disebut tempe semangit bisa diolah menjadi makanan yang enak jika diolah dengan cara yang tepat. Dibawah ini adalah jenis-jenis kuliner berbahan tempe semangit beserta resep dan cara pembuatannya.
Lapor Hansip
07-12-2019 09:56

Kuliner Berbahan Tempe Busuk Yang Menggugah Selera

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Olahan tempe busuk yang menggoyang lidah.


Assalamualaikum Agan dan Sista yang cetar membahana dan kece badai ....


Selamat datang di thread VitaArkana, thread yang suka nguplek tentang kuliner, pertanda TS adalah orang yang doyan makan.


Gansist kece, pasti suka kan yang namanya makan tempe. Tempe adalah bahan makanan berprotein tinggi yang terbuat dari kacang kedelai. Dalam 100 gram tempe mengandung 20,8 gram protein ( detikfood.com ). Hampir di seluruh penjuru Nusantara selalu ditemukan tempe.


Tempe bisa diolah berbagai macam cara. Ada yang digoreng, ditumis, dibacem, dibakar, bahkan ada juga yang diolah menjadi sambal tempe.


Namun tempe termasuk bahan makanan yang tidak terlalu tahan lama. Di ruang terbuka paling bisa bertahan 2 hari. Kalau masuk ke dalam kulkas lumayan lebih lama sih. Terkadang kita suka lupa menyimpan si tempe ini Sista, akhirnya tempe menjadi busuk dan berakhir di tempat sampah.


Kuliner Berbahan Tempe Busuk Yang Menggugah Selera
Sumber : Wikipedia


Nah, pada kesempatan ini ane mau membahas tentang sang tempe yang melewati batas waktu pakainya alias tempe yang mendekati busuk. Jangan buru-buru dibuang ya Gans, karena tempe busuk bisa diolah menjadi kuliner yang menggoyang lidah. Dengan catatan, tempe belum terlalu busuk dan lembek. Hanya sudah lebih dari 3 hari dan mulai tercium aroma yang aduhai.
Ini bukan perkara terlalu irit ya, namun pemanfaatan bahan makanan agar tidak mubadzir. Ecieeee, TS mencoba ngeles.


Tempe yang mendekati busuk atau sering disebut tempe semangit bisa diolah menjadi makanan yang enak jika diolah dengan cara yang tepat.


Dibawah ini adalah jenis-jenis kuliner berbahan tempe semangit beserta resep dan cara pembuatannya.


1. Sambel Tumpang
Ane makan ini pas di Solo Gans, makanan ini cocok di siramkan diatas sayuran yang sudah direbus.


Bahan - bahan :
- Tempe semangit berukuran 2 jari
- Tempe baru setengah papan
- Tahu
- Telur rebus
- Bawang merah
- Bawang putih
- Cabai merah dan rawit
- Kencur 1 ruas jari
- Daun salam, daun jeruk dan Laos
- Santan encer
-Gula garam penyedap secukupnya

Pembuatan :
Cuci semua bahan lalu rebus dengan air sedikit ( kecuali tahu dan telur serta santan sisihkan )
Setengah air mendidih dan bahan layu angkat tiriskan.
Uleg semua bumbu dan bahan yang sudah direbus bersama tempe, kecuali daun salam, daun jeruk dan laos.
Setelah setengah halus campur dengan daun salam, daun jeruk dan laos lalu rebus lagi dengan sedikit air. Sampai air mendidih masukan santan encer, aduk, tambahan gula garam dan penyedap. Setelah matang masukkan tahu yang sudah dipotong dan telur rebus, bisa juga ditambahkan krecek atau kulit sapi kering. Ada juga yang menambahkan petai untuk lebih sedap. Tunggu sampai benar-benar matang dan tes rasa.

Sambal tumpang siap dinikmati diatas sayuran rebus. Dengan tambahan rempeyek ataupun kerupuk karak lebih mantap ya, Sista.

Kuliner Berbahan Tempe Busuk Yang Menggugah Selera
Sumber : detik.com


2. Mendol
Mendol adalah olahan tempe semangit yang diproses dengan cara digoreng.


Bahan - bahan :
- tempe semangit 100 gram
- tempe baru 50 gram ( perbandingan 2:1 antara tempe semangit dengan tempe sehat )
- bawang putih
- cabe merah dan rawit
- daun jeruk buang tulangnya
- kencur 1 ruas jari
- ketumbar sedikit
- gula, garam secukupnya

Pembuatan :
Tumbuk kedua tempe ( semangit dan tempe baru ) tidak perlu terlalu halus
Haluskan semua bumbu
Campur tempe dengan bumbu yang sudah dihaluskan
Bentuk adonan sesuai selera tapi biasanya bentuk lonjong
Lakukan sampai adonan habis
Goreng pada minyak panas sampai matang. Sajikan

Kuliner Berbahan Tempe Busuk Yang Menggugah Selera
Sumber : pinterest


3. Sambel tempe semangit
Buat pencinta sambal boleh dicoba nih olahan tempe semangitnya. Meski dari tempe semangit atau tempe mendekati busuk, rasanya tidak ada busuk-busuknya deh.


Bahan - bahan :
- tempe semangit 100 gram
- tempe baru 50 gram ( perbandingan 2:1 )
- bawang merah
- bawang putih
- cabe keriting dan rawit
- terasi
- kencur 1 ruas
- daun kemangi yang sudah disiangi dan cuci bersih
- gula dan garam secukupnya

Pembuatan :
Goreng tempe sampai matang kecoklatan
Goreng semua bumbu sebentar. Kecuali daun kemangi
Ulek bumbu sampai halus, lalu masukkan tempe, ulek kasar. Tes rasa.
Terakhir masukkan daun kemangi dan aduk rata. Siap dinikmati dengan sepiring nasi hangat. Hmmmm nikmat.

Kuliner Berbahan Tempe Busuk Yang Menggugah Selera
Sumber : cookpad



4. Tumis tempe semangit
Olahan yang paling mudah banget nih.

Bahan - bahan :
- tempe semangit
- tempe baru
- bawang merah
- bawang putih
- cabe merah/hijau dan rawit
- tomat
- gula garam secukupnya

Pembuatan :
- potong dadu tempe dan goreng sebentar
- iris semua bumbu lalu tumis sampai harum
- masukan tempe yang sudah digoreng tadi, kasih air
- masukkan gula dan garam
- tunggu air menyusut dan tes rasa
Siap dinikmati

Kuliner Berbahan Tempe Busuk Yang Menggugah Selera
Sumber : pinterest


Untuk tumis tempe semangit bisa dikombinasikan dengan petai, kacang panjang ataupun buncis sebagai tambahannya sesuai selera.


Hampir semua olahan tempe semangit mengunakan tempe baru sebagai tambahannya, tentunya selain menambah citarasa namun juga agar nilai gizi yang ada tetap tercukupi.


Nah, Gans. Sangat gampang dan praktis, ya. Silahkan mencoba bila berkenan. Jika ada bahan makanan yang masih bisa dimanfaatkan, sebaiknya digunakan saja selama aman dan tidak berbahaya. Dari hal sepele dan remeh temeh bisa diolah menjadi kuliner istimewa dan memanjakan lidah.

Sekian thread dari ane, semoga berkenan dan bermanfaat. Jangan lupa cendol, komen dan rate ya, Gansist kece ....

Bye ... Bye ....


profile-picture
profile-picture
profile-picture
agungdar2494 dan 37 lainnya memberi reputasi
36
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 13
Kuliner Berbahan Tempe Busuk Yang Menggugah Selera
07-12-2019 10:04
Bikin laperrrr...nak nan emoticon-Kaskus Banget



emoticon-rosebata kolektoremoticon-rose
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan 4 lainnya memberi reputasi
1 4
-3
Kuliner Berbahan Tempe Busuk Yang Menggugah Selera
07-12-2019 11:00
wadaw keduluan om Bata
profile-picture
profile-picture
profile-picture
syafetri dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Kuliner Berbahan Tempe Busuk Yang Menggugah Selera
07-12-2019 12:44
sambel tumpang Gan. mantap emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Kuliner Berbahan Tempe Busuk Yang Menggugah Selera
07-12-2019 13:22
Makanan ini diciptakan secara tidak sengaja ya sepertinya, dulu saking susahnya ekonomi, lalu ada tempe sudah mau busuk lalu d masak, eh ternyata enak, lalu keterusan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Kuliner Berbahan Tempe Busuk Yang Menggugah Selera
07-12-2019 13:49
Quote:Original Posted By wap.adv
sambel tumpang Gan. mantap emoticon-2 Jempol


Pake kerecek plus kerupuk karak
profile-picture
bekticahyopurno memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Kuliner Berbahan Tempe Busuk Yang Menggugah Selera
07-12-2019 13:50
Quote:Original Posted By rawonkuahcampur
Makanan ini diciptakan secara tidak sengaja ya sepertinya, dulu saking susahnya ekonomi, lalu ada tempe sudah mau busuk lalu d masak, eh ternyata enak, lalu keterusan


Analisa keren Kak. Kayaknya iya, berawal dari ekonomi yang semakin sulit dan kepepet
profile-picture
bekticahyopurno memberi reputasi
1 0
1
Kuliner Berbahan Tempe Busuk Yang Menggugah Selera
07-12-2019 13:56
sedep sedep dari tempe nih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Kuliner Berbahan Tempe Busuk Yang Menggugah Selera
07-12-2019 15:28
pernah makan nasi pecel tumpeng.
kirain apaan. ehh ternyata tempe busuk. asli mual2 emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Kuliner Berbahan Tempe Busuk Yang Menggugah Selera
07-12-2019 16:53
Quote:Original Posted By trifatoyah
sedep sedep dari tempe nih


Iya bunda sedep banget
profile-picture
bekticahyopurno memberi reputasi
1 0
1
Kuliner Berbahan Tempe Busuk Yang Menggugah Selera
07-12-2019 16:54
Quote:Original Posted By yus.mnrg
pernah makan nasi pecel tumpeng.
kirain apaan. ehh ternyata tempe busuk. asli mual2 emoticon-Cape d...


Wah pecel tumpeng malah baru denger kak. Aslinya ga ada bau tempe busuk sa sekali soalnya ada kencur
profile-picture
bekticahyopurno memberi reputasi
1 0
1
Kuliner Berbahan Tempe Busuk Yang Menggugah Selera
07-12-2019 16:58
ibu ane jagonya bikin masakan tempe bosok, bahan dari tempe yg dibungkus daun jati, ane pertama cium aja dah mual tp pas mateng wuenak puuoolll
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan VitaArkana memberi reputasi
2 0
2
Kuliner Berbahan Tempe Busuk Yang Menggugah Selera
07-12-2019 17:04
Quote:Original Posted By ZsaZsaZsu
ibu ane jagonya bikin masakan tempe bosok, bahan dari tempe yg dibungkus daun jati, ane pertama cium aja dah mual tp pas mateng wuenak puuoolll


Iya betul. Pas mateng bisa beda banget yaaa
profile-picture
bekticahyopurno memberi reputasi
1 0
1
Kuliner Berbahan Tempe Busuk Yang Menggugah Selera
07-12-2019 20:00
oblok2 juga pke tempe semangit sist... ada thread ane resepnya . Pokoknya maknyus lah
oblok2 ato bothok tanpa bungkus


https://www.kaskus.co.id/show_post/5...01cf133c2c8b30
Diubah oleh riwidy
profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
1 0
1
Kuliner Berbahan Tempe Busuk Yang Menggugah Selera
07-12-2019 20:17
Quote:Original Posted By riwidy
oblok2 juga pke tempe semangit sist... ada thread ane resepnya . Pokoknya maknyus lah
oblok2 ato bothok tanpa bungkus


https://www.kaskus.co.id/show_post/5...01cf133c2c8b30


Oblok-oblok wah resep keren nih. Ternyata banyak varian kuliner dari tempe busuk ya
profile-picture
ajang.dee memberi reputasi
1 0
1
Kuliner Berbahan Tempe Busuk Yang Menggugah Selera
07-12-2019 22:23
lodeh, kangkung, masakan tradisional jawa kalok ngak pake bumbu tempe busuk rasanya ngak nendang..

walopun waktu makan ada rasa ngeri2 sedap..

wkwkwk
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan VitaArkana memberi reputasi
2 0
2
Kuliner Berbahan Tempe Busuk Yang Menggugah Selera
08-12-2019 00:02
bagilah bre biar tak cobain dulu emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan VitaArkana memberi reputasi
2 0
2
Kuliner Berbahan Tempe Busuk Yang Menggugah Selera
08-12-2019 01:09
Quote:Original Posted By ontacomel
lodeh, kangkung, masakan tradisional jawa kalok ngak pake bumbu tempe busuk rasanya ngak nendang..

walopun waktu makan ada rasa ngeri2 sedap..

wkwkwk


Banyak sedapnya daripada ngerinyaemoticon-Betty
profile-picture
ajang.dee memberi reputasi
1 0
1
Kuliner Berbahan Tempe Busuk Yang Menggugah Selera
08-12-2019 01:10
Quote:Original Posted By moonlightmirana
bagilah bre biar tak cobain dulu emoticon-Leh Uga


Marilah kemari Kak. Nanti aku masakin
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan ajang.dee memberi reputasi
2 0
2
Kuliner Berbahan Tempe Busuk Yang Menggugah Selera
08-12-2019 10:45
di sini namanya tempe bosok
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Kuliner Berbahan Tempe Busuk Yang Menggugah Selera
08-12-2019 10:45
Kok ane jadi lapar ya?emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan VitaArkana memberi reputasi
2 0
2
Halaman 1 dari 13
icon-hot-thread
Hot Threads
Outdoor Adventure & Nature Clubs
salju-terakhir-di-bumi-khatulistiwa
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Cooking & Resto Guide
bubur-kacang-ijo-ala-ala
Selera Nusantara (Indonesian Food)
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia