News
Batal
KATEGORI
link has been copied
209
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dea5da88012ae48730a95b1/viral-pungli-sopir-mobil-barang-di-tanjung-priok-pelaku-berikan-karcis-berlogo-ormas
Unggahan viral di media sosial menampilkan aksi pungutan liar (pungli) yang terjadi di Jalan Warakas Raya, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Unggahan akun Instagram @warung_jurnalis itu menampilkan bahwa sopir mobil barang dimintai uang sebesar Rp 10.000.
Lapor Hansip
06-12-2019 20:54

Viral Pungli Sopir Mobil Barang di Tanjung Priok, Pelaku Berikan Karcis Berlogo Ormas

Past Hot Thread
Quote:https://jakarta.tribunnews.com/2019/...ormas?page=all

Viral Pungli Sopir Mobil Barang di Tanjung Priok, Pelaku Berikan Karcis Berlogo Ormas

TRIBUNJAKARTA.COM, TANJUNG PRIOK - Unggahan viral di media sosial menampilkan aksi pungutan liar (pungli) yang terjadi di Jalan Warakas Raya, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Unggahan akun Instagram @warung_jurnalis itu menampilkan bahwa sopir mobil barang dimintai uang sebesar Rp 10.000.

Pelaku meminta uang dengan memberikan karcis parkir berlogo ormas Forum Betawi Rempug (FBR).

Menurut keterangan unggahan tersebut, aksi pungli ini terjadi di sekitar kawasan Kelurahan Papanggo dan Warakas, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

"Keluhan para sopir barang: Setiap ngirim ke daerah priuk papanggo atau jalan warakas raya pasti ada pungli yg tidak jelas,tidak pernah tidak ada punglinya,kita semua supir setiap kirim ke daerah ini bawannya resah terus," tulis unggahan tersebut.

Bermodal unggahan viral itu, TribunJakarta.com mencoba menyusuri Jalan Warakas Raya pada sore ini untuk mencari fakta di lokasi.

Kenyataannya, unggahan tersebut bukan isapan jempol belaka.

Aksi pungli dikatakan beberapa sopir mobil barang memang sering terjadi di jalan itu, terutama ketika mereka mengantarkan barang ke agen-agen sembako di sekitaran jalan tersebut.

Seorang sopir mobil barang, Ujang (bukan nama sebenarnya), sempat menunjukkan karcis parkir tersebut saat ditemui di Jalan Warakas Raya.

Dari dalam dashboard mobil barangnya, Ujang mengambil karcis parkir dan ditunjukkan kepada TribunJakarta.com.

Karcis parkir tersebut persis seperti yang diunggah akun @warung_jurnalis.

Karcis itu berupa kertas putih yang berisi tulisan-tulisan.

Di bagian atas karcis itu, tertulis 'Forum Betawi Rempug (FBR)'.

Lalu, di bawah tulisan itu terdapat dua logo FBR.

Di bawahnya lagi, terdapat tulisan 'Parkir Mobil Bongkar Muat Rp 10.000'.

Ada pula tulisan 'Wilayah Warakas' di bagian bawah karcis parkir tersebut.

"Memang sering kalau lewat sini selalu dikasih beginian. Ini aja tadi dapat siang," kata Ujang, Jumat (6/12/2019).

Ujang mengatakan, bahkan karcis tersebut bisa beberapa kali diterimanya dari oknum-oknum yang tak bertanggung jawab.

Alhasil, Ujang mesti mengeluarkan uang puluhan ribu rupiah supaya merasa aman.

"Sebenernya sih nggak (pakai kekerasan). Cuman kita biar aman aja ngasih," ucap Ujang.

Ujang pun merasa resah dengan ulah pelaku pemberi karcis berlogo ormas itu.

"Kalo saya sih resah ya dimintain terus, nggak tahu sopir yang lain," katanya.

Seorang pemilik agen sembako yang enggan disebutkan namanya juga mengaku kerap kali melihat keberadaan oknum pelaku pungli.

Menurut pemilik agen ini, dalam seminggu pasti ada saja oknum yang memintai sopir mobil barang.

"Nggak setiap hari sih, cuman ya seminggu pasti ada aja," kata pria tersebut.

Pria itu mengatakan, tidak semua sopir yang dimintai pungli bakal memberikan uang mereka.

Ada saja sopir yang berani menolak dan memberikan uangnya.

"Tapi mereka nggak minta kalo ke agen. Ke sopir-sopir aja," katanya.


Komeng TS =
Pak Mendagri silahkan copot ijin ormasnya.
Ini bukan kasus pertama loh, bulan lalu FBR di Bekasi viral palak parkir supermarket kan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Jazed dan 50 lainnya memberi reputasi
51
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 11
Viral Pungli Sopir Mobil Barang di Tanjung Priok, Pelaku Berikan Karcis Berlogo Ormas
06-12-2019 20:55
Quote:Viral, Pemalakan Sopir Mobil Bongkar Muat Sembako dengan Karcis Parkir Berlogo Ormas
https://megapolitan.kompas.com/read/...arkir?page=all

JAKARTA, KOMPAS.com - Aksi pemalakan dengan modus pemberian karcis parkir yang menyasar sopir mobil bongkar muat barang di Jalan Warakas Raya, Kelurahan Warakas, Tanjung Priok, Jakarta Utara, viral di media sosial.

Kasus ini diunggah oleh akun Instagram @warung_jurnalis pada hari Jumat (6/12/2019). Gambar tersebut menampilkan karcis parkir dengan tarif sebesar Rp 10.000.

Kompas.com lantas menelusuri hal tersebut ke lokasi. Setiba di Jalan Warakas Raya, ternyata modus ini cukup populer di kalangan warga sekitar.

Abdi (nama samaran), salah seorang warga membenarkan bahwa di daerah itu marak terjadi pemalakan seperti yang ada di media sosial.

"Biasanya sih yang kena mobil-mobil box yang bawa sembako gitu, kalau pick-up sama truk biasa jarang," kata Abdi saat ditemui Jumat (6/12/2019).

Ia lantas mengarahkan kami ke lokasi-lokasi yang biasa jadi sasaran pemalak tersebut.

"Itu biasanya dictempat agen-agen itu," kata dia.

Kompas.com lantas menghampiri tempat tersebut dan bertemu dengan salah seorang warga bernama Budi (bukan nama sebenarnya). Ia juga mengamini bahwa di lokasi itu sering ada oknum-oknum yang datang memalak sopir truk.

Biasanya, kata Budi, pemalak itu datang pada pagi-pagi hari ketika mobil truk yang membawa suplai barang-barang isi toko datang.

"Tapi enggak tentu juga, kadang dia ada, kadang enggak. Tadi pagi sih sempat ada," ujar Budi.

Budi mengatakan, biasanya sopir truk memberikan uang yang diminta oleh oknum-oknum tersebut. Tapi ada juga sopir yang berani menolak.

Sepengetahuan Budi, jika sopir menolak, oknum tersebut biasa tetap meminta barang-barang lain, contohnya rokok.

"Tapi enggak pernah sampai ribut sih, udah dikasih mereka langsung pergi. Cepet banget biasanya," kata dia.

Kami lantas sempat mewawancarai salah seorang sopir truk, sebut saja Cecep, yang sedang melakukan bongkar muat barang.

Cecep mengaku, baru tadi siang sekitar pukul 12.00 WIB ia dipalak dengan modus pemberian tiket parkir tersebut.

Ia lantas memperlihatkan bentuk tiket itu. Di tiket itu bertuliskan "Forum Betawi Rempug (FBR) gardu 0419. Parkir mobil bongkar muat Rp 10.000 wilayah Warakas."

"Sekali berhenti itu bisa tiga kali kalau agak lama. Kadang kita bilang tadi udah dia tetap minta goceng lah goceng," ujar Cecep

Cecep mengaku lebih memilih memberikan uang yang diminta oknum itu ketimbang harus ribut dengan mereka.

"Ya tapi kalau saya resah juga (diminta uang terus)," kata Cecep.

Hal serupa juga sering dialami oleh Doni (bukan nama sebenarnya). Ia mengatakan, hampir setiap hari ia dipalak karena memang rutin menyuplai barang setiap hari.

Namun, Doni enggan berbicara banyak mengenai pemalakan yang sering ia temui itu.

"Sering, tadi aja ada, enggak pagi juga sih, siangan gitu," tuturnya singkat.
Diubah oleh mendadakranger
profile-picture
profile-picture
profile-picture
h.ariel dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Viral Pungli Sopir Mobil Barang di Tanjung Priok, Pelaku Berikan Karcis Berlogo Ormas
06-12-2019 20:57
Ini namanya keberpihakan dan kearifan lokalnya kadrun. emoticon-Selamat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 21 lainnya memberi reputasi
22 0
22
Viral Pungli Sopir Mobil Barang di Tanjung Priok, Pelaku Berikan Karcis Berlogo Ormas
06-12-2019 20:58
Quote:Original Posted By lupis.manis
Ini namanya keberpihakan dan kearifan lokalnya kadrun. emoticon-Selamat


Astajim bahagia warganyaemoticon-Kagets
profile-picture
profile-picture
profile-picture
black.sweater dan 13 lainnya memberi reputasi
13 1
12
Viral Pungli Sopir Mobil Barang di Tanjung Priok, Pelaku Berikan Karcis Berlogo Ormas
06-12-2019 20:59
yg namanya ormas kayanya nyusahin aja.. bubarin aja semua ormas dah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
strangekl dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Viral Pungli Sopir Mobil Barang di Tanjung Priok, Pelaku Berikan Karcis Berlogo Ormas
06-12-2019 21:00
FBR forum betawi resek
kerjanya cuman nyantai jaga pos
akamsi jago kandang emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 23 lainnya memberi reputasi
24 0
24
Viral Pungli Sopir Mobil Barang di Tanjung Priok, Pelaku Berikan Karcis Berlogo Ormas
06-12-2019 21:01
mereka itu cuma anggota ranting/ ngaku2 anggota.

biasanya yang level bawah yang kelakuannya pualing tengik dibanding lainnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anon009 dan 10 lainnya memberi reputasi
9 2
7
Lihat 3 balasan
Viral Pungli Sopir Mobil Barang di Tanjung Priok, Pelaku Berikan Karcis Berlogo Ormas
06-12-2019 21:01
Quote:Original Posted By mendadakranger


Komeng TS =
Pak Mendagri silahkan copot ijin ormasnya.
Ini bukan kasus pertama loh, bulan lalu FBR di Bekasi viral palak parkir supermarket kan.


Yang kasus THR juga pak yang sempat viral

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20180528080512-20-301740/selayang-pandang-fbr-dan-masalah-minta-jatah-thr

Kenapa ormas ormas seperti ini masih saja ada ya?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
isabela1234 dan 12 lainnya memberi reputasi
13 0
13
Lihat 2 balasan
Viral Pungli Sopir Mobil Barang di Tanjung Priok, Pelaku Berikan Karcis Berlogo Ormas
06-12-2019 21:06
Quote:Original Posted By redp00l
FBR forum betawi resek
kerjanya cuman nyantai jaga pos
akamsi jago kandang emoticon-Leh Uga


biasanya anak2 ngaku anggota/ anggota ranting.

kelakuannya tengik, sok jago, sok hebat, sok kebal hukum.

ketika ketemu lawan setingkat lebi tinggi barulah kek ayam sayur.

dari pengalaman ane ngadapin orang2 kek gini, apalagi uda mau dekat2 natal tahunbaru kek gini daripada ngasi ke mereka mending duit dikasi ke panti asuhan aja deh.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 18 lainnya memberi reputasi
19 0
19
Lihat 1 balasan
Viral Pungli Sopir Mobil Barang di Tanjung Priok, Pelaku Berikan Karcis Berlogo Ormas
Lapor Hansip
06-12-2019 21:06
Balasan post printeer
Quote:Original Posted By printeer
mereka itu cuma anggota ranting/ ngaku2 anggota.

biasanya yang level bawah yang kelakuannya pualing tengik dibanding lainnya.


anggota level bawah kok bisa modal bikin karcis ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
h.ariel dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Viral Pungli Sopir Mobil Barang di Tanjung Priok, Pelaku Berikan Karcis Berlogo Ormas
06-12-2019 21:06
Sudah ada buktinya, ada ormas terang²an melakukan pungli maka ya harus ditertibkan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lurahgundul dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Viral Pungli Sopir Mobil Barang di Tanjung Priok, Pelaku Berikan Karcis Berlogo Ormas
06-12-2019 21:08
Quote:Original Posted By juraganind0
Yang kasus THR juga pak yang sempat viral

https://www.cnnindonesia.com/nasiona...inta-jatah-thr

Kenapa ormas ormas seperti ini masih saja ada ya?


mereka galang massa ga pake proses, lo mau masuk ya tinggal daftar aja. ga ada proses seleksi2 nya.

seragam gratis.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 13 lainnya memberi reputasi
14 0
14
Viral Pungli Sopir Mobil Barang di Tanjung Priok, Pelaku Berikan Karcis Berlogo Ormas
06-12-2019 21:12
wan abud emg mantap

nanti dki dpt penghargaan perbedayaan ormas sangat pesat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lurahgundul dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 2 balasan
Viral Pungli Sopir Mobil Barang di Tanjung Priok, Pelaku Berikan Karcis Berlogo Ormas
06-12-2019 21:12
Quote:Original Posted By mendadakranger
anggota level bawah kok bisa modal bikin karcis ?


saya uda perna ikut sampe internal2nya.

saya rasa kalo tingkat satgas ga bakalan mau kek gitu2, soalnya posisi satgas minimal ada usaha/ jabatan di sektor tertentu.

paling dikomandoin ketua ranting, anak buah ya jalanin.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Viral Pungli Sopir Mobil Barang di Tanjung Priok, Pelaku Berikan Karcis Berlogo Ormas
06-12-2019 21:15
ntar habis itu muncul dr ormas sebelah, mulai yg loreng2 oren, perkumpulan suku A sampai Z, juga ormas pake cosplay gamis buat malak juga kalau gak sehgera d tertibkan emoticon-Amazed

lalu lama2 area palakannya saling bersinggungan hingga akhirnya saling bentrok dan tawuran karena rebutan lahan palakan emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 17 lainnya memberi reputasi
18 0
18
Lihat 1 balasan
Viral Pungli Sopir Mobil Barang di Tanjung Priok, Pelaku Berikan Karcis Berlogo Ormas
06-12-2019 21:15
wahabi priok seneng maen palak...
emoticon-Ngakak emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lurahgundul dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Viral Pungli Sopir Mobil Barang di Tanjung Priok, Pelaku Berikan Karcis Berlogo Ormas
06-12-2019 21:18
freebumi lu lawan emoticon-Ngakak

hayo pa Tito, sikat lah model gituan
preman pengangguran model gitu harus ditegasin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lurahgundul dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Viral Pungli Sopir Mobil Barang di Tanjung Priok, Pelaku Berikan Karcis Berlogo Ormas
06-12-2019 21:22
Quote:Original Posted By printeer
saya uda perna ikut sampe internal2nya.

saya rasa kalo tingkat satgas ga bakalan mau kek gitu2, soalnya posisi satgas minimal ada usaha/ jabatan di sektor tertentu.

paling dikomandoin ketua ranting, anak buah ya jalanin.


trus yg kaya di trit itu dibolehin atau dilarang sama yg di tingkat satgas?

emoticon-Ngacir
Diubah oleh khayalan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lurahgundul dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Viral Pungli Sopir Mobil Barang di Tanjung Priok, Pelaku Berikan Karcis Berlogo Ormas
06-12-2019 21:22
ah, ini fake news ini.
kan sudah ada saber pungli. indonistan sudah aman tenteram, berkat jkw kalo kata cebi.....
.... kecuali kalo terjadi di dki jakartanistan tentunya. emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ayytomz dan 10 lainnya memberi reputasi
6 5
1
Viral Pungli Sopir Mobil Barang di Tanjung Priok, Pelaku Berikan Karcis Berlogo Ormas
06-12-2019 21:24
Quote:Original Posted By khayalan
trus yg kaya di trit itu dibolehin atau dilatang sama yg di tingkat satgas?

emoticon-Ngacir


ga tau la gua emoticon-Big Grin.

bodo amat juga ngurusin, gw jadi anggota juga buat defensif doank.
Diubah oleh printeer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anon009 dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Viral Pungli Sopir Mobil Barang di Tanjung Priok, Pelaku Berikan Karcis Berlogo Ormas
06-12-2019 21:27
Tukang palaknya itu itu juga


emoticon-fuck
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anon009 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Halaman 1 dari 11
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia