Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
1
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5de99bc265b24d45340c8640/problem-dan-keuntungan-saat-membawa-si-kecil-naik-mobil
Asumsi umum yg berlaku adalah tingkat kerumitan berkendara akan meningkat semakin banyak anak kecil yg dibawa, semakin sedikit orang dewasa yg ikut dan semakin lama perjalanan dlm mobil.
Lapor Hansip
06-12-2019 07:07

Problem dan keuntungan saat membawa si kecil naik mobil

Past Hot Thread
Assalamualaikum GanSis
Mau berbagi pengalaman pribadi membawa anak berkendara di mobil.
Sebelumnya dibikin kriteria dulu anak kecil yg sy maksud dlm tulisan ini kisaran usianya 1,5 sampai 6 tahun (bisa jalan, bisa komunikasi walaupun ga selalu nyambung, dan bisa diperintah/dikasi instruksi walaupun ga selalu nurut).

Asumsi umum yg berlaku adalah tingkat kerumitan berkendara akan meningkat semakin banyak anak kecil yg dibawa, semakin sedikit orang dewasa yg ikut dan semakin lama perjalanan dlm mobil.

Kita mulai dari problem utamanya ya:
1. Penggunaan pengamanan (sabuk pengaman/kursi bayi/child lock..dsb)
Membawa anak kecil berarti harus mempersiapkan pengamanan bagi mereka selama di mobil. Apa kendalanya ? Macam-macam juga, ada anak yg ukuran badannya ga pas dgn sabuk pengaman..tapi pakai kursi bayi juga udh ga muat/mau. Bisa juga anak sering buka pasang sabuk pengaman terus jalan jalan di mobil yg bikin kita khawatir.
Selain itu harus ingat pasang child lock pintu dan lock jendela spy mereka ga tiba2 bisa buka sendiri dan keluar (tapi jadi kitanya yg repot saat bantu keluar masuk mobil).

2. Problem perlengkapan
Membawa anak di mobil berarti juga harus siap dengan bawa makanan, pakaian ganti, Pampers, mainan dsb supaya mereka ga bosan dan bisa tenang..apalagi kalau perjalanan cukup lama.

3. Problem kebersihan/kerapihan
Anak kecil cenderung berantakan saat makan/minum/main di mobil dengan tumpahan atau sampah di sana sini. Belum lagi kalau ada anak ngompol di mobil..harus selalu siap bersih2.

4. Problem saat macet/mogok
Anak kecil akan mudah bosan saat macet/mogok..apalagi kalau AC mati. Lebih parah kalau anda hanya sendiri orang dewasanya saat ganti ban/cek mobil mogok yg lama...anak bakal nangis bikin tambah runyam situasi.

Nah itu dia sebagian problem utama membawa anak di mobil, lalu apa ada keuntungannya membawa anak kecil bagi pengemudi ? Jawabannya ada, ini berdasar pengalaman saya :

1. Pemeriksaan pihak keamanan lebih cepat
Kalau mau masuk mall/kantor/hotel..pemeriksaan mobil biasanya lebih cepat atau bahkan tidak diperiksa saat anda bawa anak kecil...lumayan menghemat waktu Anda kan.
Pada kondisi tertentu anda bahkan bisa menghindari razia/tilang mobil bila kesalahan anda relatif ringan...sy pernah beberapa kali mobil salah belok, lampu cuma nyala 1, ngelewatin zebra cross saat lampu merah gara2 macet. Dan itu semua saat proses tilang polisi..ga kena tilang. Saat sy bilang bawa anak kecil yg segera sy selimutin (makin bagus kl anaknya lagi tidur)..jgn lupa alasan yg bagus dan bilang terimakasih ke pak pol.

2. Dukungan sosial dan hukum pada situasi kekacauan
Pada situasi yg sangat tidak menguntungkan..anak kecil bisa jadi penyelamat anda sebagai pengendara mobil(terutama bila anda pria, kalau ibu2 mungkin masih bisa selamat)..
Mobil sy pernah jam 8 mlm ditabrak motor ngebut (ternyata motor rem blong, tanpa plat, orangnya mabok, ga pake helm) terus tuh orang kakinya patah ..mobil sy penyok. Akhirnya sy nepi utk diskusi ganti rugi..ga ada 5 menit datanglah hampir 6-7 orang nyalahin saya (kyny temen yg naik motor). Tapi karena sy kasi liat sy bawa anak kecil ..mereka ga jadi maen tangan..dan saya malah dibela ibu2 sekitar dan tkg parkir. (Akhirnya dibuktikan dgn cctv minimarket).

Yah itulah pengalaman yg bisa sy bagi..semoga bermanfaat..bagaimana pengalaman kalian.
Diubah oleh ombrevo
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 06
Problem dan keuntungan saat membawa si kecil naik mobil
08-12-2019 09:54
bawa bocil naik mobil ini emang paling ribet
profile-picture
ombrevo memberi reputasi
1 0
1
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia