• Beranda
  • ...
  • UKM
  • [Share] Lakukan 5 Hal Ini Agar bisnis UKM Anda Unggul dari Kompetitor

KuAkanMenantiAvatar border
TS
KuAkanMenanti
[Share] Lakukan 5 Hal Ini Agar bisnis UKM Anda Unggul dari Kompetitor
Bisnis Usaha Kecil Menengah (UKM) atau bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) telah menjamur dan menajdi kelompok usaha yang paling besar di Indonesia. Bisnis UKM memberikan kontribusi dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 60%. Bisnis UKM menghasilkan produk lokal yang memiliki daya saing tersendiri di pasar barang.


Dalam membuat dan mengembangkan bisnis UKM, diperlukan strategi tertentu agar bisnis ini bisa bertahan di pasar nasional hingga mampu bersaing di pasar global. Berikut adalah lima hal yang harus dilakukan agar bisnis UKM Anda unggul dalam menghadapi persaingan pasar.









Menghasilkan Produk yang Berkualitas

Bisnis UKM akan berhasil jika produk yang ditawarkan memiliki kualitas dan ciri khas tersendiri yang tidak dimiliki oleh produk lainnya. Kualitas produk bisa diperbaiki dan ditingkatkan dari beberapa sisi. Produk bisa memiliki desain yang unik dan tidak dimiliki oleh produk manapun. Ide baru mengenai desain produk, baik produknya sendiri maupun dalam segi pengemasan, akan membuat pembeli tertarik dengan produk Anda.

Kualitas produk yang bisa Anda upgrade bisa jadi dari sisi kualitas produk, entah dengan sisi pengalaman penggunaan produk yang terus ditingkatkan berdasarkan input dari pelanggan, maupun sisi lain seperti kemudahan penggunaan hingga keawetan produk jika disimpan. Dengan terus mengetahui kebutuhan pelanggan, bisnis UKM Anda bisa bertahan dalam menjawab kebutuhan pasar.


Memasang Harga yang Sesuai

Bisnis UKM akan bisa mencuri perhatian konsumen jika dalam segi harga produk yang ditawarkan sesuai dengan budget pelanggan yang menjadi target pasar. Selain itu, harga yang dipasang sesuai dengan kualitas produk yang ditawarkan. Penentuan harga produk bisa Anda menghitung harga produksi produk.

Beberapa hal yang harus masuk dalam penentuan harga produk adalah berdasarkan tiga hal, yaitu biaya produksi yang ditambah dengan keuntungan yang ingin didapatkan yang biasanya sebanyak 30% dari harga produksi, berdasarkan harga yang dipasang oleh kompetitor produk dan mereka Anda, dan berdasarkan permintaan dari konsumen.


Harga produk yang sesuai akan lebih mudah ditentukan dengan mengetahi target pasar yang akan disasar. Dengan menentukan harga yang sesuai, kerugian akan terhindar dan keuntungan masih bisa didapatkan.


Memilih Tempat yang Tepat

Dalam memulai dan mempertahankan bisnis UKM, pemilihan tempat penjualan juga berpengaruh dalam keberlangsungan bisnis UKM yang dibuat. Dalam memilih lokasi penjualan, Anda harus memperhatikan lokasi yang strategis dengan akses yang mudah, sesuai dengan target pasar yang dibidik, mudah dijangkau oleh konsumen yang akan membeli produk Anda, dan memiliki stan atau toko yang menarik perhatian konsumen.


Melakukan Promosi Produk

Mempromosikan produk bisnis UKM Anda adalah kunci penting dalam mengenalkan produk Anda ke konsumen dan pasar yang lebih luas. Saat ini, Anda telah dimudahkan oleh hadirnya media sosial yang dapat memperluas cakupan pasar Anda. Dengan strategi pemasaran, baik secara oflline maupun online, Anda bisa mendapatkan konsumen yang akan membeli produk Anda.

Selain itu, riset yang mendalam akan produk yang dijual dan siapa saja target konsumen Anda yang sesuai akan memudahkan Anda mengetahui media promosi mana yang sesuai dengan produk Anda. Mengetahui dan memikirkan strategi pemasaran offlinedan onlineyang tepat untuk produk Anda juga akan memberikan dampak baik bagi bisnis UKM Anda dalam jangka panjang.


Memilih SDM yang Berkualitas

Dalam menangani bisnis UKM, Anda tidak mungkin tidak memerlukan bantuan dari orang lain. Memilih coworkeratau rekan kerja yang berkualitas akan juga membantu Anda dalam mengembangkan bisnis UKM Anda. Dengan bisnis UKM yang berkembang dengan baik, maka produk dan merek Anda akan mampu menghasilkan produk dan layanan yang terbaik dalam jangka panjang.


Demikian adalah lima hal yang bisa membuat bisnis UKM Anda unggul dari kompetitor. Dengan melakukan kelima hal di atas, bisnis UKM Anda dapat behasil menghadapi pasar nasional maupun global dan bisa bertahan dalam jangka panjang.


Source: https://www.moodah.id/blog/lakukan-5...i-kompetitor/
0
785
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
UKM
UKM
icon
14.8KThread3.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.