News
Batal
KATEGORI
link has been copied
172
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5de4b018c9518b35ad6122ad/mahasiswa-meninggal-setelah-kerjakan-skripsi-7-hari-berturut-turut-tanpa-istirahat
Seorang mahasiswa ITB bernama Jehuda Christ Wahyu meninggal usai mengerjakan skripsi selama 7 hari 7 malam. Jehuda diduga mengidap komplikasi hingga akhirnya meninggal dunia.
Lapor Hansip
02-12-2019 13:32

Mahasiswa Meninggal Setelah Kerjakan Skripsi 7 Hari Berturut-turut Tanpa Istirahat

Past Hot Thread
Mahasiswa Meninggal Setelah Kerjakan Skripsi 7 Hari Berturut-turut Tanpa Istirahat
Mendiang Jehuda Christ Wahyu yang meninggal setelah mengerjakan skripsi selama 7 hari berturut-turut tanpa istirahat. (Twitter/@Jechriswa)

Quote:
IDWS, Senin, 2 Desember 2019 - Skripsi merupakan hadangan terakhir yang harus ditempuh oleh seorang mahasiswa demi menyelesaikan pendidikan. Ada yang bermalas-malasan dan menunda-nunda skripsi, ada jug ayang terlalu bersemangat hingga mengorbankn nyawa demi menyelesaikan skripsinya.

Kisah tragis tersebut dialami oleh Jehuda Christ Wahyu, yang meninggal setelah menyelesaikan skripsi yang ia kerjakan selama tujuh hari berturut-turut tanpa istirahat. Sebelum berpulang, Jehuda sempat membagikan pengalamannya menyelesaikan skripsi di Twitter.




Menurut cuitan yang ditulis Twitter-nya, Jehuda telah menyelesaikan skripsinya dalam tujuh hari berturut-turut tanpa istirahat. Dalam mengerjakan skripsinya, ia menjadikan malam sebagai siang, sementara siang jadi malam. Ternyata, skripsi yang disusun dalam tempo singkat itu diterima oleh dosen pembimbingnya dan bahkan ia dinyatakan telah lulus ujian skripsi.

Tetapi ada dampak yang tak disadari oleh Jehuda. Dia mengaku bahwa nafsu makannya berkurang dan tidak bisa menikmati rasa setiap makanan yang masuk ke mulutnya.

Mahasiswa Meninggal Setelah Kerjakan Skripsi 7 Hari Berturut-turut Tanpa Istirahat

(Twitter/@jechriswa)

Namun hari-hari berikutnya, tubuh Jehuda mengalami demam tinggi. Menyadari tubuhnya dalam keadaan tidak sehat, Jehuda pergi ke rumah sakit untuk berobat. Sampai empat hari kemudian dia beberapa kali cek kesehatan di rumah sakit. Dia awalnya ke spesialis penyakit dalam untuk mengecek urine.

Sempat khawatir ginjalnya kenapa-kenapa, hasil pemeriksaan dokter ternyata bersih. Dugaan dokter selanjutnya adalah Jehuda terkena radang paru-paru (TBC). Ternyata, empat hari kemudian saat dirontgen, paru-parunya juga tak bermasalah.


Mahasiswa Meninggal Setelah Kerjakan Skripsi 7 Hari Berturut-turut Tanpa Istirahat
(Twitter/@jechriswa)

Saat cek darah, trombositnya tidak turun. Berarti dugaan keempat yaitu DBD tidak terbukti. Selang beberapa hari kemudian, dia merasa sehat dan berpikir bisa beraktivitas lagi.

Namun, pada pemeriksaan selanjutnya diketahui bahwa kadar hemoglobin Jehuda ternyata rendah. Dokter pun memastikan bahwa Jehuda menderita anemia dengan hemoglobin hanya 9,9 g/dL — hemoglobin lelaki normal itu seharusnya berkisar antara 13,8-17,2 g/DL. Karena kondisinya yang tak memungkinkan, Jehuda memutuskan tak ikut wisuda.

Melewatkan wisuda, Jehuda periksa lagi ke rumah sakit untuk melakukan rekam jantung dan cek darah lagi. Ternyata anemia Jehuda makin parah. Sel darah merahnya sampai berubah bentuk jadi kurus dan warnanya pucat.

Setelah mendapatkan perawatan kondisi Jehuda mulai pulih. Di akhir thread-nya, ia menulis pesan untuk mahasiswa yang sedang skripsi agar menjaga kesehatan meskipun dalam kondisi sibuk. Ia juga menyatakan penyesalannya kenapa bisa sakit meski dia sendiri tidak mengetahui jenis penyakit apa yang dideritanya.

Mahasiswa Meninggal Setelah Kerjakan Skripsi 7 Hari Berturut-turut Tanpa Istirahat

(Twitter/@Jechriswa)

“Kalau yang di thread Twitter itu emang bener kejadiannya,” ujarnya saat dihubungi via oleh TribunNews, Rabu (27/11/219). Setelah diopname kondisi adik kesayangan Eunike ini semakin membaik dan dibolehkan pulang, Senin (18/11/2019). Saat dibawa pulang, kondisi Jehuda kembali menurun dan mengharuskannya untuk diopname pada esok hari.

“Tapi saat pulang, tiba-tiba dia muntah-muntah dan badannya panas lagi. Lalu dilarikan ke ICU,” kenang Eunike.

Ia mengaku tidak tahu penyebab memburuknya kondisi sang adik. Semenjak kembali diopname, kesadaran Jehuda mulai hilang. Pria kelahiran 1997 ini hanya bangun beberapa jam dalam kurun waktu dua hari. Akhirnya, pihak keluarga memutuskan untuk melakukan Computerized Tomography (CT) Scan.

Dari hasil CT Scan, diketahui J menderita Meningitis dan terdapat tumor di bagian otak. “Maka diputuskan harus segera dioperasi,” ucap Eunike. Ia mengatakan, operasi J berjalan lancar, namun kondisinya sudah tidak sadar lagi. “Dan pada hari Minggu subuh, dinyatakan meninggal,” lanjutnya.

Jehuda Christ Wahyu dinyatakan meninggal pada hari Minggu subuh, 26 November 2019.


http://www.idws.id/portal/gaya-hidup...anpa-Istirahat

Kisah Mahasiswa ITB Selesaikan Skripsi 7 Hari 7 Malam Hingga Meninggal

Quote:INDOZONE.ID - Skripsi memang menjadi salah satu syarat yang harus dikerjakan oleh para mahasiswa untuk meraih gelar sarjana. Demi sebuah gelar yang turut andil dalam menentukan masa depan, tak heran bila setiap mahasiswa berlomba-lomba dengan waktu, deadline dan revisian agar skripsi yang diharapkan selesai secepat mungkin.

Namun terkadang, jalan yang ditempuh para mahasiswa menyelesaikan skripsi sering tak mengesampingkan masalah kesehatan. Mereka rela jam tidurnya jadi tidak teratur demi merangkai sebuah kalimat di lembaran skripsi. Jam makan yang tak sesuai jadwalnya membuat tubuh rentan terserang penyakit maag.

Skripsi memanglah sebuah penentu kelulusan, namun bukan berarti demi gelar sarjana kesehatan pun dikesampingkan. Parahnya lagi, karena skripsi seseorang bisa mengidap berbagai penyakit. Fatalnya lagi, bila sampai kehilangan nyawa. Seperti kisah seorang mahasiswa yang belakangan ini viral di media sosial.

Seorang mahasiswa ITB bernama Jehuda Christ Wahyu meninggal usai mengerjakan skripsi selama 7 hari 7 malam. Jehuda diduga mengidap komplikasi hingga akhirnya meninggal dunia.

Sebelum meninggal, Jehuda sempat menuliskan sebuah utas di akun Twitternya Jechriswa. Utas itu diberi judul "Anemia of chronic disease, skripsi, dan wisuda ITB".

Anemia of chronic disease, skripsi, dan wisuda ITB
.
SEBUAH UTAS
— Jehuda Christ Wahyu (@Jechriswa) October 25, 2019

Di awal utasnya, Jehuda mengaku bahwa ia mengerjakan skripsi selama tujuh hari tujuh malam. Skripsi ini membuatnya tak tidur malam dan hanya tidur di siang hari. Untungnya, perjuangan Jehuda mengerjakan skripsi dengan tak tidur ini akhirnya berbuah manis. Tanggal 13 September 2019 lalu, ia dinyatakan lulus dari ITB. Namun, kebahagiaan yang dirasakan Jehuda tak berlangsung lama setelah ia sidang. Ia mulai merasakan ada yang beda dari tubuhnya.

"Trus kebahagiaan gue berkurang karna ketika makan setelah sidang, kok rasa makanan nya ga enak. Yauda terus gue ga apa apain. Sambil urus yudisium, nafsu makan gue terus berkurang. Gue makan sehari sekali kali," tulis Jehuda di akun Twitternya.

Suatu hari, teman Jehuda pernah bertanya kenapa tangannya begitu panas. Ia yang baru menyadari hal itu beranggapan bahwa tangannya panas karena belum merokok. Jehuda lalu mengambil sebatang rokok dan merokok. Namun, ternyata bukan karena faktor rokok tangan Jehuda panas.

2 minggu setelah sidang, Jehuda bahkan sampai tak bisa makan sama sekali. Ia yang merasa panik langsung memutuskan untuk kembali ke Cikarang.

"Pas jalan pulang gue sadar gue lemes banget, banget banget, dan demam tinggi lagi. Yauda mendarat di cikarang, langsung ke RS terkemuka disana, cek darah, dugaan 1: tipes," tulis Jehuda.

"Tapi ternyata tipes gue negatif. Dilihat darah gue rendah semua, dan ada infeksi kronis. Gue cuma dikasih antibiotik sama obat penurun panas," lanjutnya.

Sejak saat itu, ia hanya menghabiskan waktu di rumah sakit. Karena demamnya yang terlalu tinggi, Jehuda sampai ditangani oleh empat orang dokter. Sebelumnya, Jehuda diperiksa oleh dokter umum. Kemudian, dia diperiksa oleh dokter spesialis penyakit dalam. Dokter tersebut bahkan sampai melakukan cek urin, karena dokter menduga ada yang salah dengan ginjalnya. Namun, dugaan ini salah, ginjal Jehuda dinyatakan bersih.
sakit
Twitter/@Jechriswa

"Dokter bingung gua kenapa. Lah gua apa lagi. Dugaan dokter ke 3: radang parh paru/ TBC. Ternyata 4 hari kemudian gue di ronsen, paru2 gue bersih (wow) cek darah, trombosit ga turun berarti bukan DBD (dugaan 4). Darah hemoglobin rendah, smua muanya rendah kecuali trombosit," tulis Jehuda.

Tak berhenti sampai di situ, dokter yang memeriksa Jehuda kemudian menduga bahwa Jehuda menderita kelenjar thyroid. Tapi, dari hasil cek darah, kelenjar getah bening Jehuda ditemukan dalam kondisi baik-baik saja.

Di waktu ini, Jehuda merasakan tubuhnya sudah tak demam. Ia pun merasa senang karena bisa melakukan aktivitas seperti biasanya. Jehuda bahkan sempat datang ke acara wisnite bersama teman sekelasnya.
skiy
Twitter/@Jechriswa

"Gue ngelewatin wisnite, gara gara gadapet izin ke bdg sama ortu. Besoknya gue tes darah lagi, dan ternyata masih rendah semua. Tapi gue udh ga demam. Dan gue gasadar gue anemia," tulis Jehuda lagi.

"Merasa udh sehat, karna dirumah gapernah gerak, dan jalan, gue caw ke bdg. Ambil toga. Kurang tau bahaya anemia, gue kecapean gara gara foto. Itu pun gua udh kaga foto di intel. Yaudah lu bayangin aja lulusan itb ga pernah foto pke toga di plawid," lanjut Jehuda.

Usai foto-foto sambil mengambil toga, keesokan harinya Jehuda memutuskan untuk kembali pulang ke Cikarang karena kondisinya yang sangat lemas. Sampai di Cikarang, ia memutuskan untuk datang ke rumah sakit lain untuk mencari tau sakit dan pengobatannya. Saat itu, Jehuda disuruh melakukan transfusi darah, namun ia menolak. Jehuda juga diminta untuk rawat inap, tapi lagi lagi dia menolak karena dokter yang tak tau ia menderita sakit apa.
sakit
Twitter/@Jechriswa

"Dibilang: Iya kamu anemia, tapi zat besi mu banyak berarti kamu ada sesuatu infeksi kronis, tapi gak tau apa," tulis Jehuda menirukan ucapan dokter.

Dari sinilah Jehuda memutuskan untuk pindah ke rumah sakit yang lebih besar di Bekasi. Di RS ini, setelah menjalani tes darah, Jehuda mendapati angka hemoglobinnya normal yaitu 9,9 dari normalnya 14. Ia pun akhirnya memutuskan untuk nggak ikut wisuda.

"Orang tua gue awalnya ga setuju sama keputusan gue. Kita caw ke bdg, aku ngotot istirahat aja di hotel. Ternyata keputusan ku tepat, karna jalan di tanjakan hotel aja aku ga kuat samsek. Ini tanjakan hotelnya," lanjut Jehuda.

"Melewatkan wisuda gue balik ke cikarang minggu nya. Senin seperti biasa cek darah lagi di rumah sakit pertama. Gue di rekam jantung dan cek darah lagi. Baru ketauan anemia gue sampe sel darah merah berubah bentuk jadi kurus dn pucat. Dugaan 5:hearts problems," sambung Jehuda.

sakit
Twitter/@Jechriswa

Dari hasil rekaman jantung tersebut menunjukkan bahwa jantung Jehuda normal. Namun, ia mengatakan nadinya terus deg-degan. Jehuda tak menampik bila dirinya mengalami masalah jantung. Tapi, ia bersyukur karena darahnya sudah jauh lebih baik meskipun mengalami anemia. Menuju akhir utasnya, Jehuda mengimbau agar tetap menjaga kesehatan.

"Sekarang gue udh semakin baikan. Inti dari semua ini: KALO MAU NGERJAIN TA1 DAN TA2 PLIS PLIS PLIS JAGA KESEHATAN JUGA. Sedih hatiku hancur berkeping keping gaikut rangkaian wisuda himpunan samsek," tulis Jehuda.

Di akhir utasnya, Jehuda menyarankan agar semua orang bisa lebih menjaga kesehatan.

"Jaga kesehatan semuanya! Aku menyesal kenapa bisa sakit, ya emang gatau sih sakit apa. Silahkan yg mau meneliti 7x hasil lab darah ku aku terbuka banget wkakwka," imbau Jehuda.

Tanggal 14 November 2019 lalu, Jehuda sempat menuliskan sebuah utas cuitan tentang dirinya yang didiagnosa terkena penyakit Thalassemia.

Dear all my friends,
I just want you all to know that,
I've been diagnosed with a beta Thalassemia. Artinya gue gaboleh kecapean banget. Untung nya tidak ganas, hanya minor. Jarang banget ada org yg kediagnosa thalassemia waktu umur segini. But oh well here I am.
— Jehuda Christ Wahyu (@Jechriswa) November 14, 2019

"I just want you all to know that. I've been diagnosed with a beta Thalassemia. Artinya gue gaboleh kecapean banget. Untung nya tidak ganas, hanya minor. Jarang banget ada org yg kediagnosa thalassemia waktu umur segini. But oh well here I am," tulis Jehuda.

Kurang lebih dua puluh hari dari Jehuda menulis cuitan tersebut, tepatnya pada tanggal 24 November 2019 lalu, alumni ITB ini dikabarkan meninggal dunia.

Kisah yang dialami oleh Jehuda ini dapat menjadi pelajaran untuk kita semua. Tak hanya bagi mahasiswa akhir yang berpacu dengan waktu untuk mendapatkan gelar, tapi untuk semua orang yang bersekolah atau bekerja agar selalu menjaga kesehatan.


https://www.indozone.id/news/qEsN5e/kisah-mahasiswa-itb-selesaikan-skripsi-7-hari-7-malam-hingga-meninggal.

Turut berduka
Diubah oleh juraganind0
profile-picture
profile-picture
profile-picture
asepdeni343 dan 24 lainnya memberi reputasi
23
Halaman 1 dari 9
Mahasiswa Meninggal Setelah Kerjakan Skripsi 7 Hari Berturut-turut Tanpa Istirahat
02-12-2019 13:39
turut berduka...
semoga menjadi pembelajaran bagi mahasiswa2 lain nya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Mahasiswa Meninggal Setelah Kerjakan Skripsi 7 Hari Berturut-turut Tanpa Istirahat
02-12-2019 13:44
emang metoda pembuatan maupun pengetikan skripsinya gmn sih ??
lsg semua bab gitu ?? dlm 7 hr ??


emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
samc01 dan 6 lainnya memberi reputasi
6 1
5
Lihat 4 balasan
Mahasiswa Meninggal Setelah Kerjakan Skripsi 7 Hari Berturut-turut Tanpa Istirahat
02-12-2019 13:51
sblm gw bc habis ane nebak ini masalah otak nih.. eh lah koq bener meningitis dan tumtak..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
samc01 dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Lihat 4 balasan
Mahasiswa Meninggal Setelah Kerjakan Skripsi 7 Hari Berturut-turut Tanpa Istirahat
02-12-2019 13:58
Turut berduka cita.
Tumor dan Meningitis kadang dipicu oleh kondisi tubuh yang kelelahan berlebih.
Diubah oleh harakiri1
profile-picture
profile-picture
profile-picture
samc01 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Mahasiswa Meninggal Setelah Kerjakan Skripsi 7 Hari Berturut-turut Tanpa Istirahat
02-12-2019 14:21
kirimin link berita ini kepada orang tua kalian, bagi kalian yang masih kuliah dan skripsi belom kelar-kelar

niscaya kalian akan ditambahin jatah bulanannya emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sisitmae dan 9 lainnya memberi reputasi
9 1
8
Lihat 1 balasan
Mahasiswa Meninggal Setelah Kerjakan Skripsi 7 Hari Berturut-turut Tanpa Istirahat
02-12-2019 14:23
ironis.. terlalu memaksakan diri..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
3 1
2
Mahasiswa Meninggal Setelah Kerjakan Skripsi 7 Hari Berturut-turut Tanpa Istirahat
02-12-2019 14:23
Quote:Original Posted By kencing.dibotol
kirimin link berita ini kepada orang tua kalian, bagi kalian yang masih kuliah dan skripsi belom kelar-kelar

niscaya kalian akan ditambahin jatah bulanannya emoticon-Ngakak


anjay.. kirain mau demo tiadakan skripsi.. biasakan gitu.. emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Mahasiswa Meninggal Setelah Kerjakan Skripsi 7 Hari Berturut-turut Tanpa Istirahat
02-12-2019 14:27
bawaannya emang kurang sehat, mana diforsir pulak 7 hari 7 malam
beda ceritanya klo pengantin baru yg forsir2an 7 hari 7 malam
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Mahasiswa Meninggal Setelah Kerjakan Skripsi 7 Hari Berturut-turut Tanpa Istirahat
02-12-2019 14:29
turut berduka cita
siapa kemaren yang ngomong kalau tidak ada orang yang meninggal karena kelelahan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 7 balasan
Mahasiswa Meninggal Setelah Kerjakan Skripsi 7 Hari Berturut-turut Tanpa Istirahat
02-12-2019 14:37
turut berduka

dan hasil cek labnya kok berbeda semua ? patut diperiksa itu rumah sakitnya.
0 0
0
Mahasiswa Meninggal Setelah Kerjakan Skripsi 7 Hari Berturut-turut Tanpa Istirahat
02-12-2019 14:39
hapuskan skripsi..

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan rezkiey memberi reputasi
2 0
2
Mahasiswa Meninggal Setelah Kerjakan Skripsi 7 Hari Berturut-turut Tanpa Istirahat
Lapor Hansip
02-12-2019 14:42
Balasan post kencing.dibotol
Quote:Original Posted By kencing.dibotol
kirimin link berita ini kepada orang tua kalian, bagi kalian yang masih kuliah dan skripsi belom kelar-kelar

niscaya kalian akan ditambahin jatah bulanannya emoticon-Ngakak


Skripsi itu ibarat quest ganti job
Jangan ngumpulin item pas sampe levelnya, tapi cicil pelan2 sejak awal emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sisitmae dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Mahasiswa Meninggal Setelah Kerjakan Skripsi 7 Hari Berturut-turut Tanpa Istirahat
Lapor Hansip
02-12-2019 14:42
Balasan post meooong
Emang kalo kecapean trus bisa kena meningitis yah ato gimana sih? Ato emang lagi apes aja dia dan gak ada hubungannya sama skripsinya?
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan rezkiey memberi reputasi
2 0
2
Mahasiswa Meninggal Setelah Kerjakan Skripsi 7 Hari Berturut-turut Tanpa Istirahat
02-12-2019 14:46
R.I.P

Jangan terlalu ngoyo njih
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan rezkiey memberi reputasi
2 0
2
Mahasiswa Meninggal Setelah Kerjakan Skripsi 7 Hari Berturut-turut Tanpa Istirahat
02-12-2019 15:25
kehidupan mahasiswa emang berat yeeemoticon-Takut
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Mahasiswa Meninggal Setelah Kerjakan Skripsi 7 Hari Berturut-turut Tanpa Istirahat
02-12-2019 15:44
yang penting jangan lupa istirahat + makan yang cukup

mau lu skripsian kek kerja kek ngedugem kek hasilnya kagak bisa lu nikmatin kalo lu jatuh sakit, apalagi meninggal dunia
profile-picture
profile-picture
sisitmae dan rizaradri memberi reputasi
2 0
2
Mahasiswa Meninggal Setelah Kerjakan Skripsi 7 Hari Berturut-turut Tanpa Istirahat
Lapor Hansip
02-12-2019 15:53
Balasan post rezkiey
tergantung, kampus ruko mah nyante aja emoticon-Shakehand2
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
1 0
1
Mahasiswa Meninggal Setelah Kerjakan Skripsi 7 Hari Berturut-turut Tanpa Istirahat
02-12-2019 15:55
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Mahasiswa Meninggal Setelah Kerjakan Skripsi 7 Hari Berturut-turut Tanpa Istirahat
02-12-2019 16:13
Turut berdukaemoticon-Turut Berduka
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
1 0
1
Mahasiswa Meninggal Setelah Kerjakan Skripsi 7 Hari Berturut-turut Tanpa Istirahat
02-12-2019 16:37
sebelumnya turut berduka tp keterlaluan juga ini alm kerjain skripsi sistem kejar semalem selama 7 hari emoticon-Nohope
profile-picture
echotechno007 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia