beritapalestina
TS
beritapalestina
Zaman kejayaan Arianisme : dari kelahiran apologetik sampai konsili nicea
 Arianisme 



Etimologinya berasal dari nama arius +”isme” ,yg berarti “ajaran airus”,sebutan ini disematkan oleh penentangnya yaitu penganut non-arianisme.meski demikian sebenarnya arius sendiri tidaklah menemukan pandangan baru,bahkan pandangan nya sendiri tidaklah aneh dimasanya dilingkungan gereja awal, telah ada bahkan sebelum arius lahir,dan justru merupakan pandangan umum para tokoh besar gereja dan apologetik kristen awal,hal ini akan dijelaskan nanti.
Arianisme sendiri secara definisi Adalah pemahaman tentang ke ilahian yesus yang dianggap sesat oleh mayoritas kristen,konsep pemahaman ini adalah bahwa baik Allah bapa maupun yesus sama sama memiliki sifat keilahian,namun keilahian yesus lebih rendah statusnya dibanding Allah bapa,hal ini tidak dibenarkan oleh pandangan gereja moderen yg berkonsep bahwa keilahian yesus setara dan sederajat Allah bapa(akan dibahas nanti dibagian konsili nicea) .dan juga pandangan arianisme mengklaim ada masa dimana Allah ada(selalu ada) dan yesus belum ada(ketika belum terlahir didunia),dan yesus yang disebut arius sebagai firman/logos dilahirkan oleh Allah,sehingga mustahil menganggap yesus setara Allah bapa.

 Kemunculan arianisme

Awal abad ke-II,gereja mula mula mengalami banyak tendesi dari pihak romawi dan orang orang non kristen yang berujung pada kritikan atas pandangan keagamaan kristen sendiri,oleh karena itulah mulai muncul apologet/apologetik/apologis kristen,yaitu orang orang kristen terpelajar yg menggunakan tulisan untuk menangkis tuduhan2 dan serangan dan pihak2 non kristen,mereka kemudian sekaligus menjadi ahli theologia sesudah rasul petrus dan yohanes.dari tulisan tulisan apologet kristen inilah diketahui pandangan2 dan penjelasan mereka atas keilahian yesus yg mayoritas diantaranya justru berhaluan arianisme,tidak hanya itu,setiap apologetik pny penjelasan akan keilahian yesus  yg berbeda-beda.hal ini bisa dimaklumi karena meski memiliki pegangan injil dan pengajaran dari rasul petrus dan paulus tidak terputus namun diwariskan langsung kepada generasi generasi awal gereja,namun banyak pertanyaan mengenai injil tidak tersentuh,termasuk penjelasan mengenai keilahian yesus sendiri : “bagaimana tuhan yg mengutus yesus adalah tuhan sekaligus yesus?’,penjelasan2 apologet yg diterima kebanyakan orang orang gereja dikemudian hari lah yg kelak akan kita kenal dengan dogma.sebagian dogma bertahan sampai detik ini,sebagian diterima dan kemudian ditolak belakangan hari,seperti arianisme yg kemudian tertolak.
 
Tulisan apologetik pertama : arianisme

Tulisan apologetik pertama yg kita temukan dari tahun 180 adalah tulisan dari origenes yg menangkis serangan filsuf non kristen yg bernama celcus dimana salah satu serangannya mempertanyakan Allah yg menurunkan derajatnya jadi manusia dalam rupa yesus,dan bantahan sekaligus penjelasan origenes atas keilahian yesus berhaluan arianisme.

Berikut penjelasan origenes atas keilahian yesus : asal dan tujuan segala yang hidup ialah Allah,Bapa abadi,yang dari kekal melahirkan sesuatu yang ada,yang pertama dilahirkan ialah logos,yang ilahi tapi lebih rendah dari Allah(seperti pandangan arianisme yang mengklaim bahwa keilahian yesus lbh rendah dari Allah meski sama sama ilahi).Logos kemudian melahirkan roh kudus,dan dari roh kudus ini berpencar segala roh atau jiwa yang lebih rendah keilahiannya dan berkehendak bebas.Kehendak bebas ini menjerumuskan segala roh kejalan yang salah,kecuali satu jiwa yang kemudian menjadi yesus.Pandangan ini sangat arianisme dengan sedikit perbedaan detail,yaitu arianisme merumuskan bahwa yesus dilahirkan oleh Allah,sementara rumus origenes adalah Allah melahirkan logos dan logos melahirkan roh kudus yang salah satunya menjadi yesus,juga origenes menambahkan ide tentang kehendak bebas yg menyesatkan jiwa jiwa yg lain kecuali yesus,disamping perbedaan detail tersebut namun inti pandangan origenes sama dengan inti rumus dari arianisme.Teologia ini adalah pengaruh dari filsafat plato yg disebut neo-platonism.perlu waktu lama,bahkan sampai 81 tahun seusai konsili nicea utk gereja memutuskan bahwa pandangan origenes salah.Hal ini dikarenakan karena gereja begitu menghormati jasa jasa origenes yang banyak menghabiskan tahun tahun hidupnya membela agama kristen sebagai apologetik,dikatakan bahwa ia sampai menulis 6000 surat dan buku terkait agama kristen sehingga citra nya tetap positif dimata umat bahkan sampai sekarang,bertolak belakangan dengan citra nama arius dimata umat kristen moderen.

Pergumulan apologet

Dalam rangka memperkuat posisinya dimata umat maupun dimata orang non risten,maka kaum apologet berusaha menyesuaikan injil dengan semangat zaman.Maksudnya ialah untuk membuktikan bahwa hanya injil saja yg menggenapi cita cita filsafat yunani.menurut pandangan yunani,Allah bersemayam jauh diatas dunia ini ditempat yang tidak bisa dijangkau,dan manusia hanya dapat terhubung dengan Allah melalui pertolongan roh-roh yg menjadi perantara sorga-bumi,yang dikenal dengan firman/logos,bahkan denga logos inilah Allah menciptakan dunia>sekarang orang orang apologet mulai menyamakan logos menurut definisi filsafat yunani tersebut dengan logos firma Tuhan yang disebut dalam injil yohanes 1:1,tentu maksud mereka baik,namun dengan argumen penyamaan tersebut maka membuka lebar lebar pengaruh filsafat yunani yg dipenuhi moralistis dan rasionalistis kepada ajaran gereja,padahal yohanes 1:1 menyebut “firman itu bersama sama Allah dan firman itu adalah Allah”,padahal logos menurut filsafat yunani hanyalah setengah Allah saja,namun ajaran inilah yg kemudian menjadi ajaran umum gereja pada saat itu(origenes dan kemudian arius tidak sendirian),barulah dikemudian hari paham logos ini lama lama dibersihkan dari  pengertian filsafat yunani tadi.Karena pengaruh filsafat yunani tersebut terkait pemahaman logos jugalah maka nilai nilai kebangkitan dan wafat yesus saat itu tidak dipentingkan dalah teologia gereja saat itu.Walau demikian mereka kaum apologet tidaklah dipandang sebagai penyesat,karena saat itu bukan hanya mereka saja,tapi juga umat awam masih kebingungan merumuskan inti injil.Apalagi para apologet ini adalah yg paling terdepan membela gereja dan mereka berada dipihak gereja,tidak seperti kaum gnostik.Oleh karena itu tidak mengherankan apabila para tokoh terkenal gereja awal byk yg berpandangan arianisme,beberapa diantaranya seperti tertulian(us),clemens dari alexandria,dan masih byk lg.

tertulian



Ia adalah orang yg merumuskan trinitas,sebuah rumus yg ia dapat hasil dari inspirasi filsafat yunani(trinitas adalah contoh dimana pengaruh filsafat yunani diterima gereja,tidak melulu ditolak),begitu banyak teologia hasil pemikiranya menjadi pondasi dogma gereja sampai moderen,sebut saja : dosa turunan,penebusan dosa,pandangan relasi manusia-Allah seperti terdakwa-hakim,trinitas dan lain lain.meski demikian,seperti rekan rekan apologet lainnya,tertulian mengajarkan bahwa Allah adalah logos/firman,tapi Logos adalah suatu zat ilahi yang lbh rendah daripada Allah, klaim yg merupakan sebuah pandangan arianisme,hal ini sungguh menjadi paradox yg menarik karena non arianisme kemudian menggunakan trinitas sebagai pendukung argumennya menangkal arianisme.
Mengenai diri tertulian sendiri pada akhir nya tertulian berhaluan pandagan montanisme,sebuah paham yg juga dianggap sesat oleh dogma gereja moderen sekarang.meski demikian mengingat jasa jasa pemikiran nya,nama baiknya tidak mengalami nasib yg sama seperti arius.


clemens dari alexandria

Di kota alexandria,filsafat yunani dan gnostik merajalela,oleh karena itulah  clemens seorang ahli theologia menyesuaikan filsafatnya dengan alkitab,supaya agama kristen lbh mudah disambut golongan kafir yg sudah kadung berpegang teguh kepada filsafat yunani dan gnostik,akibatnya tidak perlu dijelaskan lagi seberapa jauh ajaran clemens menyimpang jauh dari dogma resmi gereja moderen sekarang.ia adalah guru dari origenes.
 
Pertikaian tentang logos : kemunculan arius dan konsili nicea


*lukisan konsili nicea,tampak pria dibawah yg terpuruk adalah arius

Tahun 318,timbulah perselisihan internal  di alexandria antara presbiter ,arius namanya ,dengan uskupnya,Alexander.Alexander yg jg menolak pandangan origenes beragumen bahwa logos bukanlah suatu zat antara Allah-dunia(hal ini berarti menolak pandangan filsafat yunani terhadap logos),tapi Logos itu sendiri adalah Allah sedari kekal.oleh karena itulah ia menjadi manusia(yesus) supaya ia dapat membebaskan manusia.arius sendiri punya banyak pendukung,hal ini tidaklah mengejutkan,karena pandangan arius sama sekali bukan pandangan baru,bahkan pandanga arius telah byk dianut umat kristen sebelum ia lahir.Alhasil perdebatan dan perselisihan antara pro-arius dan pro-alexander merebak ke seluruh gereja timur,sehingga sampai ke telinga constantinus yg mencoba mendamaikan kedua belah pihak,oleh karena itulah diadakan konsili di nicea,sebuah wilayah di asia kecil dekat constatinopel.topik utamanya : memperbincangkan dan memecahkan masalah nisbah/relasi antara Allah bapa dan anak(yesus).sang kaisar sendiri menjadi ketua pada pertemuan ini.

Hasil dari pertemuan ini memunculkan pro-alexander sebagai pemenang,yg berujung dengan dibuangnya arius dan pengikutnya.konsili ini juga mempopulerkan “homoousios” yang berarti “sama” utk penekanan membedakan pandangan gereja resmi dengan arianisme(arius).meski demikian sebenarnya “homoousios” bukanlah kata yg tepat utk penengasan dogma keilahian yesus.karena arianisme sendiri juga merupakan homoousios(sama) sekaligus heteroousios(beda)..yang memandang Allah bapa dan yesus sama sama ilahi,meski dalam derajat keilahian yg berbeda.
Oleh karena itulah kemudian homoousios sendiri diganti dengan “homoiousios” yang berarti “zat yg setara/sederajat” artinya tidak hanya Allah bapa=anak(yesus),tapi juga derajat keilahiannya sederajat/setara sebagai penegasan garis batas yg jelas dengan arianisme,terutama ketika athanasius menggunakannya sebagai senjata melawan pihak pihak yg berpegang teguh pada pandangan arianisme.

perjuangan Athanasius



Meski konsili nicea telah berlalu,namun pihak pihak pro arianisme masih tidak rela dan jumlahnya sangat banyak,terutama mereka pernah mendominasi teologia gereja dimasa lalu,termasuk pertikaian persaingan merebut pengaruh didalam gereja.Eusebius dari nikomedia,sahabat karib arius dan sekaligus pemimpin golongan yg tetap berpegang teguh pada teologia origenes menjadi uskup contatinopel.Tahun 328,Athanasius menggantikan alexander menjadi uskup Alexandria dan pertikaian mereka semakin memanas sampai sampai eusebius mengumpat nama athanasius didepan kaisar,sehingga tahun 335,eusebius dan pengikutnya dibuang ke trier,lotharing,selepas dua tahun ia diizinkan pulang ke alexandria,namun lagi lagi ia terpaksa pergi,pulang lagi dan terusir lagi,berulang ulang karena upaya keras Athanasius melawan ajaran arianisme.
Meski pendukung Athanasius (dan anti arianisme) semakin bertambah banyak,namun pendukung arianisme tetap banyak jumlahnya,sejak tahun 340 berkali kali diadakan sinode terkait soal ini,ditahun ini juga kekuatan dua kubu memiliki poros masing masing,jemaat roma mendukung Athanasius,begitu juga kaisar romawi barat,constans,bersimpati kepada Athanasius.tapi diwilayah romawi timur,kaisar Constatius II bersimpati kepada arianisme(saat itu kerajaan romawi dibagi 2).Pertikaian ini baru mereda setelah Theodosius yang agung yg anti arianisme naik tahta tahun 379.

Konsili oikumenis kedua diadakan tahun 381 menjadi penegasan dominasi anti arianisme di romawi,menghasilkan “pengakuan nicea/nicenum” yg berbunyi : “aku percaya satu tuhan,yaitu yesus kristus,anak Allah yg tunggal,yang lahir dari bapa sebelum ada segala zaman,Allah dari Allah,terang dari terang,Allah yg sejati dari Allah yg sejati,diperanakan,bukan dibuatsehakekat dengan sang bapa,yang dengan perantaraannyasegala sesuatu dibuat,yang telah turun dari surga utk kita manusia dan utk keselamatan kita”

Ajaran arianisme dan berbagai turunannya  dianggap sesat di contantinopel sehingga pengaruh Arianisme kemudian surut di romawi ,dan bertahan di suku suku jerman yg telah masuk kristen ut beberapa abad kedepan,namun inti ajaran arianisme tidak pernah benar benar punah,hanya saja tidak pernah menjadi mayoritas lagi seperti dulu.


Diubah oleh beritapalestina 29-11-2019 15:35
fachri15when2dellesology
dellesology dan 14 lainnya memberi reputasi
15
12K
114
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & Xenology
icon
6.5KThread10.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.