Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Segera Daftarkan Komunitas Kalian Disini
1
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ddd431eb840886f777c1bbe/pernahkan-kalian-sendirian
Apa kalian pernah merasa kesepian?. Kesepian adalah salah satu respons emosional yang kompleks dan biasanya yang mengalaminya seperti terisolasi dengan lingkungan sosial. Orang yang mengalami rasa kesepian biasanya mereka akan merasa cemas karena tidak bisa berkomunikasi dengan orang lain. Orang yang merasa kesepian akan merasa dirinya itu sendiri, tidak ada seorang pun yang memperhatikan dirinya
Lapor Hansip
26-11-2019 22:22

Pernahkan Kalian Sendirian?

Pernahkan Kalian Sendirian?

Apa kalian pernah merasa kesepian?.

Kesepian adalah salah satu respons emosional yang kompleks dan biasanya yang mengalaminya seperti terisolasi dengan lingkungan sosial. Orang yang mengalami rasa kesepian biasanya mereka akan merasa cemas karena tidak bisa berkomunikasi dengan orang lain. Orang yang merasa kesepian akan merasa dirinya itu sendiri, tidak ada seorang pun yang memperhatikan dirinya walau dia sudah berada di sekitar orang lain, simplenya dia berpikir kalau dia itu tidak dibutuhkan, orang disekitar dia tidak perduli denganya.

Penyebab kesepian bervariasi, mulai factor sosial, mental, emosional, dan fisik.

Penelitian menunjukkan bahwa kesepian itu lazim ditemukan dan bahkan dialami sama orang diseluruh dunia, termasuk orang yang baru menikah, orang baru menjalin sebuah hubungan, orang yang sudah memiliki keluarga, dan orang yang sukses dalam karirnya pasti akan merasa kesepian. Kesepian juga digambarkan sebagai rasa sakit sosial, mekanisme psikologis yang dimaksud adalah memberi dorongan motivasi untuk mencari koneksi sosial terhadap orang lain. Pada dasarnya kesepian ini berkaintan dengan orang lain.

Penyebab

Pernahkan Kalian Sendirian?

Orang yang merasa kesepian biasanya mempuanyai beberapa alasan, dan peristiwa yang pernah terjadi didalam hidupnya saat menjalin sebuah hubungan sosial dengan orang lain. Pada saat yang bersamaan kesepian mungkin masalah awal dari depresi kronis.

Mungkin kita bisa ambil misalnya kita baru saja putus dengan pacar, mungkin kalian akan merasa sendiri, atau pun sakit hati, namun itu hanya bersifat sementara. Gimana kalau rasa kesepian itu bersifatnya berlangsung lama karena suatu kejadian buruk yang pernah menimpanya.

Kesepian bisa juga terjadi ketika seseorang yang berada disebuah lingkungan sosial mengalami kejadian yang kurang mengenakan, misalnya kasus bullying, orang yang dibully biasanya akan merasa sendiri walau dia berada disekeliling orang banyak, namun tidak ada peduli dengannya atau pun mencoba menolong karena takut atau cemas kalau mereka menolongnya, mungkin mereka juga bakalan bernasib sama denganya.Ini bisa dibilangan salah satu kasus fenomenal sosial yang terjadi saat ini.

Kesepaian adalah salah satu kondisi manusia.

Pernahkan Kalian Sendirian?

Kalau kita berfikir secara eksistensialismaka kesepian itu adalah bentuk esensi dari manusia. Setiap manusia yang lahir kedunia ini, itu sendiri, menjalani hidup sendiri, dan mati dengan keadaan sendiri. Untuk mengatasi masalah ini, cukup belajar cara menerima, belajar untuk memahami dan mengarahkan hidup kita sendiri dengan selalu mensyukuri rahmat yang telah Tuhan berikan kepada kita.

Efek.

Pernahkan Kalian Sendirian?

Kita berlaih ke masalah efek yang ditumbulkan ketika seseorang mengalami “kesepian” dalam jangka lama. Kesepian sering dikaitkan dengan masalah depresi, dan  karena depresi merupakan salah satu penyebab orang melakukan bunuh diri.

Perwatan dan pencegahan.

Pernahkan Kalian Sendirian?

Karena kesepian merupakan salah satu penyebab depresi dalah dengan terapi. Dengan terapi dapat menurunkan tingkat stress dan depresi.

Untuk mencegah orang disekitar kita mengalami hal ini, kita bisa memberikan koneksi sosial/komunikasi terhadap orang tersebut, sehingga orang tersebut tidak akan merasa kesepian atau pun sendiri. Memberi  dorongan motiviasi agar orang tersebut mampu berdiri kembali dan menjalani hidupnya dengan lebih baik.

Disini saya mencoba menjelaskan kalau masalah bullying dapat mendorong sesorang bunuh diri karena orang yang mengalami tersebut akan merasa merasa sendiri dan merasa lingkungannya tidak membutuh dirinya. Disanalah kalian dapat, memberi dorongan psikis atau pun motivasi, dan buat dia agar merasa kalau dirinya tidak sendiri, masih banyak orang lain yang peduli denganya.

Semoga dengan thread ini dapat memberi manfaat bagian kalian semua.

 

0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Pernahkan Kalian Sendirian?
26-11-2019 22:29
terkadang dengan suasana sepi, itu lebih menenangkan,
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia