News
Batal
KATEGORI
link has been copied
0
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ddab79d68cc956e71360e3f/ternyata-suhu-di-atmosfer-matahari-jauh-lebih-panas-dibanding-permukaanya
bagian terluar korona, kromosfer, fotosfer, dan medan magnet Hai teman-teman, kali saya mau shering kenapa suhu pada atmosfer matahari jauh lebih panas dibanding dengan permukaanya. Kok bisa yah? Misteri ini sudah lama dicari-cari oleh para ahli astrofisika, dan mungkin ini adalah jawabanya. Para ilmuwan mengemukakan teorinya bahwa jet plasma atau yang disebut spikula bertanggung jawab atas efek p
Lapor Hansip
25-11-2019 00:02

Ternyata Suhu di Atmosfer Matahari Jauh Lebih Panas Dibanding Permukaanya

icon-verified-thread
Ternyata Suhu di Atmosfer Matahari Jauh Lebih Panas Dibanding Permukaanya

bagian terluar korona, kromosfer, fotosfer, dan medan magnet

Hai teman-teman, kali saya mau shering kenapa suhu pada atmosfer matahari jauh lebih panas dibanding dengan permukaanya. Kok bisa yah?
Misteri ini sudah lama dicari-cari oleh para ahli astrofisika, dan mungkin ini adalah jawabanya.

Para ilmuwan mengemukakan teorinya bahwa jet plasma atau yang disebut spikula bertanggung jawab atas efek pemanasan pada atmosfer matahari.
Ini terjadi ketika medan magnet matahari berlawanan dengan sumbu kutubnya kemudian lurus kembali dengan sumbu kutubnya, maka terbentuklah spikula.
Energi yang dihasilkan oleh medan magnet dirubah menjadi energi kinetik dan termal yang akan ditransfer oleh spikula dari kromosfer ke korona.
Definisi Spikula


Ternyata Suhu di Atmosfer Matahari Jauh Lebih Panas Dibanding Permukaanya
spikula atau plasma yang disemburkan oleh matahari

Pada saat medan magnet matahari yang berlawanan dengan sumbu kutubnya, kemudian lurus kembali kearah sumbu kutubnya, namun di atmosfer matahari yang lebih rendah, hal ini akan membuat semburan plasma yang sangat kuat.
Semburan-semburan ini cukup besar, dengan lebar 200-500 kilometer, dan ketinggian semburan mencapai ribuan kilometer sebelum semburan itu ditarik kembali oleh gravitasi matahari. Kecepatan semburan ini mencapai 100 meter per detik.

Ternyata Suhu di Atmosfer Matahari Jauh Lebih Panas Dibanding Permukaanya
Solar Dynamics Observatory(SDO), digunakan untuk mengamati matahari

Para peneliti menggunakan gambar yang ditangkap dari pesawat ruang angkasa milik NASA untuk mengukur energi dibagian atas atmosfer matahari. Gambar-gambar yang ditangkap oleh pesawat ruang angkasa milik NASA menunjukkan bahwa suhu pada spikula mencapai 1 juta derajat celcius. Semburan energi tersebut sangat besar bahkan cukup untuk memanaskan korona ke suhu yang lebih tinggi.

Kita sudah tahu kalau suhu permukaan matahari menurut Wikipedia sekitar 6.000 derajat celcius. Ternyata suhu pada bagian atmosfernya jauh lebih panas dibanding dengan suhu dipermukaanya.
Semoga dengan thread ini menambah wawasan kalian.emoticon-Blue Guy Smile (S)
Diubah oleh trikunprayoga
profile-picture
nona212 memberi reputasi
1
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia