Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
0
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dd3aa30facb954761064ebe/ada-yang-belum-tau-buah-ini--yup-kersen-inilah-asal-muasal-dan-manfaatnya
Buah yang satu ini memang di kenal banyak orang dengan sebutan buah kersen. Dimana buahnya yang kecil, rasanya yang manis, dan pohonnya yang sering kita jumpai di pinggir-pinggir jalan. Ternyata mempunyai khasiat dan manfaat yang luar biasa untuk tubuh kita. Bahkan buah kersen ini mempunyai nilai jual yang cukup tinggi. Di mana harganya dari per kg buah tersebut hampir setengah jutaan. Manfaat bu
Lapor Hansip
19-11-2019 15:39

Ada Yang Belum Tau Buah Ini ? Yup, Kersen. Inilah Asal Muasal Dan Manfaatnya

Ada Yang Belum Tau Buah Ini ? Yup, Kersen. Inilah Asal Muasal Dan Manfaatnya

Buah yang satu ini memang di kenal banyak orang dengan sebutan buah kersen. Dimana buahnya yang kecil, rasanya yang manis, dan pohonnya yang sering kita jumpai di pinggir-pinggir jalan. Ternyata mempunyai khasiat dan manfaat yang luar biasa untuk tubuh kita.

Bahkan buah kersen ini mempunyai nilai jual yang cukup tinggi. Di mana harganya dari per kg buah tersebut hampir setengah jutaan.

Manfaat buah kersen sendiri memang titak terduga, karena memang sebagian banyak orang tidak terlalu menyukai dan bahkan menganggap sepel buah tersebut. Namun sebenarnya buah tersebut bisa mengobati berbagai macam penyakit, dari mulai diabetes hingga penyakit jantung sekalipun. Selain itu ternyata bukan hanya buahnya saja yang bisa bermanfaat, melainkan juga pada daunnya sendiri.

Buah kersen atau yang memiliki nama ilmiah Muntingia calabura L. Selain buah dan daunnya yang bermanfaat, buah kersen juga kaya akan berbagai zat yang baik bagi kesehatan kita.

Buah kersen sendiri merupakan bahasa yang di ambil dari bahasa Indonesia yang diserap dari bahasa Jawa yaitu (talok), dimana memang di setiap daerah mempunyai sebutan buah yang berbeda-beda, seperti di Madura disebut dengan buah beleci, dan di daerah saya pun mempunyai sebutan yang berbeda yaitu KERSEM.

Meskipun buah ini banyak dijumpai di berbagai daerah dan mempunyai sebutan berbeda di setiap darah namun ternyata buah kersen berasal dari kawasan Amerika Tropis tepatnya Meksiko Selan, Kepulauan Karibia, Amerika Tengah, Peru, dan Bolivia. Buah yang bernama kersen ini mulai masuk ke Filipina pada abad XIX dan lumayan cepat menyebar di Asia Tenggara pada zaman penjajahan.

Ada Yang Belum Tau Buah Ini ? Yup, Kersen. Inilah Asal Muasal Dan Manfaatnya

Seperti yang kita ketahui bahwa buah yang bercitarasa manis ini sempat di abaikan. Namun pasalnya bisa kita lihat di berbagai media jual beli online, seperti yang tertera pada gambar di atas, bahwa buah kersen dijual dengan harga 40rb per 100g atau 200rb per kg.

Bernilai jual cukup mahal, lantas apa saja manfaat dan kandungan gizi pada buah kersen tersebut ?

1. Bisa di jadikan obat asam urat
Buah kersen tersebut dimana terbukti dapat mengurangi pada penyakit asam urat.

2. Antioksidan
Dimana sebuah studi juga menunjukan bahwa kadar antioksidan yang terkandung dalam buah kersen sangat tinggi, dimana antioksidan yang bertugas untuk sistem imun tubuh dan mencegah terjadinya kangker.

3.Antibakteri
Menurut beberapa peneliti, kandungan antibakteri pada buah kersen juga sebanding dengan antibiotik standard dimana bisa digunakan dalam dunia medis.

Selain buah nya yang manis dan bermanfaat, pada bunga dan daunnya juga terdapat beberapa kandungan gizi dan bermanfaat. Berikut adalah ulasan selengkapnya.

1. Keram perut
Dimana dengan rebusan bunga kersen bisa memanfaatkan nya sebagai antiseptik untuk mengobati keram perut.

2. Anti-inflamasi
Dimana dengan rebusan daun kersen juga kita dapat menurunkan demam, karena daun kersen memiliki sifat anti-inflamasi atau anti peradangan.

3. Anti septik
Rebusan daun kersen juga dapat membunuh mikroba atau bisa di gunakan sebagai antiseptik.

4. Anti tumor
Rebusan daun kersen juga dilaporkan memiliki efek anti-tumor. Dimana pada daun kersen mengandungan flavonoid yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

5. Melindungi jantung
Daun kersen juga diketahui dapat melindungi miokardium yang berdampak pada penurunan yang signifikan dalam pembatasan kebocoran enzim dari miokardium.

Nah, berikut adalah ulasan atau informasi mengenai asal muasal buah kersen dan beberapa manfaatnya yang saya dapatkan. Terimakasih. Semoga bermanfaat.
0
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia