Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
19
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dd380386df2316789003c2d/3-trik-melatih-si-kecil-menyisir
Pada usia balita, anak biasanya memang ingin melakukan banyak hal sendiri. Termasuk saat menyisir rambut. Karena itu jangan heran bila anak sepertinya lebih enjoy merapikan sendiri rambutnya yang berantakan. Apa yang dilakukan Dani sebenarnya hal biasa. Namun apakah ia sudah mampu melakukannya secara benar?
Lapor Hansip
19-11-2019 12:40

3 Trik Melatih si Kecil Menyisir

Past Hot Thread
icon-verified-thread
“Aku menyisir sendiri aja ya, Bu." ujar Dani sambil mengambil sisir kecil dari tangan bundanya. Tak lama kemudian ia mulai menyisir rambutnya pelan—pelan dari arah dahi hingga ke belakang kepalanya. Itulah kebiasaan bocah berusia 4,5 tahun itu sebelum berangkat sekolah. Dia seolah tak betah saat bercermin ada rambutnya yang terlihat berantakan.

Pada usia balita, anak biasanya memang ingin melakukan banyak hal sendiri. Termasuk saat menyisir rambut. Karena itu jangan heran bila anak sepertinya lebih enjoy merapikan sendiri rambutnya yang berantakan. Apa yang dilakukan Dani sebenarnya hal biasa. Namun apakah ia sudah mampu melakukannya secara benar? Inilah yang perlu digarisbawahi. Sebenarnya di usia batita pun anak sudah mampu menyisir rambutnya sendiri. Tentu saja mampu di sini dalam ukuran anak.

3 Trik Melatih si Kecil Menyisir

Keterampilan menyisir rambut sebenarnya berkembang sejalan berkembangnya kemampuan memakai baju sendiri, makan sendiri, mandi sendiri dan lainnya. Persoalannya, anak kadang masih dianggap “belum mampu“ karena orangtua melihatnya dengan standar kemampuan menyisir orang dewasa yang serba cepat dan rapi. Padahal kondisi keduanya sudah pasti berbeda.

Agar kemampuan tersebut kian terasah, orangtua sebaiknya memberi kesempatan seluas—luasnya kepada anak untuk berlatih menyisir sendiri. Kelihatannya memang sederhana. Namun bila itu dilakukan, banyak manfaatnya buat anak. Selain jari—jemarinya semakin lentur, kegiatan ini juga akan membuat anak merasa bangga. Perasaan ini sudah pasti akan membuat anak lebih percaya diri dan lebih mandiri.

Umumnya anak senang dipuji, apalagi bila pujian itu datang dari orang—orang terdekatnya. Selain kesempatan, orangtua juga perlu memuji anak jika ia mampu menyisir rambutnya sendiri. Pujian merupakan salah satu bentuk stimulasi, tentu saja pujian tersebut dilakukan dengan tak berlebihan dan disertai penjelasan kenapa dia dipuji. Dengan demikian, anak akan mengerti apa yang ia lakukan dan akan mengulanginya lagi karena merasa senang dan bangga.

Jangan lupa juga untuk memberi pengarahan. Bagaimanapun si kecil perlu bimbingan orangtuanya. Katakan misalnya, "Pegang sisirnya seperti ini ya, Sayang..." sambal mencontohkan. Atau "Coba menyisirnya dari bawah. Lalu perlahan digerakkan ke atas kepala'; dan seterusnya. Mudah bukan Kaskuser?

3 Trik Melatih si Kecil Menyisir


Quote:Trik melatih si kecil menyisir
1. Siapkan cermin yang seukuran tinggi badan anak. Kalau perlu perlu alat bantu di lantai, agar anak bisa bercermin.
2. Beri anak sisir bergigi jarang agar tak terasa sakit saat menyisir rambutnya.
3. Menyisirlah di hadapan anak. Ini akan menunjukkan betapa ibu tampak lebih rapi setelah rambut disisir.



Referensi


profile-picture
profile-picture
profile-picture
tata604 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
3 Trik Melatih si Kecil Menyisir
21-11-2019 10:07
mantap nih tips nya, biar anak mandiri sejak kecil
0 0
0
3 Trik Melatih si Kecil Menyisir
21-11-2019 10:46
nice thread sistt
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 06
3 Trik Melatih si Kecil Menyisir
21-11-2019 14:24
Bermanfaat bgt ngelatih anak jadi mandiri
0 0
0
3 Trik Melatih si Kecil Menyisir
21-11-2019 16:54
kudu dilatih ya
0 0
0
3 Trik Melatih si Kecil Menyisir
21-11-2019 18:58
intinya sebagai orang tua harus sabar dalam mengarahkan anak agar mandiri nantinya
0 0
0
3 Trik Melatih si Kecil Menyisir
21-11-2019 21:05
bener nihhh, walaupun masih kecil harus udah dibiasakan untuk melakukakn beberapa hal sendiri. biar nanti pas udah besar bisa lebih mandiri dan ngga tergantung sama orang tuanya
profile-picture
citiciti memberi reputasi
1 0
1
3 Trik Melatih si Kecil Menyisir
21-11-2019 22:12
makasih gan infonyaa, bermanfaat bangett nih buat anee
0 0
0
3 Trik Melatih si Kecil Menyisir
21-11-2019 22:12
bakal ane ikutin nihh tips nya pas ane udah punya anak atau ke keponakan ane wkwkw
0 0
0
3 Trik Melatih si Kecil Menyisir
22-11-2019 01:54
widiwwwwwwwwwwwww
thankyouuuhhh bangettt gann atas informasinyaahhh
sangat bermanfaat buat kita yang mungkin belum tau akan hal ini
dan buat edukasi jugak sii yakk

naiiissss inpohhhhh
maaciiiyyy
0 0
0
3 Trik Melatih si Kecil Menyisir
22-11-2019 01:55
Quote:Original Posted By waferastor
intinya sebagai orang tua harus sabar dalam mengarahkan anak agar mandiri nantinya


Bener bangettr!!!
Semoga ntar pas udah saatnya jadi orang tua bisa sangat amat bersabar yaaahhhh
Perlu bekal dan banyak banyak belajar
0 0
0
3 Trik Melatih si Kecil Menyisir
22-11-2019 01:55
Quote:Original Posted By sagit30
bener nihhh, walaupun masih kecil harus udah dibiasakan untuk melakukakn beberapa hal sendiri. biar nanti pas udah besar bisa lebih mandiri dan ngga tergantung sama orang tuanya


Mantaaapppp
Melatih kemandirian anak sejak dini yeshhh gannnn
0 0
0
3 Trik Melatih si Kecil Menyisir
22-11-2019 13:04
bener nih, beberapa hal emang harus diajarkan sejak dini. di satu sisi anak biasanya penasaran pengen coba melakukan sendiri, nah orangtua harus mau ngajarin gimana benernya. bagus biar anak bisa belajar mandiri buat hal hal sesimple itu
0 0
0
3 Trik Melatih si Kecil Menyisir
22-11-2019 17:38
Bener banget sist.. emang sebaiknya anak itu diajarkan hal-hal untuk dirinya sendiri seperti makan, berpakaian, mandi dsb agar bisa mandiri dan termasuk hal kecil seperti bagaimana cara menyisir dengan baik dan benar.
0 0
0
3 Trik Melatih si Kecil Menyisir
23-11-2019 01:19
mantap ni inpo. melatih anak-anak buat sisiran sejak kecil wkwkwk
0 0
0
3 Trik Melatih si Kecil Menyisir
23-11-2019 03:41
gundul aja uddah, ribett amat
emoticon-Bettyemoticon-Betty
0 0
0
3 Trik Melatih si Kecil Menyisir
23-11-2019 12:41
wihhh mantep ada thread melatih menyisir yakk, ponakan ane ntr kl udh gedean dikit mau ane latih nyisiir ah biar gantenggg
0 0
0
3 Trik Melatih si Kecil Menyisir
23-11-2019 22:11
hehehe pasti lucu ya gan ngajarin anak nyisir
belajar mandiri dari hal-hal kecil
0 0
0
3 Trik Melatih si Kecil Menyisir
28-11-2019 21:41
kasih aja sisir, terus sering ngeliatin cara kita menyisir rambut sendiri pasti nanti juga bakal bisa ngikutin deh
0 0
0
3 Trik Melatih si Kecil Menyisir
30-11-2019 08:05
oke nih tipsnya...
ane jadi nambah-nambah informasi soal parenting....
thanks gan tritnya membantu ane belajar sedikit banyak soal anak emoticon-2 Jempol
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia