Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
72
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dcf7c29c9518b66611b3f6c/labeling-atau-judging-sembarangan-ati-ati-lo-gansist-itu-berbahaya
ASSALAMUALAIKUM WR WB TEMAN² SELAMAT DATANG DI THREAD SEDERHANA MILIK KICQUCK :terimakasih:terimakasih Beberapa waktu yang lalu, seorang teman memberiku screenshot sebuah twit pada salah satu media sosial. Setelah ku buka isinya adalah ungkapan kebahagiaan seorang mahasiswa yg bisa lulus dari PTN dan bekerja disalah satu perusahaan BUMN di usianya yang sangat muda, kemudian dibawah nya dia mengat
Lapor Hansip
16-11-2019 11:33

LABELING Atau JUDGING SEMBARANGAN, Ati-ati Lo GanSist Itu BERBAHAYA


ASSALAMUALAIKUM WR WB TEMAN²


SELAMAT DATANG DI THREAD SEDERHANA MILIK KICQUCK


emoticon-terimakasihemoticon-terimakasih


Quote:
LABELING Atau JUDGING SEMBARANGAN, Ati-ati Lo GanSist Itu BERBAHAYA


Beberapa waktu yang lalu, seorang teman memberiku screenshot sebuah twit pada salah satu media sosial. Setelah ku buka isinya adalah ungkapan kebahagiaan seorang mahasiswa yg bisa lulus dari PTN dan bekerja disalah satu perusahaan BUMN di usianya yang sangat muda, kemudian dibawah nya dia mengatakan bahwa postingan itu dia dedikasikan untuk seorang guru BK nya yg dulu pernah meremehkan dia ketika ada seleksi SNMPTN jalur undangan

screenshot 1


Kemudian di screenshot kedua, tampak seorang wanita yang mengungkapkan kekecewaannya terhadap guru BK yang dulu pernah mengejudge dia bakalan hamil diluar nikah sebelum dia lulus SMA

screenshot kedua


Dan masih banyak lagi twit² semacam itu, hingga cuitan tentang "guru BK" Menjadi viral pada waktu itu

Kemudian saya jadi bertanya-tanya, yang jadi permasalahan disini itu GURU BK nya atau kah JUDGING atau LABELING yang diberikan oleh guru BK itu sendiri

Rasanya tidak adil ketika kita menyudutkan salah satu pihak saja.. karena yang membuat sakit hati disini bukan guru BK nya tapi labeling yang diberikan oleh guru BK tersebut
Kalau menelaah kebelakang, mengingat masa-masa dimana kita masih menjadi pelajar, tidak hanya satu dua guru yang melakukan labeling terhadap siswanya, bahkan banyak guru yang melakukan hal tersebut
Tidak hanya guru BK, tapi juga guru matematika, guru Fisika, guru Kimia, dan guru² lain yang memang memiliki tabiat suka memberikan labeling
Padahal seperti yang kita tau, bahwa Labeling ini memberikan dampak yang tidak baik bagi orang yang diberi label

Oke sebelum kita membahas lebih lanjut tentang bahaya apa yang ditimbulkan dari Labeling, alangkah lebih baiknya kita pahami terlebih dahulu sebenernya Labeling itu apa sih

LABELING Atau JUDGING SEMBARANGAN, Ati-ati Lo GanSist Itu BERBAHAYA


LABELING adalah memberikan cap atau label terhadap orang lain. Sedangkan JUDGING sama hal nya dengan menghakimi orang lain atas apa yang dia lakukan


Contohnya kaya gimana nih

"Dasar bocah nakal, dikasih tau susah banget. Cuma disuruh nurut aja gak bisa, mau jadi apa kalau gede!"


atau bisa juga begini nih


"Anak kerjaannya main hp mulu, besok kalau gak lulus ujian baru tau rasa. Temen²nya dah pada jadi mahasiswa dianya masih SMA"

Duh duh duh emoticon-Nohope kok jahat banget sih ya
Terus kira-kira bahaya nya apaan sih


Quote:
Quote:
BAHAYA LABELING ATAU JUDGING SEMBARANGAN


Quote:
Quote:1. Bisa membuat seseorang jadi hilang PD alias minder

Quote:
LOH.. KOK BISA ??? emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)

Anak yang sebenernya bisa, baik, bener, pinter, jadi gak PD karena dia sudah diberi label yg negatif. Dia kemudian berlaku gak sesuai dengan kemampuannya karena merasa pesimis atau rendah diri. Padahal kalau dia PD sebenernya dia bisa melakukan yang terbaik, bahkan lebih


Quote:
Quote:
2. Bikin anak insecure atau terluka

Quote:meski kita cuma bercanda atau mungkin ga serius mengatakan, bisa jadi anak tersebut jadi insecure karena kita sendiri gak tau sedalam mana anak tersebut merasakan luka hati



Quote:
Quote:
3. Labeling membuat seseorang berperilaku sesuai dengan apa yang dilabelkan terhadap dirinya
Quote:sebenernya dia baik. Sebenernya dia juga anak yang rajin juga penurut, tapi karena orang-orang disekitar menganggap dia badboy akhirnya dia memilih menjadi anak yang anak jiga anarkis karena dia ngrasa percuma berbuat baik. Dia baik ya disalahin, dia berbuat jelek ya apalagi. Jadi mungkin nakal adalah pilihan yang tepat buat dia


oh gitu emoticon-Big Grin
Berarti kalau gitu, alangkah lebih baik kita memberi label positif aja dong ke orang hmmm emoticon-Cool



eitzzzz.. jangan salah ! Memberikan label positif terhadap seseorang juga gak selama nya memberikan dampak yang positif loh


emoticon-Roll Eyes (Sarcastic) kok bisa sih ??
Duh jadi serba salah dong

Pernah gak kamu merasa tertekan ketika orang tua mu bilang "kamu anak pinter, besok harus rangking 1 di kelas"
Atau "anak mama yang pinter dan penurut, besok harus bisa masuk kedokteran UGM biar bisa bikin mama sama papa bangga"

Pernah dong? Pernah kan ? Ya dong pasti emoticon-Big Grin
Kalimat-kalimat tersebut sebenernya baik, memberikan motivasi bagi yang mendengar. Tapi disisi lain ada beban tersendiri yang harus dipikul
Takut gagal, takut gak bisa, takut ngecewain, takut gak bisa jadi kebanggaan papa mama dan takut-takut yang lain. Kita harus berusaha jadi orang yang paling sempurna, paling baik diantara yang terbaik.hal tersebut berat lo bagi anak. Padahal sebagai manusia berbuat salah itu manusiawi banget kak hehehe

atau bisa juga label positif memberikan dampak yang sebaliknya bagi anak


Anak jadi egois, merasa paling "wah", anti kritik dan yang paling parah menghalalkan segala cara untuk jadi yang paling baik

NGERI KAN emoticon-Takut (S)



Lalu harus gimana? Gini, ketika anak berbuat kesalahan, marah atau menasihati adalah hal yang manusiawi, secukupnya aja. Jangan melabel dirinya nakal atau yang lain Terus ketika anak membuat prestasi, beri dia pujian secukupnya, ga perlu melabel positif secara berlebihan.

Coba pandang siapapun secara objektif. Jangan menggeneralisir apapun. Kalau dia ga sepinter yang kita pengen ya udah, terima aja. Jangan bilang bodoh atau pinter banget. Takutnya over PD. Nanti ketika dia dihadapkan sama hal yang ga bisa diselesein malah dia stres dan down.
Eh tapi terus motivasi dia buat jadi terbaik versi dia yaaa. jangan sampe malah ga berkembang juga gara-gara kita terlalu menerima seseorang apa adanya hehe. intinya kalau salah diluruskan. kalau benar diapresiasi.

sumur
Diubah oleh kicquck
profile-picture
profile-picture
profile-picture
actandprove dan 6 lainnya memberi reputasi
7
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 4
LABELING Atau JUDGING SEMBARANGAN, Ati-ati Lo GanSist Itu BERBAHAYA
16-11-2019 11:33
Reserped...
profile-picture
profile-picture
idaalfaqieh dan iissuwandi memberi reputasi
2 0
2
LABELING Atau JUDGING SEMBARANGAN, Ati-ati Lo GanSist Itu BERBAHAYA
16-11-2019 11:39
kamu ini memang murid yang ulet dan terampil
pak guru yakin di masa depan kamu bisa jadi maling motor sukses


emoticon-Smilie
profile-picture
upasara.wulung memberi reputasi
0 1
-1
LABELING Atau JUDGING SEMBARANGAN, Ati-ati Lo GanSist Itu BERBAHAYA
16-11-2019 11:44
Quote:Original Posted By Vandisk
kamu ini memang murid yang ulet dan terampil
pak guru yakin di masa depan kamu bisa jadi maling motor sukses


emoticon-Smilie


Pak guru emoticon-Frown itu mah doanya jelek
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1 0
1
LABELING Atau JUDGING SEMBARANGAN, Ati-ati Lo GanSist Itu BERBAHAYA
16-11-2019 11:59
Di suruh mampir ama TS nya emoticon-nyantai
Ane baca dulu yak
0 0
0
LABELING Atau JUDGING SEMBARANGAN, Ati-ati Lo GanSist Itu BERBAHAYA
16-11-2019 12:08
Quote:Original Posted By upasara.wulung
Di suruh mampir ama TS nya emoticon-nyantai
Ane baca dulu yak


Ramein kakak emoticon-Smilie
Thread pertama kiki soalnya
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1 0
1
LABELING Atau JUDGING SEMBARANGAN, Ati-ati Lo GanSist Itu BERBAHAYA
16-11-2019 12:28
Udah bagus, ki. Butuh pict lagi dong biar makin semarak, opini seperti ini bagus banget, hasil dari pikiran kita sendiriemoticon-Shakehand2

Semoga bagi para guru BK, bisa menjadi pelajaran dalam membimbing siswa, bahwa labeling dan judging itu bisa diposisikan sebagai memacu semangat belajar bukan sebagai alat memojokkan mental anak.emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan warrysangru2 memberi reputasi
2 0
2
LABELING Atau JUDGING SEMBARANGAN, Ati-ati Lo GanSist Itu BERBAHAYA
16-11-2019 12:34
Quote:Original Posted By evywahyuni
Udah bagus, ki. Butuh pict lagi dong biar makin semarak, opini seperti ini bagus banget, hasil dari pikiran kita sendiriemoticon-Shakehand2

Semoga bagi para guru BK, bisa menjadi pelajaran dalam membimbing siswa, bahwa labeling dan judging itu bisa diposisikan sebagai memacu semangat belajar bukan sebagai alat memojokkan mental anak.emoticon-Cool

Bingung kak mau dikasih gambar apaan hehehe dan posisi gambarnya dimana hehehe

Iya bener kak.. justru ketika kita menjudge anak yg ada anak tsb malah menaruh dendam sama kita lo
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan evywahyuni memberi reputasi
2 0
2
LABELING Atau JUDGING SEMBARANGAN, Ati-ati Lo GanSist Itu BERBAHAYA
16-11-2019 12:35
Maskulin juga dulu dicap nakal tukang kelahi, Dibilang besarnya akan menjadi berandalan. Tapi sekarang saat maskulin sudah dewasa ternyata maskulin tidak jadi berandalan melainkan mafia gangster yang badannya kekar dan ototnya besar emoticon-Cool





Mas Kulin Cowok Kekar Berhati Lembut
Diubah oleh mas.kulin
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan kicquck memberi reputasi
2 0
2
LABELING Atau JUDGING SEMBARANGAN, Ati-ati Lo GanSist Itu BERBAHAYA
16-11-2019 12:38
Quote:Original Posted By kicquck
Bingung kak mau dikasih gambar apaan hehehe dan posisi gambarnya dimana hehehe

Iya bener kak.. justru ketika kita menjudge anak yg ada anak tsb malah menaruh dendam sama kita lo


Cari gambar yang sesuai tema, banyak kok di gugel dan tempatkan di bawah judul trit emoticon-Jempol
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1 0
1
LABELING Atau JUDGING SEMBARANGAN, Ati-ati Lo GanSist Itu BERBAHAYA
16-11-2019 12:45
Quote:Original Posted By evywahyuni
Cari gambar yang sesuai tema, banyak kok di gugel dan tempatkan di bawah judul trit emoticon-Jempol


Oh gitu..
Jadi dibawah judulnya kak ??
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan evywahyuni memberi reputasi
2 0
2
LABELING Atau JUDGING SEMBARANGAN, Ati-ati Lo GanSist Itu BERBAHAYA
16-11-2019 12:46
Quote:Original Posted By mas.kulin
Maskulin juga dulu dicap nakal tukang kelahi, Dibilang besarnya akan menjadi berandalan. Tapi sekarang saat maskulin sudah dewasa ternyata maskulin tidak jadi berandalan melainkan mafia gangster yang badannya kekar dan ototnya besar emoticon-Cool





Mas Kulin Cowok Kekar Berhati Lembut


Wkwkwkw keren dong kak
Mau dong jadi anggota gangster nya kak
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1 0
1
LABELING Atau JUDGING SEMBARANGAN, Ati-ati Lo GanSist Itu BERBAHAYA
16-11-2019 12:50
Quote:Original Posted By kicquck
Oh gitu..
Jadi dibawah judulnya kak ??


Iyaa, jadi gambar itu yang akan muncul mewakili isi tritmuemoticon-Shakehand2
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1 0
1
LABELING Atau JUDGING SEMBARANGAN, Ati-ati Lo GanSist Itu BERBAHAYA
16-11-2019 12:55
Quote:Original Posted By evywahyuni
Iyaa, jadi gambar itu yang akan muncul mewakili isi tritmuemoticon-Shakehand2


Kok jadi aneh ya kak hehe
profile-picture
profile-picture
profile-picture
actandprove dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
LABELING Atau JUDGING SEMBARANGAN, Ati-ati Lo GanSist Itu BERBAHAYA
16-11-2019 12:56
Quote:Original Posted By kicquck
Wkwkwkw keren dong kak
Mau dong jadi anggota gangster nya kak


Langkah pertama kamu harus menyebarkan kesangaran maskulin, Buatlah siggy bertuliskan "Maskulin tersangar dan tergarang" atau "Maskulin mania.. Mantabh!" Cukup itu saja untuk awalan emoticon-Cool




Mas Kulin Cowok Kekar Berhati Lembut
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1 0
1
LABELING Atau JUDGING SEMBARANGAN, Ati-ati Lo GanSist Itu BERBAHAYA
16-11-2019 12:57
Quote:Original Posted By kicquck
Kok jadi aneh ya kak hehe


Gak aneh lah.
Rata2 trit itu kan begitu, lucu aja kalok ga ada pic, keknya boring aja liatnya, ga seru dan kurang vieweremoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
kicquck dan iissuwandi memberi reputasi
2 0
2
LABELING Atau JUDGING SEMBARANGAN, Ati-ati Lo GanSist Itu BERBAHAYA
16-11-2019 12:59
Quote:Original Posted By evywahyuni
Gak aneh lah.
Rata2 trit itu kan begitu, lucu aja kalok ga ada pic, keknya boring aja liatnya, ga seru dan kurang vieweremoticon-Jempol


Siap kak...makasih masukannya ya
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan evywahyuni memberi reputasi
2 0
2
LABELING Atau JUDGING SEMBARANGAN, Ati-ati Lo GanSist Itu BERBAHAYA
16-11-2019 13:00
Quote:Original Posted By mas.kulin
Langkah pertama kamu harus menyebarkan kesangaran maskulin, Buatlah siggy bertuliskan "Maskulin tersangar dan tergarang" atau "Maskulin mania.. Mantabh!" Cukup itu saja untuk awalan emoticon-Cool




Mas Kulin Cowok Kekar Berhati Lembut


Tulisannya tempelin dijidat kak ??
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1 0
1
LABELING Atau JUDGING SEMBARANGAN, Ati-ati Lo GanSist Itu BERBAHAYA
16-11-2019 13:00
Quote:Original Posted By kicquck
Tulisannya tempelin dijidat kak ??


Itu akan lebih menjiwai emoticon-Cool



Mas Kulin Cowok Kekar Berhati Lembut
profile-picture
profile-picture
kicquck dan iissuwandi memberi reputasi
2 0
2
LABELING Atau JUDGING SEMBARANGAN, Ati-ati Lo GanSist Itu BERBAHAYA
16-11-2019 13:11
kakah gemay disuruh mampir ama ts...
duh kakah gemay dulu di cap anak manja,ga bisa kerja dan cengeng..
dan skr masih iya sih manja tambah deng..menggemashkan:belumtidur
Diubah oleh tyaitugue
profile-picture
profile-picture
kicquck dan iissuwandi memberi reputasi
2 0
2
LABELING Atau JUDGING SEMBARANGAN, Ati-ati Lo GanSist Itu BERBAHAYA
16-11-2019 13:12
Wahh, untung guru BK ane dulu gokil ... enak di ajak becanda emoticon-Cool

Kalo dapet guru BK macem yg TS bilang mah auto skip pelajaran BK ajah mendingan.
profile-picture
profile-picture
kicquck dan iissuwandi memberi reputasi
2 0
2
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia