Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
88
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dcd1dab349d0f16e94fe020/jangan-mudah-percaya-5-mitos-keuangan-ini-ternyata-tidak-benar
Karena mendengar mitos terus menerus, gan sis bisa saja sangat mempercayainya, padahal belum tentu saran tersebut benar. Bisa saja saran tersebut sebenarnya hanya mitos keuangan yang perlu kamu periksa kembali. Nah, mitos keuangan apa saja yang pernah gan sis dengar dan sebaiknya tidak perlu diikuti? Ini lima di antaranya.
Lapor Hansip
14-11-2019 16:26

Jangan Mudah Percaya! 5 Mitos Keuangan Ini Ternyata Tidak Benar

Past Hot Thread
Jangan Mudah Percaya! 5 Mitos Keuangan Ini Ternyata Tidak Benar

Agan dan sista pasti pernah dengan soal mitos, tapi kalau mitos keuangan tahu nggak nih? Atau jangan-jangan gan sis tidak menganggapnya sebagai mitos, tapi menelan mentah-mentah sebagai kebenaran?

Karena mendengarnya terus menerus, gan sis bisa saja sangat mempercayainya, padahal belum tentu saran tersebut benar. Bisa saja saran tersebut sebenarnya hanya mitos keuangan yang perlu kamu periksa kembali.

Nah, mitos keuangan apa saja yang pernah gan sis dengar dan sebaiknya tidak perlu diikuti? Ini lima di antaranya.



Jangan Mudah Percaya! 5 Mitos Keuangan Ini Ternyata Tidak Benar

Jangan Sampai Punya Utang!
Punya utang memang citranya buruk iya nggak? Apalagi kalau punya utang dalam jumlah besar dan di banyak lembaga. Tapi, apa iya punya utang itu selalu buruk? Jawabannya tidak, gan sis.

Tidak memiliki utang memang sangat baik dan pastinya memberi ketenangan dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Namun, jika berutang untuk sesuatu yang produktif dan progresif, saran ini nggak perlu terlalu didengerin.

Utang progresif itu apa sih? Utang progresif disebut juga utang baik atau utang yang bisa menambah penghasilan dan manfaat dalam hidup gan sis. Utang ini dimanfaatkan seperti untuk biaya pendidikan, rumah, atau dana untuk berbisnis. Bisa dibilang gan sis “berinvestasi” untuk masa depan menggunakan utang ini.

Sebaliknya,  jika berutang untuk membeli gadget keluaran terbaru, pakaian, atau barang habis pakai. Barang-barang tersebut tidak akan menghasilkan keuntungan, justru nilainya bisa semakin menurun.

Jadi, kalau mau berutang, usahakan utang tersebut merupakan utang baik. Jangan lupa juga, apa pun jenis utangnya, pastikan tidak melebihi batas kesanggupan gan sis untuk membayar.



Jangan Mudah Percaya! 5 Mitos Keuangan Ini Ternyata Tidak Benar

Ngapain Nabung Kalau Hanya Sedikit
Pernah dengar saran seperti ini nggak, “Nanggung ditabung uangnya juga sedikit”? Jangan diikuti, gan sis. Idealnya sih, kita menyisihkan 15% dari pendapatan untuk ditabung setiap bulan.

Tapi, kalau tidak sampai 15% pun bukan masalah. Menabung saja semampu keuangan gan sis. Gan sis bisa mulai dengan nilai yang kecil, lakukan dengan disiplin, dan sebisa mungkin tingkatkan nilainya ketika sudah mampu. Pelan, tapi pasti uang akan terkumpul dan bisa membantu gan sis untuk mewujudkan apa pun impian yang dipunya.

Menabung meski sedikit bisa sangat membantu di masa depan, entah itu untuk dana pensiun atau dana darurat. Jadi, meski nilainya tidak besar, tetaplah menabung untuk kehidupan yang lebih baik. 



Jangan Mudah Percaya! 5 Mitos Keuangan Ini Ternyata Tidak Benar

Tidak Perlu Pakai Kartu Kredit
Pakai kartu kredit tidak selalu berdampak buruk. Menjadi buruk jika gan sis tidak bisa menggunakannya dengan bijak. Jika terus belanja tanpa memikirkan kesanggupan membayar, gan sis memang akan terjebak dalam masalah.

Tapi, jika bisa mengendalikan pemakaiannya, ada banyak manfaat yang gan sis dapat. Kartu kredit menawarkan banyak reward program, promo menarik, serta diskon untuk berbelanja di banyak tempat. Gan sis bahkan bisa memanfaatkannya untuk berinvestasi. 

Jadi, kartu kredit bisa menguntungkan selama digunakan dengan bijak dan strategi yang tepat. Yang tidak kalah penting, jangan menggunakan kartu kredit melebihi batas yang seharusnya untuk menghindari utang dan bunga di bulan berikutnya.



Jangan Mudah Percaya! 5 Mitos Keuangan Ini Ternyata Tidak Benar

Uang Pensiun Tidak Perlu Disiapkan dari Sekarang
Gan sis punya rencana kerja sampai kapan nih? Kapan pun gan sis pensiun, uang pensiun sebaiknya disiapkan dari sekarang. Kenapa? Karena kenyataannya, setiap dari kita ada usia produktif dan tidak.

Oleh sebab itu, perlu dipikirkan apa yang mau dilakukan ketika sudah tua dan sumber dananya. Sumber dana tersebut bisa gan sis siapkan dari sekarang. Semakin lama waktu menabung, semakin banyak uang yang bisa didapat untuk masa pensiun.

Tanpa dana pensiun, keuangan bisa berantakan dan gan sis mungkin tidak bisa mempertahankan gaya hidup selagi muda. Jadi, mulai sekarang cobalah untuk menyisihkan sedikit penghasilan setiap bulannya untuk dana pensiun.



Jangan Mudah Percaya! 5 Mitos Keuangan Ini Ternyata Tidak Benar
Kita Tidak Tahu Jumlah Uang yang Dibutuhkan Ketika Pensiun
Untuk mengetahui angka pasti mungkin sulit, tapi bukan berarti gan sis tidak bisa memperkirakan nilai kebutuhan saat pensiun. Berapa banyak uang yang harus disiapkan tergantung pada kebutuhan dan rencana yang gan sis punya jika sudah tidak lagi bekerja.

Gan sis bisa pakai rumus dari Fidelity.com nih untuk membantu. Pertama, usahakan menabung 15% dari penghasilan an lakukan setidaknya satu bulan sekali ketika masih berusia 20-an atau 30-an. Tingkatkan menjadi menabung 3 kali dalam sebulan ketika usia sudah mencapai 40 tahun. Lalu, menabung 7 kali ketika usia 55 tahun dan 10 kali ketika 67 tahun.

Perhitungan ini bisa berbeda tergantung pada kebutuhan dan keadaan keuangan gan sis. Ada yang harus menabung lebih sedikit atau banyak dari perhitungan di atas. Tapi, yang terpenting gan sis tidak boleh berhenti menabung dan investasi apa pun untuk menjamin masa tua yang nyaman.


-------------------------------


Nah, gan sis pernah dengar nggak mitos keuangan di atas? Kalau iya, apa pendapat gan sis nih? 


Di zaman canggih seperti sekarang, apa pun informasinya jangan langsung dipercaya, teliti dulu, dan sesuaikan dengan kebutuhan.




Sumber

profile-picture
profile-picture
profile-picture
siapika dan 17 lainnya memberi reputasi
18
Halaman 1 dari 5
Jangan Mudah Percaya! 5 Mitos Keuangan Ini Ternyata Tidak Benar
14-11-2019 16:41
kartu kredit? ga deh. gak dipake biaya adm jalan terus emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
andhikap0287 dan sudampot memberi reputasi
1 1
0
Lihat 1 balasan
Jangan Mudah Percaya! 5 Mitos Keuangan Ini Ternyata Tidak Benar
16-11-2019 10:54
utang untuk dagang malah menguntungkan
1,omset dan laba akan terpisah
2.pendapatan harian langsung setor bayar utang.ngga sampai 1 bln udah lunas
3.awal bln utang lagi

Nabung emas lebih menguntung dari uang.punya tabungan uang sejuta suatu saat cukup untuk beli nasi padang
Diubah oleh cahmlg123456
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gta007 dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Jangan Mudah Percaya! 5 Mitos Keuangan Ini Ternyata Tidak Benar
16-11-2019 11:08
nice info gan emoticon-2 Jempol
0 0
0
Jangan Mudah Percaya! 5 Mitos Keuangan Ini Ternyata Tidak Benar
16-11-2019 11:57
jgn hutang dan jgn mau dihutangi gan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gta007 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Jangan Mudah Percaya! 5 Mitos Keuangan Ini Ternyata Tidak Benar
16-11-2019 13:26
Bener banget gan, punya banyak hutang itu bisa bikin kaya.
Beberapa temen pernah ngutang ke ane, dan sekarang idup mereka serba kecukupan.
Malahan ane yg miutangin masih berjuang sekuat tenaga, sambil menunggu mereka peka dan mau bayar utang emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dikisatrio dan 15 lainnya memberi reputasi
16 0
16
Lihat 2 balasan
Jangan Mudah Percaya! 5 Mitos Keuangan Ini Ternyata Tidak Benar
16-11-2019 14:14
ane gak mudah percaya
0 0
0
Jangan Mudah Percaya! 5 Mitos Keuangan Ini Ternyata Tidak Benar
16-11-2019 14:14
Quote:Original Posted By triwinarti
nice info gan emoticon-2 Jempol


Asiyap gan emoticon-Goyangemoticon-Goyang
profile-picture
triwinarti memberi reputasi
1 0
1
Jangan Mudah Percaya! 5 Mitos Keuangan Ini Ternyata Tidak Benar
16-11-2019 15:13
yang jelas, kalo utang bentuk apapun asal sanggup bayarnya ya gak masalah.. kan sekarang yang jadi masalah pada ga bayar utang. nais thread
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan sudampot memberi reputasi
2 0
2
Jangan Mudah Percaya! 5 Mitos Keuangan Ini Ternyata Tidak Benar
16-11-2019 15:14
Quote:Original Posted By shoemantrie
Bener banget gan, punya banyak hutang itu bisa bikin kaya.
Beberapa temen pernah ngutang ke ane, dan sekarang idup mereka serba kecukupan.
Malahan ane yg miutangin masih berjuang sekuat tenaga, sambil menunggu mereka peka dan mau bayar utang emoticon-Mewek


walah mending ditagih aja gan.. bilang "coy mau ngingetin aja nih bayar utang.. daripada ente keburu wafat kan susah tanggung jawab di akherat" emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Jangan Mudah Percaya! 5 Mitos Keuangan Ini Ternyata Tidak Benar
16-11-2019 15:15
Quote:Original Posted By shoemantrie
Bener banget gan, punya banyak hutang itu bisa bikin kaya.
Beberapa temen pernah ngutang ke ane, dan sekarang idup mereka serba kecukupan.
Malahan ane yg miutangin masih berjuang sekuat tenaga, sambil menunggu mereka peka dan mau bayar utang emoticon-Mewek


Anggap aja pelajaran🙂 senang banyak teman, susah kamu sendiri. Bijaklah. Klo mau niat bantu org, beli jualannya dan sedekah ke org yg benar benar membutuhkan, meminjamkan uang bukan pilihan yg terbaik apalagi klo kamu bukan org yg tegaan. Di zaman ini org yg kasih pinjam uang malah yg dimarah marahi sama yg peminjam
profile-picture
profile-picture
sudampot dan shoemantrie memberi reputasi
2 0
2
Jangan Mudah Percaya! 5 Mitos Keuangan Ini Ternyata Tidak Benar
16-11-2019 15:19
Quote:Original Posted By shoemantrie
Bener banget gan, punya banyak hutang itu bisa bikin kaya.
Beberapa temen pernah ngutang ke ane, dan sekarang idup mereka serba kecukupan.
Malahan ane yg miutangin masih berjuang sekuat tenaga, sambil menunggu mereka peka dan mau bayar utang emoticon-Mewek


Sabar gan,hutang ngga dibayar anggap saja investasi.orang berhutang ngga mau bayar orang merugi.rezeki yg lipat2 masuk ke orang yg dihutangi

Saran minjamin duwit tanpa jaminan atau minimal KTP,jangan kasih duwit.
Kita santai aja ngga perlu capek2 nagih,perlu ngurus sesuatu perlu KTP
"bro pinjam ktp buat ngurus ini
"Ngga bisa bro utang lu bayar dulu
Diubah oleh cahmlg123456
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gta007 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Jangan Mudah Percaya! 5 Mitos Keuangan Ini Ternyata Tidak Benar
16-11-2019 15:40
Quote:Original Posted By cahmlg123456
Sabar gan,hutang ngga dibayar anggap saja investasi.orang berhutang ngga mau bayar orang merugi.rezeki yg lipat2 masuk ke orang yg dihutangi


emoticon-Malu
Diubah oleh cahmlg123456
0 0
0
Jangan Mudah Percaya! 5 Mitos Keuangan Ini Ternyata Tidak Benar
16-11-2019 16:12
Quote:Original Posted By pabloo
Asiyap gan :goyang:goyang


emoticon-2 Jempol
0 0
0
Jangan Mudah Percaya! 5 Mitos Keuangan Ini Ternyata Tidak Benar
16-11-2019 17:00
Nabung boleh asal jgn pelit..
profile-picture
sudampot memberi reputasi
1 0
1
Jangan Mudah Percaya! 5 Mitos Keuangan Ini Ternyata Tidak Benar
16-11-2019 22:31
makasih gan infonyaa bermanfaat banget buat anee
0 0
0
Jangan Mudah Percaya! 5 Mitos Keuangan Ini Ternyata Tidak Benar
17-11-2019 00:18
Hindari hutang sih kalo menurut ane, bukan dilarang cuman disuruh mengindari gan
profile-picture
feliia memberi reputasi
1 0
1
Jangan Mudah Percaya! 5 Mitos Keuangan Ini Ternyata Tidak Benar
17-11-2019 03:10
kalo aku dikasi uang aku sih percaya saja (gak nolak ngambil) Jangan Mudah Percaya! 5 Mitos Keuangan Ini Ternyata Tidak Benar
Diubah oleh juragan.goyang
0 0
0
Jangan Mudah Percaya! 5 Mitos Keuangan Ini Ternyata Tidak Benar
17-11-2019 06:00
Quote:Original Posted By naftalena007
Hindari hutang sih kalo menurut ane, bukan dilarang cuman disuruh mengindari gan


Nah ini nih yg sering orang bilang, tapi apa iya hutang bikin kita miskin.??
0 0
0
Jangan Mudah Percaya! 5 Mitos Keuangan Ini Ternyata Tidak Benar
17-11-2019 09:17
hanya beberapa yang pernah denger. Yang jangan hutang. Tapi itu memang benar Gan, kalau kita punya hutang pasti hidup kita gak tenang kecuali yang udah hobi hutang beda lagi ceritanya😂
profile-picture
leh..uga memberi reputasi
1 0
1
Jangan Mudah Percaya! 5 Mitos Keuangan Ini Ternyata Tidak Benar
17-11-2019 12:24
Quote:Original Posted By dhinyzfrn
walah mending ditagih aja gan.. bilang "coy mau ngingetin aja nih bayar utang.. daripada ente keburu wafat kan susah tanggung jawab di akherat" emoticon-Ngakak

Biar dia itung2an sendiri ama malaikatnya, ntar ane terima beres aja emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By hainiz
Anggap aja pelajaran🙂 senang banyak teman, susah kamu sendiri. Bijaklah. Klo mau niat bantu org, beli jualannya dan sedekah ke org yg benar benar membutuhkan, meminjamkan uang bukan pilihan yg terbaik apalagi klo kamu bukan org yg tegaan. Di zaman ini org yg kasih pinjam uang malah yg dimarah marahi sama yg peminjam

Iya sih. Ane jadi mikir, mulai sekarang misal rela mending ngebantu seiklasnya dari pada minjem2in gitu emoticon-Cool

Quote:Original Posted By cahmlg123456
Sabar gan,hutang ngga dibayar anggap saja investasi.orang berhutang ngga mau bayar orang merugi.rezeki yg lipat2 masuk ke orang yg dihutangi

Saran minjamin duwit tanpa jaminan atau minimal KTP,jangan kasih duwit.
Kita santai aja ngga perlu capek2 nagih,perlu ngurus sesuatu perlu KTP
"bro pinjam ktp buat ngurus ini
"Ngga bisa bro utang lu bayar dulu

Ide jitu, tapi klo yg minjem masih sodara yg ada malah di gunjingin sana sini emoticon-Cape d...
profile-picture
sudampot memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia