News
Batal
KATEGORI
link has been copied
145
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dccf488c0cad74570248b16/begini-cara-jack-ma-memperlakukan-karyawan-agar-betah-di-perusahaan
Jack Ma menjadi sosok inspiratif para pebisnis dunia, setelah sukses mengelola raksasa e-commerce Alibaba. Lantas apa ya resep rahasia Jack Ma mengelola kerajaan bisnis Alibaba hingga maju pesat hingga diakui dunia?
Lapor Hansip
14-11-2019 13:30

Begini Cara Jack Ma Memperlakukan Karyawan Agar Betah di Perusahaan

Past Hot Thread
Begini Cara Jack Ma Memperlakukan Karyawan Agar Betah di Perusahaan

Hangzhou, IDN Times - Jack Ma menjadi sosok inspiratif para pebisnis dunia, setelah sukses mengelola raksasa e-commerce Alibaba dengan modal awal sebesar 500.000 RMB (Yuan China) pada 1999 silam. Perjuangannya membangun platform e-commerce untuk perusahaan UMKM Tiongkok tak bisa dianggap remeh, terbukti kini anak perusahaan yang menjadi kerajaan bisnisnya semakin menggurita, sebut saja Alibaba.com, Taobao Marketplace, Tmall, eTao, Alibaba Cloud Computing, Juhuasuan, 1688.com, AliExpress.com dan Alipay.

Lantas apa resep rahasia Jack Ma mengelola kerajaan bisnis Alibaba hingga maju pesat hingga diakui dunia? Ternyata kuncinya adalah memperlakukan karyawan dan keluarganya dengan sebaik mungkin.

Pada 9-13 November 2019, IDN Times diundang oleh Alibaba untuk melihat langsung Kampus Xixi, kantor pusat Alibaba Group sejak 2013 yang memiliki area seluas 450 hektare di Hangzhou, Tiongkok. Terdapat sekitar 16 ribu karyawan yang bekerja di sana setiap harinya, belum lagi ditambah 2 ribu tamu yang bertandang untuk melihat suasana kerja tim Alibaba.

Di kantor rasa kampus inilah sejarah Jack Ma membangun Alibaba Group bersama belasan ribu karyawannya ditorehkan.

1. Menghargai masa kerja karyawan AlibabaBegini Cara Jack Ma Memperlakukan Karyawan Agar Betah di Perusahaan
Jack Ma dikenal sebagai pemimpin yang sangat menghargai kinerja karyawan-karyawannya. Untuk menghormati masa kerja mereka, Jack Ma bahkan membangun dinding perayaan bagi karyawan yang sudah mengabdi selama satu tahun, tiga tahun, dan lima tahun di perusahaannya.

Budaya ini merupakan tanda terima kasih Jack Ma terhadap mereka yang sudah menjadi bagian dari Alibaba.

"Tanda kasih bagi karyawan yang bekerja selama satu tahun adalah pin berlogo Alibaba. Di sini kami mengibaratkan sebagai filosofi wine, orang yang tahun pertama bekerja di Alibaba, dia masih fragnance. Wanginya masih semerbak," ujar Alibaba Group's Director of Corporate Affairs South East Asia, Dian Safitri, di Kampus Xixi Alibaba, Hangzhou, Selasa (12/11).

Sementara, kata Dian, karyawan di masa kerja tahun ketiga sudah menyatu aromanya dengan perusahaan, sudah bisa beradaptasi. Maka mereka akan diberikan tanda kasih berupa liontin batu giok berlogo Alibaba.

"Tahun kelima, karyawan sudah mature, sehingga saat kita mengapresiasi karyawan dengan cincin emas berlogo Alibaba. Ibarat seperti sudah menikah dengan perusahaan, mereka dapat cincin emas 18 karat, karyawan pria mendapat cincin berwarna rose gold, wanita gold. Ada upacara khususnya, karena bekerja selama 5 tahun di Alibaba itu something," jelasnya.

2. Budaya hand stand khas Jack MaBegini Cara Jack Ma Memperlakukan Karyawan Agar Betah di Perusahaan
Di salah satu sudut Kampus Xixi, ada tempat unik yang menjadi signature perusahaan Alibaba. Ikon perusahaan berwarna oranye yang sedang melakukan hand stand atau sebuah gerakan keseimbangan yang menggunakan kedua tangan sebagai tumpuan. Dalam sikap hand stand, tangan, badan, dan kaki harus bisa membentuk garis tegak lurus dan menahan gerakan itu sampai hitungan ketiga.

Untuk apa ya kira-kira Jack Ma meminta karyawannya melakukan gerakan hand stand?

"Jack Ma minta karyawan hand stand agar bisa melihat dunia dari sisi berbeda. Hand stand sudah jadi signature di Alibaba," ujar Dian.

Begini Cara Jack Ma Memperlakukan Karyawan Agar Betah di Perusahaan
Gerakan hand stand sudah dilakukan Jack sejak awal mendirikan Alibaba, tentunya dengan filosofi yang sudah lebih dulu dibangunnya. Foto Jack Ma melakukan hand stand bersama para pendiri Alibaba pun dipampang di dinding Museum Alibaba yang berada di kampus tersebut.

3. Penghargaan tinggi Jack Ma untuk keluarga karyawannyaBegini Cara Jack Ma Memperlakukan Karyawan Agar Betah di Perusahaan
Pada 2003, virus SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) menyebar di Alibaba. Akibatnya seluruh karyawan terpaksa dipulangkan. Namun, bisa dibayangkan jika ratusan karyawan Alibaba tidak bekerja, apa lagi mereka harus melayani konsumen secara online selama 24 jam.

"Saat dipulangkan, karena karyawan kami punya culture yang kuat, mereka tetap bekerja. Para karyawan pulang dengan membawa laptop, bahkan minta bawa bantuan ayah, ibu, dan anggota keluarga lainnya di rumah untuk membantu pekerjaan mereka melayani konsumen," terang Dian.

Dalam sebuah foto yang terpampang di Museum Alibaba, tampak foto Jack Ma bersama karyawannya menggunakan masker di dalam kantor saat virus SARS mewabah.

"Jelang mewabahnya virus SARS, karyawan Alibaba mengkarantina dirinya sendiri dan bekerja dari rumah. Pada saat itu, Taobao diam-diam diluncurkan. Di tengah-tengah era penuh tekad dan tanpa rasa takut, kami mengingat 10 Mei sebagai “Hari Alibaba” (Ali Day)," demikian keterangan foto yang tertera.

Setelah itu, Jack Ma memberikan penghargaan setinggi-tinggi kepada keluarga karyawan Alibaba dalam Ali Day.

4. Mengundang keluarga karyawan merayakan Ali Day dan menggelar nikah massal terhadap 102 karyawanBegini Cara Jack Ma Memperlakukan Karyawan Agar Betah di Perusahaan
Ali Day atau Hari Alibaba yang diperingati setiap 10 Mei bertujuan untuk mengapresiasi seluruh karyawan, keluarga yang mendukung mereka, dan mereka yang pernah menjadi bagian dari Alibaba.

"Alibaba berkomitmen menjadi perusahaan yang bertanggung jawab selama 102 tahun. Kami undang 102 pasangan yang merupakan karyawan Alibaba untuk merayakan pernikahannya di kampus ini," kata Dian.

Menurut Dian, banyak orang ragu punya pasangan yang bekerja di Alibaba, karena iklim kerjanya yang sangat sibuk. Namun, saat itu Jack Ma mengatakan, kamu pasti akan bangga suatu hari menjadi karyawan Alibaba.

Dalam perayaan tersebut, Jack Ma memang kerap kali hadir untuk memberikan sepatah dua patah kata bijak serta memberi selamat kepada para pasangan. Yang menarik, para pasangan nikah massal ini akan menggantungkan gembok tembaga di Jembatan Cinta sebagai simbol komitmen mereka.

"Tahun lalu, seorang karyawan Alibaba asal Indonesia turut menjadi peserta pernikahan di kampus Alibaba," ungkap Dian.

5. Patung mendayung jadi simbol kinerja AlibabaBegini Cara Jack Ma Memperlakukan Karyawan Agar Betah di Perusahaan
Di kampus ini, terdapat empat instalasi seni patung yang ditempatkan di berbagai sudut, yaitu patung Walking, Thingking, Rowing, dan Passer-By. Masing-masing memiliki filosofi yang berhubungan dengan budaya kerja di Alibaba.

Salah satu yang mengundang perhatian adalah patung Rowing, yang secara fisik menggambarkan enam orang berada di atas perahu, namun terbagi menjadi dua kelompok yang mendayung dari arah yang berbeda.

"Ada yang bisa menebak apa arti filosofinya?" tanya Dian kepada para pewarta Indonesia yang hadir.

Beberapa di antara kami mencoba menerka arti filosofi tersebut, termasuk saya. Dian pun tampak mengangguk-angguk dan menjelaskan makna patung tersebut.

"Ya, benar. Jadi tidak hanya kerja sama, tapi visi dan kejelasan tujuan juga harus sama. Meskipun mendayung dengan sekuat tenaga, orang-orang di atas perahu ini tidak akan bergerak karena mereka mendayung ke arah berlawanan. Patung ini merupakan pengingat bahwa meskipun setiap orang memiliki gagasan yang berbeda, penting untuk bergerak ke arah satu tujuan untuk mencapai kemajuan," jelasnya.


Sumber : https://www.idntimes.com/news/world/...mpaign=network

---

profile-picture
profile-picture
profile-picture
steguh39 dan 23 lainnya memberi reputasi
24
Halaman 1 dari 8
Begini Cara Jack Ma Memperlakukan Karyawan Agar Betah di Perusahaan
14-11-2019 18:32
Pertamax di trit HT
emoticon-Bola
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Begini Cara Jack Ma Memperlakukan Karyawan Agar Betah di Perusahaan
14-11-2019 18:35
Quote:Original Posted By saya.kira
Pertamax di trit HT
emoticon-Bola


Cepat kali bahemoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
serapionleo dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Begini Cara Jack Ma Memperlakukan Karyawan Agar Betah di Perusahaan
14-11-2019 18:35
Ane gak bisa hand stand emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
serapionleo dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Begini Cara Jack Ma Memperlakukan Karyawan Agar Betah di Perusahaan
14-11-2019 18:35
horang kayah yang benar benar berasal dari bawah. pantas sangat menghargai orang lain, karna dulu sudah pernah susah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rotten7070 dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Begini Cara Jack Ma Memperlakukan Karyawan Agar Betah di Perusahaan
14-11-2019 18:36

Legitimate Assignment Writing Services

Hiring the best Assignment Writing Service Provider is the best choice a prudent student can make to ensure they relish better grades for Custom Assignment Writing Service and Professional Assignment Help Services.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
firman0723 dan 5 lainnya memberi reputasi
0 6
-6
Begini Cara Jack Ma Memperlakukan Karyawan Agar Betah di Perusahaan
14-11-2019 18:37
Jack Ma benar2 luar biasaemoticon-Matabelo
dari dulu dia merasakan "menderita" apalagi saat dia menjadi satu2nya orang yg tidak diterima kerja di kfc, pahit rasanya menjadi satu2nya orang gagal masuk kerjaemoticon-Frown
makanya karyawan alibaba diperlakukan dengan baik, mangat om jack!!!emoticon-Belgia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
junleon dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Begini Cara Jack Ma Memperlakukan Karyawan Agar Betah di Perusahaan
14-11-2019 18:38
pertamax gab
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Begini Cara Jack Ma Memperlakukan Karyawan Agar Betah di Perusahaan
14-11-2019 18:40
Quote:Original Posted By cueLenk
Cepat kali bahemoticon-Shakehand2


Trit dari media patner sering sepi sih
emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan cueLenk memberi reputasi
2 0
2
Begini Cara Jack Ma Memperlakukan Karyawan Agar Betah di Perusahaan
14-11-2019 18:40
emoticon-Angkat Beer bicara mengenai perusahaan dunia
china ( asia) masih lebih unggul dari amerika ( barat)

China Kalahkan Amerika Kuasai Daftar Perusahaan Terbesar Dunia
https://www.kaskus.co.id/thread/5371...erbesar-dunia/
China Libas Amerika dalam Daftar Perusahaan Terbaik Dunia
https://www.kaskus.co.id/thread/5cdc...terbaik-dunia/
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan Kakek.Sugiono69 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Begini Cara Jack Ma Memperlakukan Karyawan Agar Betah di Perusahaan
14-11-2019 18:42
kalo di indo gimana?
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Begini Cara Jack Ma Memperlakukan Karyawan Agar Betah di Perusahaan
14-11-2019 18:44
karena target terlampaui emoticon-Hansip
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Begini Cara Jack Ma Memperlakukan Karyawan Agar Betah di Perusahaan
14-11-2019 18:44
Rmb ama yuan itu bedanya apa yak.emoticon-Bingung
profile-picture
grenademan24 memberi reputasi
0 1
-1
Lihat 1 balasan
Begini Cara Jack Ma Memperlakukan Karyawan Agar Betah di Perusahaan
14-11-2019 18:45
Yg karyawan wajib libura untuk sex mana?
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Post ini telah dihapus oleh gembaladomba13
Begini Cara Jack Ma Memperlakukan Karyawan Agar Betah di Perusahaan
14-11-2019 18:47
mantul dia
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Begini Cara Jack Ma Memperlakukan Karyawan Agar Betah di Perusahaan
14-11-2019 18:49
ini baru yang namanya bos..
memanusiakan manusia, tapi tentunya pasti pernah ada kendala kendala yang dirasakan Jack Ma dalam perjalanan kariernya.
profile-picture
profile-picture
terranova345 dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Begini Cara Jack Ma Memperlakukan Karyawan Agar Betah di Perusahaan
14-11-2019 18:50
mau dong kerja di bang Ali
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Begini Cara Jack Ma Memperlakukan Karyawan Agar Betah di Perusahaan
14-11-2019 18:50
ini baru yang namanya bos..
memanusiakan manusia, tapi tentunya pasti pernah ada kendala kendala yang dirasakan Jack Ma dalam perjalanan kariernya.
profile-picture
profile-picture
terranova345 dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Begini Cara Jack Ma Memperlakukan Karyawan Agar Betah di Perusahaan
14-11-2019 18:51
ini baru yang namanya bos..
memanusiakan manusia, tapi tentunya pasti pernah ada kendala kendala yang dirasakan Jack Ma dalam perjalanan kariernya.
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Begini Cara Jack Ma Memperlakukan Karyawan Agar Betah di Perusahaan
14-11-2019 18:51
Bonus taunannya mana bray?
0 0
0
Halaman 1 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia