News
Batal
KATEGORI
link has been copied
249
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dccc0b09a972e17d20d4600/jadi-tersangka-penabrak-tewas-pengguna-skuter-listrik-tak-ditahan
DH, pengendara mobil Camry yang menabrak dua pengguna skuter listrik GrabWheels, tidak ditahan polisi meski sudah ditetapkan sebagai tersangka. Polisi menyebut ada dua alasan yang menjadi pertimbangan penyidik tak menahan DH.
Lapor Hansip
14-11-2019 09:49

Jadi Tersangka, Penabrak Tewas Pengguna Skuter Listrik Tak Ditahan

Past Hot Thread
Jadi Tersangka, Penabrak Tewas Pengguna Skuter Listrik Tak Ditahan

Jadi Tersangka, Penabrak Tewas Pengguna Skuter Listrik Tak Ditahan

DH, pengendara mobil Camry yang menabrak dua pengguna skuter listrik GrabWheels, tidak ditahan polisi meski sudah ditetapkan sebagai tersangka. Polisi menyebut ada dua alasan yang menjadi pertimbangan penyidik tak menahan DH.

"Nggak kita lakukan penahanan karena kita lihat bahwa kita nilai dia tidak melarikan diri dan tidak menghilangkan barang bukti, pertimbangan penyidiknya begitu," kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Fahri Siregar saat dikonfirmasi detikcom, Kamis (14/11/2019).

Fahri mengatakan DH hanya dikenai wajib lapor. Kewajiban itu harus dijalani DH hingga proses penyidikan di kepolisian rampung.

"Ya hanya wajib lapor aja, kita kenakan wajib lapor saja selama proses hukumnya berjalan," ucap Fahri.

Dalam proses pemberkasan, Fahri mengaku tak memerlukan keterangan ahli karena dia merasa sudah cukup alat bukti untuk menjerat DH. "nggak ada saksi ahli yang kita mintai keterangan karena bagi kita sudah cukup alat bukti untuk membuktikan kejadian seperti itu dan siapa tersangkanya." ujar Fahri.

Sebelumnya ahri Siregar mengatakan kecelakaan lalu lintas itu terjadi pada Minggu (10/11), sekitar pukul 03.45 WIB, di sekitar fX Sudirman, Jakarta. Saat itu, yang dikendarai tersangka DH dan rekannya, berinisial L, melaju searah dengan rombongan korban.

"Saat DH mengemudikan mobil Camry, saat dia mau menyalip kendaraan minibus yang ada di depannya di Jalan Pintu 1 Senayan, saat mau menyalip ke arah jalur sebelah kiri akhirnya menabrak 3 pengendara dari skuter," kata Fahri kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (13/11).

Fahri mengatakan DH mengemudikan mobil dengan kecepatan 40-50 km per jam. Karena kurang konsentrasi dan dipengaruhi alkohol, DH menabrak pengguna skuter tersebut hingga mengakibatkan 2 orang tewas dan 1 mengalami luka-luka.
(dkp/aud)
sumber

☆☆☆☆☆☆

Hmmmm.....
Mungkin begitulah pertimbangannya.
Meskipun ada beberapa fakta yang memberatkan posisi tersangka, namun ada 1 hal yang meringankan dan membuktikan bahwa kasus ini bukanlah kasus tabrak lari.

Pertama, si tersangka kedapatan habis meminum alkohol. Artinya tersangka membawa kendaraan dalam keadaan mabuk. Bagi praktisi hukum, ada sebagian mengganggap, jika seseorang kedapatan membawa kendaraan dalam keadaan habis meminum alkohol, artinya dia dalam keadaan sengaja. Faktor kesengajaan harus dicatat disini.

Kedua, tersangka kedapatan menyalip dari kiri, artinya dia telah menyalahi aturan berlalu lintas, sebab untuk menyalip kendaraan didepan umumnya dari sebelah kanan.

Ketiga, tersangka kedapatan tidak berusaha untuk mengerem atau menghindari tabrakan. Itu terbukti dari tidak adanya bekas atau jejak ban hasil pengereman.

Keempat, perbuatan tersangka telah mengakibatkan korban jiwa 2 orang dan luka-luka orang lainnya.

Kelima, faktor yang meringankan adalah, setelah menabrak, tersangka turun dari mobil dan berusaha mencari pertolongan, menghentikan kendaraan lain, dan membawa para korban kerumah sakit.

Coba bedakan dengan kasus Afriyani Susanti dalam tragedi tabrak maut Tugu Tani.

Pukul 11.12 WIB kejadian.
Pukul 16.00 WIB Afriyani Susanti langsung ditahan.

Quote:4 Penumpang Daihatsu Xenia, termasuk pengemudi, menjalani tes urine di RS Polri Kramat Jati. Pengemudi Xenia, Afriyani Susanti (29), sudah menjadi tersangka dan ditahan.

Afriyani Susanti ditetapkan sebagai tersangka dan dikenakan Pasal 283, 287 ayat 5, Pasal 288, Pasal 310 ayat 1, ayat 2, ayat 3, dan ayat 4. Afriyani langsung ditahan sambil menunggu proses di Penegakan Hukum (Gakkum) Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Sudarmanto.


Hukum harus berkeadilan.
Namun terkadang adil bagi orang lain tak selalu adil bagi yang lainnya.

Silakan berdiskusi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
revolutionary dan 32 lainnya memberi reputasi
33
Halaman 1 dari 13
Jadi Tersangka, Penabrak Tewas Pengguna Skuter Listrik Tak Ditahan
14-11-2019 09:51
Pasti anak org besar, keadilan itu akhirnya mnurut pandangan masing masing aj....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riezazura dan 12 lainnya memberi reputasi
11 2
9
Jadi Tersangka, Penabrak Tewas Pengguna Skuter Listrik Tak Ditahan
14-11-2019 09:55
Quote:Original Posted By dekomandos
Pasti anak org besar, keadilan itu akhirnya mnurut pandangan masing masing aj....


terlepas dari anak orang besar atau kecil itu ga penting, lagian dia ga bisa milih juga mau jadi anaknya siapa
yg penting tidak kabur dan mau bertanggung jawab atas kesalahannya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adygooner dan 14 lainnya memberi reputasi
8 7
1
Lihat 1 balasan
Jadi Tersangka, Penabrak Tewas Pengguna Skuter Listrik Tak Ditahan
14-11-2019 09:58
Quote:Original Posted By suramonly
terlepas dari anak orang besar atau kecil itu ga penting, lagian dia ga bisa milih juga mau jadi anaknya siapa
yg penting tidak kabur dan mau bertanggung jawab atas kesalahannya


Jelas penting, anak siapa bs jd indikasi gmn takaran hukum diterapkan, gk usah pura pura gk tau.
Ingat anak ahmad dhani nabrak org mati ? Bandingkan dgn kasus nabrak mati org biasa......

Ane gk nanya itu org mau jd anak siapa , yg ane nilai adalah perbedaan perlakuan hukum disbabkan status manusia.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riezazura dan 38 lainnya memberi reputasi
39 0
39
Lihat 6 balasan
Jadi Tersangka, Penabrak Tewas Pengguna Skuter Listrik Tak Ditahan
14-11-2019 09:59
Cuma kena wajib lapor? Dafuq emoticon-Cape d... (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan 4 lainnya memberi reputasi
4 1
3
Lihat 1 balasan
Jadi Tersangka, Penabrak Tewas Pengguna Skuter Listrik Tak Ditahan
14-11-2019 10:06
mirip kejadian yang dialami teman ane. doi nak camry terus nabrak cabe-cabean sehingga huruf M nya lepas, sampe dirumah teman ane terkejut mobilnya berubah menjadi:

henshin


emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 63 lainnya memberi reputasi
64 0
64
Lihat 7 balasan
Jadi Tersangka, Penabrak Tewas Pengguna Skuter Listrik Tak Ditahan
14-11-2019 10:15
Klo polisinya aja bgini gmn dgn hukumnya sendiri ....emoticon-Ngamuk emoticon-Ngamuk

Enak bener udh jd tersangka tp ga d tahan
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan dekomandos memberi reputasi
2 0
2
Jadi Tersangka, Penabrak Tewas Pengguna Skuter Listrik Tak Ditahan
14-11-2019 10:18
Baru lu pada di indo ya ?
Indonesia negara berlandaskan hukum ?
Mari kita tertawa emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak







Note : yg boleh ketawa minimal udah jadi wni 1 minggu,yg baru di indo silahkan planga plongo dulu emoticon-shakehand
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nofaru dan 23 lainnya memberi reputasi
24 0
24
Jadi Tersangka, Penabrak Tewas Pengguna Skuter Listrik Tak Ditahan
14-11-2019 10:28
Quote:Original Posted By dekomandos
Jelas penting, anak siapa bs jd indikasi gmn takaran hukum diterapkan, gk usah pura pura gk tau.
Ingat anak ahmad dhani nabrak org mati ? Bandingkan dgn kasus nabrak mati org biasa......

Ane gk nanya itu org mau jd anak siapa , yg ane nilai adalah perbedaan perlakuan hukum disbabkan status manusia.


yg ga paham hukum secara realita lu apa gw?

kalo kasus dul, ada beberapa alasan kenapa dia bisa di vonis bebas, salah satunya dibawah umur, belum punya riwayat kriminal sebelumnya, dan pengacara nya bagus punya

ditambah pula si dhani bersedia membantu para korban secara materiil

biar ga oot, untuk kasus ini hukumnya juga udah jelas

Quote:Original Posted By hukum
Pada Pasal 231 Ayat 1 menjelaskan kewajiban pengendara yang terlibat kecelakaan:

a. menghentikan kendaraan yang dikemudikannya.
b. memberikan pertolongan kepada korban.
c. melaporkan kecelakaan kepada Kepolisian Negara
Republik Indonesia terdekat, dan
d. memberikan keterangan yang terkait dengan kejadian
kecelakaan.

coba lu baca2 lagi disini https://m.hukumonline.com/klinik/det...rkan-tuntutan/


mungkin itu yg jadi pertimbangan polisi hanya memberi wajib lapor dan bukan penahanan pada kasus ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan 3 lainnya memberi reputasi
2 2
0
Lihat 3 balasan
Jadi Tersangka, Penabrak Tewas Pengguna Skuter Listrik Tak Ditahan
Lapor Hansip
14-11-2019 10:28
Balasan post jamie76
Quote:Original Posted By jamie76
mirip kejadian yang dialami teman ane. doi nak camry terus nabrak cabe-cabean sehingga huruf M nya lepas, sampe dirumah teman ane terkejut mobilnya berubah menjadi:

henshin


emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak


bangchaaaad...

emoticon-Leh Uga
profile-picture
esaka.kedua memberi reputasi
1 0
1
Jadi Tersangka, Penabrak Tewas Pengguna Skuter Listrik Tak Ditahan
14-11-2019 10:33
Quote:Original Posted By suramonly
yg ga paham hukum secara realita lu apa gw?

kalo kasus dul, ada beberapa alasan kenapa dia bisa di vonis bebas, salah satunya dibawah umur, belum punya riwayat kriminal sebelumnya, dan pengacara nya bagus punya

ditambah pula si dhani bersedia membantu para korban secara materiil

biar ga oot, untuk kasus ini hukumnya juga udah jelas



mungkin itu yg jadi pertimbangan polisi hanya memberi wajib lapor dan bukan penahanan pada kasus ini


Ya ya yaaa hebat deh, bener deh pasalnya.....coba kl org biasa kondisi mabuk nabrak ampe mati dh kena pasal brapa lapis itu....

Jadi Tersangka, Penabrak Tewas Pengguna Skuter Listrik Tak Ditahan
profile-picture
liksemut memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Jadi Tersangka, Penabrak Tewas Pengguna Skuter Listrik Tak Ditahan
14-11-2019 10:35
Quote:Original Posted By dekomandos
Ya ya yaaa hebat deh, bener deh pasalnya.....coba kl org biasa kondisi mabuk nabrak ampe mati dh kena pasal brapa lapis itu....

Jadi Tersangka, Penabrak Tewas Pengguna Skuter Listrik Tak Ditahan


susah emang ngajak berlogika sama orang goblok

dikasi referensi tinggal baca aja masih ngoyo emoticon-Nohope
Diubah oleh suramonly
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yoan1925 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Jadi Tersangka, Penabrak Tewas Pengguna Skuter Listrik Tak Ditahan
14-11-2019 10:36
Quote:Original Posted By suramonly
susah emang ngajak berlogika sama orang goblok

dikasi referensi tinggal baca aja masih ngoyo sama logika perasaan emoticon-Nohope


Iyak dah pinter dah lu emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hhendryz dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Jadi Tersangka, Penabrak Tewas Pengguna Skuter Listrik Tak Ditahan
14-11-2019 10:47
indo ini ngurang ngurangi sifat dendam..harus dipenjara..gak bagus
toh juga bisa restoratif justice.

minum alkohol bukan berarti mabuk, bisa aja abis minum obat batuk emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
liksemut dan eggnostick memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Jadi Tersangka, Penabrak Tewas Pengguna Skuter Listrik Tak Ditahan
14-11-2019 10:51
Ane cuma mau nanya, jam 3an pagi main skuter listrik di kawasan fx?

Itu lagi bangunin orang sahur? emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
manejuve dan KukuhSonny memberi reputasi
1 1
0
Lihat 2 balasan
Jadi Tersangka, Penabrak Tewas Pengguna Skuter Listrik Tak Ditahan
14-11-2019 10:58
Ngak ditahan karena DH tidak melarikan diri dan tidak menghilangkan barang bukti, kalau mengemudi hati², fokus dan konsentrasi, jangan nenggak alkohol apalagi.
profile-picture
profile-picture
stygiant dan scorpiolama memberi reputasi
2 0
2
Jadi Tersangka, Penabrak Tewas Pengguna Skuter Listrik Tak Ditahan
14-11-2019 11:00
. Karena kurang konsentrasi dan dipengaruhi alkohol

Semoga hukumannya sesuai dengan kelalaiannya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
stygiant dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Jadi Tersangka, Penabrak Tewas Pengguna Skuter Listrik Tak Ditahan
14-11-2019 11:05
intinya proses hukum tetep lanjut lah harusnya
0 0
0
Jadi Tersangka, Penabrak Tewas Pengguna Skuter Listrik Tak Ditahan
14-11-2019 11:15
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Jelas beda perlakuan antara camry dengan xenia

emoticon-Malu (S)
profile-picture
anarchy0001 memberi reputasi
1 0
1
Jadi Tersangka, Penabrak Tewas Pengguna Skuter Listrik Tak Ditahan
14-11-2019 11:20
rasyid dan dul juga aman ga nginep semalem pun, welcone to jungle
Jadi Tersangka, Penabrak Tewas Pengguna Skuter Listrik Tak DitahanJadi Tersangka, Penabrak Tewas Pengguna Skuter Listrik Tak DitahanJadi Tersangka, Penabrak Tewas Pengguna Skuter Listrik Tak DitahanJadi Tersangka, Penabrak Tewas Pengguna Skuter Listrik Tak DitahanJadi Tersangka, Penabrak Tewas Pengguna Skuter Listrik Tak Ditahan

bata only!
Diubah oleh hawk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wanqodir dan 21 lainnya memberi reputasi
1 21
-20
Jadi Tersangka, Penabrak Tewas Pengguna Skuter Listrik Tak Ditahan
14-11-2019 11:22
Quote:Original Posted By jamie76
mirip kejadian yang dialami teman ane. doi nak camry terus nabrak cabe-cabean sehingga huruf M nya lepas, sampe dirumah teman ane terkejut mobilnya berubah menjadi:

henshin


emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak


Vangke lu...
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
anarchy0001 dan s4tria150 memberi reputasi
2 0
2
Halaman 1 dari 13
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia