News
Batal
KATEGORI
link has been copied
231
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dcba326e83c7233df0dd2f3/sejumlah-warga-hentikan-paksa-ritual-upacara-keagamaan-di-bantul
Keberagamaan di Kabupaten Bantul kembali terkoyak. Kali ini upacara Odalan atau peringatan Maha Lingga Padma Buana di Dusun Mangir Lor Kecamatan pajangan Kabupaten Bantul terpaksa dihentikan.
Lapor Hansip
13-11-2019 13:31

Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul

Past Hot Thread
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
Upacara Odalan atau peringatan Maha Lingga Padma Buana di Dusun Mangir Lor Kecamatan Pajangan Kabupaten Bantul terpaksa dihentikan, Selasa (12/11/2019). [Dok. umat]

Suara.com - Keberagamaan di Kabupaten Bantul kembali terkoyak. Kali ini upacara Odalan atau peringatan Maha Lingga Padma Buana di Dusun Mangir Lor Kecamatan pajangan Kabupaten Bantul terpaksa dihentikan, Selasa (12/11/2019).

Penghentian tersebut karena adanya desakan dari sejumlah warga sekitar pelaksanaan upacara tersebut.

Salah seorang umat yang mengikuti upacara Odalan Setiaji membenarkan peristiwa tersebut ketika dikonfirmasi. Upacara keagamaan Hindu dan Budha tersebut sebenarnya dilaksanakan tanpa pengeras suara. Bahkan, sebelumnya umat yang hendak melaksanakan kegiatan tersebut juga telah melakukan sosialisasi kepada warga sekitar terkait upacara hari Selasa (12/11/2019).

"Tetapi warga tetap saja melakukan penolakan terhadap kegiatan kami,"ujarnya.

Setiaji menuturkan upaya penolakan yang dilakukan oleh warga sebenarnya sudah terlihat sehari sebelum pelaksanaan kegiatan tersebut. Bahkan, petugas dari Polsek Pajangan telah berusaha melakukan mediasi dengan mempertemukan antara warga dan juga umat yang akan melaksanakan kegiatan upacara tersebut.

Setiadji mengatakan mediasi dilaksanakan oleh polisi pada Senin (11/11/2019) malam. Hasilnya, warga menolak karena kegiatan tersebut dilaksanakan di rumah dan tidak izin, hanya melakukan pemberitahuan ke tetangga dan polsek.

Dia juga membantah hal tersebut, karena sebelum dilakukan acara mereka telah melakukan diskusi dengan warga sekitar. Bahkan sebagai bentuk persetujuan, ada warga yang menyediakan halaman rumahnya untuk parkir dan menyediakan toilet tamu untuk peserta upacara dari luar kota.

"Acara ini sendiri dibatalkan untuk menghindari perselisihan lebih besar,"lanjutnya.

Aparat kepolisian dari Polsek Pajangan juga meminta kepada umat yang melaksanakan kegiatan tersebut untuk menghentikannya. Alasannya, untuk melakukan kegiatan seperti itu perizinan diperlukan hingga tingkat provinsi. Padahal petinggi mereka, Ida Begawan Manuaba telah tiba di lokasi kegiatan.

Warga yang sebelumnya telah sepakat dan menyetujui digelarnya acara tersebut tidak bisa berbuat banyak lantaran aparat kepolisian yang hadir di lokasi kegiatan. Kendati begitu, warga bersiaga ketika akan terjadi perusakan rumah lokasi kegiatan maka mereka akan memanggil warga yang lain.

sumber : https://jogja.suara.com/read/2019/11...m_medium=share

Komen TS ; Pelu diselidiki lebih jauh, siapa yang dimaksud dengan "warga"
Diubah oleh azhuramasda
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ekatse dan 32 lainnya memberi reputasi
33
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 12
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 18:14
siapa sih "warga" itu? alasannya apa?itu yg penting...
0 0
0
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 18:15
aneh memang ada tetangga ngomong aduh orf sebelah rumah gue kebaktian[kris10] nih,gimana nih.
eh dia pengajian aja gak ada yg protes,knp dia malah keberatan sama ibadah org kris10?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
thanatosx dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 18:17
beritanya ini juga sumir dari sisi narsumnya.
0 0
0
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 18:19
Ini mah bisa memicu konflik yg lbh parah ..hrsnya di kuatkan toleransinya ...
0 0
0
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 18:20
Mungkin warga nya kalo gak dikasih bingkisan kotak buat setiap rumah itu dianggap ilegal acaranya. Haha. Pajak warga.
0 0
0
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 18:21
garis keras mungkin yak? emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)
0 0
0
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 18:24
Bagaimana jika orang yg tidak bertuhan lebih toleran?
profile-picture
profile-picture
JokerGenius dan eggnostick memberi reputasi
2 0
2
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 18:24
Sekarang juga ke agama yang lain.
0 0
0
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
Lapor Hansip
13-11-2019 18:26
Balasan post workerbear
Ditunggu di jogja gan.. Kalau mau makann lebih enak tanya dulu gan harganya. Gak perlu isin2, soalnya masih banyak juga pkl yg nakal di mari. Sama kalai parkir di obwis ati2. Kalau bisa yg resmi, kalau enggak bisa kena tuthuk juga
Aplagi pas musim liburan.
Soal kasus ini, juga masih bingung yg bener yg mana, soalnua acara galungan di pajangan juga fine2 wae.
Di deket rumah ane juga ada pura, kalau pas ada acara agama kan rame tuh, kadang pemudanya bantu2 parkir dll..
profile-picture
tiobiennyo memberi reputasi
1 0
1
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 18:26
knapa polis pnakut sih dg warga taek itu....
profile-picture
eggnostick memberi reputasi
1 0
1
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 18:26
cek siapa tu yg dimaksud warga... jgn semaunya sendiri... indonesia bukan cm 1 agama..
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan eggnostick memberi reputasi
2 0
2
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 18:27
Ga ush heran guys. Sama sesama mreka aja sikut sikutan, apalagi ama yg beda iman.
profile-picture
eggnostick memberi reputasi
1 0
1
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 18:29
dah yang keberapa kali nih di jogja emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
eggnostick memberi reputasi
1 0
1
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 18:30
Makanya benar sudah tindakan yg dilakukan myanmar makanya ngaca kalian yg suka protes emoticon-Malu (S) emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
youpork dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 18:33
ini pasti ulahnya yg katanya agama paling damai emoticon-Ngakak

sungguh damai emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
youpork dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 18:35
baguslah lanjutkan murid2 emoticon-Mad
profile-picture
profile-picture
profile-picture
007moldymen dan 3 lainnya memberi reputasi
3 1
2
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 18:37
Tembak aja yg ngelarang
profile-picture
profile-picture
JokerGenius dan eggnostick memberi reputasi
1 1
0
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 18:37
Seolah aparat lupa tugasnya terutama di daerah2 yg iman nya sering meleleh. Tinggal nunggu sikap pemerintah aja ke depannya, kalo msh gini juga, entah itu pemerintah kurang becus atau emang penyakit si pemeluk agama ini jd hal yg benar di mata bermasyarakat.
profile-picture
profile-picture
JokerGenius dan eggnostick memberi reputasi
2 0
2
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 18:40
emanh kya gimana acaranye
profile-picture
eggnostick memberi reputasi
1 0
1
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
Lapor Hansip
13-11-2019 18:42
Balasan post Abc..Z
@Abc..Z

Betul bray, kalo nganggur nggk boleh salahin jokowi,
Baru kalo dah dapat kerja, meskipun cuma ojol,.
Baru boleh klaim berkat jokowi,

emoticon-Stick Out Tongue
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tukangbeling7 dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Halaman 4 dari 12
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia