News
Batal
KATEGORI
link has been copied
231
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dcba326e83c7233df0dd2f3/sejumlah-warga-hentikan-paksa-ritual-upacara-keagamaan-di-bantul
Keberagamaan di Kabupaten Bantul kembali terkoyak. Kali ini upacara Odalan atau peringatan Maha Lingga Padma Buana di Dusun Mangir Lor Kecamatan pajangan Kabupaten Bantul terpaksa dihentikan.
Lapor Hansip
13-11-2019 13:31

Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul

Past Hot Thread
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
Upacara Odalan atau peringatan Maha Lingga Padma Buana di Dusun Mangir Lor Kecamatan Pajangan Kabupaten Bantul terpaksa dihentikan, Selasa (12/11/2019). [Dok. umat]

Suara.com - Keberagamaan di Kabupaten Bantul kembali terkoyak. Kali ini upacara Odalan atau peringatan Maha Lingga Padma Buana di Dusun Mangir Lor Kecamatan pajangan Kabupaten Bantul terpaksa dihentikan, Selasa (12/11/2019).

Penghentian tersebut karena adanya desakan dari sejumlah warga sekitar pelaksanaan upacara tersebut.

Salah seorang umat yang mengikuti upacara Odalan Setiaji membenarkan peristiwa tersebut ketika dikonfirmasi. Upacara keagamaan Hindu dan Budha tersebut sebenarnya dilaksanakan tanpa pengeras suara. Bahkan, sebelumnya umat yang hendak melaksanakan kegiatan tersebut juga telah melakukan sosialisasi kepada warga sekitar terkait upacara hari Selasa (12/11/2019).

"Tetapi warga tetap saja melakukan penolakan terhadap kegiatan kami,"ujarnya.

Setiaji menuturkan upaya penolakan yang dilakukan oleh warga sebenarnya sudah terlihat sehari sebelum pelaksanaan kegiatan tersebut. Bahkan, petugas dari Polsek Pajangan telah berusaha melakukan mediasi dengan mempertemukan antara warga dan juga umat yang akan melaksanakan kegiatan upacara tersebut.

Setiadji mengatakan mediasi dilaksanakan oleh polisi pada Senin (11/11/2019) malam. Hasilnya, warga menolak karena kegiatan tersebut dilaksanakan di rumah dan tidak izin, hanya melakukan pemberitahuan ke tetangga dan polsek.

Dia juga membantah hal tersebut, karena sebelum dilakukan acara mereka telah melakukan diskusi dengan warga sekitar. Bahkan sebagai bentuk persetujuan, ada warga yang menyediakan halaman rumahnya untuk parkir dan menyediakan toilet tamu untuk peserta upacara dari luar kota.

"Acara ini sendiri dibatalkan untuk menghindari perselisihan lebih besar,"lanjutnya.

Aparat kepolisian dari Polsek Pajangan juga meminta kepada umat yang melaksanakan kegiatan tersebut untuk menghentikannya. Alasannya, untuk melakukan kegiatan seperti itu perizinan diperlukan hingga tingkat provinsi. Padahal petinggi mereka, Ida Begawan Manuaba telah tiba di lokasi kegiatan.

Warga yang sebelumnya telah sepakat dan menyetujui digelarnya acara tersebut tidak bisa berbuat banyak lantaran aparat kepolisian yang hadir di lokasi kegiatan. Kendati begitu, warga bersiaga ketika akan terjadi perusakan rumah lokasi kegiatan maka mereka akan memanggil warga yang lain.

sumber : https://jogja.suara.com/read/2019/11...m_medium=share

Komen TS ; Pelu diselidiki lebih jauh, siapa yang dimaksud dengan "warga"
Diubah oleh azhuramasda
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ekatse dan 32 lainnya memberi reputasi
33
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 12
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 13:34
Aseeeemmmm..
profile-picture
profile-picture
OriginalTaste dan simsol... memberi reputasi
2 0
2
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 13:40
profile-picture
profile-picture
profile-picture
theflashchess dan 21 lainnya memberi reputasi
22 0
22
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 13:42
kata temen gue orang jogja, disana udah semakin intoleran.
jangankan ibadah umat lain, orang pengajian saja didatangi, ditanya-tanya ini pengajian apa?!!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tukangbeling7 dan 27 lainnya memberi reputasi
27 1
26
Lihat 3 balasan
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 13:49
Salah satu penyebab kejawen, hindu, budha, dan agama pribumi kuno sempat punah di jawa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bangtjah dan 26 lainnya memberi reputasi
27 0
27
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 13:49
Jangankan yg belum mengantongi ijin, pengajian yang udah mengantongi ijin aja bisa dibubarkan kok.
Tanya aja banser kalo gak percaya.

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
soekotoiy dan 16 lainnya memberi reputasi
15 2
13
Lihat 11 balasan
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 13:50
Kenapa si bungsu selalu ketakutan kalo kekurangan member ya ?


emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yusrilr20 dan 25 lainnya memberi reputasi
25 1
24
Lihat 5 balasan
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 13:52
bencana kemanusiaan
ancaman peradaban
miris emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 13:52
kmren baru teriak2 negara menjamin kebebasan beragama gara2 di instansi pemerintah ga bole pake cadar....... amnesia.... emoticon-Tai
profile-picture
profile-picture
profile-picture
haryomukti dan 22 lainnya memberi reputasi
23 0
23
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 13:53
Warga yang menolak gak diwawancarai?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
donothing dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 13:55
Kelompok dungu sumbernya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 13:56
yang hentikan paksa itu pasti atheis.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Lihat 3 balasan
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
Lapor Hansip
13-11-2019 13:58
Balasan post tujuh.tahun
Quote:Original Posted By tujuh.tahun
Jangankan yg belum mengantongi ijin, pengajian yang udah mengantongi ijin aja bisa dibubarkan kok.
Tanya aja banser kalo gak percaya.

emoticon-Traveller




Sudah ada pengajuan ijin tapi ijin nya tidak pernah terbit!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pak.kendar dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
Lapor Hansip
13-11-2019 14:03
Balasan post tujuh.tahun
Quote:Original Posted By tujuh.tahun
Jangankan yg belum mengantongi ijin, pengajian yang udah mengantongi ijin aja bisa dibubarkan kok.
Tanya aja banser kalo gak percaya.

emoticon-Traveller


Mana beritanya??
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
Lapor Hansip
13-11-2019 14:04
Balasan post white wolf
[mention]white wolf[/mention]
anjayy....ada yg tanya mana beritanya!!

Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan todzzz memberi reputasi
2 0
2
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 14:04
jogja makin aneh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 14:05
negara lain sudah maju sukses sampai luar angkasa
org radikal tolol masih sibuk ribut agama
bagaimana bisa maju
profile-picture
profile-picture
profile-picture
haryomukti dan 21 lainnya memberi reputasi
22 0
22
Lihat 2 balasan
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
Lapor Hansip
13-11-2019 14:06
Balasan post tujuh.tahun
Quote:Original Posted By tujuh.tahun
[mention]white wolf[/mention]
anjayy....ada yg tanya mana beritanya!!

Wkwkwk


Oh, nggak ada ya emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 14:15
Coba aja kejadianya kebalik dan melalukanya di bali. Bisa heboh ini emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 14:30
Di thread sebelah sudah ada yg mengangkat keterangan versi perangkat desa. Kronologis dan infonya lumayan banyak.
Silahkan dicek, sebelum ngecap yg enggak 2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 6 lainnya memberi reputasi
6 1
5
Lihat 1 balasan
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 14:35
Saya sulit menebak ini kelompok yg menolak dari kepercayaan mana. Sulit
profile-picture
profile-picture
JokerGenius dan lyndonbaines memberi reputasi
2 0
2
Halaman 1 dari 12
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Berita dan Politik
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia