Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
20
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dcb66279a972e2a2c06c624/komunitas-kopi-noesantara-kopi-koe-mengenalkan-kekayaan-nusantara
Mereka terbentuk karena didasari kebersamaan akan nikmatnya minum kopi. Selain itu, rasa cinta yang mendalam pada Indonesia membawa mereka pada satu tujuan. Menamakan dirinya Komunitas Kopi Noesantara (Kopi Koe). misi mereka ialah mengenalkan kekayaan nusantara yang otomatis terabaikan karena kehadiran kopi instan.
Lapor Hansip
13-11-2019 09:10

Komunitas Kopi Noesantara (Kopi Koe), Mengenalkan Kekayaan Nusantara

Past Hot Thread
Mereka terbentuk karena didasari kebersamaan akan nikmatnya minum kopi. Selain itu, rasa cinta yang mendalam pada Indonesia membawa mereka pada satu tujuan. Menamakan dirinya Komunitas Kopi Noesantara (Kopi Koe). misi mereka ialah mengenalkan kekayaan nusantara yang otomatis terabaikan karena kehadiran kopi instan.

Mungkin dengan menyeduh kopi Instan banyak dari mereka sudah terpuaskan. Tapi mereka banyak yang belum mengetahui apa saja yang mencampuri kopi instan tersebut. Dari segi rasa dan aroma sangat berbeda dengan kopi asli. Kopi yang baik adalah kopi yang bisa meninggalkan jejak di lidah. Memang harga yang ditawarkan sedikit lebih mahal, mungkin hal itu yang membuat orang memilih kopi instan karena lebih ringkas dan murah.

Komunitas Kopi Noesantara (Kopi Koe), Mengenalkan Kekayaan Nusantara

Mendeklarasikan diri sejak 25 Maret 8 tahun silam, mereka terus menggalakkan visi dan nilai dengan mengadakan event seperti Kupas kopi di sekolah atau universitas. Mereka Juga mengajak komunitas lain untuk mensosialisasikan kekayaan ini. Seperti yang kita ketahui, kopi di lndonesia memiliki sejarah panjang dan memiliki peranan penting bagi pertumbuhan perekonomian masyarakatnya. Sangat beruntung lndonesia diberkahi dengan letak geografis yang sangat cocok difungsikan sebagai lahan perkebunan kopi. Tak heran mengapa negara ini menempati peringkat ketiga di dunia menilik dari segi hasil produksinya.

Lantas apa sebabnya masyarakat tak banyak mengetahui anugerah ini? Hadirnya kopi instan membuyarkan segalanya. Memang, selera menjadi kunci kenikmatan tiap individu Namun masih banyak orang yang belum tahu seberapa kayanya kopi yang ada di Indonesia. Dalam komunitas itu, mereka juga kerap mengadakan kopi Darat yang tujuannya menimba ilmu dan studi banding dari coffee shop di beberapa daerah. Banyak karakteristik kopi yang didapat dari kegiatan ini. Dan ternyata, Indonesra memiliki keberagaman kopi yang terbilang unik.

Kopi Koe banyak membahas berbagai jenis kopi yang terbilang juara dari Indonesia. Sebut saja kopi Kintamani, seperti namanya, kopi yang berasal dari Bali ini terkenal dengan cita rasanya yang khas, yakni lembut dan manis. Jenis kopi lain yang juga bikin penasaran adalah kopi Wamena. Jenis kopi ini merupakan jenis yang paling terkenal selain kopi Luwak. Pengolahan, proses produksi kopi Wamena boleh dibilang masih sangat tradisional dan alami tanpa mengesampingkan kualitas sehingga menghasilkan kopi dengan aroma yang khas dan bila rasa terbaik.

Di pulau Sumatera, kita punya Kopi Toraja, kopi yang terkenal dengan kelezatan dan cita rasa yang luar biasa unik. Kopi Toraja sendiri ternyata dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu kopi Toraja Robusta dan Kopi Toraja Arabika. Kedua jenis ini memiliki kandungan asam namun cukup rendah. Yang membedakan hanya kandungan kafeinnya saja. Kopi Toraia ini tidak meninggalkan rasa pahit, sensasi rasa pahit langsung hilang seketika ketika diminum pertama kali.

Kita punya banyak Jenis kopi, di Aceh kita punya kopi Gayo, di Sumatera Utara ada Mandailing, Linthong. Sumatera Barat ada Salak. Sumatera Selatan ada Robusta Lampung. Jawa Timur Terdapat kopi Dampit, Jawa Tengah ada kopi Banaran. Jawa Barat ada Malabar, Ciwidey. Bali ada Arabika Kintamani. Toraja dan Papua terdapat kopi Wamena.

Sifat kopi yang absorpsi (mudah menyerap) membuat kopi kita punya ragam karakteristik yang kaya. Misalnya Kopi Bali yang mempunyai rasa lebih fruity karena dekat dengan perkebunan jeruk, atau kopi Ciwidey yang punya sedikit rasa stroberi. Sayang masyarakat belum banyak yang beranjak dari kopi instan. Ada baiknya pemerintah lebih berperan aktif dalam hal ini. Pemberian edukasi dah fasilitas pada petani kopi mungkin bisa berpengaruh banyak pada kualitas kopi dengan harga yang lebih terjangkau.

Komunitas Kopi Noesantara (Kopi Koe), Mengenalkan Kekayaan Nusantara

Buat kaskuser yang ingin tahu lebih soal kopi, ada baiknya ikutan komunitas ini
untuk mengupas habis kopi dari seluruh penjuru nusantara.


Referensi


profile-picture
profile-picture
profile-picture
orgbekasi67 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Komunitas Kopi Noesantara (Kopi Koe), Mengenalkan Kekayaan Nusantara
14-11-2019 23:12
Misalnya Kopi Bali yang mempunyai rasa lebih fruity karena dekat dengan perkebunan jeruk, atau kopi Ciwidey yang punya sedikit rasa stroberi. 

menarik juga ya..
0 0
0
Komunitas Kopi Noesantara (Kopi Koe), Mengenalkan Kekayaan Nusantara
15-11-2019 09:48
saya suka kopi
0 0
0
Komunitas Kopi Noesantara (Kopi Koe), Mengenalkan Kekayaan Nusantara
15-11-2019 09:58
wah keren banget nihh ada komunitas kaya ginii, jadi lebih positif nih ngisi hari sama hal yang positif
0 0
0
Komunitas Kopi Noesantara (Kopi Koe), Mengenalkan Kekayaan Nusantara
15-11-2019 09:58
semoga makin maju juga perkopian di indonesia aminn
0 0
0
Komunitas Kopi Noesantara (Kopi Koe), Mengenalkan Kekayaan Nusantara
15-11-2019 09:58
makasih gan infonyaa bermanfaat banget buat anee
0 0
0
Komunitas Kopi Noesantara (Kopi Koe), Mengenalkan Kekayaan Nusantara
15-11-2019 11:27
gan ralat dikit, toraja dari sulawesi bukan sumatra 😁
0 0
0
Komunitas Kopi Noesantara (Kopi Koe), Mengenalkan Kekayaan Nusantara
15-11-2019 21:52
selamat malam
0 0
0
Komunitas Kopi Noesantara (Kopi Koe), Mengenalkan Kekayaan Nusantara
17-11-2019 09:24
Ane cewek suka kopi😁banyak menuai ocehan.
0 0
0
Komunitas Kopi Noesantara (Kopi Koe), Mengenalkan Kekayaan Nusantara
17-11-2019 15:55
siapa disini yang punya usaha coffe kekinian.omset sama margin berapa sih?
0 0
0
Komunitas Kopi Noesantara (Kopi Koe), Mengenalkan Kekayaan Nusantara
17-11-2019 20:36
Ane tim nggak bisa godain mana kopi yang enak mana nggak, menurut ane semua rasanya sama aja emoticon-Big Grin
0 0
0
Komunitas Kopi Noesantara (Kopi Koe), Mengenalkan Kekayaan Nusantara
18-11-2019 01:20
ane ga doyan kopi gan, tp keren banget threadnya. nambah informasi banget
0 0
0
Komunitas Kopi Noesantara (Kopi Koe), Mengenalkan Kekayaan Nusantara
21-11-2019 22:54
kopi eek luwak😹
0 0
0
Komunitas Kopi Noesantara (Kopi Koe), Mengenalkan Kekayaan Nusantara
23-11-2019 01:54
nice infoo gann emoticon-Wow
0 0
0
Komunitas Kopi Noesantara (Kopi Koe), Mengenalkan Kekayaan Nusantara
26-11-2019 11:34
boleh nih yang pecinta kopi buat join komunitasnya, biar makin tau tentang kopi
0 0
0
Komunitas Kopi Noesantara (Kopi Koe), Mengenalkan Kekayaan Nusantara
29-11-2019 17:17
wah menarik nih... bisa belajar juga mengenal biji kopi dari berbagai daerah di indonesia
0 0
0
Komunitas Kopi Noesantara (Kopi Koe), Mengenalkan Kekayaan Nusantara
30-11-2019 16:09
tren kopi sedang menjamur dan komunitas seperti ini penting untuk mengetahui seluk beluk perkopian yang ada teruslah berkembang!
0 0
0
Komunitas Kopi Noesantara (Kopi Koe), Mengenalkan Kekayaan Nusantara
30-11-2019 16:09
Quote:Original Posted By siapika
wah menarik nih... bisa belajar juga mengenal biji kopi dari berbagai daerah di indonesia


Kalau mengulik gabakal ada habisnya gan kopi di Indonesia tu wkwk
profile-picture
siapika memberi reputasi
1 0
1
Komunitas Kopi Noesantara (Kopi Koe), Mengenalkan Kekayaan Nusantara
30-11-2019 16:10
Quote:Original Posted By orgbekasi67
Ane tim nggak bisa godain mana kopi yang enak mana nggak, menurut ane semua rasanya sama aja emoticon-Big Grin


Sama sama pait ya gan rasanya?? Wkwk
0 0
0
Komunitas Kopi Noesantara (Kopi Koe), Mengenalkan Kekayaan Nusantara
30-11-2019 22:44
Quote:Original Posted By harbingert
Kalau mengulik gabakal ada habisnya gan kopi di Indonesia tu wkwk


Banyak banget ug ya gan variannya?
Dan rasanya juga pasti beda-beda juga ya...
Begitupula dengan aromanya emoticon-Matabelo
0 0
0
Komunitas Kopi Noesantara (Kopi Koe), Mengenalkan Kekayaan Nusantara
09-12-2019 15:44
Assalamualaikum, perkenalkan..

Saya mengelola Brighter Days Coffee, salah satu unit bisnis yang dimiliki Shift Pemuda Hijrah (didirikan oleh Ustadz Hanan Attaki). Kami pemain baru di dunia kopi, semoga bisa ikut belajar dari temen temen disini ya emoticon-Smilie
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia