News
Batal
KATEGORI
link has been copied
184
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dca5273af7e93132e755780/pernyataan-mui-soal-larangan-pejabat-mengucap-salam-semua-agama
Sekjen Majelis Ulama Indonesia Anwar Abbas menanggapi imbauan MUI Jawa Timur agar pejabat tidak menggunakan ucapan salam pembuka semua agama. Menurut Anwar Abbas, imbauan itu merupakan anjuran agar berhati-hati dalam persoalan akidah.
Lapor Hansip
12-11-2019 13:34

Pernyataan MUI soal Larangan Pejabat Mengucap Salam Semua Agama

Past Hot Thread

Selasa, 12 November 2019Pernyataan MUI soal Larangan Pejabat Mengucap Salam Semua Agama

MUI Jatim mengimbau pejabat tidak menggunakan ucapan salam pembuka semua agama. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.comJAKARTA - Sekjen Majelis Ulama Indonesia Anwar Abbas menanggapi imbauan MUI Jawa Timur agar pejabat tidak menggunakan ucapan salam pembuka semua agama.

Menurut Anwar Abbas, imbauan itu merupakan anjuran agar berhati-hati dalam persoalan akidah.


"Seorang Muslim harus berhati-hati di dalam berdoa dan jangan sampai dia melanggar ketentuan yang ada karena ketika dia berdoa maka dia hanya akan berdoa dan akan meminta pertolongan dalam doanya tersebut hanya kepada Allah SWT saja dan tidak boleh kepada lainnya," kata Buya Anwar dalam siaran pers, Senin (11/11).


Baca Juga:




Anwar menilai, imbauan MUI Jatim itu sudah tepat dan sesuai dengan ketentuan Alquran dan Hadits karena di dalam Islam setiap doa selain ada dimensi muamalah (hubungan kepada sesama) juga sangat sarat dengan dimensi teologis serta ibadah.


Dijelaskan, dalam berdoa, seorang muslim meyakini bahwa yang bisa mengabulkan doa dari seseorang itu adalah hanya Allah. Maka jika terdapat orang Islam berdoa dan meminta pertolongan kepada selain Allah maka murka Tuhan pasti akan menimpa diri mereka.


"Oleh karena itu, seorang Muslim dalam berdoa jangan dan tidak boleh meminta tolong kepada selain Allah dan atau kepada Tuhan dari agama lain," kata dia.


Baca Juga:




Dalam UUD 1945 pasal 29 ayat 2 juga menjamin warga negara untuk beribadah dan berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan yang dianut.


"Bagaimana dengan hal bertoleransi. Karena masing-masing agama memiliki ajaran dan sistem kepercayaan sendiri-sendiri maka untuk terciptanya kerukunan maka kita tidak boleh memaksakan kepercayaan dan keyakinan suatu agama serta cara beribadah dan mengucapkan salam yang ada dalam suatu agama kepada pengikut agama lain," katanya.


Maka dari itu, Anwar mengajak agar dalam bersosial setiap warga negara agar hormat-menghormati ucapan salam tanpa harus menambah dan mengucapkan salam agama lain.

"Adanya fatwa dari MUI Jatim ini menjadi penting karena tugas MUI adalah menjaga umat dengan imbauan maka umat tidak bingung dan menuntun akidah, ibadah dan muamalahnya dengan baik. Sehingga tetap membangun hubungan baik umat beragama dengan baik dengan tidak melanggar ketentuan dari ajaran agamanya," katanya. (antara/jpnn)




  


BERITA TERKAIT















profile-picture
profile-picture
profile-picture
alfiannsx98 dan 3 lainnya memberi reputasi
2
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 10 dari 10
Pernyataan MUI soal Larangan Pejabat Mengucap Salam Semua Agama
13-11-2019 11:33
Bagus ajarin toleransi, bukan tololanshit.
0 0
0
Pernyataan MUI soal Larangan Pejabat Mengucap Salam Semua Agama
13-11-2019 11:36
sedih aja sih sekarang semuanya dibuat ribet, pdhl jaman dulu kayanya pada santai dan kalem2 aja.
0 0
0
Pernyataan MUI soal Larangan Pejabat Mengucap Salam Semua Agama
13-11-2019 11:56
Gila, agama mau mengatur semua hal.
0 0
0
Pernyataan MUI soal Larangan Pejabat Mengucap Salam Semua Agama
Lapor Hansip
13-11-2019 13:14
Balasan post akun.baru
@akunbaru
ga bisa menyuarakan pendapat sendiri?
nyatut post orang lain? emoticon-Big Grin


MUI cuma takut ketahuan kalau salam yang mereka banggakan dalam bahasa Arab itu = artinya dengan Shalom Aleichem emoticon-Big Grin
alias anti mencari kesamaan,
lebih senang mencari perbedaan.
profile-picture
cipokan.yuk memberi reputasi
1 0
1
Pernyataan MUI soal Larangan Pejabat Mengucap Salam Semua Agama
Lapor Hansip
13-11-2019 13:30
Balasan post doombringer2211
Quote:Original Posted By doombringer2211


Iya gan bener banget
Kadang2 hal gak penting gini malah kalo dibahas bikin panas.


hooh betul gan, yg ada jd perpecahan antar umat beragama. pdhal klo soal keagamaan yaa antar intern keagamaan aja klo mo buat pengumuman ato apa, jgn sprti ini, krna indonesia agamanya kan bkn cma islam aja.
profile-picture
doombringer2211 memberi reputasi
1 0
1
Pernyataan MUI soal Larangan Pejabat Mengucap Salam Semua Agama
13-11-2019 13:41
Ketua Mui udah bersabda

Pernyataan MUI soal Larangan Pejabat Mengucap Salam Semua Agama

Otaknya jalan kalo udah berurusan dengan selangkangan
profile-picture
agus.malaikat. memberi reputasi
1 0
1
Pernyataan MUI soal Larangan Pejabat Mengucap Salam Semua Agama
13-11-2019 14:43
Quote:Original Posted By krisnanda99
La mangkanya emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By yandirgaa
dimana bedanya ya gan ?


Sila pertama Ketuhanan yang Maha Esa bukan Tuhan yang Maha Eka
Pancasila tidak menyebut tuhan secara personifikasi yg umum di agama samawi.
Ketuhanan berarti sifat tuhan, high power, dewa, dsb. Beberapa agama dan kepercayaan tidak mengejawantahkan tuhan mereka secara spesifik contohnya buddha. Hindu jika pancasila berbunyi Tuhan yg Maha Eka tidak akan cocok.

Secara otomatis, ketuhanan mencakup tuhan serta esa melingkupi eka jadi cocok untuk islam.
Itulah mengapa perumus pancasila memilih ketuhanan bukan tuhan dan memilih esa bukan eka.

Ada yg mengatakan pancasila juga cocok untuk atheis.
Theis dan atheis memandang tuhan dalam perspektif personifikasi.
Jika theis punya tuhan yaitu tuhan itu sendiri
Sebaliknya, atheis punya tuhan yaitu ketiadaan tuhan.
Diubah oleh profesorlucu
profile-picture
profile-picture
traceourDJK dan krisnanda99 memberi reputasi
2 0
2
Pernyataan MUI soal Larangan Pejabat Mengucap Salam Semua Agama
13-11-2019 16:32
ngurus Pushtun aja gak becus mw ngurus doa lagi 😂
0 0
0
Pernyataan MUI soal Larangan Pejabat Mengucap Salam Semua Agama
13-11-2019 16:42
ya elah MUI dibikin ribet aja
apa salah nya sih salam semua agama?
tolong dong indonesia ini merupakan negara yang beraneka ragam dan budaya
bukan negara dengan satu agama
urusan agama urusan pribadi masing2
ngapain terlalu ikut campur dengan agama lain?
hargain lah agama lain
islam aja ga pernah tuh ngajarin membenci dengan agama lain
malah kita diajarkan untuk saling toleransi satu sama lain
sumpah ane makin kesini makin muak dengan MUI emoticon-Najis emoticon-Najis
Diubah oleh sitopratama92
0 0
0
Pernyataan MUI soal Larangan Pejabat Mengucap Salam Semua Agama
13-11-2019 23:55
no one :

MUI : tembok iman kita lemah, cegah semua kemungkinan !
profile-picture
saya.kira memberi reputasi
0 1
-1
Pernyataan MUI soal Larangan Pejabat Mengucap Salam Semua Agama
17-11-2019 17:21
yang aman dan saling menghargai aja sih menurut ane, cukup pake selamat pagi gitu gitu aja, ga usah bawa identitas agaman
0 0
0
Halaman 10 dari 10
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia