alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
60
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc62073349d0f224c27274b/wisata-lokal-pesona-danau-sentarum-yang-menyimpan-beragam-spesies-langka
Danau Sentarum saat senja ~Pantun Kapuas Hulu~ Ngilu gigiku mengigit tebu Tebunya dari kawan lamaku Hati rindu ingin bertemu Ingin bertemu di Kapuas Hulu Ikan Arwana duhai indahnya Danau Sentarum sangat mempesona Mari kita berkerjasama Bangun daerah tanpa bedakan SARA :maafaganwati:angpau ––––––🍃🍃🍃–––––– Bicara tentang MLDSPOTKONTENHUNT, di pikiran saya terlintas b
Lapor Hansip
09-11-2019 09:12

Wisata Lokal: Pesona Danau Sentarum yang Menyimpan Beragam Spesies Langka

Wisata Lokal: Pesona Danau Sentarum yang Menyimpan Beragam Spesies Langka



~Pantun Kapuas Hulu~

Ngilu gigiku mengigit tebu
Tebunya dari kawan lamaku
Hati rindu ingin bertemu
Ingin bertemu di Kapuas Hulu

Ikan Arwana duhai indahnya
Danau Sentarum sangat mempesona
Mari kita berkerjasama
Bangun daerah tanpa bedakan SARA

emoticon-Maaf Aganwatiemoticon-Angpau
––––––🍃🍃🍃––––––

Bicara tentang MLDSPOTKONTENHUNT, di pikiran saya terlintas beberapa ide untuk mengisi thread KASKUSXMLDSPOT. Salah satunya tentang keindahan alam di Kalimantan. Berkunjung ke ujung timur Kalimantan Barat tidak afdol jika belum berkunjung ke Kapuas Hulu. Sebuah kabupaten yang menyimpan tempat wisata eksotis, punya TASTELOCAL, menarik, dan membuat saya lebih mensyukuri pemberian Tuhan. Bagaimana tidak, di sinilah saya masih bisa merasakan hutan asri dengan beragam spesies, dan penyuplai paru-paru dunia.

Kapuas Hulu juga punya julukan khas yaitu Bumi Uncak Kapuas. Uncak dalam bahasa daerah berarti puncak. Bisa diartikan hulunya Sungai Kapuas, sungai terpanjang di Indonesia.

Beberapa tempat memang pernah saya kunjungi kalau sedang butuh hiburan atau sekadar mencari INSPIRING PLACE. Terkadang pekerjaan menuntut saya untuk berlomba dengan deadline. Bahkan hampir writter's block. Supaya tidak stress ya salah satunya hunting tempat wisata seperti Danau Sentarum yang menyimpan sejuta pesona.

Penasaran seperti apa? Berikut keindahan Danau Sentarum dan spesies langkanya.

Danau Sentarum saat siang


Danau Sentarum (Dansen) sudah menjadi ikonik dari Kapuas Hulu dan ditetapkan pemerintah sebagai Taman Nasional. Danau ini bisa diakses melalui jalan darat sekitar 2-3 jam dari kota Putussibau menuju Lanjak, Kecamatan Batang Lupar. Jangan khawatir GanSis jalannya sudah beraspal dan mulus. Saya dan teman-teman biasanya menggunakan sepeda motor ke sana.

Untuk menikmati keindahan danau ini GanSis hanya perlu naik ke Bukit Tekenang dan bisa melihat gugusan pulau-pulau kecil dari menara. Jika ingin menginap sudah disediakan resort.

Gazebo


Menara Bukit Tekenang


Belum puas hanya melihat panorama alam dari bukit, GanSis bisa berkeliling danau dengan speedboad atau sampan. Saya paling takut naik sampan. Khawatir kalau sampai karam.
emoticon-Cape d...

Berkeliling danau

Beragam spesies langka masih lestari di antaranya Bekantan, Burung Enggang (Rangkong), Arwana, kantong semar, dll.

Jembatan Menuju Hutan

Burung Enggang


Bagi kami masyarakat Dayak, Burung Enggang (Rangkong) merupakan salah satu hewan keramat selain burung Ruai. Rata-rata rumah panjang (betang) menggunakan simbol dan gambar burung ini. Enggang mencerminkan sifat pemimpin, setia, dan bertanggungjawab.

Bekantan


Primata berhidung panjang ini masih bisa kita temukan di Danau Sentarum.Terkadang mereka sesekali bertengger di dahan pohon.

Arwana Merah(Silok)


Ikan langka ini sudah terkenal namanya hingga ke negeri tetangga. Keindahan sisik merah berkilau dan sering dianggap membawa hoki oleh beberapa orang. Silok juga menjadi ciri khas batik Kapuas Hulu.

Kantong Semar


Di danau ini seringkali diadakan Festival Danau sentarum sebagai salah satu promosi kepada wisatawan. Biasanya saat acara berlangsung akan diadakan ritual dari tiga suku, Dayak Iban, Melayu, dan Dayak Taman Embaloh. Tak hanya perahu hias saja yang memeriahkan kegiatan ini, beragam perlombaan juga diadakan seperti lomba gasing, motor cross, menyumpit, dll.

Festival Danau Sentarum (23-25 Oktober 2019)


Bagi saya, alam selalu mengajarkan untuk selalu bersyukur, menjaga kelestariannya, dan menjunjung adat istiadat di sana. Seperti pepatah mengatakan, 'Di mana bumi dipijak, disitulah langit dijunjung.'

Video Danau Sentarum


Bagaimana GanSis? Seru, bukan? Bagi kalian penikmat petualangan di alam bebas, Danau Sentarum ini layak menjadi destinasi selanjutnya.

Sampai jumpa di thread selanjutnya. Jangan lupa tinggalkan like dan komen jika GanSis suka dengan tulisan ini.

emoticon-Big Kiss

Referensi: Opini, Taman Nasional Betung Kerihun Danau Sentarum, dan Canopy Indonesia.
Diubah oleh AdelineNordica
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lina.wh dan 14 lainnya memberi reputasi
15
Halaman 1 dari 3
Wisata Lokal: Pesona Danau Sentarum yang Menyimpan Beragam Spesies Langka
09-11-2019 09:13
Alam selalu memberiku inspirasi
Diubah oleh AdelineNordica
0 0
0
Wisata Lokal: Pesona Danau Sentarum yang Menyimpan Beragam Spesies Langka
09-11-2019 09:15
Cintai wisata dan budaya Indonesia
0 0
0
Wisata Lokal: Pesona Danau Sentarum yang Menyimpan Beragam Spesies Langka
09-11-2019 09:20
Enjoy
0 0
0
Wisata Lokal: Pesona Danau Sentarum yang Menyimpan Beragam Spesies Langka
09-11-2019 09:29
Quote:Original Posted By AdelineNordica
Alam selalu memberiku inspirasi


Aku suka berburu kantong semar buat bikin karupey ...enak bgt duh..jadi lapar
profile-picture
AdelineNordica memberi reputasi
1 0
1
Wisata Lokal: Pesona Danau Sentarum yang Menyimpan Beragam Spesies Langka
09-11-2019 09:33
Quote:Original Posted By delia.adel
Aku suka berburu kantong semar buat bikin karupey ...enak bgt duh..jadi lapar


Karupey? Nasi yang dimasak di dalam kantong semar?
profile-picture
delia.adel memberi reputasi
1 0
1
Wisata Lokal: Pesona Danau Sentarum yang Menyimpan Beragam Spesies Langka
09-11-2019 09:36
Quote:Original Posted By AdelineNordica
Karupey? Nasi yang dimasak di dalam kantong semar?


Iye kak pakai daging dan ikan asap..beh..mauuu...mamam...nyonya belanda suka bikinin dulu
profile-picture
AdelineNordica memberi reputasi
1 0
1
Wisata Lokal: Pesona Danau Sentarum yang Menyimpan Beragam Spesies Langka
09-11-2019 09:37
Quote:Original Posted By delia.adel
Iye kak pakai daging dan ikan asap..beh..mauuu...mamam...nyonya belanda suka bikinin dulu


Enak. Kalau di sini kadang ketan. Pelengkapnya toman bakar, sambal, dan daun singkong. Ah, jadi laperr
profile-picture
delia.adel memberi reputasi
1 0
1
Wisata Lokal: Pesona Danau Sentarum yang Menyimpan Beragam Spesies Langka
09-11-2019 09:39
Quote:Original Posted By AdelineNordica
Enak. Kalau di sini kadang ketan. Pelengkapnya toman bakar, sambal, dan daun singkong. Ah, jadi laperr


Ah elah bicara makanan bikin baper tau gak sih...apalagi yang kaga ada di mari... harus buat juga wkkwkw
profile-picture
AdelineNordica memberi reputasi
1 0
1
Wisata Lokal: Pesona Danau Sentarum yang Menyimpan Beragam Spesies Langka
09-11-2019 09:59
semoga species langka tetap lestari
profile-picture
AdelineNordica memberi reputasi
1 0
1
Wisata Lokal: Pesona Danau Sentarum yang Menyimpan Beragam Spesies Langka
09-11-2019 10:16
Quote:Original Posted By delia.adel
Ah elah bicara makanan bikin baper tau gak sih...apalagi yang kaga ada di mari... harus buat juga wkkwkw


Nah, itu. Soalnya aku demen makan. Kalau kemana-mesti hunting kuliner
0 0
0
Wisata Lokal: Pesona Danau Sentarum yang Menyimpan Beragam Spesies Langka
09-11-2019 10:17
Quote:Original Posted By MrJeffBezos
semoga species langka tetap lestari


Aamiin .... Saling menjaga kelestarian alamemoticon-Shakehand2
profile-picture
MrJeffBezos memberi reputasi
1 0
1
Wisata Lokal: Pesona Danau Sentarum yang Menyimpan Beragam Spesies Langka
09-11-2019 10:59
Kalau ane ke Danau Sentarum...makan nya Ikan Arwana di salai / asap emoticon-Ngakak
profile-picture
AdelineNordica memberi reputasi
1 0
1
Wisata Lokal: Pesona Danau Sentarum yang Menyimpan Beragam Spesies Langka
09-11-2019 11:02
Quote:Original Posted By west1973
Kalau ane ke Danau Sentarum...makan nya Ikan Arwana di salai / asap emoticon-Ngakak


Paling banter salai ikan lais. Cocolin cabe kecap. Yummy. Hehe.
0 0
0
Wisata Lokal: Pesona Danau Sentarum yang Menyimpan Beragam Spesies Langka
09-11-2019 11:06
Di sana juga ada Kerupuk basah...yg bahan nya di buat dari olahan ikan belida...di cocolin pake sambel kacang..emoticon-Jempol
profile-picture
AdelineNordica memberi reputasi
1 0
1
Wisata Lokal: Pesona Danau Sentarum yang Menyimpan Beragam Spesies Langka
09-11-2019 11:29
Quote:Original Posted By west1973
Di sana juga ada Kerupuk basah...yg bahan nya di buat dari olahan ikan belida...di cocolin pake sambel kacang..emoticon-Jempol


Yups. Main ke sini, Gan. Tar saya traktir kerupuk basah.emoticon-Recommended Seller
profile-picture
west1973 memberi reputasi
1 0
1
Wisata Lokal: Pesona Danau Sentarum yang Menyimpan Beragam Spesies Langka
09-11-2019 12:21
pgn kesana, tp ga tau gimana kesananya, n brp tuh estimasi ongkosnya dr jakarta..... emoticon-Bingung

btw foto2nya cakep gan. emoticon-Kiss udah kyk foto2 dr natgeo aja....

kalau kesana mesti siapin lensa tele 400mm lebih nih.... emoticon-Hammer2
Diubah oleh anak manis
profile-picture
AdelineNordica memberi reputasi
1 0
1
Wisata Lokal: Pesona Danau Sentarum yang Menyimpan Beragam Spesies Langka
09-11-2019 13:20
emoticon-Traveller emoticon-Traveller emoticon-Traveller
profile-picture
AdelineNordica memberi reputasi
1 0
1
Wisata Lokal: Pesona Danau Sentarum yang Menyimpan Beragam Spesies Langka
09-11-2019 13:23
Quote:Original Posted By anak manis
pgn kesana, tp ga tau gimana kesananya, n brp tuh estimasi ongkosnya dr jakarta..... emoticon-Bingung

btw foto2nya cakep gan. emoticon-Kiss udah kyk foto2 dr natgeo aja....

kalau kesana mesti siapin lensa tele 400mm lebih nih.... emoticon-Hammer2


Tiket Jakarta-Pontianak-Putussibau sekitar 1,4 juta (pergi aja). Kalau mahal bisa pakai bis. Jadi, pesawat Jkt-Pontianak 700rb-an terus sambung pakai bus ke Putussibau sekitar 12 jam.

Foto waktu ke sana udah gak ada lagi. Di almarhum hp lama. Ini foto2 dari Canopy Indonesia dan Taman Nasional Betung Kerihun Danau Sentarum (TNBKDS)
0 0
0
Wisata Lokal: Pesona Danau Sentarum yang Menyimpan Beragam Spesies Langka
09-11-2019 13:24
Quote:Original Posted By jokerI88I
emoticon-Traveller emoticon-Traveller emoticon-Traveller


Nyok! Ngebolang ke sini, Ganemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
profile-picture
jokerI88I memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Wisata Lokal: Pesona Danau Sentarum yang Menyimpan Beragam Spesies Langka
09-11-2019 13:28
Quote:Original Posted By AdelineNordica
Tiket Jakarta-Pontianak-Putussibau sekitar 1,4 juta (pergi aja). Kalau mahal bisa pakai bis. Jadi, pesawat Jkt-Pontianak 700rb-an terus sambung pakai bus ke Putussibau sekitar 12 jam.

Foto waktu ke sana udah gak ada lagi. Di almarhum hp lama. Ini foto2 dari Canopy Indonesia dan Taman Nasional Betung Kerihun Danau Sentarum (TNBKDS)


lama bener ya kalau pakai bis. mending pesawat aja ya. tp di jalan di daerah sana relatif aman ga gan?di sekitaran danaunya ada penginapan yg cukup baik ga gan?
profile-picture
AdelineNordica memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.