alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
49
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc602d57e3a7201710b910e/republik-jatah-preman-praktik-pemkot-restui-ormas-parkir-bukan-di-bekasi
Begitu kemesraan pemerintah dan ormas dikonfrontasi, jawaban mendagri kurang memuaskan. Dalam kasus parkir Bekasi, pemkot ngeles tak kasih hak kelola, eh ormasnya sendiri ngaku setor ke kas daerah. Pengelolaan lahan parkir memang ruwet karena menjanjikan. Topik ini mengemuka setelah ormas asal Bekasi bernama Gabungan Inisiatif Barisan Anak Siliwangi (GIBAS) berunjuk rasa di area pom bensin Narogon
Lapor Hansip
09-11-2019 07:05

'Republik Jatah Preman': Praktik Pemkot Restui Ormas Parkir Bukan di Bekasi

Begitu kemesraan pemerintah dan ormas dikonfrontasi, jawaban mendagri kurang memuaskan. Dalam kasus parkir Bekasi, pemkot ngeles tak kasih hak kelola, eh ormasnya sendiri ngaku setor ke kas daerah.

Pengelolaan lahan parkir memang ruwet karena menjanjikan. Topik ini mengemuka setelah ormas asal Bekasi bernama Gabungan Inisiatif Barisan Anak Siliwangi (GIBAS) berunjuk rasa di area pom bensin Narogong, Rawalumbu, Rabu dua pekan lalu (23/10). Mereka menuntut jatah pengelolaan parkir minimarket setelah para pengusaha minimarket menolak kehadiran anggota ormas sebagai juru parkir. Alasan pengusaha, mereka tidak pernah ada info apa pun dari pemerintah soal ini.

GIBAS lantas menyampaikan protesnya kepada pengusaha di depan publik. Mereka mengaku tuntutan yang dibawa valid karena mereka punya surat tugas dari pemerintah daerah, lewat Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), yang menempatkan GIBAS sebagai pengelola parkir minimarket di Kota Bekasi.

Ketua GIBAS Deni Muhammad Ali mengaku ormasnya mengajukan surat tugas mengelola parkir minimarket di Bekasi kepada Bapenda sejak 2017. Permohonan GIBAS kemudian disetujui dua tahun kemudian, dan dilaksanakan dua bulan belakangan (September-Oktober 2019). Menurut pengakuan salah seorang anggota GIBAS, setiap bulannya GIBAS menyetor Rp200-300 ribu kepada Bapenda, tergantung keramaian zona masing-masing.

Kita tidak memaksakan tarif parkir. Ini pun sukarela, dikasih syukur, enggak dikasih enggak apa-apa. Dan dari Bapenda, jukir-jukir [juru parkir] ini sudah di- raining, dalam arti dikasih pengarahan. Mereka harus berpakaian yang sopan, rambut yang sopan, dikasih rompi juga. Jadi dikasih arahan seperti itu sebelum mereka jadi jukir," ujar Deni kepada Republika. Dalam unjuk rasa 23 Oktober silam, Deni bilang bahkan ada “instruksi Wali Kota” termaktub di surat.

Namun, pernyataan Deni tidak senada dengan Bapenda Kota Bekasi. Menurut Bapenda, surat tugas pengelolaan parkir diberikan atas pengajuan perorangan, bukan lewat ormas.

Bukan [atas pengajuan ormas] ya. Begitu saya keluarkan, bukan atas nama ormas, tapi perorangan. Satu surat tugas satu orang. Satu orang, satu titik. Dan saya tidak memberikan ke ormas," ujar Kepala Bapenda Aan Suhanda kepada Kompas. Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi juga membantah memberikan "instruksi Wali Kota” dan mengatakan perkara surat tugas pengelolaan parkir adalah wilayah kerja Bapenda, jadi dia enggak mau ikut campur.

Entah siapa yang jujur siapa yang bohong di Bekasi, untuk sementara kita tinggalkan mereka dulu dan bergeser ke Jakarta. Di provinsi ini, indikasi “kerja sama” pemerintah dan ormas soal parkir terlihat di ruas parkir Blok M, Jakarta Selatan. Di sana, pengguna parkir membayar retribusi dua kali: kepada petugas parkir di pintu keluar lahan dan kepada sosok dengan rompi oranye yang menjaga area.

Liputan Tirto melaporkan, lahan parkir Blok M dikuasai tiga ormas dengan petaknya masing-masing, yakni oleh Pemuda Pancasila, Kelompok Arek, dan Kelompok Serang. Padahal, pemerintah sudah menyerahkan pengelolaan parkir kepada PT Dinamika Mitra Pratama atau dikenal dengan brand Best Parking. Namun, menurut pengakuan para jukir, setoran bulanan justru tidak masuk ke Best Parking, melainkan kepada seseorang yang sering dipanggil “Aa”. Saat dimintai keterangan, pihak Best Parking menolak wawancara Tirto.

Hal serupa terjadi juga pada kawasan parkir gelanggang olahraga remaja (GOR). Menurut Pergub DKI Jakarta 188/2016, pemerintah daerah menguasai 60 GOR di seluruh Jakarta, namun lahan-lahan parkir tersebut juga diketahui dikuasai ormas.

Di GOR Johor Baru, Jakarta Pusat, lahan parkir dikelola Forum Betawi Rempug (FBR). Perputaran uang di sana pun lumayan besar. Biaya inap parkir mobil bulanan berkisar Rp300-400 ribu dengan kapasitas 50 mobil. Padahal, monopoli lahan macam ini termasuk dalam penyalahgunaan pemanfaatan lahan parkir untuk komersial yang sempat dibahas Dinas Perhubungan Jakarta, Satpol PP, dan kepolisian.

Saat dikonfrontasi oleh Tirto, Asisten Manajer Operasional UP Perparkiran wilayah Jakarta Pusat Acep Sutisna berdalih belum mengetahui praktik semacam itu di GOR Johor Baru. Padahal, FBR sudah bertahun-tahun nangkring di lahan parkir tersebut. Menurutnya, pemerintah belum menindak pemanfaatan lahan oleh FBR karena belum adanya laporan warga. Katanya lagi, pemerintah akan segera menindak tegas oknum yang mengomersialkan lahan parkir untuk kepentingan individu/golongannya.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian punya sikap yang sama terkait ormas yang intimidatif secara umum. Usai rapat di Senayan kemarin (6/11), ia mengatakan kepada wartawan, "Ormas itu kalau dia melakukan pelanggaran hukum, misal intimidasi, pemerasan, segala macam, tangkap saja. Kalau melakukan tindak pidana, tangkap saja oleh polda, polres," demikian dikutip Kumparan.

Tapi ketika wartawan bertanya lebih spesifik soal ormas dan sengketa lahan parkir, jawaban Tito melempem. "Ajak dulu bicara semua pihak. Para pengusaha yang akan terkena dampak itu undang. Mau enggak dia digituin begitu," katanya. "Kalau seandainya pengusaha mau, why not? Tetapi lihat aturannya, kira-kira ini ada kemungkinan korupsi tidak? Menguntungkan tidak untuk masyarakat?"

Lantaran sulit bersikap optimis melihat pengaruh ormas bisa berkurang di Indonesia, maka kami segera teringat pada buku Ian Wilson, pengamat politik Indonesia dari Australia, yang bertahun-tahun meneliti keberadaan geng, milisi, dan preman berbalut ormas di republik ini. Judul buku Wilson, Politik Jatah Preman, menggambarkan sengkarut pemungutan uang parkir, ormas, dan pemerintah yang bisa kita lihat dari Bekasi. Benar-benar deh. Kita ini fana, ormas dan ditarik uang parkir habis belanja di minimarket itu yang abadi..

Sumber

Bukunya Ian Wilson

'Republik Jatah Preman': Praktik Pemkot Restui Ormas Parkir Bukan di Bekasi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 7 lainnya memberi reputasi
8
Halaman 1 dari 3
'Republik Jatah Preman': Praktik Pemkot Restui Ormas Parkir Bukan di Bekasi
09-11-2019 07:09
Kita tidak memaksakan tarif parkir. Ini pun sukarela, dikasih syukur, enggak dikasih enggak apa-apa. 

emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
'Republik Jatah Preman': Praktik Pemkot Restui Ormas Parkir Bukan di Bekasi
09-11-2019 07:17
Sulit brey
Apalagi dua member salah satu ormas tsb jadi pucuk pimpinan dua lembaga legislatif
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
'Republik Jatah Preman': Praktik Pemkot Restui Ormas Parkir Bukan di Bekasi
09-11-2019 07:17
preman tdklah baik buat pedagang
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan i.am.legend. memberi reputasi
2 0
2
'Republik Jatah Preman': Praktik Pemkot Restui Ormas Parkir Bukan di Bekasi
09-11-2019 07:18
daerah sejuta ormas
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan i.am.legend. memberi reputasi
2 0
2
'Republik Jatah Preman': Praktik Pemkot Restui Ormas Parkir Bukan di Bekasi
09-11-2019 07:21
Kalau ada peluang usaha lain yang baik dicoba aja. Jadi tukang parkir memang ya identik dengan preman, spt gue.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
'Republik Jatah Preman': Praktik Pemkot Restui Ormas Parkir Bukan di Bekasi
09-11-2019 07:26

Di sini preman banyak macamnya, ada preman tak berseragam, ada yg berseragam, dan ada yg berkopiah.
emoticon-Malu

profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
'Republik Jatah Preman': Praktik Pemkot Restui Ormas Parkir Bukan di Bekasi
09-11-2019 07:27
Lah wong presidennya sendiri hobi bagi2 jatah preman.. Ya kalo kepala daerahnya niru, jangan di salahkan.. Memang sudah jadi teladan dari atas.. emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
'Republik Jatah Preman': Praktik Pemkot Restui Ormas Parkir Bukan di Bekasi
09-11-2019 07:39
Karena ormas Preman organisasi paling solid untuk mendulang suara saat Pemilu, makanya begitu terpilih pasti mau ga mau ada kontribusi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
samradler dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
'Republik Jatah Preman': Praktik Pemkot Restui Ormas Parkir Bukan di Bekasi
09-11-2019 07:41
Udah kayak tanah nenek moyangnya aja
Lha itu tanah parkir milik sah pengusaha nya lho
Bukan tanah milik negara!
Mau diapain kek terserah asal gak ganggu ketertiban umum
Diubah oleh xrm
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan i.am.legend. memberi reputasi
2 0
2
'Republik Jatah Preman': Praktik Pemkot Restui Ormas Parkir Bukan di Bekasi
09-11-2019 07:51
Sebaiknya dibersihkan saja Mumpung ormas2 ini belum menggurita seperti yakuza di jepang apalagi sampai punya lini bisnis narkoba, minuman keras, atau pelacuran
Ini ormas2 semacam FBR Forkabi dan lainnya pakai kedok agama supaya kebal hukum, pengurus2nya pakai baju gamis, peci bahkan sorban padahal anak2 buahnya memeras rakyat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
'Republik Jatah Preman': Praktik Pemkot Restui Ormas Parkir Bukan di Bekasi
09-11-2019 07:54
Republik ormas
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan i.am.legend. memberi reputasi
2 0
2
'Republik Jatah Preman': Praktik Pemkot Restui Ormas Parkir Bukan di Bekasi
Lapor Hansip
09-11-2019 08:02
Balasan post khloekarmike
Quote:Original Posted By khloekarmike
Sulit brey
Apalagi dua member salah satu ormas tsb jadi pucuk pimpinan dua lembaga legislatif


H. L. L dan siapa? :O
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
1 0
1
'Republik Jatah Preman': Praktik Pemkot Restui Ormas Parkir Bukan di Bekasi
09-11-2019 08:13
pffftt.. kemarin mak ane ngajak bikin usaha di bekasi. dengan senang hati ane jelasin sikon di bekasi berdasarkan fakta dilapangan dan referensi lainnya.








alhamdulillah mak ane berubah pikiran emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
'Republik Jatah Preman': Praktik Pemkot Restui Ormas Parkir Bukan di Bekasi
09-11-2019 08:17
itu baru dari parkir,belum yg lainnya....serem disana,,kota industri,perputaran uang cepat,tapi keluarnya juga cepat
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan i.am.legend. memberi reputasi
2 0
2
'Republik Jatah Preman': Praktik Pemkot Restui Ormas Parkir Bukan di Bekasi
09-11-2019 08:34
gotham udah lama kek gitu adem ayem ajaemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
'Republik Jatah Preman': Praktik Pemkot Restui Ormas Parkir Bukan di Bekasi
09-11-2019 08:35
Itulah fungsi pepatah "Banyak Anak, Banyak Rejeki"emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan i.am.legend. memberi reputasi
2 0
2
'Republik Jatah Preman': Praktik Pemkot Restui Ormas Parkir Bukan di Bekasi
09-11-2019 08:35
Kearifan lokal emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan i.am.legend. memberi reputasi
2 0
2
'Republik Jatah Preman': Praktik Pemkot Restui Ormas Parkir Bukan di Bekasi
09-11-2019 08:39
Quote:Original Posted By 54m5u4d183
Kalau ada peluang usaha lain yang baik dicoba aja. Jadi tukang parkir memang ya identik dengan preman, spt gue.


lu nangkring dimana??
aku sekalian mau beli palu linggis buat ngerjain rumah.
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan i.am.legend. memberi reputasi
2 0
2
'Republik Jatah Preman': Praktik Pemkot Restui Ormas Parkir Bukan di Bekasi
09-11-2019 08:42
di mana2 orang2 tidak terdidik (tidak bisa berencana) cenderung overpopulate.. dibanding kalangan terdidik. nah.....bagi yg jelli (tidak harus yg baik)....ini bisa jadi lahhan kok
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
'Republik Jatah Preman': Praktik Pemkot Restui Ormas Parkir Bukan di Bekasi
Lapor Hansip
09-11-2019 08:45
Balasan post enengauraaaaaaa
"kiTA TidAK mEMaKsAkaN tArIF pArKiR" preketek, sukarela ndasmu
profile-picture
i.am.legend. memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.