Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
123
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc1876d9a972e76b22bf6ef/brekecek-pathak-jahan-kuliner-khas-cilacap-nendang-rasanya
Agan Sista tahu brekecek nggak? Brekecek adalah salah satu kuliner khas Cilacap. Kenapa kok namanya brekecek? Konon katanya, karena bumbu yang buat masak, ditumbuk atau diuleg jadi satu. Wah ... Agan Sista penasaran, kan seperti apa penampakan brekecek itu?
Lapor Hansip
05-11-2019 21:30

Brekecek Pathak Jahan, Kuliner Khas Cilacap Nendang Rasanya!

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Brekecek Pathak Jahan, Kuliner Khas Cilacap Nendang Rasanya!

Agan Sista tahu brekecek nggak? Brekecek adalah salah satu kuliner khas Cilacap. Kenapa kok namanya brekecek? Konon katanya, karena bumbu yang buat masak, ditumbuk atau diuleg jadi satu. Wah ... Agan Sista penasaran, kan seperti apa penampakan brekecek itu?

Bahan utama untuk membuat brekecek adalah ikan laut. Mau ikan air tawar juga bisa, sih. Tapi cita rasanya akan berbeda. Kali ini ane akan mencoba berbagi resep brekecek pathak jahan (kepala ikan jahan). Kenapa yang dimasak bukan daging, melainkan kepalanya? Karena kepala ikan jahan ini memiliki cita rasa yang berbeda daripada dagingnya, Gansis. Kalian bisa menyeruput tulang-tulang yang ada di kepala ikan jahan ini. Penasaran seperti apa cara memasaknya?

Pertama, siapkan 500 gram kepala ikan jahan yang udah dibelah jadi 2 dan dicuci bersih, Gansis. Gansis bisa beli di pasar, tapi ane lebih memilih ke Tempat Pelelangan Ikan (TPI) langsung, lebih segar karena baru 'mentas' dari laut.

Brekecek Pathak Jahan, Kuliner Khas Cilacap Nendang Rasanya!


Setelah itu, siapkan bumbu-bumbu yang dihaluskan, yaitu :

- 1 sdt ketumbar
- 1 sdt merica
- 7 buah cabe rawit
- 4 buah cabe merah besar
- 5 siung bawang putih
- 7 butir bawang merah
- 5 cm kunyit
- 1 ruas jahe
- 4 butir kemiri
- 2 batang serai (digeprek)
- garam dan gula pasir secukupnya
- minyak goreng secukupnga untuk menumis bumbu
-daun kemangi secukupnya

Brekecek Pathak Jahan, Kuliner Khas Cilacap Nendang Rasanya!


Setelah bumbu dihaluskan, panaskan minyak di atas wajan, lalu tumis semua bumbu hingga berbau harum. Kemudian, masukkan pathak jahan dan aduk sebentar supaya bumbu merata, lalu beri air hingga semua pathak jahan tenggelam. Biarkan hingga kurang lebih 20 menit. Koreksi rasa. Apabila sudah pas, masukkan daun kemangi. Tunggu satu menit, lalu angkat dan sajikan. Brekecek pathak jahan siap disantap bersama nasi hangat. Yummy.
Agan Sista boleh coba. Dijamin bakal ketagihan, deh.

Brekecek Pathak Jahan, Kuliner Khas Cilacap Nendang Rasanya!


Sekian trit dari ane kali ini. Semoga bermanfaat untuk Agan dan Sista di mana pun berada. Yang udah mampir jangan lupa komen, kasih rate, dan cendol, ya. Terima kasih dan selamat beristirahat.


Penulis : anna1812
Sumber gambar : dokumen pribadi
Diubah oleh anna1812
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 21 lainnya memberi reputasi
22
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Brekecek Pathak Jahan, Kuliner Khas Cilacap Nendang Rasanya!
11-12-2019 22:59
Quote:Original Posted By slametgentho
ini nih yang bikin saya gemuk di cilacap.. begitu sampe langsung disuguhin pathak jahan ama sodara.. rasanya mantap.. selesai makan langsung ngapak mendadak saya.. cucok meong endes marendes apalagi kalo makannya pake tangan.. wuuuuh.. jossss nemen lah..


Asli mana emang, Gan?

Quote:Original Posted By pustie
kok keliatannya enak yaaaa, jadi ngiler ane wkwkwk nanti coba bikin deh kalo lagi sempet masak. makasih resepnya gan!


Enak beneran, Sis. Cobain ajeemoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By masnukho
sarapan di sini lah pagi ini😁


Eh udah malem ini. Maap, lama gak buka kaskus. Muter mulu sinyalnya.😁

Quote:Original Posted By ningdidien
Sambal goreng hati masih enak.. kalau hati yg kebakar pedis ampe kek sambal tuh yg nda enak


Hati apa, Sis?

Quote:Original Posted By srirahayu14
jadiii laper, pagi-pagi😂


Marilah. Buat makan malam juga pasemoticon-Betty
profile-picture
profile-picture
masnukho dan ningdidien memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Brekecek Pathak Jahan, Kuliner Khas Cilacap Nendang Rasanya!
06-11-2019 03:09
Sebelum masak jadi cekrek cekrek . Mantap
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan anna1812 memberi reputasi
2 0
2
Brekecek Pathak Jahan, Kuliner Khas Cilacap Nendang Rasanya!
05-11-2019 22:25
Kalau disini dimasak kuah sambel tomat gitu.
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan anna1812 memberi reputasi
2 0
2
Brekecek Pathak Jahan, Kuliner Khas Cilacap Nendang Rasanya!
05-11-2019 21:40
Waduh baruk tau, gw taunyak cumak bruakakakak doang emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan anna1812 memberi reputasi
2 0
2
Brekecek Pathak Jahan, Kuliner Khas Cilacap Nendang Rasanya!
05-11-2019 21:35
Enak yumy
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan iissuwandi memberi reputasi
2 0
2
Brekecek Pathak Jahan, Kuliner Khas Cilacap Nendang Rasanya!
05-11-2019 21:34
Brekecek
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan iissuwandi memberi reputasi
2 0
2
Brekecek Pathak Jahan, Kuliner Khas Cilacap Nendang Rasanya!
05-11-2019 21:34
Pejwan
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan iissuwandi memberi reputasi
2 0
2
Brekecek Pathak Jahan, Kuliner Khas Cilacap Nendang Rasanya!
23-01-2020 17:12
Quote:Original Posted By ningdidien
Obatin dong..

Sayangnya ngobatin hati nda semudah ngobatin perut krna lapar😂


Curhat, Sis?emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
ningdidien memberi reputasi
1 0
1
Brekecek Pathak Jahan, Kuliner Khas Cilacap Nendang Rasanya!
15-01-2020 14:26
Quote:Original Posted By anna1812
Waduh. Diobatin donk, Sisemoticon-Wakakaemoticon-Wakaka

Eh Rifa. Cobain, Fa. Enak tauemoticon-Leh Ugaemoticon-2 Jempol


Obatin dong..

Sayangnya ngobatin hati nda semudah ngobatin perut krna lapar😂
profile-picture
anna1812 memberi reputasi
1 0
1
Brekecek Pathak Jahan, Kuliner Khas Cilacap Nendang Rasanya!
27-12-2019 10:19
Quote:Original Posted By anna1812

Eh udah malem ini. Maap, lama gak buka kaskus. Muter mulu sinyalnya.😁

emoticon-Ngakak udah siang lagi
profile-picture
anna1812 memberi reputasi
1 0
1
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Oriental Exotic (Asian food)
dum-dum
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia