Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
77
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dbf99858d94d07b4509bbf3/aneka-gorengan-legendaris-di-purwokerto
Cuaca akhir-akhir ini menjadi sangat dingin membuat perut lapar seharian. Di sini tukang gorengan laris manis gansis. Untuk yang pernah berkunjung ke Purwokerto, pasti pernah dong melihat macam gorengan disini? Apa aja digoreng dan jadi cemilan enak.
Lapor Hansip
04-11-2019 10:22

Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto

Past Hot Thread
Ketupat sampai ampas tahu bisa jadi gorengan nikmat

Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto

Jumpa lagi gansis, cuaca akhir-akhir ini menjadi sangat dingin membuat perut lapar seharian. Di sini tukang gorengan laris manis gansis.

Untuk yang pernah berkunjung ke Purwokerto, pasti pernah dong melihat macam gorengan disini? Apa aja digoreng dan jadi cemilan enak.

1. Mendoan

Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto

Ini sudah jadi trademarknya Purwokerto dan kota seBanyumas. Tempe tipis yang digoreng dengan campuran tepung terigu, bumbu dan daun bawang.
Semua yang pernah tinggal di Purwokerto pasti deh pernah makan gorengan satu ini. Bahkan anak rantau yang tinggal di Purwokerto banyak yang menyukai dan terkesan gorengan ini.


2. Getuk goreng

Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto

Getuk merupakan olahan dari singkong yang diberi gula jawa/gula merah sehingga terasa manis. Sebenarnya konon asal mula getuk goreng dari Sokaraja, sebuah kota di sebelah Purwokerto. Namun banyak pula ditemui di Purwokerto.varian dari Getuk goreng ini sekarang sudah bermacam-macam. Selain rasa original adapula rasa lain seperti, durian, coklat, nangka, nanas dan rasa lainnya.


3. Jalabia

Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto

Dari bentuknya jalabia mirip dengan donat. Terbuat dari singkong atau ketela pohon yang dibuat bulat dengan lubang di tengah. Seperti donat untuk memasaknya digoreng sampai mengambang yang menandakan jalabia tersebut sudah matang. Rasanya gurih cocok untuk teman minum kopi atau teh.


4. Tomplo

Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto

Biasa disebut juga templek, dibuat dari sisa pembuatan tahu (ranjem). Ranjem dibulat-bulat dicampur bumbu pedas lalu digoreng dengan tepung. Mungkin gansis ngga yakin dengan bahannya tapi soal rasa, enak dan gurih apalagi dimakan saat hangat.


5. Combro

Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto

Makanan ini dibuat dari singkong yg diparut dan dihilangkan kandungan airnya. Dibentuk bulat lonjong dan diisi dengan sambal oncom pedas lalu digoreng garing.


6. Dage

Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto

Pembuatan dage mirip dengan mendoan hanya bahan dasarnya adalah bungkil kelapa, beda dengan tempe bongkrek ya. warnanya juga hitam. Tidak segurih mendoan tapi banyak penggemar dage, termasuk ane


8. Penjorangan

Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto

Biasanya ketupat dijadikan campuran opor atau soto sebagai pengganti nasi. Namun disini kupat jadi camilan yang disukai. Ketupat diiris-iris lalu dicelupkan tepung terigu dan digoreng. Tepungnya kasih bumbu dulu biar rasanya gurih ya.


9. Kampel

Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto

Dalam bahasa jawa kampel mempunyai arti pelukan. Kenapa pelukan? Ternyata kampel adalah perpaduan ketupat dan dage atau tempe yang ditempel jadi satu dengan sambal di bagian tengah, lalu dibalur tepung dan digoreng.
Buat ane ini makanan terpraktis dan enak, ada gorengan dan ketupat dalam satu tangkupan. Satu biji aja udah kenyang gansis.

Demikian beberapa gorengan yang bisa gansis temui di daerah Purwokerto sekitarnya.
Adalah beberapa dari gorengan tersebut yang jadi favorite gansis?

Untuk yang belum pernah mencoba bisa dicicipi saat datang kemari, ane traktir deh. 😊

Terimaksih kunjungannya
emoticon-Big Kissemoticon-Big Kiss

Sumber : opini pribadi
Link foto : header
Diubah oleh Indriaandrian
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abahekhubytsany dan 9 lainnya memberi reputasi
10
Halaman 1 dari 4
Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto
30-11-2019 18:37
Quote:Original Posted By Indriaandrian β–Ί



Kebetulan dunk, beli mendoan sekalian jalan2 malam 😊





di daerah tempat ane tinggal jarang gaaannn ada mendoaann..... heheheeee.... ada siiichhh di g*food.... tapi minyaknya banyak bangeett...... ane gx sukaa.... ada yang enak tapi deket sekolah ane..... sedangkan ane udah gx tinggal deket situuuu emoticon-Cape d...
0 0
0
Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto
30-11-2019 00:17
Quote:Original Posted By Indriaandrian β–Ί
Tapi enyaaaakkk ...πŸ˜…



Semoga sehat selalu gan, ribet banget kalo kena magh


iyaaa gan... sekali2 ok lah yaa... jgn sampe keseringan aja sih... hehe
0 0
0
Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto
29-11-2019 21:32
Quote:Original Posted By Indriaandrian β–Ί
Mampir sini ke kampung, di kota mah udah jarang😁



Palinh familiar emang yang dua itu πŸ˜”



Makannya jadi agak gimana ya? πŸ˜…



Yuh lah makan, beberapa biji udah bikin kenyangπŸ˜†


Mantabs



emoticon-Cape d...


Iya gan..emang sih mendoan sama getuk goreng paling familiar
Dan sering dibeli juga emoticon-Malu
0 0
0
Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto
29-11-2019 21:12


Quote:Original Posted By Indriaandrian β–Ί
Tapi enyaaaakkk ...πŸ˜…



Semoga sehat selalu gan, ribet banget kalo kena magh

Aamiin bangeeet gaan, alhamdulillah banget sampe sekarang belum pernah ngalamin maghh...
profile-picture
Indriaandrian memberi reputasi
1 0
1
Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto
29-11-2019 10:45
Quote:Original Posted By mikee1794 β–Ί
yup benerrr bangettt... junkfood, yg notabeneee berminyak dan berlemak tinggi... gabaikk...


Tapi enyaaaakkk ...πŸ˜…

Quote:Original Posted By sukuu04 β–Ί
Hamdalah ane gapunya magh gaan, tapi ya brabe juga sii kan bisa tetep kena yaa hihihi.


Semoga sehat selalu gan, ribet banget kalo kena magh
0 0
0
Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto
29-11-2019 10:10


Quote:Original Posted By Indriaandrian β–Ί
Sipp dah, main purwokerto harus makan mendoan bro
emoticon-2 Jempol




Setidakny ingat ngecek kolesterol, ya ampyun tua banget berasanya neh mbahas kolesterol πŸ˜‚πŸ˜ƒπŸ˜ƒ



Wuaduhh ... ati2 kena magh gan. Repot ntarnya


Hamdalah ane gapunya magh gaan, tapi ya brabe juga sii kan bisa tetep kena yaa hihihi.
profile-picture
Indriaandrian memberi reputasi
1 0
1
Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto
28-11-2019 19:57
Quote:Original Posted By Indriaandrian β–Ί
Makanan anak muda junkfood semua pula
emoticon-No Hope



emoticon-2 Jempol


yup benerrr bangettt... junkfood, yg notabeneee berminyak dan berlemak tinggi... gabaikk...
profile-picture
Indriaandrian memberi reputasi
1 0
1
Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto
28-11-2019 00:01
Quote:Original Posted By mikee1794 β–Ί
anak muda udah banyak yg tinggi loh gan kolestrolnyaaa.. hahaha... jd kudu jaga2... hehee...


Makanan anak muda junkfood semua pula
emoticon-No Hope

Quote:Original Posted By arwanagoreng β–Ί
uwaduhhh soto sama gulai enak banget sih itu kayanya wkwkw siap nih ane nabung kolestrol kalo ke purwokerto
thnks nih gan ya rekomennya


emoticon-2 Jempol
0 0
0
Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto
Lapor Hansip
27-11-2019 22:32
Balasan post Indriaandrian
uwaduhhh soto sama gulai enak banget sih itu kayanya wkwkw siap nih ane nabung kolestrol kalo ke purwokerto
thnks nih gan ya rekomennya
profile-picture
Indriaandrian memberi reputasi
1 0
1
Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto
27-11-2019 21:35
Quote:Original Posted By Indriaandrian β–Ί
Sipp dah, main purwokerto harus makan mendoan bro
emoticon-2 Jempol




Setidakny ingat ngecek kolesterol, ya ampyun tua banget berasanya neh mbahas kolesterol πŸ˜‚πŸ˜ƒπŸ˜ƒ



Wuaduhh ... ati2 kena magh gan. Repot ntarnya


anak muda udah banyak yg tinggi loh gan kolestrolnyaaa.. hahaha... jd kudu jaga2... hehee...
profile-picture
Indriaandrian memberi reputasi
1 0
1
Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto
27-11-2019 20:32
Quote:Original Posted By arwanagoreng β–Ί
selain mendoan apa lg nih gan ? masa jauh jauh kesana makan mendoan doang rekomen yg laen dong biar sekalian beratin badan


Selain gorengan. Ada soto di jalan bank, gulai kambing di Banaran juga enak banget. Pecel bunga kecombrang di Baturaden banyak yg suka
0 0
0
Lihat 1 balasan
Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto
Lapor Hansip
27-11-2019 20:17
Balasan post Indriaandrian
selain mendoan apa lg nih gan ? masa jauh jauh kesana makan mendoan doang rekomen yg laen dong biar sekalian beratin badan
profile-picture
Indriaandrian memberi reputasi
1 0
1
Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto
27-11-2019 01:04
Quote:Original Posted By arwanagoreng β–Ί
wkwkwkwkw bye diet banget sih kalo kaya gitu, fix nanti kalo kesana bakal cobain deh
udah lama juga gak makan yg aseli dr sana


Sipp dah, main purwokerto harus makan mendoan bro
emoticon-2 Jempol

Quote:Original Posted By mikee1794 β–Ί
kalo pas makan lupa gan yg namamya kolesterol... kalo pas ngecek baru inget... hehe...



Setidakny ingat ngecek kolesterol, ya ampyun tua banget berasanya neh mbahas kolesterol πŸ˜‚πŸ˜ƒπŸ˜ƒ

Quote:Original Posted By sukuu04 β–Ί
Wkwkw ga puasa gan, cuma emang suka telat makan wokwokwowk


Wuaduhh ... ati2 kena magh gan. Repot ntarnya
0 0
0
Lihat 1 balasan
Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto
26-11-2019 15:14


Quote:Original Posted By Indriaandrian β–Ί
Duhh ... lama2 ane lapar baca komentarnya neh πŸ˜†



Burger juga lewat ye, hehehe 😁



Betul ini, ane suka bandengnya



Bangeett ... kolesterol mah lewat, wkwkwk πŸ˜†πŸ˜…



Buat makan nasi enak juga kok. Nasi anget pula, wah bye diettt



Puasa tah? Hayuh buka sama mendoan dah magrb neh πŸ˜€


Wkwkw ga puasa gan, cuma emang suka telat makan wokwokwowk
profile-picture
Indriaandrian memberi reputasi
1 0
1
Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto
26-11-2019 15:08


Quote:Original Posted By arwanagoreng β–Ί
aduhh makan gan, nanti sakit repot bpjs ngantrinya lama wkwkwk


Wkwkwkwk waduuuh mager juga ya gaaan...
0 0
0
Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto
26-11-2019 00:00
Quote:Original Posted By Indriaandrian β–Ί
Duhh ... lama2 ane lapar baca komentarnya neh πŸ˜†



Burger juga lewat ye, hehehe 😁



Betul ini, ane suka bandengnya



Bangeett ... kolesterol mah lewat, wkwkwk πŸ˜†πŸ˜…



Buat makan nasi enak juga kok. Nasi anget pula, wah bye diettt



Puasa tah? Hayuh buka sama mendoan dah magrb neh πŸ˜€


kalo pas makan lupa gan yg namamya kolesterol... kalo pas ngecek baru inget... hehe...
0 0
0
Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto
Lapor Hansip
25-11-2019 23:16
Balasan post sukuu04
aduhh makan gan, nanti sakit repot bpjs ngantrinya lama wkwkwk
0 0
0
Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto
Lapor Hansip
25-11-2019 23:16
Balasan post Indriaandrian
wkwkwkwk doyan makan banget nih kayanyaaa
jadi kapan nih kita makan ? eh wkwkwk
0 0
0
Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto
Lapor Hansip
25-11-2019 23:14
Balasan post Indriaandrian
wkwkwkwkw bye diet banget sih kalo kaya gitu, fix nanti kalo kesana bakal cobain deh
udah lama juga gak makan yg aseli dr sana
0 0
0
Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto
25-11-2019 18:09
Quote:Original Posted By sukuu04 β–Ί
Waduuuu mendian purwokerto iz de bestttt, palagi kalo setengah mateng dimakan waktu panas sambil di cocol ke sambelmya..., beuhhhhhh syedeppp.



Duhh ... lama2 ane lapar baca komentarnya neh πŸ˜†

Quote:Original Posted By sukuu04 β–Ί
Setuju gaaan, atau kalo ga hujan waktu sore gituu di teras wkwkwk. Kenikmatan yang haqiqi.


Burger juga lewat ye, hehehe 😁

Quote:Original Posted By sukuu04 β–Ί
Waduuuw darimana aja ente gan baru tahu ehehehehe, semarang mah bandeng oreto sama wingko babat...


Betul ini, ane suka bandengnya

Quote:Original Posted By mikee1794 β–Ί
asal nama gorengan... kalo ane mah sikat ajaa... enak emang yg goreng2 ya kan...


Bangeett ... kolesterol mah lewat, wkwkwk πŸ˜†πŸ˜…

Quote:Original Posted By arwanagoreng β–Ί
wkwkwkwk apa lg pake nasi terus pake sambel sihh gann
jadi makan dong kalo kaya gitu mahhh tp gapapa tetep enak


Buat makan nasi enak juga kok. Nasi anget pula, wah bye diettt

Quote:Original Posted By sukuu04 β–Ί
Waduh mantap gaaaan, jadi laper kan ane belum makan seharian neeehemoticon-Frown


Puasa tah? Hayuh buka sama mendoan dah magrb neh πŸ˜€
0 0
0
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright Β© 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia