Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
108
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dbf9832b41d3062190f700c/5-kue-tradisional-yang-seringkali-disajikan-saat-moment-tertentu
Berbicara mengenai kue kering tradisional, siapa sih yang tak menyukai kue-kue jenis ini? Meski zaman telah berganti, makanan-makanan kekinian bermunculan hampir di setiap tempat, tapi minat masyarakat pada kue yang satu ini tak pernah surut.
Lapor Hansip
04-11-2019 10:17

5 Kue Tradisional yang Seringkali Disajikan Saat Moment Tertentu

Past Hot Thread
Kue Tradisional

5 Kue Tradisional yang Seringkali Disajikan Saat Moment Tertentu

Sumber Gambar : Di sini


5 Kue Tradisional yang Seringkali Disajikan Saat Moment Tertentu


Assalamualaikum. Jumpa lagi di thread ane, Gansis. Jangan lupa bahagia. Semoga sehat selalu.


Berbicara mengenai kue kering tradisional, siapa sih yang tak menyukai kue-kue jenis ini? Meski zaman telah berganti, makanan-makanan kekinian bermunculan hampir di setiap tempat, tapi minat masyarakat pada kue yang satu ini tak pernah surut.

Hal ini terbukti, meski banyak sekali bermunculan makanan kekinian, kue-kue jenis ini masih dicari oleh masyarakat terutama ibu-ibu yang suka berburu kue saat moment-moment tertentu.

Berikut ini beberapa kue tradisional yang masih kerap dijumpai dalam moment-moment tertentu. Biasanya kue-kue ini akan terhidang dengan manis di dalam toples pada acara-acara tertentu, misalnya acara pernikahan, lamaran, khitanan, atau saat Idul Fitri.

1. Kuping Gajah

5 Kue Tradisional yang Seringkali Disajikan Saat Moment Tertentu

Sumber Gambar : Dok.Pri


Siapa yang tak mengenal kue yang satu ini? Yups, kuping gajah. Dulu zaman ane kecil, suka banget bingung, kenapa kue ini dinamakan kuping gajah? Secara kuping gajah kan lebar dan besar, berbeda dengan kue tersebut.

Namun, seiring bertambahnya usia, ane tak begitu mempermasalahkan nama kue ini. Satu yang pasti, kue ini memiliki rasa yang enak. Gurih, asin, manis, semua bercampur jadi satu. Bisa membuat ketagihan siapapun yang memakannya.

2. Kacang Telur

5 Kue Tradisional yang Seringkali Disajikan Saat Moment Tertentu

Sumber Gambar : Dok.Pri


Kalau makanan yang satu ini pasti sudah tak asing lagi. Tak hanya diolah secara tradisional, kini banyak juga bermunculan kacang telur dalam bentuk kemasan seperti snack pada umumnya.

Makanan yang satu ini terbuat dari kacang tanah yang dibalut campuran telur dan tepung terigu. Tak lupa diberi bumbu serta bahan lain juga. Rasanya enak, gurih, nikmat. Bentuknya yang kecil-kecil membuat siapapun akan ketagihan memakannya.

3. Cempoko Protol

5 Kue Tradisional yang Seringkali Disajikan Saat Moment Tertentu

Sumber Gambar : Dok.Pri


Di daerah ane, nama kue kering yang satu ini Cempoko Prokol. Entah di daerah lain, ane kurang paham. Terbuat dari campuran gandum, telur, dan pengembang. Rasanya enak, gurih, lezat. Teksturnya pun tak begitu keras.

4. Jenang/Dodol

5 Kue Tradisional yang Seringkali Disajikan Saat Moment Tertentu

Sumber Gambar : Dok.Pri


Proses pembuatan kue yang memakan waktu lumayan lama ini sebanding dengan hasil yang didapat. Yups, siapa yang tak kenal makanan yang satu ini? Dodol atau jenang. Teksturnya yang lembut, pun rasanya yang manis membuat para penikmatnya seolah terlena akan rasa makanan yang satu ini.

Hingga saat ini, dodol/jenang masih menjadi salah satu kue tradisional yang dihidangkan di meja sebagai pengisi jamuan untuk tamu dalam acara-acara tertentu.

5. Pastel Kering

5 Kue Tradisional yang Seringkali Disajikan Saat Moment Tertentu

Sumber Gambar : Dok.Pri


Kue yang satu ini pasti sudah tak asing lagi bagi Gansis semua. Jajanan yang satu ini cukup terkenal di kalangan masyarakat. Rasanya yang renyah, gurih, dan nikmat membuat kue tersebut digandrungi oleh masyarakat sebagai cemilan. Baik di saat santai, atau pun saat acara-acara tertentu seperti pernikahan, dan sebagainya.

Nah, itulah beberapa kue tradisional yang seringkali disajikan di beberapa daerah, terutama di daerah ane saat ada acara-acara tertentu. Kalau di tempat Agan dan Sista biasanya ada kue tradisional apa saja? Silakan berbagi ceritanya di komentar, ya.

Sekian dulu dari ane. Kurang dan lebihnya mohon maaf. Sampai jumpa di thread ane selanjutnya.


5 Kue Tradisional yang Seringkali Disajikan Saat Moment Tertentu


Penulis : Haz
Sumber Tulisan : Opini Pribadi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Shyesun.pucha dan 16 lainnya memberi reputasi
17
Halaman 1 dari 6
5 Kue Tradisional yang Seringkali Disajikan Saat Moment Tertentu
04-11-2019 10:17
Di daerah Gansis masih ada kue tradisional apa saja?
profile-picture
profile-picture
VitaArkana dan S.e.m.e.d.i memberi reputasi
2 0
2
5 Kue Tradisional yang Seringkali Disajikan Saat Moment Tertentu
04-11-2019 10:32
penasaran sama cempoko protol. terbuat dari apa ituh?baru liat keknya
profile-picture
haz0204 memberi reputasi
1 0
1
5 Kue Tradisional yang Seringkali Disajikan Saat Moment Tertentu
04-11-2019 10:56
Quote:Original Posted By Indriaandrian
penasaran sama cempoko protol. terbuat dari apa ituh?baru liat keknya


Dari tepung gandum, telur, sama pengembang, Sist. Rasanya mantap. emoticon-Cendol Gan
profile-picture
Indriaandrian memberi reputasi
1 0
1
5 Kue Tradisional yang Seringkali Disajikan Saat Moment Tertentu
04-11-2019 11:56
saya suka kue ini
profile-picture
haz0204 memberi reputasi
1 0
1
5 Kue Tradisional yang Seringkali Disajikan Saat Moment Tertentu
04-11-2019 11:56
Quote:Original Posted By Indriaandrian
penasaran sama cempoko protol. terbuat dari apa ituh?baru liat keknya


Enak tuh gan
profile-picture
haz0204 memberi reputasi
1 0
1
5 Kue Tradisional yang Seringkali Disajikan Saat Moment Tertentu
04-11-2019 12:17
Quote:Original Posted By haz0204
Di daerah Gansis masih ada kue tradisional apa saja?


Kirain kue basah

Momenvtertentu ku kira lamaran he he he

Biasanya ya
Bikang, tetel, jenang, wajik, lumpur, roti kukus, onde-onde, kue thok, nogo sari, bugis nah itu biasanya
profile-picture
haz0204 memberi reputasi
1 0
1
5 Kue Tradisional yang Seringkali Disajikan Saat Moment Tertentu
04-11-2019 13:09
Quote:Original Posted By pabloo
Enak tuh gan


Udah pernah makan tah? Dari tepung ato singkong?
profile-picture
haz0204 memberi reputasi
1 0
1
5 Kue Tradisional yang Seringkali Disajikan Saat Moment Tertentu
04-11-2019 13:10
Quote:Original Posted By Indriaandrian
Udah pernah makan tah? Dari tepung ato singkong?


Tepung gan emoticon-2 Jempol
profile-picture
haz0204 memberi reputasi
1 0
1
5 Kue Tradisional yang Seringkali Disajikan Saat Moment Tertentu
04-11-2019 13:32
Quote:Original Posted By pabloo
saya suka kue ini


Wah, Si Om tahu kue ini juga. 😁

Quote:Original Posted By pabloo
Enak tuh gan


Hu'um, enak pake bingit. 😆

Quote:Original Posted By S.e.m.e.d.i
Kirain kue basah

Momenvtertentu ku kira lamaran he he he

Biasanya ya
Bikang, tetel, jenang, wajik, lumpur, roti kukus, onde-onde, kue thok, nogo sari, bugis nah itu biasanya


Iya, emang moment tertentu, ada lamaran, nikahan, khitanan, dll, Gan.

Itu kalau kue basahnya, ya, Gan. Kue thok, lumpur, tetel, itu yang seperti, Gan? Ane baru denger namanya. emoticon-Malu
0 0
0
5 Kue Tradisional yang Seringkali Disajikan Saat Moment Tertentu
04-11-2019 14:06
Quote:Original Posted By haz0204
Dari tepung gandum, telur, sama pengembang, Sist. Rasanya mantap. emoticon-Cendol Gan


Tepung gandum agak jarang disini
profile-picture
haz0204 memberi reputasi
1 0
1
5 Kue Tradisional yang Seringkali Disajikan Saat Moment Tertentu
04-11-2019 14:08
Quote:Original Posted By Indriaandrian
Tepung gandum agak jarang disini


Adanya tepung biasa ya, Sist?
Di mana emang itu?
0 0
0
5 Kue Tradisional yang Seringkali Disajikan Saat Moment Tertentu
04-11-2019 14:13
Quote:Original Posted By haz0204
Wah, Si Om tahu kue ini juga. 😁



Hu'um, enak pake bingit. 😆



Iya, emang moment tertentu, ada lamaran, nikahan, khitanan, dll, Gan.

Itu kalau kue basahnya, ya, Gan. Kue thok, lumpur, tetel, itu yang seperti, Gan? Ane baru denger namanya. emoticon-Malu


Jadi laper hahaha emoticon-Goyang
profile-picture
haz0204 memberi reputasi
1 0
1
5 Kue Tradisional yang Seringkali Disajikan Saat Moment Tertentu
04-11-2019 17:28
Sudah lama tidak makan kuping gajah, ada yang tau ga yaa nyari cemilan kuping gajah dmn??
profile-picture
haz0204 memberi reputasi
1 0
1
5 Kue Tradisional yang Seringkali Disajikan Saat Moment Tertentu
04-11-2019 17:28
enak tu kuping gajah dan pastel kering kesukaan banget smp skrg hehe
profile-picture
haz0204 memberi reputasi
1 0
1
5 Kue Tradisional yang Seringkali Disajikan Saat Moment Tertentu
04-11-2019 18:01
Quote:Original Posted By silwanus11
Sudah lama tidak makan kuping gajah, ada yang tau ga yaa nyari cemilan kuping gajah dmn??


Biasanya di toko kue yang jualan jajanan tradisional gitu ada sih, Gan. Yang kalau beli kiloan.

Quote:Original Posted By silwanus11
enak tu kuping gajah dan pastel kering kesukaan banget smp skrg hehe


Kesukaan ane juga. 😆
0 0
0
5 Kue Tradisional yang Seringkali Disajikan Saat Moment Tertentu
04-11-2019 21:16
kacang telur sm kuping gajah ini favorit aku.

dlu wktu kecil setiap mau makan gajah pasti ketawa dlu
emoticon-Ngakak
"Ah hebat kan aku makan kuping gajahhhh"
profile-picture
haz0204 memberi reputasi
1 0
1
5 Kue Tradisional yang Seringkali Disajikan Saat Moment Tertentu
04-11-2019 21:42
Quote:Original Posted By haz0204
Biasanya di toko kue yang jualan jajanan tradisional gitu ada sih, Gan. Yang kalau beli kiloan.


Kesukaan ane juga. 😆


Emang terfavorit si gan, susah jadinya 🤣
Makasih gaannn infonyaa, ntr ane coba cari huehehe
Diubah oleh silwanus11
profile-picture
haz0204 memberi reputasi
1 0
1
5 Kue Tradisional yang Seringkali Disajikan Saat Moment Tertentu
04-11-2019 22:14
Quote:Original Posted By senjakita09
kacang telur sm kuping gajah ini favorit aku.

dlu wktu kecil setiap mau makan gajah pasti ketawa dlu
emoticon-Ngakak
"Ah hebat kan aku makan kuping gajahhhh"


Kalau ane selalu bingung sama namanya. Kok bisa disebut kuping gajah. Kan kecil itu emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By silwanus11
Emang terfavorit si gan, susah jadinya 🤣
Makasih gaannn infonyaa, ntr ane coba cari huehehe


Iya, Gan. Sama-sama. Semoga bisa mendapatkan apa yang dicari ya. 😁
0 0
0
5 Kue Tradisional yang Seringkali Disajikan Saat Moment Tertentu
04-11-2019 22:31
kalo di keluarga ane kalo ada yang lamaran seserahannya salah satunya jenang. karena jenang itu lengket jadi pasangan yang mau lamaran bisa lengket terus sampai akhir hayat hehehe
profile-picture
haz0204 memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia