alexa-tracking
Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
79
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dbeca06349d0f35da401816/fenomena-orang-tua-yang-ingin-anaknya-juara-kelas
jangan memaksa anak memilih sekolah sesuai pilihan kita, kita harus diskusi terlebih dahulu dengan anak, jika kita merujuk pada satu sekolah yang menurut kita bagus maka kita hanya boleh memberikan wawasan tentang sekolah tersebut, tapi pilihan tetap hak anak
Lapor Hansip
03-11-2019 19:37

Fenomena Orang Tua yang Ingin Anaknya Juara Kelas

Past Hot Thread
Fenomena Orang Tua yang Ingin Anaknya Juara Kelas
Image:google

layaknya kertas kosong yang masih putih bersih
Tanpa goresan tanpa warna
Oh tuhan berhak aku mewarnainya?


Anak merupakan titipan dan anugerah terindah dari sang khalik, tak bisa dipungkiri setiap pasangan yang telah menikah akan menanti kedatangan sang anak, bahkan jika belum mempunyai keturunan mereka melakukan berbagai program kehamilan, dan itu sangat luar biasa perjuangannya, jangan sampai yang cepat diberi momongan nyinyir suir alias rempong rempess emoticon-Cape deeehh

Baiklah gansis yang kece badai dan suka menabung, kali ini ane mau bahas ortu yang sudah mempunyai anak ya! Yang belum dikaruniai anak sabar dulu, jangan lupa berdoa dan ikhtiar.

berbagai keluh kesah ane yang membuat ane yakin bahwa orang tua sering kali mengeksploitasi anak-anak misalnya saja menentukan sekolah mana yang harus dipilih. Apapun akan dilakukan agar sesuai dengan keinginan si ortu
Fenomena Orang Tua yang Ingin Anaknya Juara Kelas

Misal ortu yang anaknya sudah memasuki usia sekolah selalu bingung mencari sekolah favorid, yang dirasa sekolah itu bergengsi dan memberikan peluang besar untuk anak berprestasi.

Tak jarang banyak hal-hal yang dilakukan orang tua yang mana membuat saya prihatin sekali, yaitu dengan

memaksa anaknya harus sekolah

disekolah ùnggulan, padahal orang tuanya

tahu kemampuan anaknya pas-pasan, apa itu

nantinya tidak membebani anaknya?
emoticon-Hammer2

Adalagi orang tua sampe datang kesekolah

memohon-mohon agar anaknya bisa masuk,

bahkan rela membayar dengan nominal yang

cukup besar. Tapi tetap saja tidak mau

disalahkan ia menganggap usahanya itu

untuk masa depan anak (ah alibi ya)


Parahnya lagi, pada saat hari pertama masuk

sekolah orang tua rela bangun pagi untuk

memilihkan tempat duduk si anak, yap...

berebut kursi depan, ane sampe heran apa

duduk dikursi depan itu apa otomatis si anak jadi

pintar?. (Kalau anak pintar duduk dimana aja ngak ngaruh kali) emoticon-Cape deeehh


Usaha yang yang lainnya adalah

mendaftarkan anak ke bimbingan private (les)

itu pun gak cuma satu bidang, ada les

matematika, les bahasa inggris les piano, lek

balet, dll. Kandang anak dari pagi sampe

magrib baru selesai mengikuti les tersebut.

Aduh diporsir banget ya...

Lebih parahnya lagi kalau anak mendapat nilai jelek, ortu akan ngamuk ngamuk gak karuan memarahi habis habisan, jika itu dibiarkan maka anak bisa tertekan, bisa juga anak mengambil jalan pintas dan menghalalkan segala cara agar nilainya bagus. Jadi siapa yang harus disalahkan jika menhasilkan generasi yang tidak jujur?.
Fenomena Orang Tua yang Ingin Anaknya Juara Kelas

[RED]Stop eksploitasi anak![/RED]
para ortu harus memberikan kebebasan anak untuk menentukan pilihan dan masa depannya sendiri, orang tua harus mendukung dan mengarahkannya. Jadi mulai sekarang

jangan memaksa anak memilih sekolah sesuai pilihan kita, kita harus diskusi terlebih dahulu dengan anak, jika kita merujuk pada satu sekolah yang menurut kita bagus maka kita hanya boleh memberikan wawasan tentang sekolah tersebut, tapi pilihan tetap hak anak

kenali potensi anak, dengan cara memperhatikan apa yang mereka sukai, misalnya anak suka menggambar, maka ortu harus memberikan anak kesempatan untuk mengembangkan diri dalam bidang tersebut

Jangan memporsir anak, yaitu dengan membebaninya dengan jadwal les yang padat, karena mereka bukan robot, mereka juga butuh istirahat, butuh bermain dengan temannya

Bila anak nendapat nilai jelek, sebagai ortu harus mengevaluasi, menanyakan kendala yang dihadapi, jika bisa membantu maka dampingi waktu anak belajar, jangan anak hanya disuruh belajar tapi ortu tidak ikut andil


yang terakhir Jangan beranggapan bahwa jika anak juara kelas sudah menjamin masa depannya, banyak yang anaknya tadinya sekolah standar tapi dewasanya dia sukses

Kita sebagai ortu harus yakin bahwa sang pencipta telah memberikan kemampuan yang berbeda-beda pada tiap anak, dan itu adalah merupakan anugerah yang harusnya kita syukuri.

Referensi : opini sendiri


https://www.google.com/url?sa=t&sour...cbPZ6_&cf=1
Diubah oleh Enisutri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mi17k dan 14 lainnya memberi reputasi
15
Halaman 1 dari 4
Fenomena Orang Tua yang Ingin Anaknya Juara Kelas
01-12-2019 17:01
Quote:Original Posted By blackvelvet23
untung orang tua ane bukan tipikal yg harus banget anaknya juara kelas sih. dulu aja ane pas kelas 2 sma tumben2an jeblok banget rangking 5 dari bawah wkwkwk. tapi orangtua mah gamasalah tapi pas kelas 3 bisa lah rangking 10 besar. alhamdulillah selalu di support


Siip mantap, sebagai anak juga harus berusaha membuat ortu bahagia ya.
0 0
0
Fenomena Orang Tua yang Ingin Anaknya Juara Kelas
01-12-2019 16:59
Quote:Original Posted By corner30
haduhhh, harusnya sih orang tua lebih menghargai proses dibandingnya hasilnya


Ya begitulah, sebenarnya niat ort baik tapi kadang salah mengaplikasikan. emoticon-Ngakak
0 0
0
Fenomena Orang Tua yang Ingin Anaknya Juara Kelas
30-11-2019 10:48
Quote:Original Posted By aygilagility
jangan membatasi anak dengan semua keinginan dan cita-cita yang orang tua miliki karena itu akan membuat anak jadi buntu akan kreativitas dan inovasi, bahkan melatih anak menjadi lebih manja dan tidak mandiri


Aaa setuju banget nih sama agan, jangan dibatasi dan menghambat citacita anak. Seterah anaknya aja mau begimana, kita cukup support ajaa asal tetap dijalur yg positif okeoke aja pasti
profile-picture
Enisutri memberi reputasi
1 0
1
Fenomena Orang Tua yang Ingin Anaknya Juara Kelas
29-11-2019 22:58
untung orang tua ane bukan tipikal yg harus banget anaknya juara kelas sih. dulu aja ane pas kelas 2 sma tumben2an jeblok banget rangking 5 dari bawah wkwkwk. tapi orangtua mah gamasalah tapi pas kelas 3 bisa lah rangking 10 besar. alhamdulillah selalu di support
profile-picture
profile-picture
Enisutri dan dndrnasya memberi reputasi
2 0
2
Fenomena Orang Tua yang Ingin Anaknya Juara Kelas
28-11-2019 23:13
haduhhh, harusnya sih orang tua lebih menghargai proses dibandingnya hasilnya
profile-picture
Enisutri memberi reputasi
1 0
1
Fenomena Orang Tua yang Ingin Anaknya Juara Kelas
28-11-2019 17:55
Quote:Original Posted By aygilagility
jangan membatasi anak dengan semua keinginan dan cita-cita yang orang tua miliki karena itu akan membuat anak jadi buntu akan kreativitas dan inovasi, bahkan melatih anak menjadi lebih manja dan tidak mandiri


yap betul, biarkan anak berkreasi dengan apa yang mereka sukai. siip makasih komentnya top
0 0
0
Fenomena Orang Tua yang Ingin Anaknya Juara Kelas
28-11-2019 17:16
jangan membatasi anak dengan semua keinginan dan cita-cita yang orang tua miliki karena itu akan membuat anak jadi buntu akan kreativitas dan inovasi, bahkan melatih anak menjadi lebih manja dan tidak mandiri
profile-picture
profile-picture
dndrnasya dan Enisutri memberi reputasi
2 0
2
Fenomena Orang Tua yang Ingin Anaknya Juara Kelas
25-11-2019 19:39
Quote:Original Posted By sagit30
duh kasian banget nih kalo ada yang orang tuanya terlalu campur tangan sama masalah prestasi anaknya. mereka bakal jadi tertekan banget, dan malah bikin anak jadi gampang ngelawan gitu dibelakang orang tua


Kadang jd ortu juga serba salah sis yang penting ambil jalan tengahnya, ortu hrs tau benar kmampuan anak.
0 0
0
Fenomena Orang Tua yang Ingin Anaknya Juara Kelas
22-11-2019 20:36
duh kasian banget nih kalo ada yang orang tuanya terlalu campur tangan sama masalah prestasi anaknya. mereka bakal jadi tertekan banget, dan malah bikin anak jadi gampang ngelawan gitu dibelakang orang tua
profile-picture
Enisutri memberi reputasi
1 0
1
Fenomena Orang Tua yang Ingin Anaknya Juara Kelas
21-11-2019 03:04
Quote:Original Posted By naftalena007
kemampuan tiap2 anak berbedaa


Yap betul sekali makanya sebagai ortu harus paham itu
0 0
0
Fenomena Orang Tua yang Ingin Anaknya Juara Kelas
20-11-2019 16:01
kemampuan tiap2 anak berbedaa
profile-picture
Enisutri memberi reputasi
1 0
1
Fenomena Orang Tua yang Ingin Anaknya Juara Kelas
18-11-2019 15:54
Jangan sampai kita jadi orang tua monster. Yang ditakuti oleh anak bukan disegani. Karena ketika anak takut, apapun yang kita sampaikan tak akan masuk ke otak mereka. Berbeda dengan anak yang segan terhadap orang tua, sedikit saja kita menjelaskan, akan selalu diingat oleh kinerja otak si anak.

Pengalaman merawat anak yang membutuhkan pengawasan dan penanganan lebih. Jadi kita harus punya celah dan cara agar si anak bisa memahami perintah kita tanpa unsur paksaan.
profile-picture
Enisutri memberi reputasi
1 0
1
Fenomena Orang Tua yang Ingin Anaknya Juara Kelas
18-11-2019 09:07
biarkan si anak dgn kemampuannya. jangan dipaksa paksa untuk mendapat nilai sesuai yg diinginkan ortu. cukup ajari mereka secara baik dan benar.
profile-picture
Enisutri memberi reputasi
1 0
1
Fenomena Orang Tua yang Ingin Anaknya Juara Kelas
17-11-2019 20:18
Quote:Original Posted By lina.wh
Kalau yang ini, sebaiknya disesuaikan dengan minat anak saja 😊 Kadang ortunya semangat & maunya di sekolah favorid itu. Tapi anaknya kurang minat...


Yap betul sekali sis
profile-picture
lina.wh memberi reputasi
1 0
1
Fenomena Orang Tua yang Ingin Anaknya Juara Kelas
17-11-2019 14:35
Quote:Misal ortu yang anaknya sudah memasuki usia sekolah selalu bingung mencari sekolah favorid, yang dirasa sekolah itu bergengsi dan memberikan peluang besar untuk anak berprestasi.


Kalau yang ini, sebaiknya disesuaikan dengan minat anak saja 😊 Kadang ortunya semangat & maunya di sekolah favorid itu. Tapi anaknya kurang minat...
profile-picture
Enisutri memberi reputasi
1 0
1
Fenomena Orang Tua yang Ingin Anaknya Juara Kelas
16-11-2019 18:28
wah jadinya ke ghibah donk?? emoticon-Ngakak
0 0
0
Fenomena Orang Tua yang Ingin Anaknya Juara Kelas
Lapor Hansip
16-11-2019 18:26
Balasan post Enisutri
seringkali yaa udh sadar sih gan, cuma krn ego semata ya yaudah lanjutin aja, apalagi buat naikin derajat sosial jg kan krn anaknya pinter wkwkw
profile-picture
Enisutri memberi reputasi
1 0
1
Fenomena Orang Tua yang Ingin Anaknya Juara Kelas
16-11-2019 15:04
Quote:Original Posted By trifatoyah
Anak punya kemampuan masing-masing


Yap betul sis
0 0
0
Fenomena Orang Tua yang Ingin Anaknya Juara Kelas
16-11-2019 06:32
Anak punya kemampuan masing-masing
profile-picture
Enisutri memberi reputasi
1 0
1
Fenomena Orang Tua yang Ingin Anaknya Juara Kelas
15-11-2019 22:58
nah itu juga kadang bisa membebani anak. anak juga butuh bermain butuh istirahat kasihan banget ya...
0 0
0
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia