News
Batal
KATEGORI
link has been copied
45
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dbe65bbc342bb75a360f10e/ironi-trotoar-fatmawati-diperlebar-tapi-pejalan-kaki-tergusur-parkir-liar
https://news.detik.com/berita/d-4769970/ironi-trotoar-diperlebar-tapi-pejalan-kaki-tergusur-parkir-liar?single=1 Jakarta - Pemprov DKI Jakarta tengah menggencarkan program penataan sejumlah trotoar demi kenyamanan pejalan kaki. Namun kondisi ironis terjadi di trotoar Jalan Fatmawati, Cilandak, Jakarta Selatan. Ya, trotoar di Jalan Fatmawati termasuk salah satu yang ditata dan diperlebar. Namun pel
Lapor Hansip
03-11-2019 12:29

Ironi Trotoar Fatmawati Diperlebar, tapi Pejalan Kaki Tergusur Parkir Liar

Quote: Ironi Trotoar Fatmawati Diperlebar, tapi Pejalan Kaki Tergusur Parkir Liar

https://news.detik.com/berita/d-4769...-liar?single=1

Jakarta - Pemprov DKI Jakarta tengah menggencarkan program penataan sejumlah trotoar demi kenyamanan pejalan kaki. Namun kondisi ironis terjadi di trotoar Jalan Fatmawati, Cilandak, Jakarta Selatan.

Ya, trotoar di Jalan Fatmawati termasuk salah satu yang ditata dan diperlebar. Namun pelebaran trotoar justru dimanfaatkan untuk parkir liar kendaraan hingga tempat mangkalnya pedagang kaki lima (PKL).

Seperti dipantau detikcom di sepanjang Jalan Fatmawati, Jakarta Selatan, Sabtu (2/11/2019), terlihat sebagian besar badan trotoar di sepanjang jalan ini tertutup kendaraan. Selain itu, beberapa pedagang kaki lima menjajakan dagangannya di atas trotoar.

Terlihat beberapa pejalan kaki pun akhirnya terpaksa keluar dari trotoar karena terhalangi mobil, motor, hingga truk barang yang parkir liar di atas trotoar. Bahkan jalur khusus untuk penyandang disabilitas juga terhalang oleh kendaraan yang parkir di atas trotoar.

Kondisi ini diperparah oleh adanya beberapa trotoar yang juga tertutup bekas puing-puing yang rusak. Terlihat puing tersebut menghalangi lintasan untuk penyandang disabilitas.


Salah satu pejalan kaki, Hendrik (31), mengaku merasa terganggu oleh kondisi kendaraan dan beberapa PKL yang menghalangi trotoar. Dia mengaku sia-sia dengan kondisi trotoar yang diperlebar namun malah digunakan untuk parkir liar.

"Terganggunya karena trotoar umumnya untuk pejalan kaki, jadi buat apa ada trotoar banyak tapi yang nempatin mobil-mobil. Saya juga denger pemerintah lebarin trotoar. Kalau trotoar lebar-lebar tapi ujung-ujungnya yang nempatin mobil, ya buat apa," kata Hendrik.

Terkait banyaknya kendaraan yang parkir di atas trotoar, Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Fahri Siregar mengatakan pihaknya akan melakukan penertiban.

"Jadi untuk itu, melanggar terkait masalah itu, kami akan jadi prioritas tertibkan. Beberapa kali sudah kami imbau dan tertibkan. Jadi untuk masalah trotoar ini, ya nanti kami akan melakukan upaya-upaya, tindakan langkah persuasif dengan imbau dan sampai lakukan tindakan," jelas Kompol Fahri saat dihubungi detikcom, Sabtu (2/11/2019).

Fahri menegaskan parkir di atas trotoar melanggar Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Pengendara yang memarkir kendaraannya di atas trotoar bisa dikenai denda maksimal Rp 250 ribu.

"Bisa, tilang itu ada dalam Pasal 275 ayat 1 UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ)," imbuh Fahri.

Adapun, Pasal 275 ayat (1) berbunyi:

Setiap orang yang melakukan perbuatan yang mengakibatkan gangguan pada fungsi rambu lalu lintas, marka jalan, alat pemberi isyarat lalu lintas, fasilitas pejalan kaki dan alat pengaman pengguna jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 28 ayat (2) dipidana dengan pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu.

Fahri menjelaskan yang dimaksud dengan gangguan fasilitas pejalan kaki dalam pasal tersebut salah satunya adalah parkir liar di trotoar.

"Intinya bahwa bagi setiap orang yang akibatkan gangguan pada fasilitas pejalan kaki, salah satunya trotoar, dapat diancam pidana kurungan 1 bulan atau denda Rp 250 ribu," ucap Fahri.


Komeng TS =
Hasil pelebaran trotoar seperti ini masih nambah anggaran 1,1 triliun buat 2020 ?
profile-picture
profile-picture
ekaputra19 dan galuhsuda memberi reputasi
2
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 3
Ironi Trotoar Fatmawati Diperlebar, tapi Pejalan Kaki Tergusur Parkir Liar
03-11-2019 13:37
kan memang tujuan gabener perlebar trotoar untuk menampung lapak PKL dsb bukan untuk pejalan kaki emoticon-Leh Uga
0 0
0
Ironi Trotoar Fatmawati Diperlebar, tapi Pejalan Kaki Tergusur Parkir Liar
03-11-2019 13:39
Quote:Original Posted By sosismalam
gimana ya soalnya di fatma - cipete tuh banyak toko / cafe segala macem tapi gada lahan parkirnya otomatis pada parkir di trotoar


Lah itusih salah mereka sendiri bikin toko tapi gak memperhitungkan parkiran. Kan goblog. Digusur mewek tar.
Itu yang punya toko juga isinya paling kaum kaum klilipan.
Diubah oleh maduwra
0 0
0
Ironi Trotoar Fatmawati Diperlebar, tapi Pejalan Kaki Tergusur Parkir Liar
03-11-2019 13:40
Pkl aja yg bukan orang jkt aja bole jualan.
Motor yg parkir pada plat apa????
0 0
0
Ironi Trotoar Fatmawati Diperlebar, tapi Pejalan Kaki Tergusur Parkir Liar
03-11-2019 13:42
Rusak zaman si Abud.
0 0
0
Ironi Trotoar Fatmawati Diperlebar, tapi Pejalan Kaki Tergusur Parkir Liar
03-11-2019 13:43
Quote:Original Posted By WM777
Pkl aja yg bukan orang jkt aja bole jualan.
Motor yg parkir pada plat apa????


Ngemeng paansi.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Ironi Trotoar Fatmawati Diperlebar, tapi Pejalan Kaki Tergusur Parkir Liar
Lapor Hansip
03-11-2019 13:45
Balasan post maduwra
Pkl khan bole jualan ditrotoar?? Masa motor kaga bole parkir??
Lebarin trotoar ambil jalur jalanan motor dan mobil khan????
0 0
0
Ironi Trotoar Fatmawati Diperlebar, tapi Pejalan Kaki Tergusur Parkir Liar
03-11-2019 13:48
Quote:Original Posted By WM777
Pkl khan bole jualan ditrotoar?? Masa motor kaga bole parkir??
Lebarin trotoar ambil jalur jalanan motor dan mobil khan????


Boleh lah.
Disana bebas. Jangankan mau parkir.
Mau buat arena sabunng ayam juga boleh.
Tidak ada yang melarang dan ngusir.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Ironi Trotoar Fatmawati Diperlebar, tapi Pejalan Kaki Tergusur Parkir Liar
03-11-2019 13:53
Quote:Original Posted By Vikutorika
Namanya pkl mau trotoar jelek, trotoar bagus sampai tak ada trotoar pun mereka tetap bisa ada disitu
Orang banyak yg permasalahkan buat apa trotoar bagus tapi ada pklnya tapi Gw mending milih trotoar bagus walau ada pkl dibanding tidak ada trotoar atau trotoar rusak ada pklnya pula

Lagipula kalau anies tdk bs tanggulagi banyaknya pkl setelah trotoar sdh pada bagus, gw doakan gubernur berikutnya lebih tegas dan kompeten untuk penertiban itu dan mestinya bisa lebih mudah penertibannya


Ya mendingan gak ada trotoar lah, gak keluar biaya. Ngapain pajak punya lu olang dipake buat bagusin trotoar pkl jualan.
0 0
0
Ironi Trotoar Fatmawati Diperlebar, tapi Pejalan Kaki Tergusur Parkir Liar
03-11-2019 14:14
Trotoar adalah jalur pejalan kaki yang umumnya sejajar dengan jalan dan lebih tinggi dari permukaan perkerasan jalan untuk menjamin keamanan pejalan kaki yang bersangkutan. 

Kayanya definisi trotoar harus diganti nih

Trotoar adalah buat PKL
0 0
0
Ironi Trotoar Fatmawati Diperlebar, tapi Pejalan Kaki Tergusur Parkir Liar
Lapor Hansip
03-11-2019 14:23
Balasan post maduwra
manteb kan gubernur gw? wajib 2 periode
profile-picture
maduwra memberi reputasi
1 0
1
Ironi Trotoar Fatmawati Diperlebar, tapi Pejalan Kaki Tergusur Parkir Liar
03-11-2019 14:27
trotoar di jaman abud kan emang diperuntukan untuk hal seperti itu emoticon-Leh Uga
0 0
0
Ironi Trotoar Fatmawati Diperlebar, tapi Pejalan Kaki Tergusur Parkir Liar
03-11-2019 14:32
bodoh manusia yg menganggap wan jemboed perlebar trotoar buat pejalan kaki, tujuan utamanya ya buat mengakomodir PKL, diera wan Jemboed ini PKL, tukang becak, tukang parkir liar, pemulung, gembel dan pengemis adalah profesi2 yg menjadi anak emas dan akan dilestarikan...
Dongok Gub nya, terbelakang kotanya, nyungsep warganya
0 0
0
Ironi Trotoar Fatmawati Diperlebar, tapi Pejalan Kaki Tergusur Parkir Liar
03-11-2019 14:39
ane melihat PKL di trotoar itu orang2 jenius,cerdas memanfaatkan kesempatan....

anies faham hal itu...

gubernur favorit ane gituu lohh emoticon-2 Jempol
0 0
0
Ironi Trotoar Fatmawati Diperlebar, tapi Pejalan Kaki Tergusur Parkir Liar
03-11-2019 15:25
Tujuan utama anies memperlebar trotoar itu kan memang buat PKL, kendaraan yg parkir di trotoar merupakan pelanggan PKL, jadi sdh tepat sasaran. Wartawannya aja yg dungu tdk paham tujuan mulia anies.
0 0
0
Ironi Trotoar Fatmawati Diperlebar, tapi Pejalan Kaki Tergusur Parkir Liar
03-11-2019 15:49
kenapa yg d salahin gubernur nya yah

apakah yg punya mobil sudah benar markir truk d situ ?

apakah memang d benarkan markir kendaraan d trotoar ?
0 0
0
Ironi Trotoar Fatmawati Diperlebar, tapi Pejalan Kaki Tergusur Parkir Liar
03-11-2019 15:57
Lucunya orang diharapkan naik angkutan umum, tapi gak disediakan tempat BERJALAN yg layak. Jadi ibaratnya dipaksa begitu keluar dari rumah pun harus sudah berkendaraan, kalo nggak mau jalan kaki dimana ? ekstrimnya begitu emoticon-Ngakak
0 0
0
Ironi Trotoar Fatmawati Diperlebar, tapi Pejalan Kaki Tergusur Parkir Liar
03-11-2019 16:44
Trotoar itu utk jualan dan parkir, agan.
emoticon-Mad

Astajam anda2 ini semua, afakah anda tidak mau boking kapling syurga bonus ueue bidadari bahenol nan halal? emoticon-Mad Mari dukung gabenar rasa kaldu plesiden funya frogram.
0 0
0
Ironi Trotoar Fatmawati Diperlebar, tapi Pejalan Kaki Tergusur Parkir Liar
03-11-2019 17:39
yg ribet sekarang Kemang Raya, malah dibuat 3 Lajur..

saking sempit nya kemarin gw lihat Pengendara Mobil pd nabrak Traffic Cones emoticon-Ngakak (S)

Oya, di Fatmawati itu nggk enak jalan nya.. Man Hole nya terlalu dalam bikin Pengendara terpaksa menghindar, jadinya yg efektif kepake cman setengah Lajur

skrg mendingan sdh mulai diganjal Aspal biar selevel dgn Permukaan Jalan, tapi beberapa titik msh belum

utk Trotoar nya sdh bagus kok, cman skrg Keluar-Masuk Kendaraan terbatas karena ada ramp yg sdh fixed
Diubah oleh capt.sabaru
0 0
0
Ironi Trotoar Fatmawati Diperlebar, tapi Pejalan Kaki Tergusur Parkir Liar
03-11-2019 18:21
Bukan pelebaran trotoar tapi pelebaran area PKL dan parkir.
0 0
0
Ironi Trotoar Fatmawati Diperlebar, tapi Pejalan Kaki Tergusur Parkir Liar
03-11-2019 19:35
itulah disini jadi rempong
0 0
0
Halaman 2 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia