Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
58
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dbd329a68cc95590a298ac5/suka-makan-otak-otak-resep-sederhana-otak-otak-ala-dapur-rumah
Sumber Gambar #Resep sederhana otak-otak ala dapur rumah #otak-otak bakar #otak-otak goreng Hay Gansis, suka makan otak-otak? Atau mungkin justru pecinta makanan ini? Tentu sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini kan? Makanan dengan rasa gurih berbahan dasar ikan ini awalnya berasal dari daerah pesisir, namun seiring berjalannya waktu makanan ini telah menyebar ke seluruh penjuru neger
Lapor Hansip
02-11-2019 14:39

Suka Makan Otak-otak? Resep Sederhana Otak-otak ala Dapur Rumah

icon-verified-thread


#Resep sederhana otak-otak ala dapur rumah
#otak-otak bakar
#otak-otak goreng


Hay Gansis, suka makan otak-otak? Atau mungkin justru pecinta makanan ini?
Tentu sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini kan?
Makanan dengan rasa gurih berbahan dasar ikan ini awalnya berasal dari daerah pesisir, namun seiring berjalannya waktu makanan ini telah menyebar ke seluruh penjuru negeri, jadi tidak heran kalau sering kita jumpai di rumah-rumah makan.


Jangan salah yah Gansis, sekalipun namanya otak-otak tapi bahan dasarnya bukan otak loh yah, melainkan ikan.emoticon-Embarrassment


Ada dua jenis otak-otak, yaitu otak-otak bakar dan otak-otak goreng.
Mungkin yang lebih familiar otak-otak bakar yah Gansisemoticon-Malu (S)
Itu tuh yang pakai baju ijo gosong-gosongemoticon-Stick Out Tongue


Tapi tau nda sih kalau sebenarnya mudah sekali untuk membuatnya, baik bahan maupun prosesnyapun sangat sederhanaemoticon-Cool
Nda percaya? Nih saya bagikan resep otak-otak ala dapur rumahemoticon-Malu (S)


Jangan lupa catet bahan dan prosesnya yah.
Pada dasarnya perbedaan mencolok ada di proses pemasakan, tapi biar lebih spesifik saya jabarin nihemoticon-Big Grin


Quote:
Bahan otak-otak bakar

- 200gr ikan tuna fillet ( pakai ikan tuna karena lebih mudah mendapatkannya)
- 100gr tepung tapioka
- 1 butir telur
- santan kara ukuran kecil 65ml (encerken sampai 100ml)
- 1 sdm minyak goreng (kondisional yah, boleh juga tidak)
- 5 siung bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 1/2 sdt ketumbar
- 2 batang daun bawang (potong kecil-kecil)
- garam, gula, dan penyedap secukupnya


Setelah menyiapkan alat dan bahan, tentu tinggal kita eksekusi saja yah Gansis,
Prosesnyapun nda ribet kok

1. Setelah mempersiapkan alat dan bahan, tidak lupa juga mempersiapkan kukusan sambil menyiapkan adonan untuk otak-otak, biar ntar nda kelamaan buat masaknya

2. Haluskan ikan dan bumbu-bumbu (bawang merah, bawang putih, ketumbar, garam, dan gula) saya saranin buat diblender jadi satu yah Gansis

3. Selanjutnya setelah halus masukkan telur dan ratakan

4. Tambahkan tepung tapioka sedikit demi sedikit sambil diuleni

5. Baru tambahkan santan dan minyak, fungsi minyak dsini biar mudah kalau membungkus yah, bisa juga nda pakai karena santan juga mengandung minyak

Suka Makan Otak-otak? Resep Sederhana Otak-otak ala Dapur RumahDokumen Pribadi


6.Setelah adonan rata, bungkus dengan daun pisang sedikit demi sedikit dan sematkan lidi pada bungkusannya hingga adonan habis

7.Setelah itu kukus kurang lebih 15 menit hingga matang

8. Kemudian otak-otak siap dibakar dan disajikan bersama saus maupun sambal kacangemoticon-thumbsup

Suka Makan Otak-otak? Resep Sederhana Otak-otak ala Dapur RumahDokumen Pribadi


Mudah kan? Untuk membuat otak-otak gorengpun nda kalah mudahnya, bahkan bahan untuk membuat otak-otak bakar maupun goreng secara umum sama, hanya berbeda pada santan dan proses pembuatan saja, untuk lebih lengkapnya silahkan catat yah

Quote:
Bahan membuat otak-otak goreng

-200gr ikan tuna fillet (umumnya banyak yang menggunakan ikan tengiri)
- 100gr tepung tapioka/tepung sagu
- 2 butir telur
- 5 siung bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 1/2 sdt merica (tidak memakai ketumbar karena merica lebih berasa untuk gorengan)
- 1 daun bawang (potong kecil-kecil)
- garam, gula, dan penyedap secukupnya



Untuk prosesnyapun hampir sama dengan pembuatan otak-otak bakar.
Perbedaan proses yang menonjol adalah otak-otak bakar dikukus baru dibakar, sedangkan otak-otak goreng prosesnya direbus lalu digoreng🤭 jangan salah yah Gansis

1.Setelah semua bahan tercampur rata, kita siapkan air untuk rebusannya yah

2.Untuk cetakannya cukup mencetak dengan tangan yah gansis

Suka Makan Otak-otak? Resep Sederhana Otak-otak ala Dapur RumahDokumen Pribadi


3.Setelah air mendidih, masukkan sedikit demi sedikit adonannya

4.Setelah mengapung tandanya sudah matang, baru diangkat dan ditiriskan

5.Kemudian tinggal goreng deh dan disajikan dengan saus.

Suka Makan Otak-otak? Resep Sederhana Otak-otak ala Dapur RumahDokumen Pribadi


Gimana Gansis mudah kan?
Kalau untuk menjadikan bisnis, tinggal dikemas dan disimpan saja di lemari es otak-otak bakar yang sudah dikukus maupun otak-otak goreng yang telah direbus


Sebenarnya masing-masing orang punya potensi untuk memulai usaha, tinggal kita mau memanfaatkan peluang tersebut atau tidakemoticon-Embarrassment




Demikian resep ala dapur rumah, bisa juga disesuaikan dengan selera masing-masing

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan

Selamat mencoba yah

Jangan lupa tinggalkan jejak, dan berikan ulasan buat yang sudah mencoba resepnya
emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol

Penulis :Ningdidien
Resep coba-coba
Diubah oleh ningdidien
profile-picture
profile-picture
profile-picture
YenieSue0101 dan 13 lainnya memberi reputasi
14
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 3
Suka Makan Otak-otak? Resep Sederhana Otak-otak ala Dapur Rumah
06-11-2019 09:17
Belum pernah coba, kayaknya enak tuh kalo digoreng
profile-picture
ningdidien memberi reputasi
1 0
1
Suka Makan Otak-otak? Resep Sederhana Otak-otak ala Dapur Rumah
06-11-2019 09:34
Quote:Original Posted By adnanami
Belum pernah coba, kayaknya enak tuh kalo digoreng


yang digoreng lebih keras teksturnya.. tpi skrg uda bnyak kok yg jual..
profile-picture
adnanami memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Suka Makan Otak-otak? Resep Sederhana Otak-otak ala Dapur Rumah
06-11-2019 09:49
yummi, otak-otak emang enak, mksh resepnya
profile-picture
ningdidien memberi reputasi
1 0
1
Suka Makan Otak-otak? Resep Sederhana Otak-otak ala Dapur Rumah
Lapor Hansip
06-11-2019 10:11
Balasan post ningdidien
ditempat ane jarang ada yang jual
profile-picture
ningdidien memberi reputasi
1 0
1
Suka Makan Otak-otak? Resep Sederhana Otak-otak ala Dapur Rumah
06-11-2019 12:35
jd laper lihat ginian.... suka
profile-picture
ningdidien memberi reputasi
1 0
1
Suka Makan Otak-otak? Resep Sederhana Otak-otak ala Dapur Rumah
06-11-2019 19:39
wahh, harus dicoba nih. aq suka otak2 tapi males bikinnya. 🤣
profile-picture
ningdidien memberi reputasi
1 0
1
Suka Makan Otak-otak? Resep Sederhana Otak-otak ala Dapur Rumah
07-11-2019 06:18
Otak2 mah digoreng doang juga udah enak, trus dicocol saos emoticon-Kaskus Banget
profile-picture
ningdidien memberi reputasi
1 0
1
Suka Makan Otak-otak? Resep Sederhana Otak-otak ala Dapur Rumah
07-11-2019 11:57
Quote:Original Posted By uliyatis
yummi, otak-otak emang enak, mksh resepnya

Bener bangettemoticon-Malu (S) selamat mencoba resepnya yah..
Quote:Original Posted By adnanami
ditempat ane jarang ada yang jual

Yah kalau gitu tinggal eksekusi resep di atas😅
Quote:Original Posted By betiatina
jd laper lihat ginian.... suka

Hehehehe pelototin adja gambarnya.. sapa tau trz kenyang😅😅✌✌
0 0
0
Suka Makan Otak-otak? Resep Sederhana Otak-otak ala Dapur Rumah
07-11-2019 11:59
Quote:Original Posted By meanynovendi
wahh, harus dicoba nih. aq suka otak2 tapi males bikinnya. 🤣

Hehehe jadi mau coba bikin apa coba nyivip?? 🤣

Aq pun lebih suka kalau tinggal makan🤣
Quote:Original Posted By YenieSue0101
Otak2 mah digoreng doang juga udah enak, trus dicocol saos emoticon-Kaskus Banget

Bener Sis.. kalau aq lebih suka yg bakar sih😅
0 0
0
Suka Makan Otak-otak? Resep Sederhana Otak-otak ala Dapur Rumah
17-11-2019 05:30
Aku kira otak² itu dari otaknya ikan loh😅😅😅
profile-picture
ningdidien memberi reputasi
1 0
1
Suka Makan Otak-otak? Resep Sederhana Otak-otak ala Dapur Rumah
17-11-2019 10:32
Quote:Original Posted By raaaaud20
Aku kira otak² itu dari otaknya ikan loh😅😅😅


Hehehe dari daging ikannya.. namanya otak" krna tekstur awal makanan ini menyerupai otak.. tpi seiring berkembangnya banyak inovasi buat produk ini.. mkanya ada otak goreng juga, bahannya pun uda bnyak dimodivikasi
0 0
0
Suka Makan Otak-otak? Resep Sederhana Otak-otak ala Dapur Rumah
18-11-2019 09:23
otak otak makanan favorite
profile-picture
ningdidien memberi reputasi
1 0
1
Suka Makan Otak-otak? Resep Sederhana Otak-otak ala Dapur Rumah
19-11-2019 18:35
dengan 2 butir telur sesuai resep itu, bikin teksturnya kenyal gak sih?
profile-picture
ningdidien memberi reputasi
1 0
1
Suka Makan Otak-otak? Resep Sederhana Otak-otak ala Dapur Rumah
24-11-2019 16:52
Quote:Original Posted By naftalena007
otak otak makanan favorite

Wah sama Gan.. apalagi pake sambel kacang.. duuh maknyuusssemoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By RompiParkir
dengan 2 butir telur sesuai resep itu, bikin teksturnya kenyal gak sih?

Kenyal itu tergantung takaran dan tepung yg digunakan.. kalau pakai tapioka bisa lebih kenyal
0 0
0
Suka Makan Otak-otak? Resep Sederhana Otak-otak ala Dapur Rumah
24-11-2019 17:49
Quote:Original Posted By ningdidien
Wah sama Gan.. apalagi pake sambel kacang.. duuh maknyuusssemoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)

Kenyal itu tergantung takaran dan tepung yg digunakan.. kalau pakai tapioka bisa lebih kenyal


Waah kok samaan ni
profile-picture
ningdidien memberi reputasi
1 0
1
Suka Makan Otak-otak? Resep Sederhana Otak-otak ala Dapur Rumah
25-11-2019 10:50
Quote:Original Posted By naftalena007
Waah kok samaan ni


Mantab Gan.. emang maknyuss rasanya kalau pake sambal kacang🤤🤤🤤
0 0
0
Suka Makan Otak-otak? Resep Sederhana Otak-otak ala Dapur Rumah
25-11-2019 15:00
Quote:Original Posted By ningdidien
Mantab Gan.. emang maknyuss rasanya kalau pake sambal kacang🤤🤤🤤


Jadi laper gan wkwkwk
profile-picture
ningdidien memberi reputasi
1 0
1
Suka Makan Otak-otak? Resep Sederhana Otak-otak ala Dapur Rumah
15-12-2019 00:32
Quote:Original Posted By naftalena007
Jadi laper gan wkwkwk


Hehehe kalau laper tinggal pelototin adja gambarnya kalau males masak.. sapa tau kenyang🤣🤣
0 0
0
Halaman 3 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Oriental Exotic (Asian food)
dum-dum
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia