News
Batal
KATEGORI
link has been copied
19
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5db93c044601cf21790ee380/said-iqbal-kenaikan-iuran--bpjs-bikin-daya-beli-rakyat-kecil-jatuh
KSPI dan buruh Indonesia menolak kenaikan iuran BPJS Kesehatan sebagaimana tertuang dalam Perpres 75/2019. Khususnya kenaikan iuran klas 3 menjadi Rp 42 ribu. Kenaikan tersebut akan semakin menurunkan daya beli masyarakat. Hal ini disampaikan Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal.  Menurut Said Iqbal, pendapatan yang diterima masyarakat di tiap kab/kota berbeda beda  (
Lapor Hansip
30-10-2019 14:30

Said Iqbal: Kenaikan Iuran BPJS Bikin Daya Beli Rakyat Kecil Jatuh


KSPI dan buruh Indonesia menolak kenaikan iuran BPJS Kesehatan sebagaimana tertuang dalam Perpres 75/2019. Khususnya kenaikan iuran klas 3 menjadi Rp 42 ribu. Kenaikan tersebut akan semakin menurunkan daya beli masyarakat. Hal ini disampaikan Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal. 

Menurut Said Iqbal, pendapatan yang diterima masyarakat di tiap kab/kota berbeda beda  (termasuk nilai UMP/UMK berbeda). Hal ini mengakibatkan daya beli terhadap kenaikan iuran tersebut juga berbeda-beda.

"Misal iuran BPJS Kesehatan klas 3 menjadi Rp 42 ribu dikalikan 5 orang anggota keluarga; suami, istri, dan tiga anak. Maka pengeluaran bayar iuran setiap keluarga di seluruh Indonesia adalah sama yaitu Rp 210 ribu," kata Iqbal.

Tetapi karena pendapatan masyarakat di setiap kab/kota berbeda,  bagi masyarakat Jakarta yang berpenghasilan sebesar upah minimum Rp 3,9 juta masih agak berat dan akan menurunkan daya beli. Apalagi kenaikan UMP yang kecil.

Tetapi bagi masyarakat di daerah dengan upah minimum kecil seperti Sragen, Jogja, Boyolali, Halmahera, Pacitan, Banjaenegara, Subang, Papua, Mamuju, dan sebagian besar wilayah Indonesia yang upah minimum dan penghasilan masyarakatnya di bawah Rp 2 Juta, maka bayar iuran BPJS Rp 210 ribu per keluarga tadi akan sangat berat. Bahkan menurunkan daya beli mereka sebesar 30%.

Seharusnya, kata Iqbal, iuran BPJS Kesehatan tidak dinaikkan. Apalagi bagi kaum buruh setiap tahun iuran BPKS Kesehatan nya pasti naik. Karena nilai iuran dihitung dari prosentase upah yang diterima. Faktanya setiap tahun upah buruh naik maka otomatis iuran BPJS juga naik.

Iqbal menegaskan, akan ada gelombang demonstrasi besar dari masyarakat dan buruh untuk menolak kenaikan iuran BPJS Kesehatan tersebut, khususnya klas 3.

"Solusi defisit dana BPJS Kesehatan seharusnya bukan menaikan iuran, tetapi dengan cara menaikan jumlah peserta pekerja formal. Karena iuran mereka setiap tahun otomatis naik. Saat ini jumlah pekerja formal yang menjadi peserta BPJS Kesehatan hanya 30% dari total pekerja formal," katanya.

Selain itu, untuk menutup defisit dengan mengambil dari dana cukai rokok yang berjumlah ratusan triliun rupiah. Hal yang lain adalah menaikkan jumlah peserta PBI orang miskin dengan nilai iuran PBI dinaikkan menjadi nilai keekonomian.
profile-picture
profile-picture
4iinch dan sebelahblog memberi reputasi
2
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Said Iqbal: Kenaikan Iuran BPJS Bikin Daya Beli Rakyat Kecil Jatuh
30-10-2019 14:31
Pasukan kumpul kitak serbuuuuuu buruh kitak cap kadrun emoticon-Mad emoticon-Marah
profile-picture
tukangkredit memberi reputasi
1 0
1
Said Iqbal: Kenaikan Iuran BPJS Bikin Daya Beli Rakyat Kecil Jatuh
30-10-2019 14:32
si said di dengerin emoticon-Cape d...
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Said Iqbal: Kenaikan Iuran BPJS Bikin Daya Beli Rakyat Kecil Jatuh
30-10-2019 14:42
sengaja genocide bor, biar endon bubar emoticon-Cool
0 0
0
Said Iqbal: Kenaikan Iuran BPJS Bikin Daya Beli Rakyat Kecil Jatuh
30-10-2019 14:45
Dimana rumah nya pak sait..
Pak sait jualan belangkon..
Belangkon dibeli sarijem..
Sarijem anaknya pak item..
emoticon-Kaskus Radio
0 0
0
Said Iqbal: Kenaikan Iuran BPJS Bikin Daya Beli Rakyat Kecil Jatuh
30-10-2019 14:47
Dilema
Rokok n kopi berfungsi menjaga kinerja emoticon-Ngakak (S)
BPJS menjamin kinerja emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Said Iqbal: Kenaikan Iuran BPJS Bikin Daya Beli Rakyat Kecil Jatuh
30-10-2019 14:53
memang g enak saat ditarik duid, tp sangat bermanfaat kalo tiba2 sakit keras
profile-picture
profile-picture
servesiwi dan Skyland999 memberi reputasi
2 0
2
Said Iqbal: Kenaikan Iuran BPJS Bikin Daya Beli Rakyat Kecil Jatuh
30-10-2019 15:04
Harus nya bisa buat rumah baru ya bal ....


emoticon-Malu
0 0
0
Said Iqbal: Kenaikan Iuran BPJS Bikin Daya Beli Rakyat Kecil Jatuh
30-10-2019 15:04
berhubung ane cuma rakyat kecil dan suara ane gak ada artinya di tengah hiruk pikuk indonesia saat ini, ane mah positif thinking aja lah, itu artinya kita wajib di tuntut menjalani gaya hidup sehat mulai sekarang, gak bisa dikit2 ke dokter mentang2 ada BPJS mentang2 ada dokter lagi, yang tadinya gak doyan makan minum yg pahit2, cobalah mulai sekarang di biasakan, itu bagus utk kesehatan (jamu misal). yang tadinya ogah berkeringat, cobalah dari skarang utk tidak malu berkeringat, misal cuci mobil sendiri, bukan nyuruh sopir atau anaknya, atau naik tangga ketimbang naik lift, dll dll.

biar gimana juga urusan kesehatan gak bisa di pasrahkan ke pihak lain di luar kita (bpjs misal), itu tanggung jawab kita sendiri utk mempertahankan dan memelihara kesehatan kita sendiri. gak bisa kita nyuruh anak cucu kita utk merhatiin kesehatan kita, yah harus diri kita sendiri lah yg aware dan langsung bertindak, karena yg paling tau dan paling ngerasain yah kita sendiri, bukan orang lain.

kecuali kalo kecelakaan atau penyakit yg gak bisa di hindari walau udah bergaya hidup sehat yah apa boleh buat lah pake bpjs. tapi biasanya org yg gaya hidup sehat sehari2nya, jarang sakit kok ane perhatiin. ane pnya temen, dia org nya jaga betul fisik dan makanan dia, itu yg namanya sakit nyaris gak pernah tuh anak, udah bertahun tahun gak prnah ke dokter, selalu di atasi sendiri, paling demam biasa, pake paracet aja udah baek lagi, karena emang dasarnya gaya hidupnya sehat, jadi pnyakit juga ogah mampir lama2.
0 0
0
Said Iqbal: Kenaikan Iuran BPJS Bikin Daya Beli Rakyat Kecil Jatuh
30-10-2019 15:34
burus lulusan stm goblok goblok kaga bisa ngatur keuangan
0 0
0
Said Iqbal: Kenaikan Iuran BPJS Bikin Daya Beli Rakyat Kecil Jatuh
30-10-2019 15:34
Daya beli jual kurang apaan


Nasbung mah kagak bakal bayar bpjs ane jamin


Tunjukin satu aja kaum nasbung bayar bpjs rutin


Kaum nasbung dipercaya

Kaum nasbung mikirnya
Daripada buat bayar pajak bpjs mending buat dp vario anak smp ane biar kayak anak gaul
profile-picture
Skyland999 memberi reputasi
1 0
1
Said Iqbal: Kenaikan Iuran BPJS Bikin Daya Beli Rakyat Kecil Jatuh
30-10-2019 15:36
Lebih baik sidak tuh perusahaan mana yg gak bayarin BPJS karyawannya... Buanyak... Malah ada yg nilep buat kpntingan pribadi, jd rajin2 ngecek aja jgn2 dipotong tp gk dibayarin emoticon-Big Grin
0 0
0
Said Iqbal: Kenaikan Iuran BPJS Bikin Daya Beli Rakyat Kecil Jatuh
30-10-2019 15:36
Daripada buat demo sama bayar pimpinanya, mending dana iuran buruh dipake buat bayarin bpjs yg mereka anggap ga mampu??

emoticon-Big Grin
0 0
0
Said Iqbal: Kenaikan Iuran BPJS Bikin Daya Beli Rakyat Kecil Jatuh
30-10-2019 15:46
kasian buruh
yg enak lu bal..rumah seperti istana deposito banyak hasil malak buruh dan pengusaha
0 0
0
Said Iqbal: Kenaikan Iuran BPJS Bikin Daya Beli Rakyat Kecil Jatuh
30-10-2019 15:47
Quote:Original Posted By ovo.strike
Daya beli jual kurang apaan


Nasbung mah kagak bakal bayar bpjs ane jamin


Tunjukin satu aja kaum nasbung bayar bpjs rutin


Kaum nasbung dipercaya

Kaum nasbung mikirnya
Daripada buat bayar pajak bpjs mending buat dp vario anak smp ane biar kayak anak gaul


Ada nasbung yg bayar bpjs
Nasbung penyakitan atau sakit parah

Sudah sembuh total ga mau bayar lagiemoticon-Wakaka
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Said Iqbal: Kenaikan Iuran BPJS Bikin Daya Beli Rakyat Kecil Jatuh
30-10-2019 16:00
naekkan lagih iuran bpjs nya gan emoticon-Cool biar ndak.defisit
0 0
0
Said Iqbal: Kenaikan Iuran BPJS Bikin Daya Beli Rakyat Kecil Jatuh
31-10-2019 09:30
Quote:Original Posted By winner4016
lah lu ga tau? 60% ibu2 hamil bayar iuran 2 bulan..stelah lahiran bye emoticon-Ngakak (S)

lom lg dokter dan rs ngeresepin obat2 termahal

lom lg rs yg bikin claim fiktif

lom lg mafia asuransi swasta ikutan buat doble claim

AAAAAAANCUUUUUUUUURRRRRR emoticon-Hammer2


Itu yg bikin defisit gila2an

Parah beneremoticon-Nohope
profile-picture
winner4016 memberi reputasi
1 0
1
Said Iqbal: Kenaikan Iuran BPJS Bikin Daya Beli Rakyat Kecil Jatuh
31-10-2019 10:01
Si iqbal mirip sama sharkman

Bata only!
profile-picture
winner4016 memberi reputasi
1 0
1
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia