alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
165
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5db01fe5facb955e8032977f/beredar-surat-mkek-idi-tolak-rekomendasi-dr-terawan-sebagai-menkes
Dalam lampiran yang diterima detikcom, surat bertanggal 30 September 2019 tersebut ditujukan untuk Presiden Joko Widodo (Jokowi). Di dalamnya MKEK menyebut dr Terawan sebaiknya tidak diangkat jadi Menkes karena masih dikenakan sanksi.
Lapor Hansip
23-10-2019 16:39

Beredar Surat MKEK IDI Tolak Rekomendasi dr Terawan Sebagai Menkes

Past Hot Thread
Beredar Surat MKEK IDI Tolak Rekomendasi dr Terawan Sebagai Menkes

Jakarta - dr Terawan Agus Putranto resmi diangkat menjadi Menteri Kesehatan (Menkes) di Kabinet Indonesia Maju. Terkait hal tersebut, kini beredar surat dari Majelis Kehormatan Etik Kedokteran Indonesia (MKEK), Ikatan Dokter Indonesia (IDI), yang sempat menolak rekomendasi dr Terawan sebagai Menkes.

Dalam lampiran yang diterima detikcom, surat bertanggal 30 September 2019 tersebut ditujukan untuk Presiden Joko Widodo (Jokowi). Di dalamnya MKEK menyebut dr Terawan sebaiknya tidak diangkat jadi Menkes karena masih dikenakan sanksi.

Berikut kutipan lengkap surat tersebut:

Dengan hormat, Pertama-tama kami ingin menyampaikan salam hormat kepada Bapak Presiden RI, semoga Bapak senantiasa tetap sehat di bawah lindungan Tuhan Yang Maha Esa.

Kedua, kami ingin melaporkan bahwa pada tanggal 22 September 2019 di surat kabar detikhealth.com telah terbit tentang usulan enam calon Menteri Kesehatan pada kabinet yang akan datang.

Bila diperkenankan kami ingin menyarankan agar dari usulan calon calon tersebut mohon kiranya Bapak Presiden tidak mengangkat Dr Terawan Agus Putranto, Sp.Rad(K) sebagai Menteri Kesehatan. Adapun alasan yang mengiringi saran kami adalah karena Dr. Terawan Agus Putranto, Sp.Rad(K) sedang dikenakan sanksi akibat melakukan pelanggaran etik kedokteran. Sanksi tersebut tertera dalam Keputusan Majelis Kehormatan Etik Kedokteran PB IDI No.009320/PB/MKEK-Keputusan/02/2018 tanggal 12 Februari 2018.

Saran ini disampaikan dengan tetap menghargai dan menghormati keputusan Bapak Presiden RI sesuai dengan kewenangan yang berlaku. Semoga saran ini dapat dipertimbangkan sebaik-baiknya.

dr Terawan dikenal karena sepak terjangnya yang sempat menimbulkan kontroversi dalam dunia medis Indonesia. Pasalnya, terapi 'cuci otak' yang menggunakan alat Digital Subtraction Angiography (DSA) disebut belum teruji secara ilmiah karena DSA sebetulnya alat diagnosis.

Cuci otak merupakan istilah lain flushing atau DSA yang dilakukan dr Terawan untuk melancarkan peredaran darah di kepala. DSA diakuinya merupakan disertasi yang ia lakukan sebagai salah satu syarat mendapatkan gelar doktor di Universitas Hasanudin. Ia mulai memperkenalkan metode ini di RSPAD sejak 2004, klaimnya.

detikcom sudah berupaya menghubungi pihak MKEK IDI. Namun hingga artikel ini naik belum ada tanggapan.



Sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Halaman 1 dari 9
Beredar Surat MKEK IDI Tolak Rekomendasi dr Terawan Sebagai Menkes
23-10-2019 16:41
sejarah RI ada ga sih menkes dr profesi kesehatan selain dokter?
perawat kek, farmasi kek, bidan kek, tukang gigi kek emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agusdwikarna dan 15 lainnya memberi reputasi
16 0
16
Lihat 1 balasan
Beredar Surat MKEK IDI Tolak Rekomendasi dr Terawan Sebagai Menkes
23-10-2019 16:44
Jangan ngiri, rejeki uda ada yg atur. Biarkain dia gajian.....mank kalo nolak bisa carikan pengganti gaji diaemoticon-No Hope
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agusdwikarna dan 3 lainnya memberi reputasi
3 1
2
Beredar Surat MKEK IDI Tolak Rekomendasi dr Terawan Sebagai Menkes
23-10-2019 16:45
Nah siap siap anggota IDI ganti otak

emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jasakurirjkt dan 4 lainnya memberi reputasi
4 1
3
Beredar Surat MKEK IDI Tolak Rekomendasi dr Terawan Sebagai Menkes
23-10-2019 16:47
kenapa pilih orang yg masih berkasus kontroversial.... goblok nih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agusdwikarna dan 17 lainnya memberi reputasi
7 11
-4
Lihat 1 balasan
Beredar Surat MKEK IDI Tolak Rekomendasi dr Terawan Sebagai Menkes
23-10-2019 16:47
Dalam surat keputusan MKEK PB IDI Nomor: 009320/PB/MKEK-keputusan/02/2018 tertanggal 12 Februari 2018 pada poin ketiga hasil keputusan, menetapkan bobot pelanggaran etik kedokteran Dr TAP adalah berat (seriuos ethical misconduct, pelanggaran etik serius) dan menetapkan sanksi berupa: pemecatan sementara sebagai anggota dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Selama 12 (dua belas) bulan dimulai tanggal 26 Februari 2018 sampai dengan 25 Februari 2019 dan diikuti pernyataan tertulis pencabutan rekomendasi izin praktiknya.

lah kan sanksinya dah berakhir.....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
king.aslan dan 18 lainnya memberi reputasi
19 0
19
Lihat 1 balasan
Beredar Surat MKEK IDI Tolak Rekomendasi dr Terawan Sebagai Menkes
23-10-2019 16:48
Editan suratnya kasar ya terutama di kop nya kelihatan banget editan

Mudah2an memang bener palsu, karena kalau asli saya mempertanyakan kualitas sekretaris MKEK
profile-picture
profile-picture
profile-picture
king.aslan dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 3 balasan
Beredar Surat MKEK IDI Tolak Rekomendasi dr Terawan Sebagai Menkes
23-10-2019 17:05
emoticon-Ngakak

Takut dibalas perlakuan tidak menyenangkannya ke dr. Terawan dulu ya? emoticon-Ngakak

Palagi kini statusnya Menkes, jabatan tertinggi di kementerian kesehatan. Ketar-ketir dah sekarang pada! emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kucing.bingung dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh gembaladomba13
Beredar Surat MKEK IDI Tolak Rekomendasi dr Terawan Sebagai Menkes
23-10-2019 17:17


Quote:Original Posted By 123qwerty123
sejarah RI ada ga sih menkes dr profesi kesehatan selain dokter?
perawat kek, farmasi kek, bidan kek, tukang gigi kek emoticon-Big Grin


Dukun beranak boleh gk?
0 0
0
Lihat 1 balasan
Beredar Surat MKEK IDI Tolak Rekomendasi dr Terawan Sebagai Menkes
23-10-2019 17:18
Quote:Original Posted By akumidtorc
Dukun beranak boleh gk?


dicoba aja gan emoticon-Kagets
0 0
0
Lihat 1 balasan
Beredar Surat MKEK IDI Tolak Rekomendasi dr Terawan Sebagai Menkes
23-10-2019 17:19
prnya menkes ngurus bpjs kah? emoticon-Leh Uga
0 0
0
Beredar Surat MKEK IDI Tolak Rekomendasi dr Terawan Sebagai Menkes
23-10-2019 17:22
astajim emoticon-EEK!
0 0
0
Beredar Surat MKEK IDI Tolak Rekomendasi dr Terawan Sebagai Menkes
23-10-2019 17:24
@menkes yg baru...tolong pak para kadal gurun di check otaknya...kalo perlu bikin experiment cuci otak aja.

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 3 balasan
Beredar Surat MKEK IDI Tolak Rekomendasi dr Terawan Sebagai Menkes
23-10-2019 17:26
dr. Terawan sosok yang tepatlah jadi Menkes, selamat bekerja.
profile-picture
profile-picture
bnoorraini dan blackvelvet23 memberi reputasi
2 0
2
Beredar Surat MKEK IDI Tolak Rekomendasi dr Terawan Sebagai Menkes
23-10-2019 17:34
Selamat bekerja dr Terawan emoticon-thumbsup
0 0
0
Beredar Surat MKEK IDI Tolak Rekomendasi dr Terawan Sebagai Menkes
23-10-2019 17:36
Dr. Terawan, praktisi kesehatan, piawai memimpin organisasi, dari kalangan militer aktif, tak ada catatan hitam tentang masa lalu, kecuali kalo ada yg mau mempersoalkan aplikasi temuannya yg hebat dengan DSA, yang gw dan sebagian orang menganggap sebagai inventor.

Tidak ada yang lebih pas sekarang ini dari dr. Terawan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tesmail dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Lihat 6 balasan
Beredar Surat MKEK IDI Tolak Rekomendasi dr Terawan Sebagai Menkes
23-10-2019 17:36
Terapi cuci otak gratis buat nasbung kampret
Diubah oleh an.jinx1
profile-picture
jasakurirjkt memberi reputasi
1 0
1
Beredar Surat MKEK IDI Tolak Rekomendasi dr Terawan Sebagai Menkes
Lapor Hansip
23-10-2019 17:37
Balasan post adnnin
https://m.detik.com/health/berita-detikhealth/d-4757149/mkek-idi-benarkan-surat-penolakan-rekomendasi-dr-terawan-jadi-menkes
0 0
0
Beredar Surat MKEK IDI Tolak Rekomendasi dr Terawan Sebagai Menkes
23-10-2019 17:40
Quote:Original Posted By an.jinx1
Terapi cuci otak gratis buat nasbung kampret


Kampret emangnya masih ad otaknya?
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eomma dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Beredar Surat MKEK IDI Tolak Rekomendasi dr Terawan Sebagai Menkes
23-10-2019 17:41
Kadang tindakan kedokteran yang terbukti sukses, namun belum di-backing oleh bukti-bukti ilmiah, belum bisa diterima komunitas kedokteran. Seperti tindakan cuci otak yang dilakukan oleh dokter Terawan ini.

Pengobatan-pengobatan tradisional kan begitu. Beberapa pengobatan tradisional ada yang sukses dan menjadi ajaran turun-temurun dari leluhur, tapi karena belum ada penjelasan ilmiahnya maka belum diterima oleh komunitas kedokteran.

Misalnya saja kerokan yang sudah dibuktikan turun-temurun oleh masyarakat jawa untuk mengurangi rasa demam saat masuk angin. Tapi tak pernah diajarkan di kurikulum standar kedokteran. Tidak ada dokter yang menyarankan pasiennya untuk kerokan saat masuk angin jika pasien konsultasi ke dokter. Tapi masyarakat jawa tetap melakukan kerokan dan tidak pernah ada masalah, justru badan terasa lebih enak.

Otak adalah struktur terumit di tubuh manusia. Tidak ada dokter yang paham 100% bagaimana cara kerja otak manusia. Mungkin saja tindakan cuci otak yang dilakukan oleh dr. Terawan SpRD(K) benar-benar manjur meski tidak diketahui penyebabnya kenapa bisa berhasil.

Beliau dokter subspesialis yang sangat senior. Mungkin sudah sering bereksperimen dengan otak-otak manusia.
Diubah oleh kadrun.stres
profile-picture
profile-picture
profile-picture
alexprison dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Halaman 1 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.