News
Batal
KATEGORI
link has been copied
739
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dafb5178012ae0de06b888d/ini-susunan-lengkap-kabinet-indonesia-maju-jokowi-maruf
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan secara resmi menteri-menteri yang akan membantunya di kabinet. Kabinet ini diberi nama Kabinet Indonesia Maju.
Lapor Hansip
23-10-2019 09:04

Ini Susunan Lengkap Kabinet Indonesia Maju Jokowi-Ma'ruf

Past Hot Thread
Quote:Ini Susunan Lengkap Kabinet Indonesia Maju Jokowi-Ma'ruf

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan secara resmi menteri-menteri yang akan membantunya di kabinet. Kabinet ini diberi nama Kabinet Indonesia Maju.

Perkenalan ini berlangsung di tangga veranda Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (23/10/2019). Jokowi dan para calon menteri duduk lesehan.

Jokowi lalu memanggil satu persatu nama calon menteri dan mereka berdiri. Dia juga menjelaskan tugas yang akan diemban para menterinya

Berikut nama-nama menteri Kabinet Indonesia Maju 2019-2024:

1. Menko Polhukam: Mahfud Md
2. Menko Perekonomian: Airlangga Hartarto
3. Menko Kemaritiman dan Investasi: Luhut B Pandjaitan
4. Menko PMK: Muhadjir Effendy
5. Mensesneg: Pratikno
6. Mendagri: Jenderal Tito Karnavian
7. Menlu: Retno LP Marsudi
8. Menhan: Prabowo Subianto
9. Menkum HAM: Yasonna Laoly
10. Menkeu: Sri Mulyani
11. Menteri ESDM: Arifin Tasrif
12. Menperin: Agus Gumiwang Kartasasmita
13. Mendag: Agus Suparmanto
14. Mentan: Syahrul Yasin Limpo
15. Menteri KLHK: Siti Nurbaya Bakar
16. Menhub: Budi Karya Sumadi
17. Menteri KKP: Edhy Prabowo
18. Menaker: Ida Fauziyah
19. Mendes PDTT: Abdul Halim Iskandar
20. Menteri PUPR: Basuki Hadimuljono
21. Menkes: dr Terawan
22. Mendikbud: Nadiem Makarim
23. Menristek dan Kepala Badan Riset Inovasi Nasional: Bambang Brodjonegoro
24. Mensos: Juliari Batubara
25. Menteri Agama: Jenderal (Purn) Fachrul Razi
26. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif: Wishnutama
27. Menkominfo: Johnny G Plate
28. Menkop UKM: Teten Masduki
29. Menteri PPPA: Gusti Ayu Bintang Darmavati
30. MenPAN-RB: Tjahjo Kumolo
31. Menteri PPN/Kepala Bappenas: Suharso Monoarfa
32. Menteri ATR/Kepala BPN: Sofyan Djalil
33. Menteri BUMN: Erick Thohir
34. Menpora: Zainudin Amali

Jaksa Agung: ST Burhanuddin
Sekretaris Kabinet: Pramono Anung
Kepala Staf Kepresidenan: Moeldoko
Kepala BKPM: Bahlil Lahadalia (imk/fjp)

https://m.detik.com/news/berita/d-47...825.1501140493


Selamat yg sudah terpilih semoga amanah emoticon-Recommended Seller
Diubah oleh ngimpi.presiden
profile-picture
profile-picture
profile-picture
didinengineerin dan 64 lainnya memberi reputasi
65
Ini Susunan Lengkap Kabinet Indonesia Maju Jokowi-Ma'ruf
23-10-2019 09:06
bakal ada demo lagi dah klo menkumhamnya tu orang...aneh bener jokowi udah di demo se antero negeri masih jg dipilih lg tu orang

mana kasus setnov bs kabur jadi catatan jelek, blm lagi sel2 mewah..hadeh moga ada wakilnya yg profesional ni orang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jasperjaka dan 41 lainnya memberi reputasi
42 0
42
profile picture
kaskus addict
23-10-2019 09:28


kabarnya doi sukses pemporak porandakan golkar dan PPP sehingga bisa merapat ke penguasa gan emoticon-Big Grin
5
profile picture
kaskus addict
23-10-2019 13:57


bingung ane juga, yasona juga gak malu ya udah ngundurin diri pake surat-suratan dari Menkumham eh ditawarin balik manggut aja doi, mungkin mikir ketimbang DPR mikirin Rancangan Undang-Undang mulu, mending Menteri tinggal merintahin bawahannya emoticon-Ngacir2
0
Ini Susunan Lengkap Kabinet Indonesia Maju Jokowi-Ma'ruf
23-10-2019 09:11
bukan pro 01 atau 02 ( saya sebut begitu saja .bukan sebut nama ).
Dalam harafiahnya : Menteri adalah pembantu presiden ( dalam mensukseskan visi misinya ).
Sudah sangat bagus 02 menempatkan diri sebagai pesaing presiden dalam kontes , jadi secara derajat beliau sebanding dgn 01.
Namun kenapa rela turun kasta jadi pembantu presiden?
Menurut saya alangkah lebih baik menunjuk orang pilihan dia yang jadi menteri pembantu 01 , jd beliau ( 02 ) diposisikan sebagai pemimpin dibalik layar . saya sangat salut dengan ibu mega , beliau gak terlalu keliatan di depan , tapi saya yakin pengaturan strateginya dalam politik ini pasti sangat lihai.
Tapi mungkin ada perhitungan masing masing la.

- Dari orang awan yang sotoy dalam melihat dinamika politik indonesia -
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jasperjaka dan 57 lainnya memberi reputasi
55 3
52
profile picture
23-10-2019 13:19
@havefuntogether Baguslah Pak Prabowo ikut serta didalam kabinet Pak Jokowi, kalo menurut saya begini :
1. Sambil mengukur kapasitas beliau, bisa kerja enggak beliau jadi mentri
2. Dari pada suntuk Sambil menunggu pemilihan presiden thn 2024
3 Itu aja dulu mungkin dari saya.. emoticon-Smilie hehehehe santai aja Om..
1
profile picture
23-10-2019 11:01


mungkin sedikit lancang ini ke agan , tapi saya ingin kita saling tukar pandangan saja.
Dalam analogi agan seakan akan 02 itu yang memohon menjadi di kabinet , tapi sbnrnya ada bbrp skenario :
contoh aja ya :
1. mungkin 01 ingin menjaga lawan politiknya 02 tetap di dekatnya biar bisa dipantau. seperti pepatah mengatakan "keep your friends close & your enemies closer"
2. mungkin 01 dan 02 sudah sepakat bersama sama untuk membangun negeri ini ( ini yang semua orang dan bangsa ini harapkan )
3. mungkin juga seperti prediksi agan juga . 02 meminta masuk dalam kabinet ( istilah agan membungkuk meminta dengan berharap ... )
4. ada hal - hal lain yang kita rakyat kecil mungkin tidak tahu....


sekali lagi
ini hanya pandangan dari saya :
- orang yang awam politik , hanya ikut eforia dinamika saja -
1
profile picture
aktivis kaskus
23-10-2019 10:42


Sableng banget......

Komennya keren Om.....

Ada seseorang yg tadi nya saling berhadapan dengan gagah bahkan saling "melempar granat" lalu menyerah kalah, dan sekarang dgn membungkuk bungkuk meminta dgn harap....biarkan saya menjadi pembantu anda....

Koalisi Ok.....kenapa ga menjadi dalang aja di belakang layar, biarkan pion pion yg menjalankan Dan menjadi pembantu presiden.



Aaaah entahlah......mungkin ini kehebatan dan kelebihan Jokowi yg Kita tidak tahu.



Selamat Bekerja utk Presiden/Wapres Dan para mentri terpilih

emoticon-Angkat Beer
1
profile picture
kaskus addict
23-10-2019 11:14
akhirnya ane paham maksud dari pribahasa: tiada rotan, akar pun jadi
0
profile picture
aktivis kaskus
23-10-2019 18:28
@havefuntogether Ya itu dia jawaban dari semua narasi yg beredar di akar rumput gan, terwakilkan di point 4 komen agan...

4. ada hal - hal lain yang kita rakyat kecil mungkin tidak tahu....


0
Ini Susunan Lengkap Kabinet Indonesia Maju Jokowi-Ma'ruf
23-10-2019 09:05
Yang gw heran si nadiem ngapa jadi mendikbud ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jopickz dan 43 lainnya memberi reputasi
42 2
40
profile picture
kaskus addict
23-10-2019 10:15
Bayar spp nanti pake gopay, ada promo juga wkwk
10
profile picture
kaskus addict
23-10-2019 10:50


logisnya aja gini

1. Lu punya usaha
2. Lu cari mitra pekerja
3. Lu mendikbud
4. Lu atur caranya anak SMA jadi Mitra Usaha lu ketika tamat
5. Usaha lu lancar sampe 2030, karena 2030 kata pak Menhan indonesia Bubar

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

selanjutnya isi sendiri dah emoticon-Leh Uga
3
profile picture
kaskus addict
23-10-2019 17:31
@wahgila @fro.gprince katanya bakalan ada app baru gan, khusus anak2 sekolah yang ngga lulus2 ama mahasiswa abadi.

nama appnya Go-blok emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Ngacir2 emoticon-Ngacir2
2
profile picture
kaskus addict
23-10-2019 13:09
Untuk urusan SDM gan, sepertinya ini udah pernah di singgung sebelumnya jokowi mau fokus di pengembangan SDM dan investasi, nah urusan pengembangan SDM di serahkan ke nadiem karena jejak nadiem meningkatkan SDM di startupnya terbilang sangat sukses dan bisa di bilang inovatif
1
profile picture
kaskus addict
23-10-2019 15:09


mungkin maksudnya E-Schooling yang lagi tenar 2 tahun belakang (Ruang Guru), sebenernya sih kurang cocok dengan kata shooling.. lebih cocok Bimbel kali yak?

tapi gak tau juga sih, mungkin dengan teknologi bisa aja sih program itu terealisasi
0
Ini Susunan Lengkap Kabinet Indonesia Maju Jokowi-Ma'ruf
23-10-2019 09:14
Menteri kelautan edi anak didik prabowo wajar kalo susi ntar bentrok ma prabowo, sedangkan pertahanan dan kelautan itu saling terkait
Diubah oleh pippenn2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jasperjaka dan 20 lainnya memberi reputasi
21 0
21
Ini Susunan Lengkap Kabinet Indonesia Maju Jokowi-Ma'ruf
23-10-2019 09:13
dari Bos GoJek, jadi Mendikbud emoticon-Amazed
profile-picture
profile-picture
profile-picture
raafirastania26 dan 19 lainnya memberi reputasi
20 0
20
profile picture
kaskus addict
23-10-2019 11:18

cocok lah.. semoga pendidikan indonesia jadi high level emoticon-Jempol
0
profile picture
kaskus addict
23-10-2019 11:14
Biar sedari dini di ajarkan yang namanya cari duid di era teknologi yg berkmbnag pesat ini
kita tau pengusaha indo itu sangat sedikit sekali

0
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia