alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
72
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dae63595cf6c43e2c38e87e/perbedaan-obat-expire-date--ed--dan-beyond-use-date--bud
Nah, di sini aku mau membagi sedikit informasi nih soal judul di atas. Terkhusus orang tua sebagai orang paling pertama dalam keluarga yang sering berurusan dengan kesehatan anggota keluarga, dituntut harus menguasai informasi-informasi dasar tentang banyak hal.
Lapor Hansip
22-10-2019 09:03

Perbedaan Obat EXPIRE DATE ( ED ) dan BEYOND USE DATE ( BUD)

Past Hot Thread
Nah, di sini aku mau membagi sedikit informasi nih soal judul di atas. Terkhusus orang tua sebagai orang paling pertama dalam keluarga yang sering berurusan dengan kesehatan anggota keluarga, dituntut harus menguasai informasi-informasi dasar tentang banyak hal. Dari makanan atau minuman sehat hingga obat yang aman. Setelah itu semua pihak seharusnya tau mengenai hal urgent kayak gini

Perbedaan Obat EXPIRE DATE ( ED ) dan BEYOND USE DATE ( BUD)


Quote:Apa itu ED?


Expire Date atau tanggal kadaluarsa adalah tanggal terakhir di mana "keefektifan" dan "keamanan" produk obat masih terjamin untuk dikonsumsi atau digunakan oleh konsumen.

Tanggal kadaluarsa selalu tercantum pada kemasan obat. Selalu, ya, karena sudah menjadi syarat yang harus dipenuhi saat obat siap beredar di masyarakat. Format penulisannya pun beragam, ya. Ada yang tanggal/bulan/tahun, ada juga yang hanya bulan dan tahun.

Sederhananya gini, obat kalau sudah sampai pada tanggal kadaluarsa, maka jangan lagi di minum.

Keefektifan maksudnya adalah kekuatan obat, contoh obat Amoksisilin 500 mg. Setelah lewat tanggal kadaluarsa maka kekuatannya sudah bukan 500 mg lagi, tapi sudah berkurang.

Pertanyaan yang mungkin timbul adalah “loh, terus turun jadi berapa miligram dong? Itu ada perhitungannya yang aku pikir kita gak perlu sampai ke sana. Intinya kalau ED jangan minum. Gitu aja yeee.

Nah, setiap obat memiliki dosis lazim untuk terapi, artinya untuk bisa menghasilkan efek pengobatan yang tepat, Amoksisilin itu harus diminum dengan kekuatan 500 mg, jadi kalau sudah kurang dari 500 mg berarti apa, coba? Yup, kurang manjuuur alias kurang / tidak efektif.

Terus, yang dimaksud dengan keamanan yang disebutkan dalam pengertian istilah tadi adalah dari segi fisik obat.

Sekarang Emak bayangin deh. Obat kalau disimpan di tempat yang tidak sesuai, gimana? Bisa rusak, ‘kan? Nah, itu yang ditakutkan. Obat yang belum ED saja, bisa rusak, apalagi yang sudah ED.

Obat adalah substansi kimia yang bisa mengalami penguraian, bila disimpan dalam suhu dan keadaan penyimpanan yang buruk.
Setelah terurai, maka sifat kimiawi tersebut bisa menimbulkan efek yang merugikan.

Biasanya di sarana pendistribusian seperti apotek atau rumah sakit, keamanan obat masih bisa dianggap tepat, karena tempat-tempat itu memenuhi syarat penyimpanan yang sudah ditetapkan, ditambah lagi ditangani oleh orang-orang yang kompeten.

Nah, kalau di tangan kita? Hadeh, kadang naruh di jok motor, dashboard mobil, di atas kulkas, di dekat kompor, duh, ayo ngaku emoticon-Big Grin

Jadi sebenarnya bisa dikatakan obat yang ED di tangan sarana kesehatan, yang dikhawatirkan hanyalah dari segi keefektifannya saja yang berkurang, artinya tidak meracuni. Tetapi, obat bila ED dalam penyimpanan konsumen, maka selain tidak efektif, juga bisa menjadi racun.

Quote:Apa itu BUD?


Beyond Use Date adalah tanggal yang ditetapkan pada produk yang telah dibuka, di mana kondisi produk tersebut masih dalam rentang stabil dan masih dapat dikonsumsi.

Untuk BUD tanggalnya tidak tertera. Waktu dimulai sejak obat sampai ke tangan pasien sampai maksimal hari yang sudah disebutkan di atas.

Biasanya, istilah ini digunakan untuk obat-obatan yang sudah mengalami perubahan bentuk sediaan, ya.
Misalnya obat sediaan sirup kering yang harus ditambahkan air ( misal golongan antibiotika), puyer racikan atau kapsul, racikan salap/ krim kulit.

Jangka waktu BUD ini juga lebih pendek loh. Misalnya kalau anak-anak dapat obat sirup kering, yang harus ditambahkan sekian mililiter air, pada tanggal 1 maka BUD-nya jatuh di tanggal 14.
Tapi untuk golongan antibiotika, yang notabene harus diminum sampai habis, biasanya maksimal obat akan habis dalam waktu 3-5 hari. Sehingga kekhawatiran melampaui BUD tidak sampai timbul.

Kalau jenisnya obat racikan puyer, maka BUD-nya diambil dari ED obat yang paling dekat. Misalnya, racikan Paracetamol (ED 12 2020), CTM ( ED 04 2020) dan GG ( ED 03 2021) maka BUD-nya adalah pada bulan April tahun 2020 (ED si CTM).

Kalau kita dapat obat racikan salap, BUD-nya tidak lebih dari sebulan ya.

Oh ya, sama seperti ED, BUD berlaku selama obat disimpan dengan baik ya. Suhunya itu harus pas, untuk amannya, suhu dipastikan berkisar 25˚, ya. ( kecuali dinyatakan lain dalam kulkas).

Jadi, tidak selamanya semua obat supaya tahan harus disimpan dikulkas, ya. Ini bukan makanan. Hehehe.

Semoga tulisan singkat ini bisa berguna, buat yang belum terlalu paham.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sevenfiveseven dan 13 lainnya memberi reputasi
14
Halaman 1 dari 4
Perbedaan Obat EXPIRE DATE ( ED ) dan BEYOND USE DATE ( BUD)
22-10-2019 09:03
amankan sebelum expired emoticon-Hammer
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan jingster memberi reputasi
2 0
2
Perbedaan Obat EXPIRE DATE ( ED ) dan BEYOND USE DATE ( BUD)
22-10-2019 10:25
ndak pernah sakit aneh aneh emoticon-Cool

hidup ane sehat emoticon-Cool

paling mencret karna sambel emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
valkyrie25 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Perbedaan Obat EXPIRE DATE ( ED ) dan BEYOND USE DATE ( BUD)
23-10-2019 14:05
Biasa ga ane perhatikan bud nya
profile-picture
profile-picture
pannotia.server dan jingster memberi reputasi
0 2
-2
Perbedaan Obat EXPIRE DATE ( ED ) dan BEYOND USE DATE ( BUD)
23-10-2019 14:05


Quote:Original Posted By muqfa
amankan sebelum expired emoticon-Hammer

Pake pengaman aja
0 0
0
Perbedaan Obat EXPIRE DATE ( ED ) dan BEYOND USE DATE ( BUD)
23-10-2019 14:08
bawah ane maho
0 0
0
Perbedaan Obat EXPIRE DATE ( ED ) dan BEYOND USE DATE ( BUD)
23-10-2019 14:09
Nice infonya gan.
Ane selalu lihat ED waktu beli obat. Blm pernah sekalipun lihat BUD
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan jingster memberi reputasi
2 0
2
Perbedaan Obat EXPIRE DATE ( ED ) dan BEYOND USE DATE ( BUD)
23-10-2019 14:10
Ga pernah beli obat, thank Godemoticon-Ultah
profile-picture
jingster memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Perbedaan Obat EXPIRE DATE ( ED ) dan BEYOND USE DATE ( BUD)
23-10-2019 14:13
oooo...seperti itu..ternyataa...nais inpohemoticon-2 Jempolemoticon-Shakehand2
profile-picture
jingster memberi reputasi
1 0
1
Perbedaan Obat EXPIRE DATE ( ED ) dan BEYOND USE DATE ( BUD)
Lapor Hansip
23-10-2019 14:14
Balasan post MrJeffBezos
Quote:Original Posted By MrJeffBezos
Ga pernah beli obat, thank Godemoticon-Ultah

sukanya ke klinik tong fang ya om jefemoticon-Wkwkwk

profile-picture
MrJeffBezos memberi reputasi
1 0
1
Perbedaan Obat EXPIRE DATE ( ED ) dan BEYOND USE DATE ( BUD)
23-10-2019 14:17
Woah, baru tahu. Dapat ilmu baru👍
profile-picture
jingster memberi reputasi
1 0
1
Perbedaan Obat EXPIRE DATE ( ED ) dan BEYOND USE DATE ( BUD)
23-10-2019 14:18
2 perbedaan toh... nice info ganemoticon-Jempol
profile-picture
jingster memberi reputasi
1 0
1
Perbedaan Obat EXPIRE DATE ( ED ) dan BEYOND USE DATE ( BUD)
23-10-2019 14:22
Mantabbb gan
tritnya informatif bangett, ane baru tahu juga
emoticon-Jempolemoticon-Jempol
0 0
0
Perbedaan Obat EXPIRE DATE ( ED ) dan BEYOND USE DATE ( BUD)
23-10-2019 14:23
Wah TS-nya apoteker ya?

Ane tes ah..
1. Kalau dry syrup setelah rekonstitusi, maksimal boleh digunakan berapa hari?
2. Obat tetes mata setelah dibuka, maksimal boleh digunakan berapa hari?

Moga dijawab. emoticon-Malu
0 0
0
Perbedaan Obat EXPIRE DATE ( ED ) dan BEYOND USE DATE ( BUD)
23-10-2019 14:26
TS nya dokter ya..? emoticon-Embarrassment
0 0
0
Perbedaan Obat EXPIRE DATE ( ED ) dan BEYOND USE DATE ( BUD)
23-10-2019 14:28
nice info Gan
0 0
0
Perbedaan Obat EXPIRE DATE ( ED ) dan BEYOND USE DATE ( BUD)
23-10-2019 14:31
Nice thread gan😍

saya jadi ikutan tahu🙏😊
0 0
0
Perbedaan Obat EXPIRE DATE ( ED ) dan BEYOND USE DATE ( BUD)
23-10-2019 14:32
mantap nih infonya....selalu cek tgl ED utk semua makanan dan minuman kemasan
0 0
0
Perbedaan Obat EXPIRE DATE ( ED ) dan BEYOND USE DATE ( BUD)
23-10-2019 14:32
mesti teliti sebelum konsumsi emoticon-Big Grin
0 0
0
Perbedaan Obat EXPIRE DATE ( ED ) dan BEYOND USE DATE ( BUD)
Lapor Hansip
23-10-2019 14:34
Balasan post jingster
I'm healthy, do you know that?
profile-picture
jingster memberi reputasi
1 0
1
Perbedaan Obat EXPIRE DATE ( ED ) dan BEYOND USE DATE ( BUD)
Lapor Hansip
23-10-2019 14:47
Balasan post MrJeffBezos
Quote:Original Posted By MrJeffBezos
I'm healthy, do you know that?

Just kidding sir no offenceemoticon-Peace
profile-picture
MrJeffBezos memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.