News
Batal
KATEGORI
link has been copied
64
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dad2a8f349d0f5c2a126165/5-prioritas-jokowi-lima-tahun-ke-depan
Presiden Joko Widodo menyampaikan lima aspek yang menjadi prioritas dalam periode kedua pemerintahannya sepanjang 2019 - 2024 dalam pidato pertamanya saat pelantikan di Gedung DPR.
Lapor Hansip
21-10-2019 10:48

5 Prioritas Jokowi Lima Tahun ke Depan

Past Hot Thread
5 Prioritas Jokowi Lima Tahun ke Depan

Presiden Joko Widodo menyampaikan lima aspek yang menjadi prioritas dalam periode kedua pemerintahannya sepanjang 2019 - 2024. 

Dalam pidato pertamanya saat pelantikan di Gedung DPR, Jakarta, Minggu (20/10/2019), Jokowi menyebutkan yang pertama dari lima prioritas tersebut yakni pembangunan sumber daya manusia (SDM) unggul.

“Pembangunan SDM akan jadi priorotias utama kita, membangun SDM yang pekerja keras, dinamis, terampil, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi,mengundang talent-talent global bekerjasama dengan kita,” kata Jokowi.

Hal itu, kata dia, tidak bisa diraih dengan cara-cara yang lama. “Kita perlu kembangkan cara-cara baru. Kita perlu endowment fund yang besar, kerja sama dengan industri perlu dioptimalkan dan juga pengguunaan teknologi yang mempermudah jangkauan ke seluruh pelosok negeri,” ujarnya.

Poin kedua, Jokowi menyatakan akan tetap melanjutkan oembangunan infrastruktur untuk mengakselerasi nilai tambah perekonomian.

“Selain itu, pembangunan infrastruktur akan kita lanjutkan, infrastruktur yang menghubungkan kawasan produksi dengan kawasan distribusi, yang mempermudah akses ke kawasan wisata, yang mendongkrak lapangan kerja baru, yang mengakselerasi nilai tambah perekonomiwn rakyat,” tambahnya.

Poin ketiga, Jokowi menyatakan akan melanjutkan penyederhanaan regulasi. Setidaknya ada dua Undang-Undang besar yang akan didorong untuk diterbitkan, yakni yang mendukung penciptaan lapangan kerja dan pembangunan UMKM.

“Segala bentuk kendala regulasi harus kita sederhanakan, harus kita potong, harus kita pangkas. Pemerintah akan mengajak DPR untuk terbitkan dua UU yang besar, yakni UU cipta lapangan kerja dan UU pemberdayaan UMKM,” katanya.

Dia mengatakan masing-masing UU tersebut akan menjadi omnibus law, yaitu satu UU yang sekaligus merevisi puluhan UU yang menghambat penciptaan lapangan kerja serta puluhan UU yang menghambat pengembangan UMKM.

Selanjutnya, Jokowi menyebutkan poin keempat yakni penyederhaan birokrasi secara besar-besaran dan memprioritaskan penciptaan lapangan kerja.

“Penyederhanaan birokrasi harus kita lakukan besar-besaran. Investasi untuk penciptaan lapangan kerja harus diprioritaskan, birokrasi yang panjang harus dipangkas, eselonisasi harus disederhanakan,” katanya.

“Eselon I, eselon II, elelon III dan eselon IV, apa tidak kebanyakan. Saya akan minta diserderhanakan untuk 2 level saja, diganti dengan jabatan fungsional yang menghargai keahlian dan kompetensi. Saya juga minta para menteri, para pejabat dan para birkokrat untuk serius mencapai tujuan pembangunan. Bagi yang tidak serius, saya tidak akan memberi ampun, saya pastikan, sekali lagi saya pastikan akan saya copot,” tegasnya.

Terakhir, Jokowi menyatakan akan mendorong transformasi ekonomi yang tidak hanya mengandalkan sumber daya alam.

“Pada akhirnya yang kelima adalah transformasi ekonomi. Kita harus transformasi dari ketergantungan pada Sumber daya alam menjadi daya saing manufaktur dan jasa modern yang mempunyai nilai tambah tinggi bagi kemakmuran bangsa demi keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” paparnya.



profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 3 lainnya memberi reputasi
4
5 Prioritas Jokowi Lima Tahun ke Depan
21-10-2019 11:05
Tidak ada sama sekali soal penegakan hukum dan HAM. Pokoknya ekonomik. HAM & hukum dianggap menghambat investasi (muldoko, 2019).

Mirip betul kayak suharto dan Orba. Ini yg disebut taktik "merebus katak di air dingin perlahan-lahan" oleh panglima bujer deni si rigar. Nanti indonenen balik jadi negara otoriter, cebbonk/jokkower garis keras malah akan bersorak sorai merayakan matinya demokrasi

Kapan mau sadar?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anggisetyo dan 11 lainnya memberi reputasi
10 2
8
profile picture
kaskus addict
22-10-2019 08:33
Terlalu pesimis ente om. Jalanin aja. Toh jaman orba juga rakyat adem ayem aja. Demokrasi malah banyak hoax dan anarkis. Siapapun presidennya gw dukung dan gw akui sebagai Presiden RI. Krn gw warga NKRI, nyari duit dan idup di NKRI. Jadi jalanin aja. Toh gw susah juga kg nyalahin Presiden kok.
2
profile picture
kaskus addict
21-10-2019 17:59


Ahhh hipokrit nih masalah indonesia ketimplangan sosial dan kemiskinan. Persetan dengan siapa yg naek mau orba mau nwo. Kebanyakan di kekepin sama liberal sampe lupa tetangga sendiri kelaperan
2
profile picture
kaskus maniac
22-10-2019 08:53
1
profile picture
kaskus addict
22-10-2019 12:22
lah baru nyadar ya? kan kliatan konsepnya ngikutin orba, ati2 ajalah aktivis2 ham, demokrasi dll, kalo dlu orba nekan pake operasi senyap sekarang pake operasi hantem kehidupan sosial ama narasi anti nkri, buzzer masih bakal terus ada buat ngeblock kritikan, ya itu bakal berhasil kalo ekonomi bagus soalnya rakyat ga bakal mikir banyak kalo perut kenyang
0
profile picture
kaskus addict
22-10-2019 00:38
ham-hamburger?
0
5 Prioritas Jokowi Lima Tahun ke Depan
21-10-2019 20:30
Quote:Original Posted By Cucigosok
tol laut blm beres, udh mau buat tol langit..penyelesaian masalah infra bangsa ga bs main bikan bikin aja dhe, udh tau orng indonesia paling males buat ngerawat infra yg udh ada..kebanyakan bikin ini itu tp biaya perawatan minim, struktur kabinet makin bengkak..anak emas decepticom makin banyak yg masuk jajaran kabinet, decepticon makin sugih 10 turunan nih..lha menurut dia si wiwi ini ttp petugas partai kok, dan negara indonesia bapaknya yg buat..makanya dia ngerasa berhak dpt royalti dr kerja keras bapaknya terdahulu..pemikiran kolot konservatif, mau nikmatin masa tua dgn bahagia sambil nyetir si petugas partai

mudah2an ga lama nih decepticon..udh terlalu makan banyak kenikmatan dunia emoticon-Mewek


Hampir semua pejabat juga kyk gtu, semua punya keputusan masing" yg kontroversi. Mau banteng cikeas beringin sama aje semuanya punya kepentingan.
profile-picture
profile-picture
kakidal27 dan laphet memberi reputasi
2 0
2
5 Prioritas Jokowi Lima Tahun ke Depan
21-10-2019 20:16
tol laut blm beres, udh mau buat tol langit..penyelesaian masalah infra bangsa ga bs main bikan bikin aja dhe, udh tau orng indonesia paling males buat ngerawat infra yg udh ada..kebanyakan bikin ini itu tp biaya perawatan minim, struktur kabinet makin bengkak..anak emas decepticom makin banyak yg masuk jajaran kabinet, decepticon makin sugih 10 turunan nih..lha menurut dia si wiwi ini ttp petugas partai kok, dan negara indonesia bapaknya yg buat..makanya dia ngerasa berhak dpt royalti dr kerja keras bapaknya terdahulu..pemikiran kolot konservatif, mau nikmatin masa tua dgn bahagia sambil nyetir si petugas partai

mudah2an ga lama nih decepticon..udh terlalu makan banyak kenikmatan dunia emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
helladare dan pemburu.kobokan memberi reputasi
2 0
2
5 Prioritas Jokowi Lima Tahun ke Depan
21-10-2019 16:55
Selamat buat cebong, yang sabar buat kampret.

Satu untuk indonesia5 Prioritas Jokowi Lima Tahun ke Depan
Diubah oleh Michaelwise
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan tiobiennyo memberi reputasi
2 0
2
profile picture
kaskuser
21-10-2019 16:57

Mantapp gan kita doakan saja yang terbaik
0
5 Prioritas Jokowi Lima Tahun ke Depan
21-10-2019 16:46

banjir dan macet lebih mudah diatasi jika jadi presiden seumur hidup

emoticon-Stick Out Tongue
profile-picture
profile-picture
agusdwikarna dan dhon19 memberi reputasi
2 0
2
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia