News
Batal
KATEGORI
link has been copied
38
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dad1e5d2f568d5b0539d675/beratnya-tugas-kabinet-tanpa-beban
Pelantikan Joko Widodo-Ma’ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden terpilih 2019-2024, sudah pasti akan berlangsung 20 Oktober 2019. Selanjutnya rakyat akan mencermati figur pengisi kabinet yang akan membantu presiden mewujudkan janji-janji kampanyenya.
Lapor Hansip
21-10-2019 09:56

Beratnya Tugas Kabinet Tanpa Beban

Past Hot Thread
Beratnya tugas kabinet tanpa beban
Ilustrasi: Kabinet tanpa beban Jokowi dari parpol dan profesional.


Pelantikan Joko Widodo-Ma’ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden terpilih 2019-2024, sudah pasti akan berlangsung 20 Oktober 2019. Selanjutnya rakyat akan mencermati figur pengisi kabinet yang akan membantu presiden mewujudkan janji-janji kampanyenya.

Spekulasi soal susunan kabinet sudah beredar di masyarakat, semuanya mengatasnamakan bocoran. Figurnya berubah-ubah, begitu pun nama kementerian ada beberapa yang berubah. Membingungkan. Tentu saja.

Presiden Jokowi sendiri melalui akun Instagram miliknya, mengaku kabinet sudah rampung disusun. Masyarakat diminta bersabar, ia segera mengumumkan. Bisa di hari yang sama dengan pelantikan, bisa juga setelahnya.

Soal komposisi kabinet, Jokowi pernah berujar bahwa 45 persen diisi orang partai, sisanya profesional. Ada Menteri lama yang masih dipakai, tapi akan lebih banyak yang baru. Dari sisi usia, bahkan bakal ada yang sangat muda 30-40 tahun.

Dalam beberapa kesempatan, Jokowi juga mengatakan bahwa untuk periode kedua pemerintahannya, dia mengaku tanpa beban. Namun penjelasan tanpa beban ini yang multitafsir.

Bisa jadi, dalam menentukan kabinet Jokowi tanpa beban memakai hak prerogatifnya tanpa mempedulikan tekanan parpol pendukungnya. Bisa juga tanpa beban mengajak semua kekuatan masuk dalam kabinetnya, termasuk partai yang berseberangan saat berkompetisi dalam pilpres kemarin.

Sebagaimana diketahui, dalam sepekan terakhir, Jokowi punya intensitas tinggi bertemu parpol di luar koalisi pendukungnya. Ia bertemu Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono, juga Ketua Umum PAN.

Semua memberikan pernyataan yang serupa, terbuka kemungkinan masuk dalam pemerintahan Jokowi. Memang sampai saat ini belum ada kepastian, apakah ketiga partai tersebut jadi bergabung dalam koalisi parpol pendukung Jokowi.

Dari mana pun asal usul anggota kabinet yang bakal dipilih Jokowi, semestinya sejak awal harus ada kesepahaman bersama, bahwa kursi kabinet sesungguhnya bukanlah, tempat transaksi politik.

Artinya, meski berasal dari parpol, kompetensi, standar moral dan integritas, harus tetap menjadi pertimbangan utama. Keberadaannya di kabinet bukanlah representasi parpol, melainkan pembantu presiden dalam merealisasikan visi dan misinya, menyejahterakan rakyat.

Masyarakat sudah menandai apa yang terjadi pada kabinet Jokowi 2014-2019, ada dua orang menteri mundur dari kabinet karena terjerat korupsi. Kedua orang tersebut berasal dari parpol. Menteri Sosial Idrus Marham dari Golkar dan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi dari PKB.

Memang tidak harus menggeneralisasi bahwa anggota kabinet yang berasal dari parpol memiliki standar moral dan integritas yang tipis di banding yang profesional. Namun pengalaman buruk ini tentu saja diharapkan tidak akan terjadi lagi pada kabinet mendatang.

Siapa pun yang akan dipilih Jokowi menjadi anggota kabinet, rakyat memiliki impian yang sama. Yaitu mimpi lama sejak negeri diproklamirkan: mewujudkan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Kabinet sudah berganti belasan kali, mimpi tersebut masih terus diupayakan untuk terwujud. Tapi memang tidak mudah mewujudkan mimpi tersebut. Apa lagi pada saat ini di tengah kondisi perekonomian gobal yang tidak stabil.

Apa boleh buat kabinet pemerintahan Jokowi jilid 2 ini memiliki tugas yang berat. Setidaknya ada tiga persoalan yang harus dihadapi. Pertama, pertumbuhan dan stabilitas ekonomi di tengah ancaman resesi dunia.

Profesionalitas jajaran kementerian ekonomi, akan menjadi tumpuan. Ekonomilah yang akan menjadi darah dalam mewujudkan kesejahteraan rakyat.

Kedua, menyiapkan sumber daya manusia menghadapi revolusi industri 4.0. Pada tahun terakhir pemerintahan Jokowi periode pertama, pengembangan SDM memang menjadi prioritas.

Tapi kebutuhan SDM untuk menghadapi revolusi industri 4.0 benar-benar berlomba dengan waktu. Revolusi industri 4.0 tengah berlangsung, dan telah mengubah banyak hal, di berbagai sektor, baik bisnis, industri, pendidikan, bahkan pelayanan.

Ringkasnya revolusi industri 4.0 tak sekadar butuh SDM yang berkualitas, tapi juga kebijakan pemerintah yang bisa mengantisipasi perubahan besar yang terjadi karenanya.

Di sini lah, dibutuhkan figur kabinet di bidang pendidikan, ekonomi, industri, ketenagakerjaan, telekomunikasi, bahkan sampai perhubungan, yang paham arah dan perubahan global kibat revolusi industri 4.0.

Ketiga masalah ideologi. Bertumbuh kembangnya ideologi eksklusif konservatif, sungguh telah memengaruhi mental sebagian masyarakat dan menjadi ancaman nyata bagi persatuan bangsa.

Premordialisme muncul di beberapa wilayah yang memicu kerusuhan. Di sisi yang berbeda, ada kelompok yang bahkan sudah terang-terangan ingin mengganti ideologi Pancasila.

Persoalan ideologi ini tidak sekadar butuh penindakan tegas dari aparat keamanan saja, tapi harus menjadi prioritas jajaran Kementerian Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Mempersempit ruang gerak penyebaran ideologi eksklusif mesti dilakukan sejak dari Pendidikan yang paling dasar, selain tentu saja keluarga. Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, tidak akan bisa mengatasi persoalan ideologi ini bila hanya dengan retorika. Manjadikan pancasila sebagai ideologi dan pedoman hidup harus dengan gerakan.

Kita harus berani berkaca dan mengevaluasi apa yang sudah dilakukan kabinet sebelumnya. Narasi kuat revolusi mental yang diusung kabinet lama, ternyata hanya mampu menjadi slogan, tapi belum mengubah perilaku masyarakat, bahkan para perilaku pejabat negara. Korupsi masih saja marak misalnya. Hal seperti ini tentu diharapkan jangan terulang.

Presiden Jokowi boleh saja tanpa beban, termasuk ketika membentuk kabinet. Tapi kabinet yang dibentuknya punya beban yang berat.

Beratnya tugas kabinet tanpa beban

Sumber : https://beritagar.id/artikel/editori...et-tanpa-beban

---

Baca juga dari kategori EDITORIAL :

- Beratnya tugas kabinet tanpa beban Mewaspadai teror individual

- Beratnya tugas kabinet tanpa beban Menaruh harapan pada DPR baru

- Beratnya tugas kabinet tanpa beban Dengarkan suara rakyat

Diubah oleh KASKUS.HQ
0
Halaman 1 dari 2
Beratnya tugas kabinet tanpa beban
23-10-2019 21:30
semoga amanah ya eksekutif bangsa kitaaa... mantul nih gan threadnyaaaa... ditunggu gan thread2 lainnya yang mantulllll...
0 0
0
Beratnya tugas kabinet tanpa beban
22-10-2019 11:03
Masih menanti kabinet baru emoticon-Ngacir
0 0
0
Beratnya tugas kabinet tanpa beban
22-10-2019 10:26
Pembagian kursi menteri untuk parpol, semoga yang terbaik pilihan Bapak Jokowi, dan semoga tidak ada reshuffle nanti kedepannya
0 0
0
Beratnya tugas kabinet tanpa beban
22-10-2019 10:21
Kalo tanpa beban, Perppu KPK harusnya udah jadi dong? emoticon-Big Grin
Malah Perppu Bahasa Indonesia HAHAHA GOBLOK
0 0
0
Beratnya tugas kabinet tanpa beban
22-10-2019 09:36
partai pendukung pasti selalu dapat jatah
makanya gerindra pindah haluan emoticon-Leh Uga
0 0
0
Beratnya tugas kabinet tanpa beban
22-10-2019 00:05
yeeyy selamat ya boskuh, nice info BTW emoticon-Ultah
0 0
0
Beratnya tugas kabinet tanpa beban
21-10-2019 23:44
semua tuh harus bersatu, yg tadinya gondok2an pas pilpres kan bagusnya saling rangkul kerja bareng, demi indonesia satu. yang penting damai
0 0
0
Beratnya tugas kabinet tanpa beban
21-10-2019 22:32
apa apa an nih yakkk
0 0
0
Beratnya tugas kabinet tanpa beban
21-10-2019 21:43
Quote:Original Posted By papahjahat21
Ora dapat kursi Ora dukung
emoticon-Traveller


Quote:Original Posted By kamumaho21
Woy klon sape ni emoticon-Kagets

Pastina kepengen sesuatu itu partai partai


Bangcyaaatt angka 21 masih laris aje yee emoticon-Ngakak
0 0
0
Beratnya tugas kabinet tanpa beban
21-10-2019 21:35
Siapapun presidennya, sepertinya sulit kalo mayoritas menterinya pure profesional dan bukan kader partai. Bakalan dinyinyirin dan direcoki terus sama partai, akhirnya kerja terhambat mulu dan programnya ngga akan berhasil.

Kader2 partai kan masih banyak yg bekerja di tiap kementrian, ini bakalan ribut melulu sama mentrinya.
0 0
0
Beratnya tugas kabinet tanpa beban
Lapor Hansip
21-10-2019 21:25
Balasan post MirrorBoy
Quote:Original Posted By MirrorBoy
Lu semua musti inget dari 55% profesional itu ada yg namanya profesional partai emoticon-Traveller


Profesional tapi ada afiliasi ke partai
Hiya hiya hiya
0 0
0
Beratnya tugas kabinet tanpa beban
21-10-2019 21:21
ane merasa 2 periode ini bakal jadi periode yang paling-paling buanyak di bahas dalam buku sejarah beberapa tahun lagi, kenapa ?
ngerasa ga sih pas jaman Bapak atau Ibu presiden sebelumnya sepiral ini ?
0 0
0
Beratnya tugas kabinet tanpa beban
21-10-2019 20:19
Kalau tanpa beban itu pastinya ringan emoticon-Big Grin

Pastinya Jokowi ga nyusun kabinet sendirian. Ada penasihatnya yg punya andil besar
0 0
0
Beratnya tugas kabinet tanpa beban
21-10-2019 20:08
kawal terus. pengawalan ketat
0 0
0
Beratnya tugas kabinet tanpa beban
21-10-2019 20:05
pegang amanah rakyat... dzolim hati2, bisa mempertanggung jawabkan di akhirat kelak nanti emoticon-Takut (S)
0 0
0
Beratnya tugas kabinet tanpa beban
21-10-2019 20:03
kabinetnya merk apa bang, sm dapat darimana?
0 0
0
Beratnya tugas kabinet tanpa beban
21-10-2019 19:58
kabinet sekarang bisa semoga lebih melihat rakyat dan bisa meninggikan derajatnya agar bisa lebih berkualitas dan bisa makmur kedepannya , semoga
0 0
0
Beratnya tugas kabinet tanpa beban
21-10-2019 19:43
wah hrs dikawal nih.
0 0
0
Beratnya tugas kabinet tanpa beban
21-10-2019 19:33
Lu semua musti inget dari 55% profesional itu ada yg namanya profesional partai emoticon-Traveller
Diubah oleh MirrorBoy
profile-picture
Melodica.offici memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia