Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
0
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dad116ec0cad7608238beeb/saat-si-cengeng-beraksi
Sebenarnya Carisya anak yang manis. Pipinya gembil dan rambutnya ikal dengan kulit kuning langsat. Siapa pun bakal gemas melihatnya. Namun ada satu hal yang membuat Tiara, sang bunda, justru kesal dengan buah hatinya yang berusia 1 tahun itu. Apa itu? Carisya gampang sekali menangis atau ngambek. Tiada hari berlalu tanpa uraian air mata serta wajah cemberut lantaran mengambek. "Ihhh, kenapa s
Lapor Hansip
21-10-2019 09:01

Saat si Cengeng Beraksi

Sebenarnya Carisya anak yang manis. Pipinya gembil dan rambutnya ikal dengan kulit kuning langsat. Siapa pun bakal gemas melihatnya. Namun ada satu hal yang membuat Tiara, sang bunda, justru kesal dengan buah hatinya yang berusia 1 tahun itu. Apa itu? Carisya gampang sekali menangis atau ngambek. Tiada hari berlalu tanpa uraian air mata serta wajah cemberut lantaran mengambek. "Ihhh, kenapa sih kamu cengeng banget Sayang?" inilah keluhan Tiara saat berbagai cara tak mampu membujuk si kecil untuk diam atau sedikit lebih tenang.

Saat si Cengeng Beraksi

Cengeng! Inilah istilah yang pas untuk menggambarkan sikap seorang anak yang gampang menangis juga manja atau mudah tersentuh perasaannya karena sesuatu hal tertentu. Di usia bayi, si kecil menangis atau mengambek bukan semata-mata karena dia mudah tersentuh perasaannya atau cengeng. Dengan bersikap seperti itu, sebenarnya ada sesuatu yang ia ingin sampaikan kepada orang lain.

Pada 6-12 bulan, bayi menangis biasanya juga berkaitan perasaan cemas. Misalnya, dia tak melihat sang bunda di dekatnya. Atau saat si kecil sedang memainkan sesuatu, tapi tak bisa, maka ia akan cemas, frustrasi, dan menangis. Bisa menangis atau mengambek merupakan wujud dari perilaku si kecil yang ingin diperhatikan oleh Orang tuanya. Dan semakin bertambah usianya, misi si anak yang berperilaku cengeng berbeda—beda.

Namun secara umum anak bisa menjadi lebih cengeng saat berada dalam kondisi sakit, capek, atau ketika mereka sedang merasa takut dan tak berdaya. Tak hanya itu, di usia ini seorang anak sedang mengembangkan semua aspek dalam kehidupannya. Selain aspek psikomotorik dan intelektual, ia juga sedang mengembangkan aspek sosioemosionalnya. Si kecil bisa jadi akan mempelajari bagaimana perilaku dan reaksi dari orang orang terdekatnya, saat dia menangis atau mengambek.

Namun demikian, apakah perilaku gampang menangis atau mengambek menunjukkan si kecil berkarakter cengeng? Pada usia ini, anak masih dalam usia perkembangan. Menangis merupakan suatu ekspresi yang sangat wajar. Jadi sulit untuk mengatakan bahwa ia berkarakter cengeng. Bagaimanapun, anak sedang mengembangkan model kepribadiannya. Dan bagaimana karakter si kecil selanjutnya sangat dipengaruhi oleh pola asuh atau intervensi orangtuanya.

Hanya saja, ada tiga karakter dasar bayi. Ada bayi yang digolongkan sebagai anak mudah (easy child), ada bayi dengan kecenderungan lambat panas (slow to warm child), dan ada pula yang termasuk anak sulit (difficult child). Bayi dengan kecenderungan difficult child, biasanya sering teriak pada saat menangis, kerap bermasalah pada pola tidurnya, dan menolak bertemu orang lain. Sementara pada tipe easy child, bayi akan terlihat lebih tenang dan mudah beradaptasi dengan siapa pun. Sedang tipe slow to warm, yakni pertengahan dari kedua tipe tersebut. Anak dengan tipe ini umumnya mudah tersentak ketika tidur dan jika menangis tak meraung—raung.

Saat si Cengeng Beraksi

Itulah mengapa orangtua perlu lebih jeli melihat karakter dasar buah hatinya terkait dengan perilaku cengeng tentu saja. Tak sulit kok mengamatinya. Jika bukan karena hal—hal yang bersifat fisik, si kecil mudah menangis atau terkesan manja atau kerap rewel, kemungkinan besar ia tergolong anak sulit. Dalam kasus Carisya, bisa jadi ia berperilaku cengeng karena ada kecenderungan difficult child.

Bingung juga ya melihat anak seusia Carisya yang mudah menangis bila ada sesuatu yang tak sesuai keinginannya. Apalagi jika tangisannya diiringi jeritan, pukulan, dan tendangan. Sebenarnya tak ada masalah dengan bayi cengeng. Hanya saja orangtua memang perlu sedikit bersabar menghadapi perilakunya tersebut. Bagaimanapun, anak sebaiknya tak boleh dibiarkan menangis atau mengambek terlalu lama. Kondisi ini tentu akan berpengaruh kepada proses attachment si kecil dengan orangtuanya. Bila dibiarkan terlalu lama menangis misalnya, bayi akan merasa in secure atau tak aman dengan lingkungannya.

Agar itu tak tak terjadi, orangtua sebaiknya mencari tahu lebih dulu penyebab cengeng si kecil. Ini penting agar orangtua lebih siap dan bisa mengantisipasi bila perilakunya itu muncul. Tak hanya itu, orang tua juga harus tahu kebutuhan anak, apa yang membuat anak nyaman. Jadi jangan menunggu anak berperilaku cengeng dulu baru bereaksi. Orangtua harus proaktif. Misalnya katakan, "Kamu mau apa, Nak?" saat melihat anak dengan gelagat tertentu.

Selain itu, orang tua juga perlu mengajak anak berkomunikasi dan membantunya untuk dapat mengekspresikan keinginan dan perasaannya secara lebih baik tanpa harus menangis atau mengambek. Bayi memang belum bisa berkomunikasi secara verbal. Namun lambat laun dia akan belajar dari sikap konsisten orangtuanya.

Saat si Cengeng Beraksi

Jangan lupa juga, bila anak menggunakan sikap cengengnya sebagai 'semata' untuk mendapatkan apa yang diinginkannya dari orangtua, hal pertama yang perlu dilakukan orangtua adalah menjaga agar jangan sampai emosi orangtua terpancing dengan perilaku anak. Sabar dan sabar! Inilah hal yang perlu disiapkan orangtua menghadapi si kecil yang cengeng.


Quote:SAAT si cengeng BERAKSI
1. Hadapi aksi cengeng si kecil dengan tenang. Tetap konsisten pada keputusan ibu, tapi pahami juga apa yang ia inginkan.
2. Tetaplah berada di samping bayi dan mengajaknya berbicara. Katakan misalnya. "Upik mau apa, Sayang?" Dengan cara ini, diharapkan sikap cengeng si kecil perlahan berkurang.
3. Kerap sikap cengeng diiringi perilaku negative lain seperti menjerit atau memukul, Bila ini yang terjadi, segera hampiri lalu beri sentuhan dan pelukan hangat.
4. Berilah si kecll 'hadiah' jika berhasil melakukan sesuatu tanpa cengeng. Baik berupa pujian atau mainan kesukaannya. Bila keadaan membaik, hindari memberinya predikat 'si cengenq'.






profile-picture
tata604 memberi reputasi
1
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia