alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
94
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5da7e8944601cf6ef26e519e/tak-beri-izin-demo-di-pelantikan-presiden-kapolri-buka-bukaan-soal-risiko
Kapolri menegaskan tak ingin mengambil resiko dicap sebagai bangsa yang buruk jika dalam hari pelantikan Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) terjadi kekacauan akibat unjuk rasa.
Lapor Hansip
17-10-2019 11:05

Tak Beri 'Izin' Demo di Pelantikan Presiden, Kapolri Buka-bukaan Soal Risiko

Past Hot Thread
Tak Beri 'Izin' Demo di Pelantikan Presiden, Kapolri Buka-bukaan Soal Risiko

Jakarta - Kapolri Jenderal Tito Karnavian menegaskan Polri tak ingin mengambil resiko dicap sebagai bangsa yang buruk jika dalam hari pelantikan Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) terjadi kekacauan akibat unjuk rasa. Hal itu disampaikan Tito saat menanggapi perihal tak terbitnya surat tanda terima pemberitahuan (STTP) unjuk rasa jelang dan saat hari pelantikan.

Untuk diketahui, pihak yang hendak melakukan mobilisasi massa dan berunjuk rasa wajib memberikan surat pemberitahuan ke pihak kepolisian. Jika tidak, maka aparat berwenang membubarkan kerumunan massa.

"Saat hari pelantikan adanya tamu-tamu negara akan hadir. Ada kepala negara, kepala pemerintahan dan utusan khususnya. Ini menyangkut harkat dan martabat bangsa," kata Tito di lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Kamis (17/10/2019).

Tito menuturkan Indonesia harus dihargai sebagai bangsa yang besar, tertib dan damai. Dan untuk menunjukkan hal tersebut kepada dunia, salah satunya dengan cara menjaga situasi agar tetap kondusif dan melakukan langkah pencegahan.

"(Indonesia) bukan (negara) yang kacau, rusuh seperti di Afganistan, Suriah dan lain-lain. Untuk bisa menunjukkan itu, momentum (pelantikan Presiden) ini akan jadi momentum internasional, semua media melihat dan mata internasional akan melihat. Kita tidak ingin menanggung risiko bangsa kita dicap buruk," tegas Tito.

Tito menerangkan kerumunan massa berisiko ditunggangi pihak-pihak tertentu yang tak ingin unjuk rasa berakhir damai. Oleh sebab itu, Tito mengimbau untuk kelompok-kelompok masyarakat tak melakukan mobilisasi massa.

"Kita ingin mengimbau masyarakat untuk sebaiknya tidak melakukan memobilisasi massa, karena mobilisasi massa memiliki psikologi crowd, crowd mudah sekali berubah menjadi massa yang rusuh dan anarkis," terang Tito.

"Pengalaman kita selama ini, kita lihat beberapa kali terjadi, kita lihat sendiri demonya kan saat pagi adik-adik mahasiswa aman-aman saja, malamnya mulai lempar batu, bakar, segala macam dengan senjata-senjata yang mematikan dan berbahaya, dan merusak fasilitas umum," sambung Tito.

Tito pun mengakui tak ingin kecolongan lagi. Lebih baik, tutur dia, aparat mengambil langkah preventif dengan diskresi kepolisian yakni tak menerbitkan STTP unjuk rasa.

"Kita kembali pada aturan. Supaya pelanggaran tidak terjadi kan ada dua, melakukan tindakan preventif dan penegakan hukum. Kalau data intelijen sudah memahami akan ada potensi aksi anarkis, masa kita diamkan, masa kita reaktif menindak, nanti salah lagi. Maka kita gunakan diskresi," tandas Tito.

Sebelumnya Kadiv Humas Polri Irjen Mohammad Iqbal menyinggung lima aspek yang harus ditaati dalam kegiatan unjuk rasa. Sayangnya, kelima aspek tersebut dilanggar dalam aksi massa yang terjadi beberapa waktu ini.

"Ingat di Pasal 6-nya ada limitatif, warga negara wajib mematuhi Pasal 6 tersebut, bunyinya ada lima aspek yaitu menghormati hak dan kebebasan orang lain, macet saja itu tidak menghormati apalagi mobil-mobil sipil dipukuli dan sebagainya," papar Iqbal di Hotel Cosmo Amarossa, Jalan Pangeran Antasari, Jakarta Selatan, Rabu (16/10).

Aspek kedua adalah menghormati aturan-aturan moral yang berlaku secara umum. Kemudian menaati hukum dan undang-undang yang berlaku. Selanjutnya menjaga keamanan dan ketertiban. Aspek terakhir, menjaga keutuhan dan persatuan bangsa.

"Demo 30 September anarkis. Saya tidak usah menjelaskan, tapi bisa dilihat ditayangan TV, apa itu aspirasi menyampaikan pendapat di muka umum berarti dengan perusakan, pembakaran dan sebagainya? Saya tidak tunjuk siapa pelakunya, tapi itu jelas dan yakin bukan adik-adik mahasiswa, tapi perusuh yang mendompleng," ucap Iqbal kemarin.


Tak Beri 'Izin' Demo di Pelantikan Presiden, Kapolri Buka-bukaan Soal Risiko

catatan gw, (1) gak ada jaminan bhw demo tidak akan berakhir anarkis. (2) demo jelas mengorbankan kebebasan orang lain. (3) demo rawan disusupi oleh penunggang gelap. (4) kalau demonya menjelang pelantikan presiden - wapres terpilih berarti sudah direncanakan jauh-jauh hari dan kemungkinan besar ada udang di balik bakwan. (5) etc.
Diubah oleh munarmansh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
LZS dan 23 lainnya memberi reputasi
24
Halaman 1 dari 5
Tak Beri 'Izin' Demo di Pelantikan Presiden, Kapolri Buka-bukaan Soal Risiko
17-10-2019 11:08
Alaaaaaaaaaaaaaaaa mana yg bener, kemarin joko bilang demo itu hak konstitusional emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lucifellshinz31 dan 9 lainnya memberi reputasi
7 3
4
Tak Beri 'Izin' Demo di Pelantikan Presiden, Kapolri Buka-bukaan Soal Risiko
17-10-2019 11:13
kalau demonya menjelang pelantikan presiden - wapres terpilih berarti sudah direncanakan jauh-jauh hari dan kemungkinan besar ada udang di balik bakwan.

kalau ga jauh2 hari ga bisa bikin ijin polisi dong gan ?
kalau dadakan ga pake ijin polisi boleh gan ?
kalau dadakan pake ijin polisi boleh gan ?

wah agan Marty Mcfly tahu demo disusupi emoticon-thumbsup
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 2 balasan
Tak Beri 'Izin' Demo di Pelantikan Presiden, Kapolri Buka-bukaan Soal Risiko
17-10-2019 11:20
ga ada bedanya dengan kasus wamena
demi mencegah hoax
terpaksa internet di blokir

nasbung pengkhianat negara lgsg teriak2 kesurupan
setelah di buka
benar saja
hoax lgsg tersebar di papua
dan terjadi kerusuhan

skrg nasbung pengkhianat negara mau gunakan cara yg sama
di tolak demonya hanya di hari pelantikan
dan koar2
biar ada kesempatan rusuh dan bom sana sini

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
samradler dan 11 lainnya memberi reputasi
11 1
10
Lihat 5 balasan
Tak Beri 'Izin' Demo di Pelantikan Presiden, Kapolri Buka-bukaan Soal Risiko
17-10-2019 11:23
udah jangan d kasih izin
emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan extreme78 memberi reputasi
2 0
2
Tak Beri 'Izin' Demo di Pelantikan Presiden, Kapolri Buka-bukaan Soal Risiko
Lapor Hansip
17-10-2019 11:25
Balasan post anarchy0001
Quote:Original Posted By anarchy0001
kalau demonya menjelang pelantikan presiden - wapres terpilih berarti sudah direncanakan jauh-jauh hari dan kemungkinan besar ada udang di balik bakwan.

kalau ga jauh2 hari ga bisa bikin ijin polisi dong gan ?
kalau dadakan ga pake ijin polisi boleh gan ?
kalau dadakan pake ijin polisi boleh gan ?

wah agan Marty Mcfly tahu demo disusupi emoticon-thumbsup


kemaren di talkshow yasonna mendebat mahasiswa bahwa demo ditunggangi

kemudian mahasiswa tetap kukuh bahwa demo mereka tidak ada yang menunggangi

yasonna membalas : kemudian kalian bakar bakar pos polisi dan lain lain itu , apakah memang mau kalian seperti itu ?

mahasiswa menjawab : itu bukan kami.


jadi ya benar memang ditunggangi, ada yang memanfaatkan kesempatan ketika demo besar, membuat rusuh secara gerilya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
misstumbler dan 26 lainnya memberi reputasi
27 0
27
Tak Beri 'Izin' Demo di Pelantikan Presiden, Kapolri Buka-bukaan Soal Risiko
17-10-2019 11:26
udah pas lah itu jangan kasih izin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Tak Beri 'Izin' Demo di Pelantikan Presiden, Kapolri Buka-bukaan Soal Risiko
17-10-2019 11:32
Selamat menjalankan tugas buat TNI-Polri dalam rangka menjaga keamanan jelang pelantikan Presiden-Wapres terpilih.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Tak Beri 'Izin' Demo di Pelantikan Presiden, Kapolri Buka-bukaan Soal Risiko
17-10-2019 11:38
wah Kemaren yg bilang Jokowi Boleh Demo lah koq dilatang sekarang
SANDIWARA emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 3 lainnya memberi reputasi
3 1
2
Lihat 1 balasan
Tak Beri 'Izin' Demo di Pelantikan Presiden, Kapolri Buka-bukaan Soal Risiko
Lapor Hansip
17-10-2019 11:55
Balasan post SyncMaster753
Tangkap gan yang membakar, itu oknum mahasiswa emoticon-Smilie
Tangkap mereka yang menunggangi emoticon-Smilie

Semoga kedepan menyampaikan aspirasi bisa lebih tertib, baik, didengar, aman, nyaman dan diijinkan juga emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liee dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Tak Beri 'Izin' Demo di Pelantikan Presiden, Kapolri Buka-bukaan Soal Risiko
Lapor Hansip
17-10-2019 11:56
Balasan post pisangkepok008
Quote:Original Posted By pisangkepok008
wah Kemaren yg bilang Jokowi Boleh Demo lah koq dilatang sekarang
SANDIWARA emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga


Sekarang dilarang karena terdeteksi ada penunggang yg nyiapin bom kimia beracun
Gpp lah dicap sandiwara soalnya mempertaruhkan nyawa ratusan ribu orang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
LZS dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Tak Beri 'Izin' Demo di Pelantikan Presiden, Kapolri Buka-bukaan Soal Risiko
17-10-2019 12:04
Kok gak ada pesta rakyat menyambut kemenangan presiden baru emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Tak Beri 'Izin' Demo di Pelantikan Presiden, Kapolri Buka-bukaan Soal Risiko
17-10-2019 12:17
dibolehin aja, cuma surat nya diminta kasih tambahan, kalau sampai ada pengerusakan pihak pendemo siap nanggung emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Tak Beri 'Izin' Demo di Pelantikan Presiden, Kapolri Buka-bukaan Soal Risiko
17-10-2019 12:43
paginya damai, malamnya rusuh.....emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Tak Beri 'Izin' Demo di Pelantikan Presiden, Kapolri Buka-bukaan Soal Risiko
17-10-2019 12:51
Selamat datang di negara korutailanesia


emoticon-Big Grin
Diubah oleh Newbie2010
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
1 0
1
Tak Beri 'Izin' Demo di Pelantikan Presiden, Kapolri Buka-bukaan Soal Risiko
17-10-2019 14:37
wkwkwk
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
1 0
1
Tak Beri 'Izin' Demo di Pelantikan Presiden, Kapolri Buka-bukaan Soal Risiko
17-10-2019 14:39
Welcome to indonesia, where many people also doing something stupidemoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Newbie2010 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Tak Beri 'Izin' Demo di Pelantikan Presiden, Kapolri Buka-bukaan Soal Risiko
17-10-2019 14:45
udeh anjir kubu pemerintah sama pndukungnya emang paling salah , opisisi yang paling bener emoticon-Kiss
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan extreme78 memberi reputasi
2 0
2
Tak Beri 'Izin' Demo di Pelantikan Presiden, Kapolri Buka-bukaan Soal Risiko
17-10-2019 14:47
good job lah kapolri jgn kasi izin. lagian mahasiswa belajar bukan demo. demo demo terus kapan belajarnya. perlu anda pahami mahasiswa2 indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darwinsilb dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Tak Beri 'Izin' Demo di Pelantikan Presiden, Kapolri Buka-bukaan Soal Risiko
17-10-2019 14:48
Dari pihak mahasiswa udah jelas kok klarifikasi bahwa tuntutan mereka gak ada penggagalan pelantikan Jokowi. Jadi, jangan bawa narasi bahwa aksi mahasiswa punya substansi untuk menyingkirkan Jokowi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Tak Beri 'Izin' Demo di Pelantikan Presiden, Kapolri Buka-bukaan Soal Risiko
17-10-2019 14:51
Mari sukseskan pelantikan, agar Negara bisa kondusif dan berjalan maju ke depan ...
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.