• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • 3 Langkah Nyata Endank Soekamti Hantarkan Mereka Sesukses Sekarang Ini

whitehatsAvatar border
TS
whitehats
3 Langkah Nyata Endank Soekamti Hantarkan Mereka Sesukses Sekarang Ini
Berbicara tentang lagu dari Endank Soekamti, Sampai Jumpa jadi salah satu karya mereka yang begitu banyak dikenal oleh para penikmat musik tanah air, apalagi untuk Kaskuser yang memang tergabung dalam 'KAMTIES FAMILY'.

Quote:


Industri musik punya banyak hal yang bisa dikulik untuk diobrolin di forum kita tercinta ini. Mulai dari hal personil band, gosip musisi, album terbaru, proses produksi video klip musik, hingga masalah marketing dan distribusi yang tak kalah seksi untuk dikupas. Kecanggihan dan kemajuan digital bisa dibilang tak seluruhnya membuat pelaku musik itu hepi, pasalnya apabila band/musisi tersebut tidak dapat beradaptasi dengan perubahan jaman, maka besar kemungkinan band tersebut akan sedikit kesulitan untuk bersaing dengan band lain ataupun pendatang baru. Hari ini, khusus edisi kali ini akan membahas tentang Endank Soekamti, band indieyang berasal dari 'Kota Gudeg'. 



Ditengah kabar industri musik yang sedang sedikit redup, kabarnya band asal Yogyakarta ini malahan memetik kesuksesan. Nah, sisi ini rasanya menarik nih untuk dikulik dan jadi obrolan yang asik. Dari beberapa sumber yang ane baca, ada beberapa langkah yang dilakukan oleh Erix cs hingga kesuksesan pun bisa mereka genggam. 


1. Keluar dari Label dan Mencoba Mandiri
Satu dasawarsa yang lalu (ketika ts masih jadi anak band), bisa masuk ke salah satu label rekaman adalah sebuah mimpi yang susah banget untuk dicapai. Selain persaingan yang ketat, belum lagi group band harus mengikuti dengan kemauan dari label tersebut. Bertentangan dengan ane sendiri, pada tahun 2011 Endang Soekamti memutuskan untuk keluar dari label yang menaunginya. Mereka lebih memilih jalan mandiri dengan mendirikan label bernama Euforia Record yang meladeni kebutuhan audio dan visual. 


2. Memanfaatkan Media Sosial
Bagi para generasi lama, masih kebayang kah di tahun awal 2005 atau 2006 dengan kemunculan media sosial? dimana jadi masa awal kita mengenal dunia berinteraksi dengan orang lain di jagadraya maya guna menjalin hubungan kekerabatan ataupun pertemenan. Hal itu pun juga dilakukan oleh Endank Soekamti yang juga menerapkan strategi digital dengan memanfaatkan media sosial sebagai salah satu channel untuk marketing dan distribusi konten promosi. Tak sekedar promosi, namun media sosial juga menjadi channel untuk optmisasi untuk menggaungkan karya Erix cs. Beberapa channel seperti Instagram, YouTube, Instagram, Twitter, dan website jadi channel untuk distribusi konten yang berhubungan dengan karya mereka buat.


3, Imajinasi dalam Berkarya, dan Inovasi dalam Memasarkan Karya
Ketika sebuah band tergabung dalam sebuah label pasti segala sesuatunya akan diurus oleh tim label itu sendiri, mulai dari recording, editing/mastering, hingga dengan proses penjualan album. Ditengah gempuran dunia digital yang begitu pesat, dan terpuruknya penjualan fisik dari musik, Endank Soekamti seakan tak mati cara dalam memasarkan karya yang mereka buat. Beberapa terobosan pun mereka lakukan, diantaranya adalah dalam hal promosi ataupun penjualan. Sebagai contoh nih gan, pada album '8' milik endank Soekamti, mereka membuat web series dalam bentuk visual (video) yang dipublish melalui channel YouTube. Web series tersebut merupakan dokumentasi dari proses pembuatan album tersebut. Kalau dalam ilmu marketing, secara stage ini udah dapaet banget! Dimana audience sudah mendapatkan perhatian dari konten tersebut. Meskipun dalam funnel-nya masih dalam TOFU (Top Of Funnel). Selain awareness, engagement dari para audience pun secara terbentuk hingga share of voiceataupun pembicaraan tentang Endank Soekamti pun akan ikut naik.



Dalam hal pemasaran, jauh sebelum ada box set yang dilakukan oleh artis jaman now, rasanya Endank Sekamti sudah duluan melakukan penjualan dalam sistem box set. Tentu di tahun segitu, terobosan yang kayak gini jadi hal menarik, faktanya tak hanya soal penjualan CD dari album saja yang terjual, namun perintilan lain seperti novel, sertifikat kepemilikan, bahkan kalung army pun menjadi salah satu item yang terdapat dalam box set tersebut. emoticon-Wow

Tentu beberapa langkah yang diambil oleh band kenamaan asal Yogyakarta ini patut diacungi empat jempol gan, dimana langkah yang diambil pada tahun 2011 tersebut sepertinya jadi momentum untuk mengantarkan mereka kepada kesuksesan yang lebih. Selain itu, juga pastinya ada andil dari tiap personil mereka yang tetap bersemangat dan getol dalam berkarya. Agan Sista sendiri member dari 'Kamties Family'? Yuk join bareng Kamties lainnya dengan merapat ke HobbyGround pada 2 - 3 November di Plaza Barat, Senayan, Jakarta



Tiketnya Murmer koq gan, masih berlaku tuh Tiket Presale dengan harga Harga Rp. 50.000, dengan begitu agan bisa menyaksikan langsung aksi panggung dari Endank Soekamti. Untuk informasi lebih lanjut tentang tiket HobbyGround, GanSis bisa simak detilnya dengan meluncur ke https://hobbyground.kaskus.co.id/





Diubah oleh whitehats 16-10-2019 10:55
ceuhettyAvatar border
sebelahblogAvatar border
zafinsyurgaAvatar border
zafinsyurga dan 7 lainnya memberi reputasi
8
13.7K
73
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.