alexa-tracking
Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
99
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5da492d0018e0d5ece1953c2/post-anime-depression-syndrome-dan-cara-mengatasinya
PADS atau Post Anime Depression Syndrome adalah perasaan depresi yang dialami setelah menamatkan suatu anime, baik itu serial atau movie. Meskipun hanya muncul sementara dan nggak permanen, tapi gejala ini harus diatasi karena cukup mengganggu.
Lapor Hansip
14-10-2019 22:22

Post Anime Depression Syndrome dan Cara Mengatasinya

Past Hot Thread
Post Anime Depression Syndrome dan Cara Mengatasinya


Pernahkah agan-agan mengalami kekosongan atau kesedihan setelah menamatkan suatu anime? Saat menonton K-ON, sedihnya para anggota klub yang berpisah setelah lulusan bisa dirasakan dengan jelas. Atau saat menonton Code Geass, pengorbanan Lelouch bikin kebayang-bayang sampai empati kita tak terbendung. Lalu saat menyadari semua itu telah berakhir, kita merasa hampa. Kalau agan-agan pernah merasakan hal-hal seperti itu, mungkin saja agan sedang terkena Post Anime Depression Syndrome, atau disingkat PADS. 

Mengutip dari Urbandictionary, PADS adalah perasaan depresi yang dialami setelah menamatkan suatu anime, baik itu serial atau movie. Setelah menamatkan yah gan, bukan di tengah-tengah seri atau setelah episode tertentu. Itu beda. Gejala-gejala yang umumnya muncul meliputi:
- Merasa sedih

- Merasa hampa

- Kurangnya motivasi

- Bosan

- Merenung lebih banyak dari biasanya

- Melamun


PENYEBAB

Post Anime Depression Syndrome dan Cara Mengatasinya


Meskipun tidak terbatas dari hal-hal berikut, PADS seringkali disebabkan oleh:

- Menonton anime yang kita anggap sangat bagus. Saking bagusnya, kadang ceritanya bisa mengalihkan duniamu. Namun tidak semua anime yang bagus dapat menyebabkan PADS. Konteks ceritanya pun bisa menjadi faktor. Semisal ceritanya tentang sekolahan maka bisa lebih relatable, atau tentang adventure maka sering kali bisa menjadi pelarian hidup.

- Terlalu terhubung dengan karakter anime. Biasanya karakter yang sangat berkesan sewaktu menonton, sehingga dapat mengisi apa yang kosong dalam kehidupan kita. Berharap dan atau menganggap karakter tersebut nyata adanya. Dan saat kita menyadari karakter tersebut fiktif, maka gejala PADS akan menguat. Anime-anime romance ini yang sering bikin begini. Biasanya sih mengharapkan si heroine jadi waifu abadi nan nyata. 

- Anime dengan ending yang sangat berkesan, entah itu bagus banget atau jelek banget. Kalau jelek banget, maka kita enggak merasa terpuaskan dan menginginkan ending alternatif yang sesuai ekspektasi kita. Sedangkan kalau endingnya bagus banget, akan merasa denial dan tidak mau berakhir. Ini yang paling sering. Anime dengan implicit ending juga sering meninggalkan PADS, karena banyak meninggalkan ruang untuk perkembangan cerita.

- Anime yang menggantung. Meskipun ane enggak sering merasakan PADS karena faktor ini, tapi anime yang ngegantung itu sangat memungkinkan untuk menyebabkan PADS karena cliffhanger yang diterima. Banyak juga kan anime yang ending-nya setengah-setengah, dan malah terasa clickbait banget. Iya enak kalo emang ada sekuelnya. Lha kalo ternyata gak ada sama sekali? Frustasi deh.

PENTINGNYA MEMAHAMI PADS

Post Anime Depression Syndrome dan Cara Mengatasinya


Sindrom ini meskipun sering dianggap remeh oleh orang awam (malah kayaknya banyak yang enggak tau), namun pengaruhnya begitu nyata di kalangan para wibu. Gelajanya bisa saja variatif tergantung orang dan tontonannya. PADS bisa saja mengambil bagian penting dalam keseharian kita dan menjadikannya sia-sia. PADS ini hanya muncul sementara dan enggak permanen. Namun meskipun begitu bisa saja mengganggu aktivitas di RL serta menurunkan kualitas hidup. Dengan semua konotasi negatif yang menempel pada PADS, sebenarnya PADS itu membuktikan bahwa suatu anime sangat berhasil memberikan kesan yang mendalam hingga penontonnya selalu terbayang, atau bahkan dunianya terasa begitu nyata, serta karakter-karakternya begitu hidup. Anime-anime seperti itu tentunya patut diacungi jempol.

CARA MENGATASINYA

Post Anime Depression Syndrome dan Cara Mengatasinya


Mengalami PADS bisa menjadi pengalaman yang cukup menyebalkan karena bisa membuat mood turun. Maka dari itu diperlukan tindakan penanganan yang tepat guna. Berikut merupakan tips-tipsnya.

1. Alihkan pikiranmu dan move on
Quote:Cara ini merupakan cara yang paling mudah dan efeknya signifikan. Bisa dengan mengalihkan pikiran pada pekerjaan, tidur, melakukan sesuatu yang enggak biasa semacam uji nyali di kuburan untuk memompa adrenalin. Pokoknya lakukan sesuatu yang bisa menggantikan pemikiran mendalam. Sibukkan raga serta berkomunikasi dengan orang lain merupakan cara yang paling ampuh sepengalaman ane, sampai PADS itu hilang dengan sendirinya. Bagi yang sudah punya pasangan, manfaatkan pasangan agan. Ajak curhat atau jalan bisa menjadi pengalih yang sangat ampuh. 


2. Tonton anime yang lain
Quote:Agan juga bisa mengubah mood dengan menonton anime yang lain yang genre dan temanya berbeda. Kenapa? Karena hal ini bisa menjadi penyegar supaya agan menyadari bahwa tontonan yang membawakan PADS itu hanya sekadar fiksi dan tak lebih. Anime tersebut hanya satu diantara banyak anime lainnya. Dengan cara ini gejala PADS akan berangsur turun. Namun kekurangannya cara ini bisa menimbulkan efek samping, yaitu ketagihan nonton. Ini yang cukup berbahaya karena bisa-bisa lupa waktu dan prioritas. Jadi agaknya tetap direm yah nontonnya.


3. Obsesikan saja sampai muak
Quote:Cara ini dilakukan dengan beberapa metode. Bisa rewatch sesaat setelah menamatkan anime tersebut, atau lanjut baca manga nya kalo ada. Atau bisa juga dengerin OST-nya sampai bosan. Enggak terlalu ane rekomendasikan sih karena bisa memakan waktu yang cukup banyak. Namun kadang dengan cara ini kita bisa meredakan gejala PADS. Cara ini ane lakukan dulu waktu sehabis nonton Clannad After Story. Ane kena PADS selama 3 bulan dan dalam kurun waktu itu ane dengerin BGM-nya sampai sebosan-bosannya. And it worked.

Bisa juga dengan membaca segala sesuatu yang berhubungan dengan anime itu. Bisa fan theory, review, doujinshi. Terkadang, membeli merch juga cara yang cukup jitu untuk mengobati kesepian itu. Menonton AMV atau MAD juga bisa tuh, atau cover lagunya di yutub. Nanti juga bosan sendiri.


4. Tuliskan, gambarkan, ungkapkan, diskusikan
Quote:Kapanpun agan gak bisa tidur karena kepikiran anime, ada baiknya curahkan emosi yang terpendam tersebut. Tulislah review atau fanfiction. Kalo yang suka menggambar bisa juga tuh bikin fanart, malah lebih kreatif. Banyak wadah di medsos atau forum seperti Kaskus ini. Cari aja threadnya, lalu tuliskan. Fanstuff juga ada tuh sf-nya, silahkan maen kesitu sekali-kali. Kalo ada yang perlu didiskusikan, diskusikan disana niscaya para penghuni forum yang ramah akan berdatangan. Enggak usah ragu-ragu mengungkapkan bahwa sedang kena PADS karena anime ini anime itu, karena sebenarnya itu adalah pujian terbesar untuk anime tersebut.


5. Pantangan-pantangan
Quote:Jangan menunda-nunda menonton ending atau epilog, karena secara tidak sadar pikiran agan menyetting mood yang bisa menimbulkan PADS makin parah. Kelarin aja langsung supaya enggak terlalu diantisipasi. Setelah menyelesaikan animenya, jangan simpan begitu saja kegundahannya, karena lama-kelamaan bisa menumpuk, sembuhnya juga lama. Dengan membuka diri untuk lingkungan sekitar, maka energi positif juga akan menggantikan negatif di dalam tubuh. Karena pada akhirnya manusia itu makhluk sosial, meskipun banyak yang enggak cocok berkomunikasi dengan orang lain. Namun agaknya berkumpul dengan sejenisnya akan bisa memudahkan kita untuk membuka diri dan terus melangkah.


FINAL THOUGHTS

Well demikianlah tips-tips untuk mengatasi PADS. Tidak semua orang pernah mengalaminya. Hal ini bergantung pada kemampuan pengendalian emosi seseorang tersebut. Kalo agan termasuk yang enggak pernah mengalaminya, maka bersyukurlah karena mempunyai kestabilan emosi. Sedangkan bagi yang mengalami PADS, semoga tulisan di atas cukup membantu.

Banyak sekali anime yang bisa menyebabkan sindrom ini. Biasanya sih anime dengan tema real life atau school mungkin sekali menyebabkan PADS karena dunianya sangat bisa diterima, dan memang pernah merasakannya. Anime-anime buatan Key (Air, Clannad, Angel Beats), Violet Evergarden, Nagi no Asukara, Aria series, KimiUso, Your Name, ini nyata banget bagi ane pribadi. Yang terbaru ini Sound! Euphonium juga masih kerasa. So, anime-anime apakah yang menyebabkan agan-agan mengalami PADS? Share aja pengalamannyaemoticon-Big Grin
Sekian.

El.Psy. Kongroo.
Diubah oleh arai01
profile-picture
profile-picture
profile-picture
arya333 dan 14 lainnya memberi reputasi
13
Halaman 1 dari 6
Post Anime Depression Syndrome dan Cara Mengatasinya
14-10-2019 22:23
reservd.
profile-picture
comrade.frias memberi reputasi
1 0
1
Post Anime Depression Syndrome dan Cara Mengatasinya
14-10-2019 23:27
Inimah awal-awal gua nonton anime sering begini. emoticon-Malu

Sekarang mah beda. Udah ending mah udah bodo amat. Yaudah animenya cuma sampe sini, gak pernah ngarepin season selanjutnya.
emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
Killerqyeen dan grenademan24 memberi reputasi
1 1
0
Post Anime Depression Syndrome dan Cara Mengatasinya
15-10-2019 01:13
Ane: 2, 3, and 4. Wkwkwkwkwk...

Pokokke langsung nonton yang lain.

Kalo ada manga/LN nya, dilanjutin ke sono. Ahahaha...

Kepoin sampe mampus tentang tu anime.

Heboh/curcol ke temen.

LLOLL.

Tentu saja kejadian di atas berlaku kalo animenya bener bener sesuatu/bagus buat ane. Bisa semuanya terjadi, bisa salah satu/salah duanya dari 3 hal itu aja. Ahahaha...
profile-picture
profile-picture
Killerqyeen dan grenademan24 memberi reputasi
1 1
0
Post Anime Depression Syndrome dan Cara Mengatasinya
15-10-2019 05:08
Tidak pernah mengalami emoticon-Kagets
profile-picture
profile-picture
Killerqyeen dan grenademan24 memberi reputasi
1 1
0
Post Anime Depression Syndrome dan Cara Mengatasinya
15-10-2019 06:46
habis nonton violet evergarden nih kena PADS emoticon-Cape deeehh
profile-picture
profile-picture
Killerqyeen dan grenademan24 memberi reputasi
1 1
0
Post Anime Depression Syndrome dan Cara Mengatasinya
15-10-2019 07:11
Quote:Original Posted By wahyuraharjo

Sekarang mah beda. Udah ending mah udah bodo amat. Yaudah animenya cuma sampe sini, gak pernah ngarepin season selanjutnya.
emoticon-Cool

Ya semakin dewasa maka semakin stabil emosinya. Biasanya kalo yang sudah kerja atau ada tanggungan jarang kena ini
Quote:Original Posted By MarchelinaElin

Tentu saja kejadian di atas berlaku kalo animenya bener bener sesuatu/bagus buat ane. Bisa semuanya terjadi, bisa salah satu/salah duanya dari 3 hal itu aja. Ahahaha...

Kalo gejalanya muncul semua berarti menghayati banget nih enteemoticon-Ngakak (S)
Quote:Original Posted By comrade.frias
Tidak pernah mengalami emoticon-Kagets

Bersyukur aja gak pernah kena. Brarti kendali emosinya udah matangemoticon-Kagets
Tapi anda berarti bukan bagian dari kamiemoticon-Roll Eyes (Sarcastic)
Quote:Original Posted By thesabilfamily2
habis nonton violet evergarden nih kena PADS emoticon-Cape deeehh

Ha ini ntar juga ilang gan. Ikuti aja tipsnya
profile-picture
comrade.frias memberi reputasi
1 0
1
Post Anime Depression Syndrome dan Cara Mengatasinya
15-10-2019 12:17
Gue cuma suka berkaca2 aja bre kalau endingnya tuh kayak one-sided love atau cinta yang terpaksa tak terbalas karena sebab2 eksternal. emoticon-Ngakak

Tapi aneh sih di sf anime. Gue nyari rekomendasi manga bertema reverse age-gap / older woman younger man yg bagus malah gak ada. Keknya emang topik yang tabu bgt yak?emoticon-Ngakak
Diubah oleh esaka.kedua
profile-picture
profile-picture
Killerqyeen dan grenademan24 memberi reputasi
1 1
0
Post Anime Depression Syndrome dan Cara Mengatasinya
15-10-2019 14:47
Quote:Original Posted By arai01
Bersyukur aja gak pernah kena. Brarti kendali emosinya udah matangemoticon-Kagets
Tapi anda berarti bukan bagian dari kamiemoticon-Roll Eyes (Sarcastic)


Berarti kamu …… emoticon-Malu
0 0
0
Post Anime Depression Syndrome dan Cara Mengatasinya
15-10-2019 15:14
ane uda muak sama anime harem atau cinta cintaan
Post Anime Depression Syndrome dan Cara Mengatasinya

kalo diinget kterlaluan emang pads , halu abis brayy, omong kosong kalo ga ada yg ga ngalamin emoticon-Leh Uga

tapi ane udah bisa move on, ada bini sama ternak yg harus diurus bray emoticon-Leh Uga
Diubah oleh leh..uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Killerqyeen dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Post Anime Depression Syndrome dan Cara Mengatasinya
15-10-2019 15:25
bray kasih rekomen anime kocak dong, yg bikin banyak ngakak cem konosuba , buat tontonan ane sama bini , biar makin awet muda dan bahagia emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
grenademan24 dan teofilusSW memberi reputasi
2 0
2
Post Anime Depression Syndrome dan Cara Mengatasinya
15-10-2019 16:16
Makanya waktu ane depresi ane ngehindari anime kayak Asaburu wkwkwkwk akhirnya nonton Senko-san.
profile-picture
profile-picture
Killerqyeen dan grenademan24 memberi reputasi
1 1
0
Post Anime Depression Syndrome dan Cara Mengatasinya
16-10-2019 08:38
biasanya mudah terjangkit apabila seri yg ditonton secara marathon, tdk hanya berlaku pada anime, tp film2 seri sperti seri barat maupun drakor... biasanya berasa hampa, bingung, tanpa tujuan, merenung , kemudian lanjut seri lainnya..emoticon-Hammer
profile-picture
profile-picture
Killerqyeen dan grenademan24 memberi reputasi
1 1
0
Post Anime Depression Syndrome dan Cara Mengatasinya
16-10-2019 11:59
Quote:Original Posted By leh..uga

kalo diinget kterlaluan emang pads , halu abis brayy, omong kosong kalo ga ada yg ga ngalamin emoticon-Leh Uga

tapi ane udah bisa move on, ada bini sama ternak yg harus diurus bray emoticon-Leh Uga

Nah iya kalo emang udah banyak kerjaan sih resiko pads jadi kecil banget. Kalo yg pengangguran ini yang rawan
Quote:Original Posted By teofilusSW
Makanya waktu ane depresi ane ngehindari anime kayak Asaburu wkwkwkwk akhirnya nonton Senko-san.

Lho wkwkw. Ane biasa aja sih. Baper iya, pads enggak
Quote:Original Posted By mz.mpiz
biasanya mudah terjangkit apabila seri yg ditonton secara marathon, tdk hanya berlaku pada anime, tp film2 seri sperti seri barat maupun drakor... biasanya berasa hampa, bingung, tanpa tujuan, merenung , kemudian lanjut seri lainnya..emoticon-Hammer

Tul, kalo anime on going mah hampir enggak pernah kena pads.

Kebanyakan orang yang bisa menghayati ya kena begini, apapun medianya
0 0
0
Post Anime Depression Syndrome dan Cara Mengatasinya
16-10-2019 12:05
WKWKW tergantung genrenya yah. Kalo gue namatin ONE PUNCH MAN SEASON 2, malah terisi penuh imajinasi gue.
profile-picture
profile-picture
Killerqyeen dan grenademan24 memberi reputasi
1 1
0
Post Anime Depression Syndrome dan Cara Mengatasinya
16-10-2019 12:10
kalo saya gampang aja. nonton aja lagi lagi dan lagi sampai hafal sama setiap dialog dan scene. barudeh ngerasa biasa aja
profile-picture
profile-picture
Killerqyeen dan grenademan24 memberi reputasi
1 1
0
Post Anime Depression Syndrome dan Cara Mengatasinya
16-10-2019 12:17
nice thread
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Killerqyeen dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Post Anime Depression Syndrome dan Cara Mengatasinya
16-10-2019 14:24
Sampai sekarang ane masih bisa depresi kalau inget ending theme Jojo Stardust Crusader 2 emoticon-Frown
profile-picture
grenademan24 memberi reputasi
1 0
1
Post Anime Depression Syndrome dan Cara Mengatasinya
16-10-2019 14:45
Masak iya?
profile-picture
grenademan24 memberi reputasi
1 0
1
Post Anime Depression Syndrome dan Cara Mengatasinya
16-10-2019 14:54
oke juga neh gan emoticon-Goyang
profile-picture
profile-picture
Killerqyeen dan grenademan24 memberi reputasi
1 1
0
Post Anime Depression Syndrome dan Cara Mengatasinya
16-10-2019 14:55
Quote:Original Posted By akhmadfauzi844
Masak iya?


Masak gan sore ini
0 0
0
Halaman 1 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.