Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
164
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5da00ee3facb9542893f3231/ternyata-hewan-hewan-ini-dianggap-membawa-mitos-loh-hewan-apa-saja
Di antara Agan/Sista ada yang gak tahu apa itu mitos? Semuanya pasti tahu ya, minimal pernah mendengar kata tersebut. Nah, secara singkatnya, mitos adalah sesuatu yang tidak terbukti kebenarannya.
Lapor Hansip
11-10-2019 12:10

Ternyata Hewan-Hewan ini Dianggap Membawa Mitos, Loh! Hewan Apa Saja?

Past Hot Thread
Di antara Agan/Sista ada yang gak tahu apa itu mitos? Semuanya pasti tahu ya, minimal pernah mendengar kata tersebut. Nah, secara singkatnya, mitos adalah sesuatu yang tidak terbukti kebenarannya. Berbicara soal mitos, ternyata ada loh beberapa hewan yang dipercayai membawa mitos. Hewan apa saja? Langsung saja, berikut adalah 7 hewan yang dipercayai membawa mitos.

1. Kupu-Kupu
Ternyata Hewan-Hewan ini Dianggap Membawa Mitos, Loh! Hewan Apa Saja?

Nah, untuk hewan pembawa mitos yang pertama adalah kupu-kupu. Siapa sih yang gak tahu dia, hewan cantik dengan sayap yang indah. Sebagian besar dari Gan/Sis pastinya udah pada tahu ya mengenai mitos yang menyertai hewan tersebut, soalnya menurut ane ini legend banget loh. Ya, betul, jika ada kupu-kupu masuk ke dalam rumah, itu adalah pertanda bahwa akan ada tamu yang berkunjung ke rumah kita. Hemmm, percaya gak sih, Gan? Ya, yang jelas itu keyakinan yang dipercaya sejak zaman dulu ya.

2. Anjing
Ternyata Hewan-Hewan ini Dianggap Membawa Mitos, Loh! Hewan Apa Saja?
Tak kalah terkenal dari hewan yang sebelumnya, anjing juga kerap dikaitkan dengan mitos yang tersebar di masyarakat. Agan dan Sista pasti deh udah tahu mitos yang dibawa hewan tersebut. ya, anjing seringkali dikaitkan dengan makhluk halus. Hemmm, agak ngeri, ya. Nah, katanya, jika anjing melolong di tengah malam, itu berarti pertanda ada makhluk halus di sekitar anjing tersebut. serem, ya?

3. Kedasih
Ternyata Hewan-Hewan ini Dianggap Membawa Mitos, Loh! Hewan Apa Saja?
Agan/Sista udah pada kenal hewan ini? ya, hewan ini adalah sejenis burung yang biasanya hinggap di pohon tinggi. Hewan ini jarang menampakkan wujudnya, hanya suaranya saja yang biasanya terdengar. Nah, mitos mengatakan, jika ada suara burung kedasih ini, itu berarti pertanda akan ada orang yang meninggal di sekitar tempat burung tersebut bertengger. Percaya gak, Gan?
emoticon-Shutup

4. Laba-Laba
Ternyata Hewan-Hewan ini Dianggap Membawa Mitos, Loh! Hewan Apa Saja?
Kalau hewan yang satu ini mitosnya berasal dari luar nih, Gan, maksudnya bukan mitos dari Indonesia. Di Eropa, mitos yang tersebar mengenai hewan ini adalah, ketika kita melihat laba-laba di pagi hari, itu berarti akan ada kejadian duka atau musibah yang akan menimpa kita. Sebaliknya, jika bertemu laba-laba di siang hari, maka itu pertanda akan mendapatkan keberuntungan. Berbeda dengan negara Jepang, warga sana memercayai bahwa jika laba-laba muncul di malam hari, hewan tersebut dianggap sebagai jelmaan iblis. Wah ada-ada aja ya, Gan. Ternyata di luar negeri juga masih ada mitos ya, kirain ada di Indonesia aja.emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin

5. Kucing Hitam
Ternyata Hewan-Hewan ini Dianggap Membawa Mitos, Loh! Hewan Apa Saja?
Kucing yang mempunyai bulu hitam juga dianggap membawa mitos tersendiri loh, Gan. Pada era pertengahan di Eropa, ternyata kucing yang berbulu hitam dianggap sebagai jelmaan dari penyihir, jadi pada masa itu banyak kucing hita yag dibunuh dengan kejam. Duh, kasihan ya emoticon-Nohopeemoticon-Nohope. Bertolak belakang dengan negara Jepang, kucing hitam dianggap sebagai pembawa keberuntungan. Namun, berbeda bagi beberapa penjudi di sana, mereka mengganggap kucing hitam akan membawa kerugian.  Ada lagi nih, yaitu dari Mesir. Hewan berbulu hitam ini dianggap sebagai makhluk keramat dan dipelihara guna menjadi pelindung, pembawa keberuntungan, serta kesuburan. Mereka percaya bahwa ruh dari beberapa dewa akan masuk ke dalam badan kucing hitam tersebut dan akan memberkati keluarga tersebut. lalu, bagi siapa saja yang membunuhnya, diyakini akan mendapatkan petaka sampai akhir hayatnya.

6. Burung Hantu
Ternyata Hewan-Hewan ini Dianggap Membawa Mitos, Loh! Hewan Apa Saja?
Hewan yang satu ini juga sering dikaitkan dengan hal yang mistis ya Gan, sesuai namanyaemoticon-Big Grin. Hewan yang aktif di malam hari ini mempunyai mitos yang tersebar di masyarakat Jawa, yaitu sebagai teman setan. Namun, berbeda dengan mitos yang ada di masyarakat Bali, tidak ada kaitannya dengan mistis sama sekali loh, Gan. Jadi, katanya, kalau ada suara burung hantu di dekat rumah seseorang, berarti wanita yang tinggal di rumah tersebut sedang ngidam. Ada-ada saja ya, Gan.

7. Koreak
Ternyata Hewan-Hewan ini Dianggap Membawa Mitos, Loh! Hewan Apa Saja?

Tahu burung koreak, Gan? Kalau burung ini terkenal di masyarakat Sunda nih, Gan. Jadi, kicauan dari burung ini baru bisa terdengar pada waktu petang sampai malam hari. Nah, masayarakat di pedasaan mempercayai bahwa jika ada suara burung tersebut maka ada anak kecil yang diculik oleh dedemit alias setan. Tak hanya itu, jika kicauan burug tersebut terdengar, banyak orangtua yang bergegas menemani anaknya yang sedang tidur, atau jika anakmya masih dalam keadaan terbangun, segeralah mereka menggendongnya. Selain itu, mereka pun akan segera mengangkat baju anak-anak mereka yang masih dijemur di luar rumah.  Aduh, saking takutnya kali ya, Gan.

Nah itulah 7 hewan yang dipercayai membawa mitos. Nah, percaya atau tidak, itu tergantung pandangan diri sendiri ya. Yang terpenting dan harus diingat adalah, segala sesuatu yang berbau mitos, itu berarti tidak pernah terbukti kebenarannya. Jadi, kita hanya cukup tahu, tidak perlu terlalu percaya. Namun, tetap hargai ya budaya-budaya yang tersebar di masyarakat zaman dulu.

Semoga Bermanfaat. 
emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan


Hewan Mitos
Hewan Mitos 2
Burung Koreak
Sumber Gambar:
Google Images
Diubah oleh nanitriani
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rrraaaa dan 12 lainnya memberi reputasi
13
Tampilkan isi Thread
Halaman 5 dari 9
Ternyata Hewan-Hewan ini Dianggap Membawa Mitos, Loh! Hewan Apa Saja?
21-10-2019 00:03


Quote:Original Posted By Yagami92
Gagak gan, katanya kalo ada gagak lewat berarti disekitar situ ada yg lagi bikin tiktok entah apa yang merasukimu gan
emoticon-Wakaka

Ane bacanya udah serius lho gan hahaha emoticon-Ngakak
Balik lagi virus entah apa merajalela
profile-picture
nanitriani memberi reputasi
1 0
1
Ternyata Hewan-Hewan ini Dianggap Membawa Mitos, Loh! Hewan Apa Saja?
21-10-2019 00:05


Quote:Original Posted By semprongbolo250
kalau cicak gimana gan?
katanya kalau ketiban doi bisa sial kita nantinya
bener ga ya

Iya nih termasuk mitos juga sih kayanya... Sama kaya mitos hewan hewan lain di thread ini
profile-picture
profile-picture
semprongbolo250 dan nanitriani memberi reputasi
2 0
2
Ternyata Hewan-Hewan ini Dianggap Membawa Mitos, Loh! Hewan Apa Saja?
21-10-2019 00:06


Quote:Original Posted By al.dill
Klo kata orang bahela, kunang2 itu mitosnya kuku orang yg tlah mati

Ane juga pernah denger nih... Aneh banget sih mitos kunang kunang, mana ada sambungannya kuku dengan hewan haha
profile-picture
nanitriani memberi reputasi
1 0
1
Ternyata Hewan-Hewan ini Dianggap Membawa Mitos, Loh! Hewan Apa Saja?
21-10-2019 00:08


Quote:Original Posted By durexz
Tokek kalo bersuara dalam jumlah ganjil mitosnya bakal dapat keberuntungan.

Wah malah kalo setau ane mitosnya kalau bersuara ganjil berarti ada makhluk halus di sekitarnya hehe.. Ada ada aja mitosnya
profile-picture
nanitriani memberi reputasi
1 0
1
Ternyata Hewan-Hewan ini Dianggap Membawa Mitos, Loh! Hewan Apa Saja?
21-10-2019 00:08
0 0
0
Ternyata Hewan-Hewan ini Dianggap Membawa Mitos, Loh! Hewan Apa Saja?
21-10-2019 00:12
Quote:Original Posted By nanitriani
Makasih gan emoticon-Betty



Apa misterinya gan? :v


Ciri fisik nya atau ciri matinya yang mempengaruhi jenis katuranggan nya, katuranggan yg bawa positif atau negatif bagi pemeliharanya. Bahasa kekinianya mensugesti baik/buruk. Baca d google aja nanti mlh ane bikin trit sndiri d mari emoticon-Ngakak
profile-picture
nanitriani memberi reputasi
1 0
1
Ternyata Hewan-Hewan ini Dianggap Membawa Mitos, Loh! Hewan Apa Saja?
21-10-2019 00:24
dulu peliharaan ane itu kucing hitam, tapi ane usir karena udah mulai kurang ajar, kayaknya juga udah mati karena udah ketuaan itu kucing
profile-picture
nanitriani memberi reputasi
1 0
1
Ternyata Hewan-Hewan ini Dianggap Membawa Mitos, Loh! Hewan Apa Saja?
21-10-2019 00:26
waduh ane kaget euy pas ngescroll tiba tiba ada foto burung hantu nan belo itu wkwkwk, mana lagi bahas per-mitos-an pula. kalau yang laba laba siih banyak tuh kayaknya di film film luar gitu yaa wkwkw kalau di indonesia sih paling anjing sm kucing item yang paling sering
profile-picture
profile-picture
nanitriani dan steffanizhitta memberi reputasi
2 0
2
Ternyata Hewan-Hewan ini Dianggap Membawa Mitos, Loh! Hewan Apa Saja?
21-10-2019 00:48
Ya ampun hewan yg paling aku takuti yaitu laba laba . Phobia kayaknya makanya ada gambar laba laba lgsung aku skip . Gemeter tangann ini gan . Mantul threadnya .. semangatt bikin thread lg
profile-picture
nanitriani memberi reputasi
1 0
1
Ternyata Hewan-Hewan ini Dianggap Membawa Mitos, Loh! Hewan Apa Saja?
21-10-2019 01:34
Tokek
profile-picture
nanitriani memberi reputasi
1 0
1
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
Ternyata Hewan-Hewan ini Dianggap Membawa Mitos, Loh! Hewan Apa Saja?
21-10-2019 05:55
Quote:Original Posted By pagerbumi
Ciri fisik nya atau ciri matinya yang mempengaruhi jenis katuranggan nya, katuranggan yg bawa positif atau negatif bagi pemeliharanya. Bahasa kekinianya mensugesti baik/buruk. Baca d google aja nanti mlh ane bikin trit sndiri d mari emoticon-Ngakak

Wkwkw ga apa2 gan. Makasih ya. Nice info emoticon-Smilie

Quote:Original Posted By tatanxberuxs
dulu peliharaan ane itu kucing hitam, tapi ane usir karena udah mulai kurang ajar, kayaknya juga udah mati karena udah ketuaan itu kucing

Wah kurang ajar kenapa tuh gan?

Quote:Original Posted By aygilagility
waduh ane kaget euy pas ngescroll tiba tiba ada foto burung hantu nan belo itu wkwkwk, mana lagi bahas per-mitos-an pula. kalau yang laba laba siih banyak tuh kayaknya di film film luar gitu yaa wkwkw kalau di indonesia sih paling anjing sm kucing item yang paling sering

Nah iya gan, ane setuju.

Quote:Original Posted By steffanizhitta
Ya ampun hewan yg paling aku takuti yaitu laba laba . Phobia kayaknya makanya ada gambar laba laba lgsung aku skip . Gemeter tangann ini gan . Mantul threadnya .. semangatt bikin thread lg


Quote:Original Posted By alfinando
Tokek


Waduh, maaf udh bikin takut emoticon-Frown makasih udh mampir ya gan emoticon-Smilie
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
Ternyata Hewan-Hewan ini Dianggap Membawa Mitos, Loh! Hewan Apa Saja?
21-10-2019 06:18
Quote:Original Posted By farinamany
wadaw ngeri ugha ya emoticon-Takut sampe sekarang masih banyak yang praktekin kaya gitu gan?


Masih lah gan. Terutama tetangga depan rumah ane. Tiap malam Jumat 1 keluarga pasti ke kuburan mana ane kurang tau emoticon-Takut bukannya ane fitnah. Tp yg cerita anaknya sendiri. Ngomongnya sih ke makam sp gt gan. Ane sih kagak percaya. Cuma yg percaya yg dateng ke sana.
Ibu ane jg pernah di ajak ke gunung buat naruh sesaji. Untungnya ibu ane kagak mau. Seumpama mau mungkin ane sudah jd lauk syaitonirrojim emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
farinamany dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Ternyata Hewan-Hewan ini Dianggap Membawa Mitos, Loh! Hewan Apa Saja?
21-10-2019 06:20
Quote:Original Posted By soliter2
kalau beli babi dari mengleng kabarnya bisa ngomong emoticon-Imlek

Ternyata Hewan-Hewan ini Dianggap Membawa Mitos, Loh! Hewan Apa Saja?


Mengleng apaan dah gan?hehehehe serius nanya nih
profile-picture
nanitriani memberi reputasi
1 0
1
Ternyata Hewan-Hewan ini Dianggap Membawa Mitos, Loh! Hewan Apa Saja?
21-10-2019 06:23
waallahualam sih kalo kata ane, ada misteri yang masih terselubung sampe sekarang, uler itu minum apa kagak sih?wkwkwkwk
oiya sama ada mitoskan kalo ada yg meninggal terus dilompatin kucing hitam yang meninggal hidup lagi. wah sangar ya emoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
profile-picture
nanitriani memberi reputasi
1 0
1
Ternyata Hewan-Hewan ini Dianggap Membawa Mitos, Loh! Hewan Apa Saja?
21-10-2019 06:35
sayangnya itu semua cuma mitos emoticon-Cool
profile-picture
nanitriani memberi reputasi
1 0
1
Ternyata Hewan-Hewan ini Dianggap Membawa Mitos, Loh! Hewan Apa Saja?
21-10-2019 06:48
Quote:Original Posted By Yagami92
Gagak gan, katanya kalo ada gagak lewat berarti disekitar situ ada yg lagi bikin tiktok entah apa yang merasukimu gan
emoticon-Wakaka


Asw
emoticon-Ngakak
profile-picture
nanitriani memberi reputasi
1 0
1
Ternyata Hewan-Hewan ini Dianggap Membawa Mitos, Loh! Hewan Apa Saja?
21-10-2019 07:22
Quote:Original Posted By Yagami92
Sabaaar ya gan, kadang dunia penuh canda tawa kaya gini.
Nikmatin aja mumpung kita masih bisa ketawa ekwk
emoticon-Wakaka


Nah ini mitos apa fakta?emoticon-Leh Uga
profile-picture
nanitriani memberi reputasi
1 0
1
Ternyata Hewan-Hewan ini Dianggap Membawa Mitos, Loh! Hewan Apa Saja?
21-10-2019 07:40
nomer 4,6,7 informasi baru. hehehe. yg laen ud prnah dgr gan. hehehe
profile-picture
nanitriani memberi reputasi
1 0
1
Halaman 5 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia