alexa-tracking
Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9c7467af7e936cee6be4ba/apakah-itu-prosopagnosia-dan-bagaimana-cara-mengatasinya
Lapor Hansip
08-10-2019 18:35
Apakah Itu Prosopagnosia, dan Bagaimana Cara Mengatasinya?
Past Hot Thread
Apakah Itu Prosopagnosia, dan Bagaimana Cara Mengatasinya?


Apakah Itu Prosopagnosia, dan Bagaimana Cara Mengatasinya?


Hola, Agan dan Sista pembaca setia, selamat malam. Jumpa lagi dengan ane, TS gaje yang tak selamanya berkutat dalam dunia gaje.


Mengingat sudah terlalu banyak tulisan-tulisan gaje yang tersaji, kali ini ijinkan ane membawakan tema yang sedikit berat. Karena hidup tidak hanya untuk main-main, ada kalanya kita harus serius. Betul tidak?


Pernahkah gansis mendengar istilah Prosopagnosia? Pastinya pernah dong. Bagi yang belum tahu, yuk simak sedikit ulasan di bawah ini.


Quote:Prosopagnosiaadalah suatu kelainan sistem saraf yang ditandai dengan sulitnya mengenali wajah. Prosopagnosia adalah istilah yang berasal dari bahasa Yunani. ‘Prosop’ memiliki arti wajah dan ‘agnosia’ yang berarti ketidaktahuan.

Tingkat keparahan Prosopagnosia sangat beragam. Jika sudah parah sekali, pengidapnya tidak dapat mengenali wajah orang-orang terdekatnya meski sering dilihat setiap hari. Bahkan hingga tidak dapat mengingat wajahnya sendiri. source



Apakah Itu Prosopagnosia, dan Bagaimana Cara Mengatasinya?



Bagi penderita, tentu ini merupakan cobaan yang berat. Tak bisa mengenali wajah membuat mereka kesulitan dalam bersosialisasi dan cenderung suka mengurung diri. Selain malu dengan kelainan yang dideritanya, mereka juga takut jika orang lain mengetahui kondisi tersebut akan memanfaatkannya untuk melakukan kejahatan yang mengancam dirinya.

Namun seiring berjalannya waktu, mereka mulai membuka diri terhadap lingkungan, menceritakan kondisi sebenarnya dan hidup berdampingan dengan orang-orang yang mendukungnya. Adapun beberapa cara sederhana yang kemudian mereka temukan untuk menyesuaikan diri agar dapat mengenali orang-orang yang berinteraksi dengannya. Beberapa di antaranya adalah :

1. Mengenali dari suara
Ini yang paling mudah. Tiap orang pasti memiliki karakter suara yang berbeda satu sama lain. Belum lagi cara berbicara, bahasa yang digunakan dan bagaimana orang tersebut menyapa, dengan panggilan tertentu misalnya.


2. Dari bentuk wajah
Para penderita Prosopagnosia mungkin kesulitan mengenali wajah masing-masing orang yang ditemui, tapi dalam hal membedakan bentuk wajah tentu bisa. Apalagi tiap orang pasti memiliki bentuk wajah yang tak sama persis.
Mereka bisa menandai beberapa bentuk wajah dari kerabat atau teman-teman yang dekat dengan dirinya.


3. Dari Model rambut
Cara termudah lainnya untuk mengenali seseorang bagi pengidap kelainan ini adalah melihat dari potongan dan gaya rambut. Namun sepertinya ini tidak berlaku bagi mereka yang mengenakan hijab atau penutup kepala tertentu, ya, gansis.


4. Dari Bahasa tubuh atau cara berjalan
Meski sekilas tampak sama, tapi tak bisa dipungkiri tiap orang pasti memiliki bahasa tubuh yang berbeda satu sama lain. Penderita bisa memulai untuk menandai tiap-tiap karakter dan perilaku orang-orang di sekitar agar dapat mengenalinya.


Apakah Itu Prosopagnosia, dan Bagaimana Cara Mengatasinya?



Namun, gansis, cara-cara di atas hanya bisa diterapkan pada orang-orang terdekat yang biasa berinteraksi dengan penderita. Semakin sering mereka bertemu, semakin mudah dikenali. Nah, bagaimana jika bertemu orang asing atau orang jauh yang jarang bertemu? Tentu ini masih menjadi masalah yang cukup menyulitkan penderita. Satu-satunya cara untuk bertahan hidup adalah dengan terus berada di antara orang-orang terdekat yang mengerti dan bisa melindungi dirinya dari ancaman dunia luar.

Kelainan ini mungkin cukup langka, tapi setidaknya dengan berbagi ini, bisa memberi pengetahuan dan wawasan baru bagi kehidupan gansis sekalian. Karena Prosopagnosia bisa menyerang siapapun tanpa terkecuali dan bisa saja mereka ada di sekitar kita. Terima kasih sudah berkenan menyimak, semoga bermanfaat.


emoticon-Angelemoticon-Angel emoticon-Angel emoticon-Angel



Sejatinya tiap-tiap ujian pasti memiliki solusi. Adalah wajib bagi kita untuk terus berusaha dan berdoa. Dan tiap-tiap kesembuhan diawali dari diri sendiri.


Terima 2C (Cendol dan Cinta)emoticon-Wowcantik


Penulis : Tikus Kecil, Member of BBB

Ilustrasi : 1, 2, dan 3



Apakah Itu Prosopagnosia, dan Bagaimana Cara Mengatasinya?
Diubah oleh YenieSue0101
profile-picture
profile-picture
profile-picture
TaraAnggara dan 28 lainnya memberi reputasi
29
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 6
08-10-2019 18:36
Quote:


Quote:
Baca juga thread HT ane

Berani Beda? Cobain Beberapa Sepatu Sendal Berdesain Anti-Mainstream Ini!

Deretan Cangkir Horor Ini Siap Menemanimu Minum Kopi di Malam Hari

Jangan Ngeres, Beberapa Pose Manekin Berikut Ini Bikin Gagal Fokus

Gila, Beberapa Nama Makanan Berikut Ini 'Saru' Banget, Guys

Kreatif Atau Nggragas, Makanan Berbahan Dasar Singkong Ini Jumlahnya Tak Terkira

Menjenguk Orang Sakit Justeru Membuat Mereka Semakin Down, Kok Bisa?

Prestasi Baik Dimulai dari Attitude yang Baik

Sering Tertipu Penjual Buah yang Nakal, Siapa harus disalahkan?

Menikah Muda? Eits, Pikirkan Dulu Dampak Positif Negatifnya

Kiat Menjadi Penulis Produktif, Tangguh dan Tahan Banting Ala Ane

Bahaya Mengintai Perempuan Bergamis Panjang!

Aneka Lauk yang Cocok Dikonsumsi Berpasangan

Inilah Beberapa Budaya di Korea yang Unik Abis!

Unik, Standar Kecantikan di Beberapa Negara Ini Bikin Geleng-Geleng Kepala

Distemper, Penyakit Pencernaan yang Mematikan pada Kucing

Aneka Masakan Pepes Anti-Mainstream yang Patut Dicoba, Penasaran?

Unik, Beberapa Mitos Jawa Ini Diyakini Karena Terbukti Kebenarannya

Aneka Hewan Yang Jadi Incaran Anak Kecil Dulu

Apa Sih Hubungannya Politik dengan Nasi Padang?

Apa Jadinya Jika Facebook, Whatsapp, dan Instagram Benar-Benar menghilang?

Mitos Burung Gagak Sebagai Penanda Kematian. Begini Penjelasannya

Beberapa Wejangan Anti Mainstream yang Ternyata Ada Benarnya

Second Couple Drama Goblin Bertemu Kembali Dalam Touch Your Heart

Beberapa Buah Jadul Ini Akan Membawa Kalian Bernostalgia ke Masa Kecil

Lansia Aja Nyoblos, Masa yang Muda Golput?

Modus Baru, Pemerasan Melalui Video Call yang Bikin Miris

Mempelajari Cara Sukses Ala Sherlock Holmes

Alasan Kenapa Chatmu Diabaikan Dalam Grup Whatsapp dan Solusinya

Heboh, Ketik 'Negara Bodoh', Muncul Indonesia. Begini Penjelasannya

Beragam Kejahatan Kamera Smartphone yang Tak Kita Sadari

Menyadap Whatsapp Pasangan, Bijakkah?

Menyikapi Isu Kiamat yang Sedang Viral

Darimana Binatang-Binatang Menggelikan Ini Berasal?

Cara Membedakan Buku Asli dan Bajakan
Diubah oleh YenieSue0101
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan betiatina memberi reputasi
2
08-10-2019 18:36
Tiap-tiap sakit pasti bisa disembuhkan emoticon-Angel
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan iissuwandi memberi reputasi
2
08-10-2019 18:36
Tiap-tiap permasalahan pasti menemukan solusi emoticon-Angel
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan iissuwandi memberi reputasi
2
08-10-2019 18:37
Sepertinya banyak yang gagal paham di sini. Jadi, Prosopagnosia ini bukan rabun atau mata minus, ya. Bukan pula penyakit lupa. Tapi lebih tak bisa membedakan antara wajah yang satu dgn yang lain. Mereka bisa melihat dgn jelas, mata, hidung dan mulut, tapi semua orang nampak berwajah sama di mata mereka. Nampak seragam antara wajah yg satu dgn yang lain. Demikian yg bisa ane jelaskan. Bila ada salahnya, mohon dikoreksi.

Terima kasih sudah menyimak thread ini, semoga bermanfaat

emoticon-terimakasihemoticon-terimakasihemoticon-terimakasih
Diubah oleh YenieSue0101
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan 2 lainnya memberi reputasi
3
08-10-2019 18:46
Quote:Bahkan hingga tidak dapat mengingat wajahnya sendiri.


Bisa sampe kayak gitu, ada contoh orang yang ngalamin itu nggak? Pengen tahu aja
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan YenieSue0101 memberi reputasi
2
08-10-2019 19:02
Quote:Original Posted By rausanvikri
Bisa sampe kayak gitu, ada contoh orang yang ngalamin itu nggak? Pengen tahu aja


Menurut sumber yang ane baca, hanya ada sekitar 2 persen penderita di seluruh dunia
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1
08-10-2019 19:58
Kasihan bagi yg menderita prosopagnosia 😢 gimana dia bisa berinteraksi di lingkungan sosial klo begitu apalagi jika bertemu dgn orang2 baru dan teman lama?, klo yg gak ngerti penyakitnya tersebut bisa2 salah faham baru kemarin jumpa lah dah dinlupain 😂
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan YenieSue0101 memberi reputasi
2
08-10-2019 20:00
apakah ada hubungannya dengan penyakit yang dialami joker? emoticon-Shutup emoticon-Hammer
profile-picture
profile-picture
bahriesy20 dan YenieSue0101 memberi reputasi
2
08-10-2019 20:53
sama kayak ane, kalau pas ngaca ane mendadak lupa sama wajah ane sendiri emoticon-Hammer2
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
1
09-10-2019 05:02
sakitnya aneh, kasian ya
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
1
09-10-2019 06:58
Quote:Original Posted By santaikalus
Kasihan bagi yg menderita prosopagnosia 😢 gimana dia bisa berinteraksi di lingkungan sosial klo begitu apalagi jika bertemu dgn orang2 baru dan teman lama?, klo yg gak ngerti penyakitnya tersebut bisa2 salah faham baru kemarin jumpa lah dah dinlupain 😂

Iya gan. Si penderita pasti juga serba salah, gak nyapa dikira sombong, eh mau nyapa tapi gak kenal emoticon-Matabelo

Quote:Original Posted By Gentingtong
apakah ada hubungannya dengan penyakit yang dialami joker? emoticon-Shutup emoticon-Hammer

Joker? emoticon-Bingung

Quote:Original Posted By erynna
sama kayak ane, kalau pas ngaca ane mendadak lupa sama wajah ane sendiri emoticon-Hammer2

Ah, masa gan? emoticon-Betty

Quote:Original Posted By triwinarti
sakitnya aneh, kasian ya


Iya, kelainan saraf sis emoticon-Matabelo
profile-picture
triwinarti memberi reputasi
1
09-10-2019 07:00
Quote:Original Posted By YenieSue0101
Iya gan. Si penderita pasti juga serba salah, gak nyapa dikira sombong, eh mau nyapa tapi gak kenal emoticon-Matabelo


Joker? emoticon-Bingung


Ah, masa gan? emoticon-Betty



Iya, kelainan saraf sis emoticon-Matabelo


gk bisa krja d luar rumah dong dia, semoga cpet ktmu obatnya
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
1
09-10-2019 07:02
Quote:Original Posted By triwinarti
gk bisa krja d luar rumah dong dia, semoga cpet ktmu obatnya


Sepengetahuanku sih belum ada obatnya. Tapi gak tau deh emoticon-Matabelo
profile-picture
triwinarti memberi reputasi
1
09-10-2019 07:28
Quote:Original Posted By YenieSue0101
Sepengetahuanku sih belum ada obatnya. Tapi gak tau deh emoticon-Matabelo


mungkin d terapi gitu bisa sembuh
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
1
09-10-2019 08:49
Quote:Original Posted By triwinarti
mungkin d terapi gitu bisa sembuh


Kurang tau juga sis emoticon-Bingung
profile-picture
triwinarti memberi reputasi
1
09-10-2019 08:55
Quote:Original Posted By YenieSue0101
Kurang tau juga sis emoticon-Bingung


hmm iya, pnyakit langka emang sulit d obatinya
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
1
09-10-2019 09:53
di indonesia banyak ya yg menderita kaya gini? kasian ya gan emoticon-Turut Berduka
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
1
09-10-2019 19:06
Oh begitu ya Kaka..baru tau aku enih dah ah..nice info
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
1
09-10-2019 19:10
Ya baiklah emoticon-Cool

Gembok pejwan

Apakah Itu Prosopagnosia, dan Bagaimana Cara Mengatasinya?
Diubah oleh kucingkampung97
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
1
09-10-2019 19:15
Quote:Original Posted By triwinarti
hmm iya, pnyakit langka emang sulit d obatinya

Hu um sis emoticon-Turut Berduka

Quote:Original Posted By sendhaljepit
di indonesia banyak ya yg menderita kaya gini? kasian ya gan emoticon-Turut Berduka

Benarkah, gan? emoticon-Matabelo

Quote:Original Posted By delia.adel
Oh begitu ya Kaka..baru tau aku enih dah ah..nice info

Oyi, isam isam emoticon-I Love Indonesia

Quote:Original Posted By kucingkampung97
Ya baiklah emoticon-Cool


Eh, ada mpus emoticon-Kiss

Lupa gembokin pejwan yak. Ane mewalik dah emoticon-Cool
0
Halaman 1 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.