alexa-tracking
Tech
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9bedd62f568d41ab34f833/permasalahan-yang-sering-timbul-di-ac-beserta-solusinya
Lapor Hansip
08-10-2019 09:00
Permasalahan yang Sering Timbul di AC Beserta Solusinya
Past Hot Thread
Permasalahan yang Sering Timbul di AC Beserta Solusinya

Air Conditioner atau AC sekarang ini seolah menjadi salah satu produk elektronik yang wajib dimiliki pada tiap rumah emoticon-Wowcantik, terutama hunian yang berada di kawasan dengan hawa udara panas dan lembap. AC ini pun merupakan barang elektronik yang biasanya digunakan dalam waktu jangka panjang sehingga ada beberapa masalah emoticon-Mad (S)  yang biasa muncul setelah digunakan beberapa tahun.

Sebenarnya barang elektronik yang biasa kita pakai mempunyai masa pemakaian yang sudah diatur dari pabriknya emoticon-I Love Kaskus (S) , sehingga akan mengalami penurunan kinerja seiring dengan berjalanya waktu emoticon-clock . Salah satunya adalah produk AC, permasalahan pada produk AC banyak dialami oleh semua hampir semua pengguna dari berbagai merk AC. Pemakaian yang terus menerus dan tidak cermatnya perawatan bisa menjadi penyebab AC mengalami gangguan emoticon-norose.



Mau tau apa yang sering dikeluhkan oleh para pengguna AC .. ??? emoticon-Bingung (S)
Simak penjelasan santuy berikut ini ...
emoticon-Cendol (S)


Quote:
MENETES
Permasalahan yang Sering Timbul di AC Beserta Solusinya

Permasalahan yang Sering Timbul di AC Beserta Solusinya

Quote:
Perawatan yang tidak baik bisa menyebabkan AC mengalami kebocoran. Tanda AC mengalami kebocoran biasanya ada air yang menetes dari AC emoticon-raining. AC bocor umumnya karena saluran pembuangan AC yang terhambat sehingga aliran airnya tidak lancar. Ketika air AC sampai ke bak penampungan, karena tidak lancarnya saluran pembuangan ini, menjadi menumpuk dan menetes ke luar. Solusi untuk mengatasi masalah seperti ini adalah dengan mencari penyebab mampat dan membersihkan saluran tersebut emoticon-Cendol (S).

Service rutin idealnya adalah 2 bulan sekali dan maksimal dilakukan 3 bulan sekali. Ada juga yang namanya service besar. Hal ini biasa dilakukan 2 tahun sekali selama service rutin AC 3 bulan sekali dilakukan. Service besar adalah mencopot unit AC Indoor dari tempatnya dan benar-benar membersihkan memakai obat khusus seperti AC Coil atau Asse Flash sehingga AC akan benar-benar seperti baru lagi emoticon-present. Yang tidak bisa kembali hanya bila warna Indoor sudah kuning ya ga bisa jadi putih lagi, namun komponen Evaporator Indoor akan jadi kembali ke warna semula seperti waktu pertama kali beli AC. Proses pengerjaannya pun lama emoticon-Nohope , bisa 3-4 jam untuk 1 unit AC karena Indoor AC akan dicopot dari tembok, dipereteli satu-satu dan dibersihkan emoticon-thumbsup.




Quote:
KURANG DINGIN
Permasalahan yang Sering Timbul di AC Beserta Solusinya

Permasalahan yang Sering Timbul di AC Beserta Solusinya

Quote:
Banyak faktor yang mempengaruhi AC kurang dingin.Pertama tentunya apakah btu AC sudah lebih besar dari btu ruangan ? jika btu ngepas, emoticon-Confused kurang dikit atau bahkan kurang ya gak bakalan bisa dingin ruangannya, itupun belum jika ditambah banyak orang didalamnya, solusinya ya diusahakan btu AC lebih besar dari btu ruangan.

Kedua tadinya siang malam AC nya dingin tapi sekarang kok tidak ? emoticon-Amazed nah biasanya penyebabnya ada AC nya kotor saja, kapan terakhir kali AC di service atau dicuci ? idealnya dicuci tiap 2 bulan sekali apalagi jika rumah tersebut didaerah laut atau sering untuk merokok ruangannya maksimal 3 bulan sekali. Jika freon bocor biasanya disebabkan oleh terdapatnya sambungan instalasi yang kurang kencang atau kendor. Solusi untuk mengatasi freon AC yang bocor ini adalah dengan mengencangkan sekrup dan baut.emoticon-Add Friend (S)  Jika diperlukan, lakukan flaring (melebarkan pipa) ulang. Selain itu, jangan lupa juga untuk melakukan pengecekan sambungan las pada instalasi pipa guna memastikan ada atau tidaknya kebocoran. Perlu diketahui jika saat pemasangan AC pertama kali dengan benar, minimal isi ulang atau tambah freon setelah 4-5 tahun pemakaian. Jadi berhati-hatilah emoticon-Takut (S) jika saat service AC tukang service meminta isi ulang atau tambah freon, itu adalah modus. emoticon-Bata (S)

Ketiga Kemungkinan lain memang adanya kebocoran di evaporator indoor, evaporator sendiri berfungsi sebagai penampung hawa dingin dari freon yang sudah berubah wujud menjadi uap, dimana sebelumnya freon mengambil udara panas yang juga berada dalam evaporator dan mengubahnya menjadi udara dingin. Adapun beberapa penyebab evaporator bocor emoticon-raining  yaitu kurang perawatan yang menyebabkan korosi, tekanan freon berlebih, sistem freon mampet, tak memakai filter kabin dan usia pemakaian. Nah makanya pada saat membeli AC pilihlah merk AC yang sudah dilengkapi dengan teknologi Blue Fin alias Coating Biru dibagian evaporatornya dan Ubend dari Indoor unit juga bagian kondensor dari outdoor unit seperti pada AC merk Panasonic. emoticon-shakehand


Permasalahan yang Sering Timbul di AC Beserta Solusinya

Permasalahan yang Sering Timbul di AC Beserta Solusinya


Pengujian teknologi Blue Fin ini sudah dilaksanakan oleh Fakultas Teknik Universitas Indonesia melalui Center for Materials Processing and Failure Analysis Universitas Indonesia (CMPFA UI) yang merupakan Unit Kerja Khusus Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat (UKKPPM) dalam lingkungan Universitas Indonesia yaitu pengujian korosi berupa uji kabut garam sesuai dengan metode ASTM B117. Berdasarkan pengujian yang dilaksanakan 28 Juni – 11 Juli 2019, ditemukan bahwa dengan pemaparan kabut garam sebesar 5% NaCl, temperatur uji 35°C dan kadar keasamaan 6.9 selama 216 jam terbukti bahwa evaporator AC Panasonic si-BiRU tahan terhadap lingkungan korosif. Deni Ferdian, Director of CMPFA Universitas Indonesia mengatakan kerjasama dengan PT Panasonic Gobel Indonesia ini merupakan bukti nyata Tri Darma Pendidikan Tinggi dalam hal Pengabdian Masyarakat. Dengan peralatan laboratorium yang canggih, Universitas Indonesia memberikan layanan untuk mendukung perkembangan industri dalam negeri. Dengan predikat sebagai Laboratorium Penguji yang terakreditasi ISO / IEC 17025 membuktikan bahwa hasil pengujian ini dapat memenuhi Standar Internasional.

Jadi dengan teknologi Blue Fin ini, seluruh bagian Evaporator dan juga Ubend yang berada di Indoor unit dilapisi Blue Fin yang membuat efek daun talas emoticon-raining  (Hydrophobic) di bagian Evaporatornya. Begitu pula dengan bagian Kondensor di Outdoor unit juga seluruhnya sudah dilapisi dengan Blue Fin emoticon-siul. Dengan begitu air jadi tidak menempel yang membuat Evaporator menjadi tahan lama. Itulah mengapa Panasonic sampai berani memberikan garansi khusus Evaporator selama 3 tahun ! Khususnya untuk type seri LN-UKJ dan juga PN-UKJ. AC Panasonic dengan seri akhiran J merupakan produk hasil dalam negeri buatan Indonesia. emoticon-I Love Indonesia (S) 




Quote:
MENGELUARKAN BAU
Permasalahan yang Sering Timbul di AC Beserta Solusinya

Permasalahan yang Sering Timbul di AC Beserta Solusinya

Quote:
Sebenarnya perangkat AC tidak mengeluarkan bau emoticon-doctor, Bau tidak enak saat menyalakan AC penyebab utamanya adalah sumber bau itu sendiri, misalanya bau makanan. Bau yang berasal dari makanan emoticon-ricebowlakan terbawa oleh udara, kemudian menempel pada kisi-kisi evaporator. Lalu, saat AC dinyalakan lagi, bau-bauan tadi turut tertiup oleh udara dingin yang dikeluarkan oleh AC. Jadi jika ada sumber bau yang tidak enak pada ruangan ber-AC nantinya bau tersebut akan terserap pada evaporator. Hal ini yang membuat saat AC dinyalakan mengeluarkan bau tidak sedap. emoticon-Busa

Langkah pertama sebaiknya dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memilih jenis AC yang dapat mengatur waktu emoticon-clock  operasi AC. Jadi, sebelum peranti AC dinyalakan, kisi-kisi evaporator akan dibasahi secara otomatis. Dengan demikian, bau-bauan yang tadinya menempel akan lenyap dan udara yang keluar dari AC menjadi lebih segar serta tidak berbau emoticon-Wowcantik  atau bisa memilih AC yang yang memiliki teknologi penghilang bau seperti pada AC Panasonic dengan teknologi Nanoe X yaitu mempunyai kemampuan yang sangat efektif 10x lebih besar mengurangi bau tidak sedap seperti asap rokok dan sangat efektif melumpuhkan virus, bakteri, jamur yang melayang di udara (airborne) dan menempel di serat kain.

Langkah kedua adalah dengan memanggil tukang service yang bisa membersihkan AC karena biasanya bau tak sedap tersebut pemicunya ada pada AC yang sudah penuh dengan bakteri dan kuman.




Quote:
MENGELUARKAN SUARA BERISIK
Permasalahan yang Sering Timbul di AC Beserta Solusinya

Permasalahan yang Sering Timbul di AC Beserta Solusinya

Quote:
AC yang sudah lama dipakai, biasanya akan mengeluarkan suara emoticon-Forum Musicyang berderit yang pastinya mengganggu sekali untuk di dengarkan. Bisa banyak hal penyebabnya.Pertama penyebab dari hal ini biasanya ada pada sekrup dan baut yang sudah mulai kendur. emoticon-Amazed Penyebab lain biasanya ada pada letak pipa yang bersentuhan dengan cover. Untuk mengatasinya cukup mengencangkan kembali sekrup dan baut. Bisa juga dengan menata kembali posisi pipa agar tidak bersentuhan dengan AC.

Penyebab kedua adalah penyangga AC yang tidak rata, agar bisa menempel pada tembok, AC membutuhkan dudukan atau bracket. Idealnya, AC terbaik memang pada bagian tembok yang rata. Namun karena suatu hal, terkadang AC dipaksa dipasang pada permukaan yang tidak rata. Pemasangan pada permukaan tembok seperti inilah yang kemungkinan menyebabkan suara berisik emoticon-Berduka (S) . Ini bisa diatasi dengan memindahkan bracket di tempat yang lebih rata. Kalau tidak, kita bisa menggantinya dengan dudukan yang lebih rata.

Selanjutnya penyebab ketiga yaitu Bearing Kompresor Kendor. Faktor usia pun menjadi penyebab utamanya emoticon-Cape d... (S). Jika sudah begini, satu-satunya cara untuk mengatasinya hanya dengan menggantinya dengan yang baru. emoticon-present




*****


Barang elektronik yang dipakai dalam jangka panjang akan mengalami beberapa masalah setelah lama dipakai. Tak terkecuali AC yang dipakai dalam kurun waktu yang cukup lama perlu mendapatkan perawatan rutin berkala setelah pemasangan pertama kalinya. Tentu saja, semua itu juga tergantung pada keawetan merk AC yang yang Kita beli.

Jika kualitas AC yang dibeli memang cukup baik, masalah seperti diatas relatif jarang terjadi. Setidaknya butuh waktu lebih lama hingga permasalahan ini muncul. Inilah yang akan di peroleh saat menggunakan AC terbaik buatan Panasonic.


Diubah oleh funk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mee.tha23 dan 8 lainnya memberi reputasi
9
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 9
08-10-2019 09:02
Tanggapan dari cascuser,

Quote:Original Posted By aguspriambodo
Sekedar impoh gan, ane pernah pake AC split merk TCL buat kamar tidur kelg, lumayan bandel & awet, perawatan rutin biasa 4-5 bln baru cuci, Dah 12 thn lebih masih dingin nyess.. Cuman boros listrik dan suaranya agak berisik. Skrg si TCL dah tak jual & beli baru, LG smart inverter. Lbh hemat listriknya, suara halus


Quote:Original Posted By gitawitch
ac gw beli sebelum anak lahir dan masih ane pake sampe skrg. brarti dah 11 taon, ini jg jarang dipake. bersihin jg 3 bulan sekali

yg dah koit ac di kmr satu lg lebih muda umurnya. dah bocor evaporatornya dan males ane tambal. umur cuma 8 taon doank. kesalahannya adalah pipanya terlalu panjang antar indoor ama outdoor. jd mesin kerja keras utk mendinginkan udara di kamar. mknya yg umur 11 thn msh kuat ampe skrg krn selangnya pendek ke outdoor

ane jg pernah kena modus pas baru beli ac. yg bersihin ac slalu bilang ganti freon. dah 3x berturut2 kek gitu br ane sadar. ya ini jg krn ane ga tau jg gmn ngrawat ac, maen iya iya aja.

Diubah oleh funk
profile-picture
anakjahanam721 memberi reputasi
1
08-10-2019 15:14
iklan panasonic emoticon-Betty (S)
0
08-10-2019 17:00
pemakaian AC yang berlebih, dampaknya justru timbul dari si penggunanya sendiri, contoh kecilnya gangguan pernapasan.

mengerikans.
0
Lihat 5 balasan
Lapor Hansip
09-10-2019 13:54
Balasan post HasbiSaja
Quote:Original Posted By HasbiSaja
pemakaian AC yang berlebih, dampaknya justru timbul dari si penggunanya sendiri, contoh kecilnya gangguan pernapasan.

mengerikans.


tipsnya adalah jangan berlebihan dalam memakai AC emoticon-Big Grin
sebaiknya buka jendela setiap 3 jam biar ada sirkulasi udara yang baru
gunakan AC yang punya teknologi pemurni udara
0
Lapor Hansip
09-10-2019 22:17
Balasan post HasbiSaja
Tidak selalu. Penggunaan AC selama udara di dalam ruangan bersih seharusnya tidak masalah.

Masalah dingin pun selama suhu AC disetel senyaman mungkin, dan tubuh kita bisa beradaptasi, juga aman emoticon-Big Grin
profile-picture
warrysangru2 memberi reputasi
1
10-10-2019 00:22
waaaahh saya engga punya ac sih heheheh biasa pakai kipas angin karena memang tida ada duit nih buat belinya wkwkwk tapi bolehlah share trit agan ke si doi yang pakai ac seakan akan mau memberi inspo,padahal mah mau ngajak chat aja ehehehehwwww emoticon-Malu
0
Lihat 1 balasan
10-10-2019 00:23
kagak punya ac dirumah nyimak aje dah, btw.. si momod tukang servis ac ternyata emoticon-Ngacir
0
10-10-2019 00:39
Flaring yg dimaksud itu pipa kapiler bukan?
0
Lihat 1 balasan
10-10-2019 01:14
AC itu kurang baik untuk kesehatan katanya
0
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
10-10-2019 04:21
yaa kalo ac awet selamanya, produsen ac bakal bangkrut dong. strategi marketing elektronik emang gitu wkwkwk
0
Lihat 1 balasan
10-10-2019 04:25
Alhamdulillah ane g terbiasa AC, g pasang dirumah, jadinya aman dari masalah tsb emoticon-Embarrassment
0
10-10-2019 05:03
Bener banget tuh
Ini aja netes terus
0
Lihat 1 balasan
10-10-2019 05:03


Quote:Original Posted By ikcai
yaa kalo ac awet selamanya, produsen ac bakal bangkrut dong. strategi marketing elektronik emang gitu wkwkwk


Wkwkwk betul juga gan emoticon-Ngakak
0
10-10-2019 05:42
Buk mak
0
10-10-2019 06:43
wah.. AC gua udah meninggal emoticon-Betty (S)
Maklum dah tuak banget. Mau beli lagi, tapi di dompet cuma ada pattimura yang sedang berbaris sambil megang parangemoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh anakjahanam721
0
10-10-2019 07:10
jejek ditinggalkan
0
10-10-2019 07:50
ane pake Sharp
0
10-10-2019 07:51
ac problem ya ga dirawat dengan baik
0
Halaman 1 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.