alexa-tracking
Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9869fd88b3cb31cb498bdf/6-resep-menu-kuliner-ndeso-berbahan-dasar-iwak-wader
Lapor Hansip
05-10-2019 17:01
6 Resep Menu Kuliner Ndeso Berbahan Dasar Iwak Wader
CATATAN RESEP IWAK WADER ROYANI KASKUS 2019

6 Resep Menu Kuliner Ndeso Berbahan Dasar Iwak Wader
Source : www.indonesia.go.id
 
Di samping ikan laut, ikan air tawar yang dibudidayakan di rawa-rawa atau tambak, satu lagi jenis ikan yang tak kalah nikmat dan menyehatkan, yakni ‘’iwak kali’’. Sesuai nama dan asal ikan, memang ikan tersebut berasal dari sungai.
 
Di banyak tempat, seperti warung-warung kuliner khas makanan tempo dulu, jenis menu ikan ini sering dijadikan ikon rumah makan tersebut. Gansis yang tinggal di kota mungkin kurang begitu akrab dengan lauk itu. Pun demikian, tak ada salahnya ya, baca resep-resep berikut. Sebab Gansis bisa menggantinya dengan jenis ikan baby fish yang bisa dibeli di pasar, jika tertarik ingin mencoba resep berikut.
 
1.      PECEL IWAK WADER

6 Resep Menu Kuliner Ndeso Berbahan Dasar Iwak Wader
Source : www.shutterstocks.com
 
Sama seperti kala menggoreng ikan biasa, setelah ikan disiangi dan dicuci bersih cukup direndam dengan larutan garam bumbu yang berasal dari bawang putih, ketumbar dan kunyit. Digoreng kemudian dicolekkan ke sambal. Bingung mau bikin sambal apa? Intip thread berikut ini! Meski untuk makan menu ikan atau ayam bakar, buat menyantap ikan goreng juga sedap loh! hehehe https://www.kaskus.co.id/thread/5d94...ile&med=thread Disantap dengan sayur lalapan dan sayur bening. Wah sedap sekali hhehehe.
 
2.      BOTOK IWAK WADER

6 Resep Menu Kuliner Ndeso Berbahan Dasar Iwak Wader
Source : www.wikipedia.com 
 
Sebaiknya siapkan terlebih dahulu daun singkil. Tanaman perdu yang biasa tumbuh di pekarangan rumah atau di pagar halaman. Aromanya menyengat. Digunakan untuk menyedapkan bumbu masakan. Seperti keong atau tutut berkuah asam dan botok seperti berikut!
 
6 Resep Menu Kuliner Ndeso Berbahan Dasar Iwak Wader
Source : www.cookpad.com

Bahan yang dibutuhkan :
 
-         500 gram iwak wader, siangi dan cuci bersih
 
-         250 gram kelapa parut, pilih yang muda dan sedikit berlendir
 
-         3 buah bawang putih
 
-         5 buah bawang merah
 
-         5 buah cabai besar
 
-         5 buah cabai rawit merah
 
-         1 sdt terasi bakar
 
-         1 buah tomat merah
 
-         Daun singkil secukupnya, petiki cuci bersih lalu cincang halus
 
-         1 sdt bubuk kaldu
 
-         1 sdt garam
 
-         1 keping gula aren
 
-         Daun pisang dan lidi seperlunya
 
Cara membuat :
 
-         Haluskan semua bumbu lalu aduk dengan kelapa parut dan daun singkil. Koreksi rasa baru masukkan ikan. Aduk rata kembali.
 
-         Ambil daun, beri secukupnya adonan ikan lalu tutup bentuk seperti pada gambar. Semati lidi dan kukus selama kurang lebih antara 25-30 menit.
 
 
3.      PEPES WADER BUMBU RUJAK

6 Resep Menu Kuliner Ndeso Berbahan Dasar Iwak Wader
Source : www.cookpad.com
 
Bahan yang dibutuhkan :
 
-         500 gram iwak wader, bersih
 
-         3 butir bawang putih
 
-         5 butir bawang merah
 
-         5 buah cabai merah
 
-         5 buah cabai rawit merah
 
-         1 sdt terasi
 
-         7 buah kemiri
 
-         4 keping asam jawa, ambil dagingnya
 
-         3 buah tomat merah
 
-         1 sdt kaldu bubuk
 
-         1 sdt garam
 
-         1 keping gula aren
 
-         Daun pisang dan lidi secukupnya
 
Cara  membuat :
 
-         Haluskan semua bumbu kemudian koreksi rasa. Setelah itu masukkan iwak wader aduk rata dan biarkan bumbu meresap selama 10 menit. Baru dibungkus dengan dengan daun pisang bentuk pepes seperti pada gambar.
 
-         Resep ini bisa jadi 7 porsi dengan ukuran sedang.
 
 
4.      WADER GORENG KRISPY

6 Resep Menu Kuliner Ndeso Berbahan Dasar Iwak Wader
Source : www.cookpad.com
 
Bahan yang diperlukan :
 
-         500 gram iwak wader bersih
 
-         1 bungkus tepung bumbu siap pakai
 
-         4 butir bawang putih
 
-         ½ sdt ketumbar bubuk
 
-         ½ sdt lada bubuk
 
-         ½ sdt kunyit bubuk
 
-         Secukupnya air matang dan minyak goreng
 
Cara membuat :  
 
-         Setelah dibersihkan taburi ikan dengan bumbu, lalu diamkan selama 20-30 menit. Setelah itu taburi tepung bubuk, aduk rata.
 
-         Celupkan pada sedikit air, lalu balik lagi taburi tepung.
 
-         Ulangi sampai tiga kali, baru digoreng dengan minyak panas sedang. Resep tepung bumbu homemade non MSG, silakan kunjungi thread ini ya https://www.kaskus.co.id/thread/5d98...ile&med=thread
 
 
5.      REMPEYEK IWAK WADER

6 Resep Menu Kuliner Ndeso Berbahan Dasar Iwak Wader
Source : www.cookpad.com
 
 Bahan yang diperlukan :
 
-         500 gram iwak wader bersih
 
-         500 gram tepung terigu
 
-         5 butir bawang putih
 
-         5 butir bawang merah
 
-         5 butir kemiri
 
-         1 sdt ketumbar bubuk
 
-         1 ruas kencur
 
-         1 ruas kunyit
 
-         3 lembar daun jeruk, iris tipis
 
-         1 ruas lengkuas
 
-         1 sdt kaldu bubuk
 
-         1 sdt garam
 
-         400 ml santan kental
 
-         Minyak goreng secukupnya
 
Cara membuat :
 
-         Haluskan semua bumbu kemudian aduk jadi satu dengan teoung beras dan santan.
 
-         Masukkan iwak wader, kemudian goreng dengan api sedang hingga kering kekuningan.
 
 
6.      EMPLEK (PERKEDEDEL SINGKONG) IWAK WADER

6 Resep Menu Kuliner Ndeso Berbahan Dasar Iwak Wader
Source : www.cookpad.com
 
Bahan yang dibutuhkan :
 
-         600 gram singkong parut
 
-         400 gram iwak wader kecil
 
-         200 gram udang basah, siangi
 
-         3 butir bawang putih
 
-         4 butir bawang merah
 
-         1 sdt terasi
 
-         5 buah cabai merah (bila suka pedas)
 
-         1 ruas kencur
 
-         1 ruas kunyit
 
-         1 sdt biji ketumbar
 
-         2 batang daun bawang, cincang halus
 
-         3 sdm tepung terigu/tepung tapioka
 
-         Minyak goreng secukupnya
 
Cara membuat :
 
-         Haluskan semua bumbu kemudian campur dengan iwak wader, tepung dan udang berikut daun bawang. Aduk rata.
 
-         Bentuk bulat pipih menyerupai perkedel, lalu goreng hingga matang kekuningan.
 
-         Sajikan panas-panas dengan cabai rawit gunung atau sambal. Resep sambal ada di sini Gansis https://www.kaskus.co.id/thread/5d96...ile&med=thread selain bisa untuk makan sayuran rebus juga recomanded banget buat makan ikan goreng atau lauk gorengan lainnya loh!emoticon-Wakaka
 
 
Itu tadi ya Gansis artikel yang ditulis penulis sendiri berdasarkan pengalamannyaemoticon-Traveller . Asal kalian tahu ya, semua lauk tadi masih menjadi kesukaannya. Sekalipun lauk modern bejibun bertebaran seperti sekarang ini.
 
Sekali lagi ingat ya, iwak wader bisa kalian ganti dengan ikan baby fish yang bisa dibeli bebas di pasar. Itu bila kalian ingin mencoba resep yang telah dibagikan penulisemoticon-Wowcantik
 
Lalu apakah kalian juga tahu, bila pasangan lauk di atas adalah ‘’jangan lompong’’ atau sayur lompong? Penasaran? Lebih jelas silakan intip thread ini https://www.kaskus.co.id/thread/5d97...ile&med=thread
 
Gansis ingin mencoba resep lain? Silakan mampir ke sini yaemoticon-Wowcantik
 
1.      https://www.kaskus.co.id/thread/5d92...ile&med=thread
 
2.      https://www.kaskus.co.id/thread/5d92...ile&med=thread
 
3.      https://www.kaskus.co.id/thread/5d93...ile&med=thread
 
Terima kasih selamat mencoba!emoticon-Traveller
 
Sumber artikel : Koleksi Resep Penulis
 
JEPARA, 05 OKTOBER 2019
 
#BBB#


Diubah oleh royani1975
profile-picture
profile-picture
profile-picture
giacartone dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
05-10-2019 18:09
pertamax ... yes, kakak koki, itu cucuknya wader ga nunyuk-nunyuk kalo dimakan?
0
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
05-10-2019 19:27
Balasan post VitaArkana
Kalo digoreng garing enggak Sis malah kremes-kremes endes😂 nah kalo buat botok dan pepes pilih yang wader lembut yang durinya halus. Jadi bisa dimakan semua. Inget ya wader kali bukan wader yang dari rawa. Wader dari rawa berair pahit kepalanya enggak gurih kayak wader kali. Namanya unik. Wader picek😂😂kepalanya pait kalok dimakan. Cocoknya wader ini buat pepes saja dengan bumbu menyengat😂
profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
1
05-10-2019 21:25
Quote:Original Posted By royani1975
Kalo digoreng garing enggak Sis malah kremes-kremes endes😂 nah kalo buat botok dan pepes pilih yang wader lembut yang durinya halus. Jadi bisa dimakan semua. Inget ya wader kali bukan wader yang dari rawa. Wader dari rawa berair pahit kepalanya enggak gurih kayak wader kali. Namanya unik. Wader picek😂😂kepalanya pait kalok dimakan. Cocoknya wader ini buat pepes saja dengan bumbu menyengat😂


Wader picek, mungkin buta. Kayaknya enak yaaa
0
Lihat 1 balasan
06-10-2019 00:09
enak banget ini, ane dlu pertama kali makan Nasi Pecel Wader pas di Mojokerto

untung nya di Jakarta jg ada, Warung Sego Pecel Wader di Pasar Rebo emoticon-Big Grin
0
Lihat 2 balasan
06-10-2019 05:53
Iwak peyek gak ada ya bre? emoticon-Leh Uga
0
Lihat 1 balasan
07-10-2019 01:18
ane baru denger iwak wadek, dan kyknya belom pernah coba dah
0
Lihat 5 balasan
Lapor Hansip
07-10-2019 20:06
Balasan post VitaArkana
Iya😃 hidup di rawa-rawa. Entar kapan-kapan kalo saya ke pasar pas ada tak potoin bentuknya tak buatin trit sekalian. Ada wader picek pait rasanya lalu ada wader klimo pari yang manis. Bentuknya mirip tapi tetep bisa dibedakan saat masih mentah. Biasanya khusus wader picek harganya jauh lebih murah ketimbang wade klimo pari
0
Lapor Hansip
07-10-2019 20:07
Balasan post capt.sabaru
Nah kan😂 ikannya emang manis. Pokoknya beda sama ikan laut atau ikan tambak Gan😂
0
Lapor Hansip
07-10-2019 20:09
Balasan post kudanil.la
Iya Sis ini ikan hidup di sungai-sungai di pedesaan. Ikannya rasanya manis dan gurih😊 bentuknya kecil-kecil dan imut😂
0
Lapor Hansip
07-10-2019 20:09
Balasan post capt.sabaru
Itu tadi di resep udah tak tulis Gan😁
0
07-10-2019 20:34
iwak wader ini ternyata bentuknya kecil2 yah, klo digoreng pasti renyah & gurih 😋
0
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
08-10-2019 09:45
Balasan post senjakita09
Iya Gan. Digoreng krispy mantep banget😂
0
Lapor Hansip
08-10-2019 21:03
Balasan post kudanil.la
@royani1975 wahh pantes aja ane kaga tau, sungai di kota ane mah isinya udh coklat semua wkwkw
0
Lapor Hansip
09-10-2019 17:06
Balasan post kudanil.la
@kudanil.la hiii jijay ah😂😂😋
0
Lapor Hansip
10-10-2019 12:29
Balasan post royani1975
@royani1975 masalahnya emang gitu sis, gimana lagi wkwkw
0
Lapor Hansip
10-10-2019 22:05
Balasan post kudanil.la
@kudanil.la 😂😂😂😂🤔😂
0
12-10-2019 13:46
Ane pernahnya nyoba ini cuma di goreng garing aja blm pernah dimacem2in kayanya enak yaa...
0
Lapor Hansip
14-10-2019 12:49
Balasan post giacartone
Ada Gan itu resepnya udah kutulis semua😋
0
14-10-2019 15:12
Quote:Original Posted By royani1975
Ada Gan itu resepnya udah kutulis semua😋


Kalo gitu ane gembok aja ya sist emoticon-Malu (S)
0
Lihat 2 balasan
Lapor Hansip
16-10-2019 21:39
Balasan post giacartone
Dicatat resepnya Gan bukan digembok🤔🤔🤔
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.