alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
136
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d983cd06cc64850c7235bce/7-fakta-mengenai-proyek-manhattan-proyek-bom-atom-hiroshima-nagasaki
Proyek Manhattan adalah proyek yang dikenal menyebabkan adanya bom atom di Hiroshima dan Nagasaki yang kerap kita kenal di bangku sekolah menyebabkan Jepang menyerah dan mengakhiri Perang Dunia II.
Lapor Hansip
05-10-2019 13:48

7 Fakta Mengenai Proyek Manhattan, Proyek Bom Atom Hiroshima-Nagasaki

Past Hot Thread
emoticon-Hot Newsemoticon-Salam Kenal:Halo agan-agan. Assalamualaikum Wr Wb.emoticon-Hai emoticon-Hot News

PERTAMAX
Ane ucapkan selamat datang di Thread aneemoticon-Shakehand2
Selamat Datang



KEDUAX
Ane angkut dulu bukti no repsol:
no repsol



KETIGAX
emoticon-Big Grin Sebelum masuk ke inti thread, ane angkut tulisan-tulisan ane lainnya tentang Perang Dunia
Quote:Occult Forces, Film Propaganda buatan NAZI bertema anti-Freemason
Pengaruh Kitab Hindu Bhagavad Gita bagi Ilmuwan Nuklir AS pada Perang Dunia II dari keluarga Yahudi non-observant, Robert Oppenheimer
Septemberprogramm: Rencana Jerman di Perang Dunia I yang Gagal



KEEMPAT
Mari kita masuk inti Thread
Quote:
7 Fakta Mengenai Proyek Manhattan, Proyek Bom Atom Hiroshima-Nagasaki


Proyek Manhattan adalah proyek yang dikenal menyebabkan adanya bom atom di Hiroshima dan Nagasaki yang kerap kita kenal di bangku sekolah menyebabkan Jepang menyerah dan mengakhiri Perang Dunia II.
Namun, hal ini juga merupakan menoreh sejarah kelam di dunia teknologi mengingat ini adalah bom atom pertama di dunia.
Proyek ini terkenal sangat berbahaya, hingga menyebabkan kematian dari beberapa ilmuwan yang terlibat di dalamnya untuk mengembangkan senjata pemusnah masal.
Nah, mari kita bahas salah satu pencapaian besar teknologi senjata ini dalam fakta soal proyek Manhattan, yang dilansir dari Listverse berikut ini.


1. Terlibatnya Albert Einstein
pic Albert Einstein


Sejarah menyebut bahwa Proyek Manhattan dimulai dari adanya surat yang disebut sebagai surat Einstein-Szilard.
Surat yang ditandatangani sendiri oleh Einstein di tahun 1939 ini ditujukan pada presiden AS saat itu yakni Franklin D. Roosevelt. Szilard sendiri adalah penulis surat tersebut, setelah berdiskusi dengan deretan ilmuwan lainnya termasuk Einstein, Eugene Wigner, dan Edward Teller.
Surat tersebut berisi perhatian soal kekuatan baru yang muncul kala penelitian nuklir yang waktu itu baru saja dihelat. "Kekuatan baru" tersebut diyakini dapat menyebabkan kehancuran luar biasa yang tak pernah dilihat manusia sebelumnya. Perhatian ini ditujukan ke presiden agar teknologi semacam ini tak jatuh ke tangan Nazi Jerman, mengingat mereka sudah menimbun uranium dan melakukan penelitian.
Presiden FDR akhirnya memutuskan untuk mengambil tindakan, dan proyek ini akhirnya lahir.



2. Menelan Biaya Rp28T
pic


Proyek Manhattan adalah proyek yang rumit. Tak cuma meneliti bahan paling berbahaya di dunia, namun lokasinya juga tersebar di AS dan Kanada. Situs utamanya terdapat di Los Alamos di negara bagian New Mexico, dan Oak Ridge di Tennessee.

Oak Ridge berfungsi sebagai pabrik utama uranium yang merupakan bahan utama bom atom. Sementara Los Alamos adalah laboratorium yang letaknya jauh dari peradaban dan bertugas merancang dan membangun bom atom.

Karena rumitnya proyek ini, biaya yang ditelan pun juga banyak. Tercatat, biaya proyek adalah USD 1,9 milyar, atau setara Rp28 Triliun Rupiah. Jika dikonversikan ke uang saat ini, angka ini lebih dari 10 kali lipat.



3. Proyek ini Dianggap Sukses
pic


Banyak yang melihat proyek Manhattan sebagai proyek gagal. Pasalnya, biaya proyek yang jauh lebih dari anggaran awal, kematian ilmuwan saat bekerja, serta dampak besar dari adanya bom atom. Namun pemerintah AS sendiri menganggapnya sukses.

Hal ini dikarenakan tujuan adanya proyek ini adalah mempersenjatai AS melawan Nazi Jerman dan ancaman Jepang di Perang Dunia II. Tentu jika dalam perspektif tersebut, proyek ini berhasil.

Namun di sisi lain, proyek ini hanya menghasilkan dua bom atom yang diledakkan dengan perkiraan kematian berkisar 150.000 hingga 200.000 orang. Serta tentu, proyek ini membuka pintu bagi Rusia dan AS untuk mengembangkan senjata nuklirnya dan akhirnya jadi negara adikuasa.

Di sisi lain, pemboman Hiroshima dan Nagasaki menyelamatkan jutaan nyawa di AS dalam kondisi perang karena Jepang menyerah tanpa syarat.

Secara keseluruhan, tetap banyak yang berpendapat bahwa proyek Manhattan adalah salah satu proyek yang cacat moral dan problematis.



4. Kematian Akibat "Inti Setan"
pic


Menurut laporan, terdapat 24 kematian selama proyek Manhattan berlangsung. Sebagian besar dari kematian ini adalah kecelakaan konstruksi. Namun karena ini adalah penelitian bom nuklir, beberapa kematian ilmuwan terkait nuklir adalah hal yang cukup mengerikan.

Dua kasus kematian ilmuwan di Proyek Manhattan yang paling mengerikan adalah Harry Daghlian dan Louis Slotin. Daghlian tak sengaja menjatuhkan bata tungsten carbide ke rakitan inti plutonium, dan akhirnya melepas batu bata tersebut. Akhirnya ia terpapar dosis mematikan, menderita selama satu bulan di RS, lalu kemudian meninggal.

Sementara Slotin, mengalami kecelakaan setelah obeng yang ia gunakan memodifikasi bagian atas reflektor berilium neutron yang berada di atas inti uranium mengalami tergelincir. Setengah inti atom jauh dan ia terpapar radiasi yang membuatnya meninggal dalam 9 hari.

Akhirnya, pasca dua kematian ini, inti plutonium ini disebut sebagai "inti setan."



5. Awalnya Bukan Mengembangkan Bom Atom Namun Meriam Nuklir
pic


Di awal pengembangan Manhattan Project, penelitian dikerahkan para ilmuwan untuk mendesain sebuah meriam pelontar bom berbasis plutonium. Subjek ini diberi nama "Thin Man", bersamaan dengan pengembangan bom atom yang diberi nama "Fat Man," sebuah bom yang akhirnya dijatuhkan di Nagasaki.

Meriam ini sendiri memiliki cara kerja yang cukup rumit, yakni dengan membenturkan dua massa plutonium dengan kecepatan tinggi di dalam bom. Akhirnya, Thin Man ditinggalkan karena terlalu sulit dikembangkan ketika penelitian.

Namun, uang terlanjur terkucur banyak untuk Thin Man. Mulai dari percobaan pembawaan casing yang ternyata mengungkap bahwa desainnya tak terlalu efektif untuk dibawa oleh pesawat, serta kecenderungan bom untuk meledak sebelum waktunya akibat benturan plutonium.

Meski demikian, bom yang dijatuhkan di Hiroshima, adalah tipe meriam yang menggunakan uranium alih-alih plutonium.



6. Percobaan Pertama Peledakan Bom Atom Sepanjang Sejarah
pic


Karena Proyek Manhattan adalah proyek yang pertama dalam sejarah, selain pemboman atom pertama, tentu mereka juga tercatat sebagai pihak pertama yang meledakkan bom atom sepanjang sejarah. Hal ini dilakukan pada 16 Juli 1945 dengan diberi nama Trinity Test atau uji coba trinitas.

Era bom atom dimulai ketika sebuah bom atom berhasil diledakkan dengan bantuan sebuah "gadget" pelatuk yang canggih pada masanya.

Uji coba ini tentu ditutup-tutupi oleh Pemerintah pada masa itu. Bahkan seorang penulis dari The New York Times diangkat untuk membuat rilis pers yang berisi kejadian yang lebih banyak ditutupi ketimbang kenyataan.



7. Proyek ini Banyak Dibahas di Budaya Pop
pic


Setelah ditutup lebih dari 70 tahun, proyek ini sama sekali tak dilupakan. Sebagai pionir kerusakan nuklir, justru Proyek Manhattan sering disebut di televisi, film, fiksi, dokumenter, musik, bahkan video game serta berbagai bentuk seni berbasis budaya pop lainnya.

Sebuah film televisi berjudul Day One yang lahir di 1989 memenangkan penghargaan Emmy berkat penggambaran sejarah soal Proyek Manhattan.

Selain itu, yang paling terkenal adalah karakter Tony Stark di Iron Man yang di awal Marvel Cinematic Universe, tepatnya di Iron Man pertama, adalah pabrikan senjata yang mewarisi keahlian sang ayah, Howard Stark, yang merupakan salah satu ilmuwan integral di Proyek Manhattan.

Bahkan terdapat sebuah seri televisi berjudul Manhattan yang membahas lebih detil soal Proyek Manhattan namun berhenti setelah dua musim meski penuh pujian.



Sumber: merdeka.com

Sekian Thread dari ane emoticon-Ngacir2
Silakan komen, rate, share, & cendolnya bila berkenan emoticon-Toast
Diubah oleh kreator.9.ES
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rony25 dan 19 lainnya memberi reputasi
18
Halaman 1 dari 7
7 Fakta Mengenai Proyek Manhattan, Proyek Bom Atom Hiroshima-Nagasaki
05-10-2019 13:49
Quote:
Mau baca blog ane?
Kaum Stoa penganut Stoisisme: Pengguna Istilah “Logika” Pertama Kali
Proposisi Euklides I.47, Segitiga Freemasonry yang Sebenarnya (Dijamin bukan Cocoklogi!!!)
Bapak Geometri Euklides yang Misterius & Karyanya yang Berpengaruh Euclid’s Elements

Pertamax hanya untuk TS emoticon-Cool
-sekalian reserved-
UPDATE KOMEN-KOMEN KASKUSER

Quote:Original Posted By barulangit

film seri tentang proyek manhatan ada tuh, dibikin sekitar tahun 2017 an, terdiri dari beberapa sesion episode, judulnya kalau nggak salah 'manhattan', sorry agak lupa soalnya ane cuma nonton beberapa episode doang


Quote:Original Posted By win77576

Ceritanya ada di film dokumenter albert einstein yg dibuat oleh national geographic.bisa di download di indoxxi gan.


Quote:Original Posted By kreator.9.ES

emoticon-Smilie
Soal film tentang ini, barangkali agan-agan juga tertarik buat diskusi & share fi thread ane Film-Film di Era Perang Dunia II



Quote:Original Posted By irvan84
Ane masih penasaran alasan utama Jepang masuk ke pd II apa sih gan? Memperluas teritorial?


Quote:Original Posted By shinhikarugenji

Ada macam-macam.
Salah satunya merebut sumber daya alam, termasuk minyak di Indonesia.
Tahu sendiri, Jepang itu rada miskin sumber daya.
Mana mereka menghadapi embargo minyak dari Amrik.

Juga untuk mempertahankan pengaruh mereka di Asia timur (China dan Korea), plus memperluas kekuasaan mereka di Asia-Pasifik..


Quote:Original Posted By Uthe18
Jepang mulai ber transformasi jadi negara modern dan belajar dr negara lain setelah Restorasi Meiji (1867), setelah itu mereka belajar besar2an dengan cepat.
Bisa d katakan test case kedigdayaan militer pertama mereka ya saat mengalahkan tentara Russia (1905) yg menghancurkan mitos (saat itu) yg katanya kulit putih tak terkalahkan, rupanya kulit berwarna pun mampu mengalahkan kulit putih


Quote:Original Posted By gilbertagung

Sebenarnya 9 tahun sebelumnya, 1896, sudah ada kejadian ini. Bangsa kulit putih (Italia) kalah melawan bangsa kulit warna (Ethiopia).
1896


Quote:Original Posted By mr.croovooc
untuk pengembangan senjata nuklir, lebih efektif mana? plutonium apa uranium?

Quote:Original Posted By KRAVZHENKO

pake plutonium (metode implossion), tapi negara2 TRIAD Nuklir sudah beralih ke Bomb Fusi Nuklir (Hidrogen) gan, yg daya ledaknya jauh lebih besar dridapada metode fisi, bomb hydrogen dg daya ledak terbesar yg pernah diledakan adalah Tsar Bomba, buatan Uni Soviet dg daya ledak 50 MT

Quote:Original Posted By aftadizca

Rencana awalnya buat 100MT tapi karena test Bom Castle amerika yang data ledaknya 2.5x lipat (perhitungan 15MT, hasilnya 50MT) dari prediksi, makanya dikurangi.


Quote:Original Posted By ontacomel

@shinhikarugenji
Kalau proyek air berat nya nazi tuh spt apa ya om?
setau ane surat itu muncul krn Nazi sdh mulai buka proyek penelitian Air Berat, yg nota bene semi nuklir kalau dibandingin dng hasil proyek manhattan.
Denger2 ya beberapa ilmuwan di project Manhattan adalah ex peneliti project Air berat.


Quote:Original Posted By shinhikarugenji

Nazi memanfaatkan fasilitas PLTA Vemork, yang menggunakan air terjun Rjukan di Norwegia.
Tujuannya menghasilkan Plutonium-239.
Jerman menganggap penggunaan grafit sebagai moderator gak memungkinkan (padahal bisa jika memakai grafit murni), makanya memilih air berat yang sebenarnya kurang efisien.

Untuk menghambat usaha Jerman, sekutu berulangkali menyabotase fasilitas itu.


Quote:Original Posted By unityy
Itu yang bom nya di kasih nama "little boy & fat man bukan ?
terus pesawat yang di gunakan bertuliskan Enola Gay

Quote:Original Posted By shinhikarugenji

Enola gay itu yang bawa Little Boy dan menjatuhkannya ke Hiroshima.
Yang bawa Fat Man dan menjatuhkan ke Nagasaki itu Bockscar.
Dua-duanya pesawat pembom B-29.


Diubah oleh kreator.9.ES
0 0
0
7 Fakta Mengenai Proyek Manhattan, Proyek Bom Atom Hiroshima-Nagasaki
05-10-2019 13:50
-reserved 2- emoticon-Peace
0 0
0
7 Fakta Mengenai Proyek Manhattan, Proyek Bom Atom Hiroshima-Nagasaki
05-10-2019 13:59
omong2, agan TS, itu albert einstein itu keterlibatnya sejauh apa ya dgn pengembangan BOm nuklir eh bom atom di amrik ??

terus, mengapa nazi jerman tak bs mengembangkan bom atom nya sendiri ??
profile-picture
kolollolok memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
7 Fakta Mengenai Proyek Manhattan, Proyek Bom Atom Hiroshima-Nagasaki
Lapor Hansip
05-10-2019 16:20
Balasan post yoseful
Quote:Original Posted By yoseful
omong2, agan TS, itu albert einstein itu keterlibatnya sejauh apa ya dgn pengembangan BOm nuklir eh bom atom di amrik ??

Cuma sebatas menandatangani surat dukungan proyeknya.
Atau aplikasi teorinya, yakni E=mc^2.
Einstein, karena latar belakang dan pandangannya, dianggap terlalu berbahaya untuk dilibatkan.
Bahkan ilmuwan yg terlibat dilarang konsultasi dgn Einstein.

Quote:Original Posted By yoseful
, mengapa nazi jerman tak bs mengembangkan bom atom nya sendiri ??

Ada beragam alasan.
Termasuk karena banyak ilmuwan bidang nuklir yang kabur dari Jerman karena berdarah Yahudi.
Juga karena Hitler lebih memilih fokus ke proyek roket V2 ketimbang proyek nuklir.
Jadi perkembangan proyek nuklirnya relatif lambat.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
7 Fakta Mengenai Proyek Manhattan, Proyek Bom Atom Hiroshima-Nagasaki
05-10-2019 17:53
ngga ada manhattan project indonesia ngga akan merdeka, sejarah apa adanya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
7 Fakta Mengenai Proyek Manhattan, Proyek Bom Atom Hiroshima-Nagasaki
05-10-2019 23:58
gara2 photo ini gw baru ngeh, ternyata Einstein Perokok

7 Fakta Mengenai Proyek Manhattan, Proyek Bom Atom Hiroshima-Nagasaki

photo lain

7 Fakta Mengenai Proyek Manhattan, Proyek Bom Atom Hiroshima-Nagasaki

kembali ke bahasan,

Amerika hanya menghindari Operasi Darat di Jepang yg mungkin sj korban jiwa nya bakal lebih banyak dibanding Bom Atom.. pastinya pilihan yg sulit, untung nya Jepang jg bisa legowo di akhir2 WW2 - sekarang
Diubah oleh capt.sabaru
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rifqi7788 dan 7 lainnya memberi reputasi
7 1
6
Lihat 1 balasan
7 Fakta Mengenai Proyek Manhattan, Proyek Bom Atom Hiroshima-Nagasaki
06-10-2019 04:13
Seandainya bom atom tidak pernah ditemukan, jepang dan nazi pasti jadi penguasa dunia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sikentang555 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 2 balasan
7 Fakta Mengenai Proyek Manhattan, Proyek Bom Atom Hiroshima-Nagasaki
06-10-2019 09:28
Quote:Original Posted By kaskuslave
Seandainya bom atom tidak pernah ditemukan, jepang dan nazi pasti jadi penguasa dunia


Tidak juga. Waktu percobaan peledakan Bom Trinity di New Mexico, AS diledakkan Uni Soviet udah menguasai Berlin 3 bulan sebelumnya.

Bom atom pun belum mampu membuat Jepang menyerah karena sejak awal 1945 Jepang sudah terbiasa dihujani carpet bombing, pengeboman terus menerus yang merata di seluruh penjuru kota. Jadi hadirnya bom atom bagi Jepang cuma kemunculan bom jenis baru.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jasakurirjkt dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
7 Fakta Mengenai Proyek Manhattan, Proyek Bom Atom Hiroshima-Nagasaki
06-10-2019 09:31
Quote:Original Posted By shinhikarugenji


Ada beragam alasan.
Termasuk karena banyak ilmuwan bidang nuklir yang kabur dari Jerman karena berdarah Yahudi.
Juga karena Hitler lebih memilih fokus ke proyek roket V2 ketimbang proyek nuklir.
Jadi perkembangan proyek nuklirnya relatif lambat.


BTW terkait ujicoba nuklir Jerman yang gagal itu seperti apa gan?
profile-picture
profile-picture
h.ariel dan kolollolok memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
7 Fakta Mengenai Proyek Manhattan, Proyek Bom Atom Hiroshima-Nagasaki
Lapor Hansip
06-10-2019 10:09
Balasan post Gailham
Quote:Original Posted By Gailham
BTW terkait ujicoba nuklir Jerman yang gagal itu seperti apa gan?

AFAIK, boro-boro uji coba nuklir, perkembangan nuklir Jerman itu amat jauh dibanding Amrik.
Cuma ada buku dari ahli sejarah Jerman, Rainer Karlsch, yang mengklaim ada uji coba nuklir di tahun 1945, itu juga cuma berdasar kesaksian seorang wanita, dan praktis itu sumber sejarah yang amat lemah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
h.ariel dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
7 Fakta Mengenai Proyek Manhattan, Proyek Bom Atom Hiroshima-Nagasaki
06-10-2019 14:13
Quote:Original Posted By shinhikarugenji
AFAIK, boro-boro uji coba nuklir, perkembangan nuklir Jerman itu amat jauh dibanding Amrik.
Cuma ada buku dari ahli sejarah Jerman, Rainer Karlsch, yang mengklaim ada uji coba nuklir di tahun 1945, itu juga cuma berdasar kesaksian seorang wanita, dan praktis itu sumber sejarah yang amat lemah.


WW2 hitler fokus ke teknologi jet sama roket ya gan kl ga salah.

Btw kenapa latar belakang einstein d anggap berbahaya ya? Setau ane einstein pernah stateless trus jd wn amrik.
Diubah oleh irvan84
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
7 Fakta Mengenai Proyek Manhattan, Proyek Bom Atom Hiroshima-Nagasaki
Lapor Hansip
06-10-2019 14:57
Balasan post irvan84
Quote:Original Posted By irvan84
WW2 hitler fokus ke teknologi jet sama roket ya gan kl ga salah.

Emang, Hitler lebih fokus ke pengembangan roket, utamanya V2.
Dan seiring akhir perang, banyak sektor lain turut dipangkas demi tetap menyokong proyek utama.

Quote:Original Posted By irvan84
Btw kenapa latar belakang einstein d anggap berbahaya ya? Setau ane einstein pernah stateless trus jd wn amrik.

Pandangan Einstein cenderung kiri, dia menyokong sosialisme dan menentang kapitalisme.
Mungkin ditakutkan dia akan membocorkan informasi ke pihak timur.
Diubah oleh shinhikarugenji
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
7 Fakta Mengenai Proyek Manhattan, Proyek Bom Atom Hiroshima-Nagasaki
06-10-2019 17:30
kalo film Maid in Manhattan kaga ikutan membahas bom nuklir ya gan? emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
h.ariel dan kolollolok memberi reputasi
2 0
2
7 Fakta Mengenai Proyek Manhattan, Proyek Bom Atom Hiroshima-Nagasaki
09-10-2019 05:20
Quote:Original Posted By yoseful
omong2, agan TS, itu albert einstein itu keterlibatnya sejauh apa ya dgn pengembangan BOm nuklir eh bom atom di amrik ??
terus, mengapa nazi jerman tak bs mengembangkan bom atom nya sendiri ??

Quote:Original Posted By shinhikarugenji

Cuma sebatas menandatangani surat dukungan proyeknya.
Atau aplikasi teorinya, yakni E=mc^2.
Einstein, karena latar belakang dan pandangannya, dianggap terlalu berbahaya untuk dilibatkan.
Bahkan ilmuwan yg terlibat dilarang konsultasi dgn Einstein.
Ada beragam alasan.
Termasuk karena banyak ilmuwan bidang nuklir yang kabur dari Jerman karena berdarah Yahudi.
Juga karena Hitler lebih memilih fokus ke proyek roket V2 ketimbang proyek nuklir.
Jadi perkembangan proyek nuklirnya relatif lambat.

Quote:Original Posted By irvan84

WW2 hitler fokus ke teknologi jet sama roket ya gan kl ga salah.
Btw kenapa latar belakang einstein d anggap berbahaya ya? Setau ane einstein pernah stateless trus jd wn amrik.

Quote:Original Posted By shinhikarugenji

Emang, Hitler lebih fokus ke pengembangan roket, utamanya V2.
Dan seiring akhir perang, banyak sektor lain turut dipangkas demi tetap menyokong proyek utama.
Pandangan Einstein cenderung kiri, dia menyokong sosialisme dan menentang kapitalisme.
Mungkin ditakutkan dia akan membocorkan informasi ke pihak timur.

Benar, Einstein memang cenderung left-leaning.
Di Manhattan Project juga dia dilarang terlibat.
Tentang Einstein ini agan bisa baca lebih lanjut di sini:
https://www.amnh.org/exhibitions/ein...hattan-project
ane quote salah satu paragraf ya:
Quote:
In July 1940, the U.S. Army Intelligence office denied Einstein the security clearance needed to work on the Manhattan Project. The hundreds of scientists on the project were forbidden from consulting with Einstein, because the left-leaning political activist was deemed a potential security risk.


Quote:Original Posted By capt.sabaru
gara2 photo ini gw baru ngeh, ternyata Einstein Perokok
pic rokok

kembali ke bahasan,
Amerika hanya menghindari Operasi Darat di Jepang yg mungkin sj korban jiwa nya bakal lebih banyak dibanding Bom Atom.. pastinya pilihan yg sulit, untung nya Jepang jg bisa legowo di akhir2 WW2 - sekarang

Ya, begitulah.
& soal pilihan memakai bom atom ini juga yang membuat pemimpin Lab Los ALamos(bagian dari Manhattan Project) Julius Robert Oppenheimer ini ingat akan Bhagavad Gita yang dia baca. Bhagavad Gita itu tentang wejangan Kresna terhadap Arjuna yang bimbang apa bakal maju ke pertempuran dimana dia akan menghadapi saudara-saudara & gurunya sendiri.
ane kutip perkataan J.R. Oppenheimer ya gan:
Quote:
"We knew the world would not be the same. A few people laughed, a few people cried, most people were silent. I remembered the line from the Hindu scripture, the Bhagavad-Gita: Vishnu is trying to persuade the Prince that he should do his duty and, to impress him, takes on his multi-armed form and says, Now I am become Death, the destroyer of worlds. I suppose we all thought that, one way or another."

Cerita Oppenheimer ini bisa agan baca lebih lanjut di blog ane ini: https://rk-awan.blogspot.com/2019/01...penheimer.html

Quote:Original Posted By Gailham

Tidak juga. Waktu percobaan peledakan Bom Trinity di New Mexico, AS diledakkan Uni Soviet udah menguasai Berlin 3 bulan sebelumnya.
Bom atom pun belum mampu membuat Jepang menyerah karena sejak awal 1945 Jepang sudah terbiasa dihujani carpet bombing, pengeboman terus menerus yang merata di seluruh penjuru kota. Jadi hadirnya bom atom bagi Jepang cuma kemunculan bom jenis baru.

Benar. Berlin sudah jatuh. Italia pun juga sudah terdesak, Mussolini udah dibinuh simpatisan komunis Italia(2 hari seblum Hitler bunuh diri). Begitu juga Jepang, yang selain harus mengahda[i AS, harus pula menghadapi Soviet yang membatalkan perjanjian netral yang dibuat Jepang-Soviet sebelumnya. Ini perjanjian Soviet-Jepang: https://en.wikipedia.org/wiki/Soviet...eutrality_Pact


Diubah oleh kreator.9.ES
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
7 Fakta Mengenai Proyek Manhattan, Proyek Bom Atom Hiroshima-Nagasaki
10-10-2019 01:39
Sebetulnya sebelum Albert Einstein mengirim surat, AS memang sudah melakukan penelitian nuklir melalui Leó Szilárd yang dibantu Enrico Fermi sejak tahun 1938.

Szilárd ini visioner banget, loh. Sejak awal Hitler berkuasa, ia sudah tahu bakal ada yang nggak beres sama Jerman. Makanya pindah ke Inggris tahun 1933. Sudah pindah ke Inggris, tetap nggak nyaman karena kemungkinan besar hal nggak beres itu merembet ke Inggris. Pindah lagi ke AS tahun 1938.

Semua prediksinya benar. Jerman menjadi gila di bawah Hitler dan Inggris dibombardir Luftwaffe dalam Battle of Britain (1940-1941). Szilárd juga menyuruh Einstein yang akrab dengan keluarga Kerajaan Belgia untuk menginformasikan agar berhati-hati terhadap Jerman karena Kongo (salah satu jajahan Belgia) adalah penghasil uranium terbaik.

Beberapa bulan kemudian, Jerman menduduki Belgia ckck.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
7 Fakta Mengenai Proyek Manhattan, Proyek Bom Atom Hiroshima-Nagasaki
11-10-2019 17:59
Quote:Original Posted By kreator.9.ES
Benar, Einstein memang cenderung left-leaning.
Di Manhattan Project juga dia dilarang terlibat.
Tentang Einstein ini agan bisa baca lebih lanjut di sini:
https://www.amnh.org/exhibitions/ein...hattan-project
ane quote salah satu paragraf ya:



Ya, begitulah.
& soal pilihan memakai bom atom ini juga yang membuat pemimpin Lab Los ALamos(bagian dari Manhattan Project) Julius Robert Oppenheimer ini ingat akan Bhagavad Gita yang dia baca. Bhagavad Gita itu tentang wejangan Kresna terhadap Arjuna yang bimbang apa bakal maju ke pertempuran dimana dia akan menghadapi saudara-saudara & gurunya sendiri.
ane kutip perkataan J.R. Oppenheimer ya gan:

Cerita Oppenheimer ini bisa agan baca lebih lanjut di blog ane ini: https://rk-awan.blogspot.com/2019/01...penheimer.html


Benar. Berlin sudah jatuh. Italia pun juga sudah terdesak, Mussolini udah dibinuh simpatisan komunis Italia(2 hari seblum Hitler bunuh diri). Begitu juga Jepang, yang selain harus mengahda[i AS, harus pula menghadapi Soviet yang membatalkan perjanjian netral yang dibuat Jepang-Soviet sebelumnya. Ini perjanjian Soviet-Jepang: https://en.wikipedia.org/wiki/Soviet...eutrality_Pact


Quote:Original Posted By astrophel
Sebetulnya sebelum Albert Einstein mengirim surat, AS memang sudah melakukan penelitian nuklir melalui Leó Szilárd yang dibantu Enrico Fermi sejak tahun 1938.

Szilárd ini visioner banget, loh. Sejak awal Hitler berkuasa, ia sudah tahu bakal ada yang nggak beres sama Jerman. Makanya pindah ke Inggris tahun 1933. Sudah pindah ke Inggris, tetap nggak nyaman karena kemungkinan besar hal nggak beres itu merembet ke Inggris. Pindah lagi ke AS tahun 1938.

Semua prediksinya benar. Jerman menjadi gila di bawah Hitler dan Inggris dibombardir Luftwaffe dalam Battle of Britain (1940-1941). Szilárd juga menyuruh Einstein yang akrab dengan keluarga Kerajaan Belgia untuk menginformasikan agar berhati-hati terhadap Jerman karena Kongo (salah satu jajahan Belgia) adalah penghasil uranium terbaik.

Beberapa bulan kemudian, Jerman menduduki Belgia ckck.


Mantappp dongengin lagi dong gan.. Seru bacanya..

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
h.ariel dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
7 Fakta Mengenai Proyek Manhattan, Proyek Bom Atom Hiroshima-Nagasaki
Lapor Hansip
11-10-2019 21:31
Balasan post kaskuslave
Quote:Original Posted By kaskuslave
Seandainya bom atom tidak pernah ditemukan, jepang dan nazi pasti jadi penguasa dunia


yg bikin Jepang menyerah sebenarnya gak 100% gara2 bom Nuklir, tapi lebih karena musuh buas nya sudah d depan pintu mereka, Soviet yg saat itu sudah menyatakan perang ma Jepang, 1 juta (terdiri dr beberapa divisi) tentara Jepang dr divisi Kwantung Army sudah terkepung Soviet, >2jt pasukan Soviet sedang bergerak ke Timur dr front Eropa di Barat yg sudah aman pasca jatuhnya Hitler dan NAZI, serta 1 semangat membara dr semua pasukan dan Jenderal2 Soviet, memenggal kepala Kaisar emoticon-army

Ke Kaisaran Jepang lebih cemas dan was-was terhadap kelakuan Red Army (fakta saat pasukan Soviet mengobrak-abrik Berlin) dibandingkan pasukan Amerika yg lebih memahami konsep HAM

Masalah Nuklir, Militer Jepang masih menganggap kalau yg jatuh di Hiroshima bukanlah bom nuklir, tapi gak jauh beda dr bom napalm yg sudah 6 bulan terakhir rutin d jatuhkan pihak wing udara US Army (saat PD 2 Amerika belum memiliki USAF, AU saat itu masih berupa cabang udara/wings dr AD Amerika) di berbagai kota kecuali Kyoto, konon karena Jenderal Amerika ada yg suka ma peninggalan heritage di sana emoticon-Ngacir

Militer Jepang saat itu masih merasa perkasa, menolak keras untuk menyerah, makanya saat Kaisar mengumumkan penyerahan Jepang, banyak Jenderal2 Jepang bunuh diri emoticon-Malu emoticon-Amazed
profile-picture
profile-picture
profile-picture
perihbanget dan 12 lainnya memberi reputasi
13 0
13
7 Fakta Mengenai Proyek Manhattan, Proyek Bom Atom Hiroshima-Nagasaki
Lapor Hansip
11-10-2019 22:24
Balasan post Uthe18
Quote:Original Posted By Uthe18


yg bikin Jepang menyerah sebenarnya gak 100% gara2 bom Nuklir, tapi lebih karena musuh buas nya sudah d depan pintu mereka, Soviet yg saat itu sudah menyatakan perang ma Jepang, 1 juta (terdiri dr beberapa divisi) tentara Jepang dr divisi Kwantung Army sudah terkepung Soviet, >2jt pasukan Soviet sedang bergerak ke Timur dr front Eropa di Barat yg sudah aman pasca jatuhnya Hitler dan NAZI, serta 1 semangat membara dr semua pasukan dan Jenderal2 Soviet, memenggal kepala Kaisar emoticon-army

Ke Kaisaran Jepang lebih cemas dan was-was terhadap kelakuan Red Army (fakta saat pasukan Soviet mengobrak-abrik Berlin) dibandingkan pasukan Amerika yg lebih memahami konsep HAM

Masalah Nuklir, Militer Jepang masih menganggap kalau yg jatuh di Hiroshima bukanlah bom nuklir, tapi gak jauh beda dr bom napalm yg sudah 6 bulan terakhir rutin d jatuhkan pihak wing udara US Army (saat PD 2 Amerika belum memiliki USAF, AU saat itu masih berupa cabang udara/wings dr AD Amerika) di berbagai kota kecuali Kyoto, konon karena Jenderal Amerika ada yg suka ma peninggalan heritage di sana emoticon-Ngacir

Militer Jepang saat itu masih merasa perkasa, menolak keras untuk menyerah, makanya saat Kaisar mengumumkan penyerahan Jepang, banyak Jenderal2 Jepang bunuh diri emoticon-Malu emoticon-Amazed


bold1: betul. Jepang lebih khawatir gimana Soviet bakal memperlakukan kaisar mereka kalau mereka melawan Soviet
bold2: namanya Henry Lewis Stimson, menteri Perang AS selama PD II. dia pernah berkunjung ke Kyoto sama istrinya. CMIIW
bold2: bahkan beberapa petinggi militer Jepang melakukan upaya pemberontakan mendengar kabar kalau Kaisar mereka bakal mengumumkan menyerah. Bisa agan cari dengan keyword Kyujo incident
emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
7 Fakta Mengenai Proyek Manhattan, Proyek Bom Atom Hiroshima-Nagasaki
11-10-2019 22:28
Ane masih penasaran alasan utama Jepang masuk ke pd II apa sih gan? Memperluas teritorial?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
7 Fakta Mengenai Proyek Manhattan, Proyek Bom Atom Hiroshima-Nagasaki
Lapor Hansip
12-10-2019 00:02
Balasan post irvan84
Quote:Original Posted By irvan84
Ane masih penasaran alasan utama Jepang masuk ke pd II apa sih gan? Memperluas teritorial?

Ada macam-macam.
Salah satunya merebut sumber daya alam, termasuk minyak di Indonesia.
Tahu sendiri, Jepang itu rada miskin sumber daya.
Mana mereka menghadapi embargo minyak dari Amrik.

Juga untuk mempertahankan pengaruh mereka di Asia timur (China dan Korea), plus memperluas kekuasaan mereka di Asia-Pasifik..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rony25 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Halaman 1 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.